Connect with us

TNI / Polri

Menteri Pertanian Datangi Pembagian Beras ATM SiKomandan Di Kodim Depok

Published

on

Depok – Kementerian Pertanian (Kementan) RI bekerjasama dengan Mabes AD membantu masyarakat di tengah pandemi Corona dengan memberikan beras mengunakan mesin ATM di setiap Kodim.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengatakan, ATM digunakan untuk mempercepat penyediaan bantuan pangan bagi masyarakat selama menjalankan ibadah puasa 2020.

Menurut Mentan, kegiatan ini juga sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo untuk membantu memenuhi pangan masyarakat yang terkenda dampak Covid-19.

“Bantuan ini bukan mencari nama di tengah wabah Covid-19 ini sebuah tatangan yang berdampak pada kehidupan.

Maka dari itu untuk membantu masyarakat kami menyediakan ketersediaan makan bagi mereka yang tidak mampu, dengan melalui ATM Pertanian Sikomandan bisa membantu meringankan beban mereka, ” kata Syarul Yasin di saat berkunjung ke Kodim 0508/Depok, Minggu (26/4/20).

ATM Pertanian Sikomandan di dukung penuh oleh TNI AD. Di mana bantuan ini diperuntukkan bagi masyarakat yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah.

“Kita hadir membantu karena masyarakat banyak yang membutuhkan bantuan ini, ” kata dia.

Ia menambahkan, untuk mendukung program ini, Kementan menyiapkan beras sebanyak 45 ton per bulan.

“Setiap hari kita menyiapkan beras untuk 1000 orang atau 1000 rumah tangga. Dengan harapan 1000 rumah tangga ini bisa mengambil beras lewat ATM Pertanian Sikomandam. Untuk setiap Kodim kita menyiapkan 1,5 ton. Berarti perbulan 45 ton. ATM ini ada di 10 titik di Jabodetabek. 5 di Jakarta, sisanya tersebar di Bogor, Bekasi, Tangerang, dan Depok,” papar Mentan.

Sementara itu, Komandan Kodim 0508/Depok, Kolonel Inf Agus Isrok Mikroj menjelaskan, bantuan beras ini berasal dari Mabes AD dan Kementerian Pertanian. Beras gratis ini dibagikan untuk warga pra sejahtera yang terkena dampak Covid-19.

“Jadi ada tiga kriteria yang dapat bantuan ini, yaitu warga kurang mampu, warga yang belum mendapat bantuan dari pemerintah dan warga yang tidak punya penghasilan,” katanya.

Adapun jumlah beras yang tersedia saat ini sebanyak 360 karung, atau sebanyak 17,5 ton. Dan sampai hari ke-4 ini sudah disalurkan sebanyak 22 karung.

Pada kunjungan Mentan kali ini juga dihadiri Kasdam Jaya Brigjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, Danrem 051/Wijayakarta Kolonel Inf R. Sidharta Wisnu Graha, Wakapolres Metro Depok serta para pejabat Kementrian Pertanian.

Continue Reading

TNI / Polri

Tingkatkan Ketakwaan, Lanal Bandung Gelar Peringatan Nuzulul Qur’an dan Buka Puasa Bersama

Published

on

By

TNI AL, Bandung,- Pangkalan TNI Agkatan Laut (Lanal) Bandung menggelar Buka Puasa Bersama dan Nuzulul Qur’an Bulan Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi, dengan tema “Tingkatkan Ketaqwaan, Pererat Silaturahmi, Perketat Persatuan dan Kesatuan”, bertempat di Mako Lanal Bandung, Jalan Aria Jipang No. 8 Kota Bandung, Kamis (28/03/2024).

 

Buka puasa bersama yang dihadiri Komandan Pangkalan TNI Agkatan Laut (Danlanal) Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla.,  menghadirkan penceramah Letkol Marinir Drs. Dadan S.A., yang sehari-hari menjabat sebagai Palaksa Lanal Bandung serta diikuti segenap Prajurit dan PNS Lanal Bandung.

 

Mengawali acara buka puasa bersama, Komandan Lanal Bandung mengatakan kegiatan buka puasa bersama ini merupakan momentum untuk meningkatkan dan mempererat tali silaturahmi sesama keluarga besar Lanal Bandung. Dari lubuk hati yang paling dalam saya menghaturkan selamat menjalankan ibadah puasa. Puasa Ramadhan merupakan bagian dari konsekuensi keimanan dan dengan menjalankan puasa ramadhan akan menambah kesempurnaan keimanan seseorang, marilah kita perbanyak amal sholeh pada bulan ramadhan yang penuh rahmat dan barokah ini agar mendapat balasan yang lebih baik.

 

Sementara itu, Letkol Marinir Drs. Dadan S.A., dalam tausiyahnya menjelaskan bahwa Bulan Ramadhan adalah bulan penuh kebaikan. Oleh karena itu, pada Bulan Ramadhan ini merupakan waktu yang tepat untuk berbuat kebaikan serta banyak beramal shaleh. Sejatinya buka bersama merupakan bentuk silaturahmi antar sesama pada bulan Ramadan untuk menyatukan hati dalam penghambaan kepada Allah SWT. Seperti sebuah ungkapan Nabi Muhammad SAW yang menyatakan bahwa kerinduannya kepada saudara-saudara adalah kerinduan terhadap mereka yang beriman kepada Rasulullah padahal mereka tidak pernah melihat dan mengenal langsung Nabi Muhammad SAW.

 

(Pen Lanal Bandung)

Continue Reading

TNI / Polri

Gelar Buka Puasa Bersama, Lanal Dabo Singkep Berbagi Santunan Ke Anak Yatim Piatu

Published

on

By

TNI AL, Dabo Singkep,- Pangkalan TNI Angkatan Laut Dabo Singkep (Lanal DBS) memanfaatkan momen Ramadan untuk meningkatkan kebersamaan dengan menggelar Buka Puasa Bersama dan pemberian santunan kepada anak yatim piatu di Masjid Nurul Iman Lanal Dabo Singkep, Kamis (28/3/2024).

 

Acara yang penuh khidmat dan kehangatan ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al qur’an oleh Serda Farhan Mubarak serta Saritilawah oleh Kld Ikbar Hakim Sitompul, dilanjutkan kata sambutan Komandan Lanal Dabo Singkep Letkol Laut (P) Tri Hermawan MA., M.Tr. Opsla.

 

Dalam sambutannya, Komandan Lanal Dabo Singkep menyampaikan, “Buka puasa bersama sudah menjadi tradisi ditiap bulan Ramadhan. Karena momentum itu tentu memiliki banyak manfaat dan hikmah didalamnya, setidaknya menyambung tali silaturrahim”, tuturnya.

 

“Melalui kegiatan semacam ini, mudah-mudahan dapat semakin mempererat kebersamaan dan untuk terus menebar kebaikan serta meningkatkan ketakwaan. Pada momen bulan suci Ramadan ini, mari kita manfaatkan untuk berlomba-lomba dalam hal kebaikan”, ungkap Danlanal DBS.

 

Usai menyampaikan kata sambutan, dilanjutkan dengan Pemberian Santunan Anak Yatim Piatu oleh Komandan Lanal Dabo Singkep secara langsung, dilanjutkan dengan Tausyiah oleh Ustadz Ilham.

 

Sampai pada akhir ujung acara sebelum berbuka puasa bersama dibacakan terlebih dulu doa dilanjutkan dengan Sholat Magrib. Acara juga dihadiri oleh Palaksa Lanal Dabo Singkep Mayor Marinir Saul Jamlaay, Pasintel Lanal Dabo Singkep Kapten Laut (E) Budi Suharyanto, Danden Pomal Lanal Dabo Singkep Kapten (PM) Saiful Anwar, Ketua Cabang 7 Korcab IV DJA I Ny. Rina Tri Hermawan serta Pengurus Cabang 7 Korcab IV Daerah Jalasenastri Armada I.

 

(Pen Lanal Dabo Singkep)

Continue Reading

TNI / Polri

Sambut Paskah 2024, Lanal Sibolga Karya Bhakti di Gereja HKI Poriaha Kabupaten Tapteng

Published

on

By

TNI AL, Sibolga,- Pangkalan TNI AL (Lanal) Sibolga melaksanakan kegiatan karya bhakti pembersihan dan pembenahan Gereja HKI Poriaha yang terletak di Jalan Sibolga-Barus KM 11 Poriaha Jae, Desa Tapian Nauli II, Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kamis(28/03/2024).

 

Kegiatan ini dimaksudkan dalam rangka menyambut Paskah tahun 2024 yang akan dirayakan oleh Umat Nasrani terutama Umat Nasrani Lanal Sibolga pada awal April 2021 dengan Tema “Sebab Kematian-Nya Adalah Kematian Terhadap Dosa, Satu Kali Untuk Selama-lamanya dan Kehidupan-Nya adalah Kehidupan Bagi Allah”.

 

Makna Paskah disini adalah umat Tuhan diajak untuk meneladani pengorbanan Yesus untuk keselamatan manusia. Hal ini dijadikan pedoman oleh prajurit Lanal Sibolga dalam pengabdian untuk membantu kesulitan masyarakat.

 

Komandan Lanal Sibolga Letkol Laut (P) Robiyanto, S.H., M.Tr. Hanla., mengatakan bahwa Gereja HKI Poriaha ini merupakan rumah ibadah yang terletak cukup jauh dari kota, sehingga dipilih dan mendapat perhatian Lanal Sibolga untuk dibantu pembenahannya.

 

Lanal Sibolga juga memberikan dukungan materil berupa 40 sak semen dan 10 kubik kerikil, setelahnya baru dilaksanakan gotong royong pengecoran lantai gereja oleh Prajurit Lanal Sibolga dan masyarakat sekitar.

 

“Kami harap dengan bantuan yang kami berikan dapat meringankan sedikit beban masyarakat sehingga dapat lebih nyaman untuk beribadah,” ungkap Danlanal Sibolga.

 

Karya Bhakti disambut dengan baik oleh umat dan pengurus gereja.

 

(Pen Lanal Sibolga)

Continue Reading

Trending