Connect with us

Metro

Usai Disahkan Sebagai RUU Inisiatif, Begini Tahapan Hingga RUU TPKS Resmi Jadi UU

Published

on

Jakarta – Rancangan Undang-Undang (RUU) Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) akan diputuskan sebagai RUU Inisiatif DPR pada sidang paripurna esok hari, 18 Januari 2022. Setelah disahkan sebagai RUU Inisiatif, RUU TPKS masih akan melalui sejumlah tahapan sebelum ditetapkan sebagai undang-undang (UU).

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Diah Pitaloka mengingatkan, RUU TPKS bukan berarti sudah resmi menjadi undang-undang setelah disahkan sebagai RUU Inisiatif besok. RUU TPKS baru selesai melalui tahap harmonisasi di Badan Legislatif (Baleg) DPR sebelum dibawa ke sidang paripurna untuk disahkan sebagai RUU Inisiatif.

Usai menetapkan RUU TPKS sebagai RUU Inisiatif, DPR nantinya akan bersurat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Presiden kemudian akan mengirimkan Surpres (Surat Presiden) dan DIM (daftar inventarisasi masalah). Presiden juga akan menunjuk Kementerian yang akan membahas bersama dengan DPR, misalkan Kemenkumham (Kementerian Hukum dan HAM) dan Kementerian PPPA (Perlindungan Perempuan dan Anak),” kata Diah di Jakarta, Senin (17/1/2022).

Setelah menerima balasan dari Presiden, DPR akan menggelar rapat paripurna untuk membahas alat kelengkapan dewan yang akan membahas RUU TPKS. Dalam rapat tersebut, akan diputuskan Komisi atau Badan Legislatif (Baleg) yang diberi kewenangan membahas RUU tersebut bersama pemerintah.

“Alat kelengkapan bisa dari komisi atau Baleg. Semoga prosesnya berjalan lancar,” ujar Diah.

Politikus PDIP ini mengingatkan pentingnya kualitas dan komprehensif RUU ini sehingga pembahasan antara DPR dan Pemerintah harus dilakukan secara seksama. Diah mengatakan, RUU TPKS diharapkan dapat membawa perubahan, terutama dalam penegakkan keadilan bagi korban kekerasan.

“UU ini juga dapat membangun mekanisme pencegahan dan pelayanan yang optimal dalam upaya perlindungan perempuan dan anak sebagai pihak yang rentan mengalami kekerasa seksual,” jelasnya.

Seperti diketahui, Ketua DPR Puan Maharani memastikan RUU TPKS akan disahkan menjadi inisiatif DPR pada sidang paripurna, Selasa (18/1/2022). Menurutnya, kecermatan dalam proses pengesahan RUU ini diperlukan agar produk hukum ini tak malah membatasi fungsi dan dedikasi perempuan.

“Bagaimana kita keluar rumah dengan tenang? Kita mau keluar rumah karena kita mau mendedikasikan diri kita pada pekerjaan kita. Kita kan mau dalam keluar rumah nyaman, aman, tenang melaksanakan tugas tugas kita sebagaimana kita harapkan”, ungkap Puan saat merespons keresahan komika perempuan, Sakdiyah Ma’ruf dalam audiensi bersama pejuang RUU TPKS, pekan lalu.

Dalam forum dengan sejumlah aktivis perempuan dari berbagai elemen masyarakat itu, Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkap betapa figur pemimpin perempuan menjadi tumpuan harapan pembangunan bangsa.

“Ketika seorang perempuan diberikan ruang yang aman, perempuan akan bisa bekerja dan memberikan karya. Pemimpin perempuan menjadi penting untuk memastikan hal tersebut. Karena pemimpin perempuan itu memiliki gaya kepemimpinan yang bersahabat dan lebih mempunyai empati dan hanya pemimpin perempuan yang bisa memahami persoalan dan mengatasi masalah perempuan,” ucap Lucky.

Sejumlah aspirasi dan desakan disahkannya RUU TPKS menjadi bahasan Prolegnas prioritas siang itu dipastikan Ketua DPR RI menjadi masukan berharga dalam menjalankan fungsi legislasi. Rencananya, Sidang Paripurna DPR RI 18 Januari 2022 akan mengesahkan RUU TPKS menjadi salah satu dari 40 RUU Prolegnas prioritas.

Dengan demikian, sinergi antara DPR dan Pemerintah akan berlanjut seusai Sidang Paripurna digelar. Proses ini akan menjadi fase baru perjalanan RUU TPKS yang melibatkan sebanyak mungkin elemen masyarakat. Puan menginginkan RUU TPKS menjadi produk hukum yang disusun dengan benar-benar cermat sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Continue Reading

Metro

Pelantikan Serentak RT dan RW di Kelurahan Karet Tengsin Jakarta Pusat

Published

on

By

Jakarta – Kelurahan Karet Tengsin menggelar pelantikan RT dan RW masa bakti 2023 – 2028 secara serentak di Aula Kantor Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat, dengan sebelum nya bersama – sama menyanyikan lagu kebangsaan, Indonesia Raya.

Wilayah Kelurahan Karet Tengsin memiliki luas 153,43 Ha, terdiri atas 8 Rukun Warga (RW) dan 67 Rukun Tetangga (RT) dengan memiliki topografi yang relatif datar dan berbatasan dengan dua aliran sungai yaitu Kanal Banjir Barat dan Kali Krukut. Jumat, (27/01)

Hadir dalam acara ini Bimaspol, Babinsa, FKPDM dan LMK Kelurahan Karet Tengsin. Dalam sambutannya Lurah Karet Tengsin Hari Ananda berterima kasih kepada para RT dan RW yang baru agar dalam menjalankan tugasnya dengan ikhlas dengan penuh rasa tanggung jawab dan dapat bersinergi dengan masyarakat maupun Kelurahan.

“Saya ucapan terima kasih kepada pengurus RT dan RW sebelumnya atas pengabdiannya selama menjabat dalam melayani warganya. Dan saya ucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya Ketua RT dan RW yang baru masa bakti 2023 – 2028, semoga dapat menjalankan tugas ini dengan adil, bijaksana dan bisa mengemban amanah ini dengan sebaik – baiknya dan tanggung jawab,” ujar Lurah Hari semangat.

Di sela – sela waktu istirahat Ketua RW 06 Zulharman berharap bisa mensukseskan program pemerintah maupun melakukan pelayanan kepada warga secara langsung dan selalu menciptakan suasana yang harmonis, bersinergi dan gotong royong agar lebih baik lagi kedepannya.*Ag

Continue Reading

Metro

PT Nusantara Media Sultan Gelar Acara Syukuran Dan Lounching Media Sultannusantaranews,com

Published

on

By

Jakarta – PT Nusantara Media Sultan menggelar acara syukuran sekaligus Lounching dengan tema ” Sultannusantaranews,Com yang di selenggarakan bertempat Hotel Puri Indah Jalan percetakan Negara Salemba Jakarta pusat , Kamis (26/1/2023)

Acara syukuran di hadiri Mangapul Matondang selaku Direktur utama , Dr H Tubagus Baharuddin SE , MM sebagai Presiden Komisaris , Purn Pol Yuskam nur sebagai Dewan Redaksi , dan para tamu undangan dari beberapa media

Sambutan Mangapul Matondang menjelaskan PT Nusantara Media Sultan plafrom yang akan mengikuti aturan program untuk memberikan informasi baik media digital dan online secara terbuka ,

Selain itu sultan memaknai sebuah simbol yang di gambarkan di dalam 7 pilar yang memiliki qulbu dengan satu sentuhan di sebut pena , ” ucap Mangapul

Presiden Komisaris Dr H Kanjeng Tubagus Baharuddin Mengatakan acara lounching PT Nusantara Media Sultan yang pertama pada hari ini saya ingin menyumbang kan tenaga dan pemikiran bahkan materi supaya dapat membantu program pemerintah , dan juga membantu generasi – generasi muda untuk mempunyai ide cemerlang untuk berkarya

Kemudian insya Allah dalam waktu dekat ini PT Nusantara Media News akan membuat film – film layar lebar , membantu generasi muda Indonesia untuk menampilkan bakat nya dalam dunia industri perfilman. Ungkapnya

Continue Reading

Metro

Thoriq El Wahdi Terpilih Sebagai Ketua HIPMI Tangsel Periode 2023-2026

Published

on

By

TANGERANG SELATAN – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) BPC Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) ke IV. di Swiss-Belhotel Serpong, Intermark Indonesia, BSD Serpong Tangsel, Rabu (25/1/2023).

Muscab IV tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan, Ketua DPRD Kota Tangsel Abdul Rasyid, Ketua HIPMI BPD Banten Ananda Trianch Salichan, Ketua HIPMI BPC Tangsel Asep Sholahuddin, Kapolsek Serpong Kompol Evarmon Lubis dan Wakil Menteri Pertanian RI Harvick Husnul Qolbi sekaligus sebagai keynote speaker, serta para tamu undangan lainnya.

H. Pilar Saga Ichsan, S.T., M.Ars HIPMI mempunyai peran penting dan strategis dengan Pemkot Tangsel dalam pengembalian kondisi perekonomian di Kota Tangsel.

“Kami dari Pemkot Tangsel akan selalu mendukung, yang terpenting profesional dan proporsional. Sehingga diharapkan HIPMI BPC Tangsel bisa terus berjaya, yang dilanjutkan oleh para penerus pengurusnya yang semakin komit lagi untuk dapat membangkitkan pertumbuhan ekonomi di Kota Tangsel,”

Ketua BPC HIPMI Tangsel terpilih, Thoriq ElWahdi mengungkapkan banyak program yang terhenti pada saat kepemimpinan Ketua Asep Sholahuddin. Karena ketika terpilih jadi ketua saat itu bertepatan dengan Pandemi Covid-19.

“Dan sekarang akan menjadi tugas kita untuk melanjutkan program yang sudah ada di HIPMI agar dapat lebih baik lagi, dan juga bisa bersinergi dengan Pemerintah Kota Tangsel. Selanjutnya dalam Rakernas nanti baru kita susun program-program yang baru,” ungkapnya

Continue Reading

Trending