Connect with us

TNI / Polri

Ganjil Genap Jakarta Ditambah 10 Titik

Published

on

Jakarta – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya resmi menambah titik pemberlakuan ganjil genap di Ibu Kota menjadi 13 kawasan, bertambah 10 titik.

Penerapan gage untuk mobil di 13 kawasan tersebut sudah berlaku sejak Senin, 25 Oktober 2021. Namun pemberlakuan ganjil genap di 10 kawasan baru ini masih belum diberlakukan sanksi.

Pengendara mobil yang melanggar sistem gage ini hanya akan diberikan teguran. Sementara tiga kawasan awal pemberlakuan gage, yakni Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin dan Jalan Rasuna Said tetap diberlakukan sanksi tilang bagi pelanggar.

“Kalau di tiga kawasan pertama itu memang sudah langsung diberlakukan penegakan hukum. Tapi untuk 10 titik baru belum kami tilang, masih kami beri teguran,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, dikutip dari laman NTMC Polri hari ini, Kamis, 28 Oktober 2021.

Sambodo menjelaskan penilangan masih belum diberlakukan karena masih banyak masyarakat yang belum mengetahui perluasan ganjil genap ini. Polda Metro Jaya saat ini masih melakukan sosialisasi perluasan ganjil genap selama tiga hari ke depan.

“Pelanggar tetap dihentikan, namun hanya diberikan teguran. Saya rasa, penerapan ganjil genap di 13 kawasan secara umum sudah baik. 90 persen sudah mengikuti aturan dan di kawasan Sudirman-Thamrin sudah 99 persen patuh pada aturan gage ini,” ucapnya.

Berikut adalah daftar 13 titik pemberlakuan pelat nomor mobil ganjil genap Jakarta:

1. Jalan Sudirman
2. Jalan MH Thamrin
3. Jalan Rasuna Said
4. Jalan Fatmawati
5. Jalan Panglima Polim
6. Jalan Sisingamaraja
7. Jalan MT Haryono
8. Jalan Gatot Subroto
9. Jalan S Parman
10. Jalan Tomang Raya
11. Jalan Gunung Sahari
12. Jalan DI Panjaitan
13. Jalan Ahmad Yani.

Polda Metro Jaya memberlakukan sistem pelat nomor mobil ganjil genap di 13 kawasan di Ibu Kota. Sistem gage ini berlaku dalam dua sesi, pertama dari pukul 06.00 hingga 10.00 WIB dan sesi kedua dari pukul 16.00 sampai dengan 21.00 WIB. Ganjil genap Jakarta ini tidak berlaku pada hari libur.

Continue Reading

TNI / Polri

Dukungan Psikososial Dari Dispsiad Bagi Korban Gempa Cianjur

Published

on

By

JAKARTA, – Dinas Psikologi TNI AD melalui Tim Satgas Penanggulangan Gempa (Gulben) Cianjur melaksanakan kegiatan dukungan Psikososial guna mengembalikan kondisi psikologis penyintas pasca bencana gempa di Cianjur, Kamis (24/11/2022)

Tim Satgas Gulben Dispsiad dalam membantu korban bencana melakukan tindakan intervensi awal dengan tujuan untuk menstabilkan kondisi psikologis warga Cianjur.

Katim Satgas Psikologi Gulben Cianjur, Kapten Caj Tian Sakti M, S.Psi., M.Psi, Psikolog. dalam keterangannya menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan ini diharapkan dapat menstabilkan kondisi psikologis para penyintas sehingga nantinya penyintas bencana dapat kembali pada situasi berpikir yang positif, berdamai dengan kondisi yang dialami, dan pada akhirnya dapat kembali beraktivitas secara produktif.

“Untuk mencapai tujuan tersebut, tim siap membantu para penyintas secara total dan maksimal sesuai tugas yang telah diamanatkan oleh pimpinan kepada kami,” ujarnya.

Berbagai kegiatan dilakukan Satgas Gulben Dispsiad agar para korban bencana gempa terutama anak-anak mendapatkan aktivitas positif sehingga dapat menghilangkan trauma yang dialami akibat gempa yang memporak-porandakan tempat tinggal maupun fasilitas sekolah yang praktis terhenti.

“Upaya ini kami lakukan, agar warga dapat segera pulih dari trauma pasca gempa, terutama anak-anak yang aktivitas sekolahnya terhenti, kita isi dengan aktivitas positif agar kondisi psikologis mereka dapat kembali baik,” imbuhnya.

Adapun anggota tim yang tergabung dalam Satgas Psikologi Gulben Cianjur dari Dispsiad Lettu Arh Karlan Dani, S.Psi.,
Letda Cba Samurya Rahmadhony, S.Psi., M.Psi., Psikolog., Serka Sandi Tiya Dwi Purba, S.T., dan Serda Lino Januario. (Dispenad)

Continue Reading

TNI / Polri

Polda Metro Jaya Fokus ke Teguran dan Imbauan Humanis Pelanggar dan Tilang Manual Dihapus

Published

on

By

Jakarta – Petugas Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya hanya memberikan teguran secara humanis terhadap pelanggar lalu lintas, meski tidak ada tilang manual demi keamanan dan kenyamanan semua pengguna jalan.

“Kami melaksanakan giat teguran berupa imbauan secara humanis kepada para pengendara yang masih melanggar di jalan,” kata Kasat Gatur Polda Metro Jaya Kompol. M Agung Permana,Minggu, 20 November 2022.

Agung mengatakan bahwa pihaknya melakukan giat imbauan teguran secara humanis terhadap pengendara yang melanggar pada Minggu mulai pukul 14.00 WIB hingga selesai.

Tiga lokasi yang dijangkau oleh pihak kepolisian, yakni kawasan bundaran Hotel Indonesia (HI), lampu merah Kuningan, dan lampu merah Pancoran.

Harapan Agung, dengan adanya teguran ini akan semakin menyadari pentingnya mematuhi aturan lalu lintas yang sudah ditetapkan.

Tentunya kegiatan ini bertujuan agar keamanan dan keselamatan para pengguna jalan terutama roda dua maupun empat terjamin selama berkendara.

“Kami wajib mengedukasi masyarakat seperti salah satunya bahaya tidak memakai helm saat berkendara dan tetap kami persilakan lanjut jalan setelah itu,” tutur Agung.

Agung turut memastikan telah memerintahkan jajarannya untuk tak melakukan pungutan liar saat bertugas di jalan. “Sanksi tegas pun menanti aparat kepolisian yang terbukti tetap memungut pungli saat bertugas,” tegasnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan Korlantas Polri agar mengoptimalkan tilang elektronik statis dan mobile serta mengurangi tilang manual untuk menghindari terjadinya pungutan liar (pungli).

Instruksi tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/2264/X/HUM.3.4.5./2022 tertanggal 18 Oktober 2022, yang ditandatangani oleh Kepala Korlantas Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi.

Terkait hal tersebut Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menindaklanjuti dengan menarik seluruh buku tilang dari jajaran polisi lalu lintas sebagai salah satu langkah menuju peniadaan tilang manual.

Ditlantas Polda Metro Jaya akan menggunakan sistem penindakan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement atau ETLE.

Continue Reading

TNI / Polri

Kasad Kunjungan Kehormatan ke Pejabat Pertahanan dan Militer Singapura

Published

on

By

JAKARTA, – Dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Singapura, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman melakukan kunjungan kehormatan (Courtesy call) kepada Pejabat Pertahanan, Angkatan Bersenjata dan Angkatan Darat Singapura. Jumat, (18/11/2022).

Rangkaian kunjungan orang nomor satu di TNI AD ini diawali dengan mendatangi Markas 3rd Singapore Division dan melakukan kunjungan kehormatan kepada Brigadier General Goh Pei Ming selaku Komandan 3rd Singapore Division.

Usai kunjungannya ke Markas 3rd Singapore Division, Jenderal Dudung menyambangi Ministry of Defence (MINDEF) Singapura, dan melakukan kunjungan kehormatan kepada Senior Minister of State for Defence Singapura, Mr. Heng Chee How.

Selanjutnya, di lokasi yang sama secara berturut-turut Jenderal Dudung melakukan kunjungan kehormatan kepada Panglima Angkatan Bersenjata Singapura Lieutenant General Melvyn Ong, dan Panglima Angkatan Darat Singapura Major General David Neo Chin Wee.

Melalui kunjungan kehormatannya ini, Jenderal Dudung berharap hubungan bilateral ke dua negara (Indonesia dan Singapura) serta kerja sama militer terutama antara Angkatan Darat Singapura dengan TNI AD yang telah terjalin cukup lama dapat terus diperkuat dan ditingkatkan, seperti Latma Safkar Indopura.

“Dalam Latma Safkar Indopura tahun berikutnya, kita tambahkan kegiatan Binter dari kedua AD di daerah latihan. Sehingga kegiatan teritorial seperti perbaikan rumah tidak layak huni, bidang pertanian, ataupun kesehatan masyarakat dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar,” pungkas Jenderal Dudung.

Dalam kunjungan ini, Jenderal Dudung didampingi oleh delegasi TNI AD yang terdiri Asintel, Aster, Asrena Kasad dan Atase Darat RI untuk Singapura (Dispenad).

Continue Reading

Trending