Connect with us

nasional

Yusup Kalla Akan Sambut Pahlawan PMI (Mahir

Published

on

JAKARTA – Masih ingat dengan Mahir, relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, yang melakukan penjelajah wilayah Indonesia menggunakan Sepeda Gunung dan membawa bendera PMI.

Kabarnya, dalam kondisi prima dan sehat wal afiat serta akan menginjakan kaki dan sepedanya di Jakarta jelang hari Pahlawan 10 Novemberr 2020.

Kabar sehat dan rencana kembalinya pemilik nama lengkap M. Mahir Abdullah, dari penjelajahan keliling tujuh gunung tertinggi di Indonesia ke Jakarta, disampaikan Sekretaris Pengurus PMI Jakarta Selatan, M Adnan, di markas PMI Kota Jakarta Selatan, Jalan Jl. Raya Condet Pejaten 9A , Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Sabtu ( 7/11).

Dikatakan Adnan, kedatangan relawan PMI Jakarta Selatan sekembalinya dari misi besarnya mengeksplor alam yang ada di seluruh daerah tanah air Indonesia akan disambut dengan kegiatan goes sepeda bersama.

“Kita sedang susun peta dan jalur perjalanan goes sepedanya,” katanya.

Rencanya, jelas Adnan, Mahir sang ‘Pahlawan PMI’ setibanya di Jakarta tepat pada Hari Pahlawan, Selasa, 10 Novemberr 2020, akan disambut Ketua Umum PMI Pusat Yusuf Kalla di markas PMI Pusat Jl. Gatot Subroto No.Kav. 96, RT.4/RW.4, Mampang Prapatan, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Sebelum tiba di Jakarta, Mahir dan sepeda gunungnya akan disambut terlebih dahulu di wilayah Tangerang Selatan, Banten, pada hari Senin 9 November 2020.

Dia, lanjutnya, akan menginap sehari di sana guna mempersiapkan diri dan segalanya untuk datang ke Jakarta dan ditunggu kehadirannya oleh Ketua PMI Pusat, Yusuf Kalla.

Dari sana, tambahnya, relawan yang menjelajahi 34 Provinsi di Indonesia selain membawa misi Palang Merah Indonesia juga membawa misi pola hidup sehat dikawal rombongan pesepeda pengurus dan relawan PMI se-Jakarta langsung menuju markas PMI Pusat.

“Setelah disambut Yusuf Kalla, diarak berkeliling ke markas PMI tingkat kota se-Jakarta,” tuturnya.

Terakhir, ungkapnya, Mahir yang disertai rombongan goes sepeda akan mengakhiri perjalanan keliling Indonesia dengan sepeda gunung di markas PMI Kota Jakarta Selatan.

“Banyak cerita yang ingin kita dengar, dari pengalamannya berkeliling Indonesia,” harapnya.

Sebelumnya, Mahir yang berharap dari kegiatan yang dilakukannya bisa menjadi motivasi para relawan PMI seluruh Indonesia, mengawali perjalanan keliling Indonesia pada 11 Maret 2018 dan rencana finish Novemberr 2020.

Dimulai dari provinsi di Pulau Jawa, Bali, NTB, provinsi-provinsi di Papua, Sulawesi, Maluku, Kalimantan, dan sebagian provinsi di Pulau Sumatera.

Continue Reading

nasional

Forkabi Gelar Tasyakuran Milad Ke-23 Tahun 2024 Halal Bihalal Idul Fitri 1445 H II

Published

on

By

Continue Reading

nasional

Sambut HBP Ke-60, Rutan Cipinang Gelar Penyuluhan Kesehatan Bagi Warga Binaan

Published

on

By

Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60 Tahun 2024, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang menggelar kegiatan penyuluhan kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan fokus pada pencegahan Demam berdarah dengue (DBD)  kepada warga binaan, Rabu (17/4).

 

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali yang di wakili oleh Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Alif Akbar Yusuf dan di hadiri oleh Tim dari Puskesmas Kelurahan Cipinang Besar Utara yaitu dr. florentina reddy dan lusi nurrokhmawati sekaligus sebagai narasumber.

 

Dalam sambutannya, Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Alif Akbar Yusuf mengatakan bahwa kegiatan penyuluhan ini dimaksudkan guna memelihara kesehatan warga binaan dan peningkatan kualitas kehidupan nya selama menjalanin masa pembinaan di Rutan Cipinang.

 

“Penyuluhan PHBS ini sangat penting untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan kebersihan. Saya berharap melalui kegiatan ini, para warga binaan dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan sehat di dalam maupun di luar lingkungan pemasyarakatan,” ucapnya.

Penyuluhan kesehatan ini diisi oleh Petugas Penyuluh Kesehatan Puskesmas Kelurahan Cipinang Besar Utara dr. florentina reddy dan lusi nurrokhmawati. Dalam materinya, Ia menjelaskan tentang pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan untuk mencegah DBD. Mereka juga menjelaskan tentang gejala DBD, cara penularannya dan bagaimana cara pencegahannya.

 

Kegiatan penyuluhan kesehatan ini disambut dengan antusias oleh 50 orang perwakilan warga binaan yang mengikuti kegiatan penyuluhan tersebut. Peserta di ambil dari berbagai blok seperti blok hunian rehabilitasi medis, blok lansia, blok santri, disabilitas, pramuka dan para tahanan pendamping dengan harapan mereka dapat berbagi ilmu kepada warga binaan yang lain.

 

Ditempat yang berbeda, Kepala Rutan Kelas I Cipinang menyampaikan bahwa kegiatan penyuluhan kesehatan ini merupakan salah satu upaya Rutan Cipinang untuk meningkatkan kesehatan para warga binaan. “Saya berharap dengan mengikuti kegiatan ini, para warga binaan dapat memahami pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta dapat terhindar dari penyakit DBD,” tandasnya.

Continue Reading

nasional

Setetes Darah Untuk Kemanusiaan, Rutan Cipinang Semarakkan HBP Ke-60 Dengan Donor Darah

Published

on

By

Jakarta – Dalam rangka memeriahkan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 tahun 2024 dengan tema “Pemasyarakatan Pasti Berdampak”, jajaran Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta turut berkontribusi dengan mengadakan aksi donor darah di Aula Rutan Cipinang, Rabu (17/4).

 

Kegiatan Donor Darah ini dilaksanakan berkat kerjasama Rutan Cipinang dengan Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kota Tanggrang dan dibuka langsung oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali.

 

Dalam kesempatan ini, Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali yang turut mendonorkan darahnya mengatakan bahwa kegiatan donor darah ini ada banyak manfaat yang kita dapat, selain mendonorkan darah untuk menolong sesama, juga membuat tubuh kita menjadi lebih sehat karena regenerasi sel darah dalam tubuh kita serta meningkatkan produksi sel darah merah yang sangat baik untuk kesehatan.

 

Lebih lanjut, Kepala Rutan Kelas I Cipinang Sukarno Ali menyampaikan apresiasi atas partisipasi semua jajaran dalam kegiatan donor darah ini. Ia menekankan pentingnya kolaborasi antara institusi pemerintah dan masyarakat dalam membangun kesadaran akan pentingnya donor darah untuk membantu sesama yang membutuhkan.

 

“Donor darah yang hari ini kita langsungkan merupakan wujud sikap peduli dan bentuk kontribusi dalam memberi manfaat kepada sesama, satu tetes darah kita sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan,” ucapnya

 

Untuk diketahui, kegiatan donor darah ini diikuti oleh 51 Orang yang mendonorkan darahnya, terdiri dari 42 Orang Pegawai Rutan Kelas I Cipinang dan 7 Petugas dari Rutan Salemba serta 2 orang Keluarga dari Petugas Lapas Cipinang.

Continue Reading

Trending