Connect with us

Daerah

Taspen Bukukan Laba Rp 388 Miliar di 2019, Naik Hingga 43 Persen

Published

on

Jakarta – PT Taspen (Persero) membukukan laba bersih Rp 388,24 miliar pada 2019, angka tersebut meningkat sebesar Rp 116,69 miliar. Jika dibandingkan dengan laba 2018 sebesar Rp 271,55 miliar atau naik sebesar 42,97 persen secara year on year.

Laba tersebut dikontribusikan oleh kenaikan pendapatan premi sebesar Rp 977 miliar serta kenaikan pendapatan investasi sebesar Rp 1,46 triliun, atau masing-masing naik sebesar 12,08 persen dan 19,08 persen dibandingkan 2018.

Direktur Utama Taspen, A.N.S. Kosasih mengatakan, lonjakan laba perseroan yang mencapai hampir 43 persen tersebut menunjukkan efisiensi biaya yang diterapkan Taspen, jauh lebih rendah dibandingkan expense ratio industri asurasi di Indonesia.

“Lonjakan kinerja tersebut merupakan buah dari implementasi strategi dan kebijakan Taspen dalam melakukan investasi secara prudent, berhati-hati dan aman dengan memperhitungkan secara seksama tingkat risiko yang diterima, kondisi pasar, likuiditas, imbal hasil yang optimal, serta pencadangan yang konservatif untuk menjamin kesejahteraan peserta,” ujar Kosasih di Gedung Taspen, Jakarta, Senin (27/1/2020).

Di tengah kondisi pasar yang sangat volatile, Taspen menerapkan prinsip kehati-hatian dan memprioritaskan keamanan investasi untuk mencapai manfaat yang optimal bagi para peserta. Kenaikan laba yang signifikan ini juga mencerminkan kemampuan Taspen untuk beroperasi secara efisien dan efektif.

Taspen membukukan total revenue sebesar Rp 19,28 triliun di 2019 melonjak sebesar Rp 2,75 triliun dibandingkan 2018 yang mencatat pendapatan total Rp 16,53 triliun atau terdongkrak 16,63 persen (year on year).

Kenaikan pendapatan ini jauh lebih besar daripada kenaikan beban klaim sebesar Rp 12,35 triliun di 2019 yang naik hanya sebesar 12,27 persen (year on year) dibandingkan beban klaim tahun 2018 sebesar Rp 11 triliun.

Selanjutnya, perseroan juga merombak jajaran direksi dan komisaris PT Taspen (Persero). Antonius N S Kosasih diangkat menjadi Direktur Utama, sekaligus Direktur Investasi, sampai menunggu pejabat investasi baru.

Antonius akan didampingi oleh Mohammad Jufri, mantan direktur SDM dan teknologi informasi (TI) yang menduduki kursi sebagai Direktur Operasional. Kemudian, Patar Sitanggang selaku Direktur Keuangan.
Sementara, Wahyu Tri Rahmanato diangkat sebagai Direktur Perencanaan dan Aktuaria, Feb Sumandar selaku Direktur SDM, TI dan Kepatuhan.

Komisaris Utama Taspen Franky Sibarani berharap jajaran direksi baru perseroan mampu meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik bagi kesejahteraan peserta atau nasabah.
“Apalagi, media banyak mengulas krisis salah satu BUMN asuransi, isu ini terus bergulir, bahkan sudah melebar menyoroti Taspen, Mulai investasinya yang dikatakan negatif, hingga peleburan ke BPJS Ketenagakerjaan, yang menimbulkan persepsi tidak benar dan membuat resah internal dan peserta,” ujarnya.

Karenanya, perombakan direksi pada hari ini, sambung dia, sekaligus untuk menjelaskan secara langsung, termasuk memaparkan kinerja perseroan. “Jajaran direksi dan komisaris intens komunikasi, kami terus menjaga tata kelola yang baik (GCG),” tutupnya.

Continue Reading

Daerah

KNPI Kecamatan Jatisampurna Kolaborasi Bersama PP dan Karang Taruna Gelar Vaksinasi Massal

Published

on

By

Bekasi – untuk mengejar target 100 juta warga Indonesia yang sudah divaksin, seperti yang ditargetkan oleh Presiden Jokowi, maka KNPI Kecamatan Jatisampurna turut serta membantu upaya pemerintah dalam hal ini vaksinasi bersama Pemuda Pancasila dan Karang Taruna Kecamatan Jatisampurna.

Pada kesempatan kali ini awak media berkesempatan mewawancarai Robin Irawan Ketua KNPI Kecamatan Jatisampurna, yang ditemui di sela-sela vaksinasi mengatakan agar warga masyarakat segera divaksin.

“Kita mendukung program pemerintah agar masyarakat dapat segera mengikuti vaksinasi. Target setiap kelurahan 5000 peserta,” katanya dengan ramah.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kecamatan Jatisampurna Suryana mengatakan agar ke depannya tidak simpang siur mengenai lokasi vaksinasi.

“Target kami khusus hari ini belum tercapai karena kurangnya informasi atau rencana yang sudah direncanakan berubah (lokasi vaksinasi yang berubah),” ungkapnya di lokasi vaksinasi SMP 28 Jatisampurna, Kota Bekasi, Minggu, (29/08/2021)

Mari kita dukung program pemerintah dengan mau divaksin agar Herd Komunity (Kekebalan Kelompok) segera tercapai.

Continue Reading

Daerah

Sekjen Karang Taruna Jawa Barat Nasrullah, S.HI: Berharap Kepengurusan Karang Taruna Kota Bekasi Lebih Baik Lagi

Published

on

By

Kota Bekasi – Setelah masa bakti kepengurusan karang taruna yang lama selesai, maka dilakukanlah pemilihan Ketua karang taruna Kota Bekasi yang baru periode 2021-2024 .

Sekretaris Jenderal karang taruna Kota Bekasi Nasrullah, S.HI, berharap kepengurusan karang taruna Kota Bekasi yang baru untuk lebih baik lagi.

“Yang pertama selalu menjaga Marwah karang taruna, yang kedua dalam kepengurusan yang baru yang punya prestasi di kecamatan harus masuk di tingkat kota sebagai apresiasi dan mengabdi di masyarakat, serta yang ketiga karena ada regulasi dan AD/ART yang baru kita ingin kota bekasi menjadi leader bagaimana menjalankan regulasi yang baru,” urainya kepada awak media di sela-sela pemilihan Ketua karang taruna Kota Bekasi, GOR Kota Bekasi, Jalan Jend.Achmad Yani, Kota Bekasi, Kamis (26/08/2021)

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa pemilihan Ketua karang taruna yang baru hanya satu calon saja yaitu H. Darkam.

Kegiatan ini dibuka oleh ibu Sekretaris Daerah, dihadiri juga Kapolsek Bekasi Timur, perwakilan Kodim, Tokoh Masyarakat dan ormas antara lain Pemuda Pancasila, GIBAS, GMBI dan lain lain. Acara ini dilakukan sesuai prokol kesehatan yang ketat dan 5 M.

Continue Reading

Daerah

Ground Breaking Ureka Mart di Pondok Pesantren Annur Kota Bekasi

Published

on

By

Kota Bekasi – Di tengah pandemi Covid-19, ada sebuah terobosan CSR dengan bank mandiri di mana pondok pesantren Annur dapat kesempatan untuk membuat toko ruko Eruka Mart guna membantu ekonomi atau pendapatan perayaan umat dan masyarakat pada pesantren Annur di kota Bekasi.

Pewarta media ini berkesempatan untuk menemui H.Ahmad Ushtuchri, SE, Anggota Dewan DPRD Bekasi dari partai PKB.

H.Ahmad Ushtuchri, SE, mengatakan bahwa Eruka Mart didirikan oleh Abah Luthfi. “Eruka Mart didirikan oleh (Abah KH. Luthfi bin Yahya (Watinpres RI) sudah 2 tahun yang lalu diluncurkan oleh JATMAN yang merupakan badan otonomi NU, sebagai Toriko saya kebetulan diangkat sebagai dewan pembina,”katanya dengan ramah.

“Organisasi ini merupakan pengamal toriko. Abah sangat konsen pada ekonomi kecil, beliau melakukan pendekatan kepada BUMN agar dapat memberikan bantuan/CSR nya,”tuturnya kepada awak media di lokasi acara pondok pesantren Annur, Rabu, 11/08/2021.

Lebih lanjut, sambungnya, Bank Mandiri turut membantu. “Bank mandiri membantu secara nasional ada 4 titik yaitu 2 di Pekalongan, 1 di Jepara dan 1 lagi di pondok pesantren Annur Kota Bekasi,” bebernya.

“Dalam sejarahnya NU merupakan organisasi gabungan dari sejumlah pondok pesantren di Indonesia, dahulunya hanya fokus pada pendidikan dan pertanian saja dll. Kini di era masa globalisasi maka perlunya pendayaan ekonomi umat (masyarakat),” pungkasnya.

Kini Eruka Mart nantinya seperti Cafe (tempat nongkrong anak muda) yang nantinya disediakan wifi. Eruka Mart ini berbentuk koperasi dan sudah berizin lengkap, ada juga simpan pinjam penitipan dagangan sehingga UMKM dapat berkembang. Para santri nantinya dapat belajar berdagang dan mengelola Eruka Mart ini. ujarnya di Pondok Pesantren Annur Rabu (11/8) .

kegiatan ini secara zoom untuk seremoninya , sebab masih dalam PPKM darurat dan pandemi Covid 19 dan selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Continue Reading

Trending