Connect with us

TNI / Polri

Komandan Lanal Bandung Beri Pengarahan Pencapaian Tanda Kwalifikasi Khusus Pembina Kepada Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Cianjur

Published

on

TNI AL, Bandung,- Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., memberikan Pengarahan Pencapaian Tanda Kwalifikasi Khusus Pembina Kepada Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Cianjur, bertempat di Aula Mako Lanal Bandung, Jalan Aria Jiapang No.8 Kota Bandung, Selasa (02/07/2024).

 

Maksud dan tujuan tersebut dalam rangka Pengarahan Pencapaian Tanda Kwalifikasi Khusus Pembina Kepada Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Cianjur untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan di bidang Pramuka, serta sosialisasi penanaman cinta tanah air.

 

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Bandung menyampaikan bahwa acara ini merupakan kegiatan pembinaan dan Pengembangan Anggota Dewasa Pramuka dengan tujuan meningkatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan di bidang Pramuka, serta sosialisasi penanaman cinta tanah air.

 

Harapan saya para peserta dapat mengikuti pelatihan yang disampaikan dengan sebaik-baiknya dengan tidak melupakan keamanan dan keselamatan baik personel maupun material. Dan setelah pelatihan ini para peserta sekalian diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam bidangnya dengan tetap menanamkan rasa cinta tanah air dan bela negara di wilayah Kwartir Cabang Kota Cianjur.

 

(Pen Lanal Bandung)

Continue Reading

TNI / Polri

Komandan Lanal Bandung Terima Kunjungan Kerja Ketua Tim Komisi I DPR RI di Mako Lanal Bandung

Published

on

By

TNI AL, Bandung,- Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., beserta Palaksa dan Perwira Staf menyambut kedatangan Ketua Tim Kunjungan Kerja (Kunker) Spesifik Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid beserta rombongan, bertempat di Aula Mako Lanal Bandung, Jalan Aria Jipang No. 8, Kota Bandung, Kamis (04/07/2024).

 

Kegiatan Kunker Spesifik Komisi I DPR RI ke Lanal Bandung bertujuan untuk mengetahui penjelasan sejauhmana dan kendala apa saja yang menjadi hambatan tentang “Peran Lanal Bandung Dalam Melaksanakan Pembinaan Potensi Maritim dan Masyarakat Nelayan Guna Mendukung Kekuatan Pertahanan Negara.”

 

Tim kunjungan kerja Spesifik Komisi I DPR RI di Lanal Bandung antara lain Meutya Viada Hafid (PG, Ketua Tim, Ketua Komisi I DPR RI ), Irmadi Lubis (Fraksi PDIP, Anggota Tim), H. Subarna, S.E., M.Si., (Fraksi Gerindra, Anggota Tim), Ir. Irwan Ardi Hasman (Fraksi Gerindra, Anggota Tim), Ali Imron Bafadal (Fraksi Gerindra, Anggota Tim), Muhamad Farhan (Fraksi Nasdem, Anggota Tim), DR. Ir. Helmi Faishal Zaini (Fraksi PKB, Anggota Tim), H. Sukamta PH (Fraksi PKS, Anggota Tim), Sartomo (Sekertriat Komisi, DPR RI), Bowo Hoetomo (Sekertriat Komisi, DPR RI), Astrid Puspitasari (Sekertriat Komisi, DPR RI), Imam Wocaksono (Sekertriat Komisi, DPR RI), Muhammad Fahrul Rizal (Sekertriat Komisi, DPR RI), Moses Caesar Assa, M.Sc., (Tenaga Ahli Komisi I, DPR RI) dan Bunga Leonaricha Forsya Dysie (Media Sosial, DPR RI), serta Didi Supriyadi (Setjen DPR RI).

 

Pada kesempatan tersebut, Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., menyampaikan sejarah Lanal Bandung, paparan Laporan Komando terkait tugas pokok dan fungsi Lanal Bandung khususnya bidang potensi maritim, wilayah kerja, potensi ancaman, kendala yang dihadapi serta melaksanakan Operasi dan Latihan sebagai bahan Rapat Spesifik Komisi I DPR RI.

 

Rapat Spesifik Komisi I DPR RI tersebut menghasilkan kesimpulan antara lain, Tim Kunjungan Kerja (Kunker) Spesifik Komisi I DPR RI telah mendengarkan pemaparan Danlanal Bandung terkait dengan tugas dan kondisi satuan di Lanal Bandung serta upaya Lanal Bandung dalam melaksanakan pembinaan dan pengamanan potensi maritim di Provinsi Jawa Barat.

 

Selanjutnya, Tim Kunker Spesifik Komisi I DPR RI meminta Lanal Bandung untuk terus mengoptimalkan langkah-langkah guna mengantisipasi berbagai kerawanan/ancaman yang muncul.

 

Tim Kunker Spesifik Komisi I DPR RI telah mendengarkan sejumlah kebutuhan prioritas dalam mendukung pelaksanaan tugas Lanal Bandung antara lain, pemenuhan personel Lanal sesuai DSP, peningkatan alutsista  sarana Patroli dan penyelesaian permasalahan hibah lahan dan pembangunan Mako Lanal dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat seluas 16.000m2.

 

Selanjutnya, Tim Kunker Spesifik Komisi I DPR RI akan menyampaikannya kebutuhan tersebut diatas dalam Rapat Kerja Komisi I DPR RI dengan Menteri Pertahanan, Panglima TNI, serta Kepala Staf TNI AL.

 

(Pen Lanal Bandung)

Continue Reading

TNI / Polri

Polda Metro Jaya Gagalkan Transaksi Sabu Seberat 45 Kg, Satu Kurir Ditangkap

Published

on

By

Tangsel – Ditresnarkoba Polda Metro Jaya telah berhasil meringkus satu orang kurir berinisial AS yang membawa narkotika jenis sabu seberat 45 Kg yang dikemas kantung teh cina dan akan diserahkan kepada pemesan.

 

“AS diamankan Di sekitar halaman parkir RS daerah Jakarta Selatan pada saat akan melakukan transaksi” ucap Dirresnarkoba Polda Metro Jaya Kombes Pol Donald Parlaungan Simanjuntak. Kamis (4/7/2024)

 

Donald menjelaskan, pengungkapan kasus ini bermula dari informasi yang diterima Subdit 1 melakukan pendalaman terkait dengan informasi adanya seseorang yang akan transaksi sabu.

 

Kemudian pukul 09.30 WIB tadi Polisi yang sudah mengawasi area parkiran RS daerah Selatan. Dilihat seseorang mencurigakan berada di dalam mobil.

 

“Setelah itu dilakukan pengecekan oleh anggota yang menurut tim sangat dicurigai akan melakukan transaksi narkoba,” Ucapnya.

Tas berisi 45 Kilogram sabu diangkut naik mobil oleh AS.

 

Kepada Polisi ia mengaku sabu yang sudah dikemas mirip paket.

“Barang bukti di Tangsel, kita menemukan sebanyak 45 bungkus sabu atau setara dengan 45 Kilogram, yang dikemas dalam bungkusan teh di wilayah Bintaro, Tangerang Selatan di dalam satu mobil yang terparkir,” Jelasnya.

 

Berdasarkan pengakuan kurir, barang haram tersebut berasal dari wilayah Palembang, Sumatra Selatan. “Peredarannya akan dikirim ke Jakarta dan sekitarnya, tapi masih di dalami lagi. Kalau pengakuan sementara ini berasal dari Palembang, tapi masih kita dalami,” Katanya.

 

Donald menambahkan, sebanyak 45 Kilogram sabu yang berhasil disita itu, ditaksir nilainya sebesar Rp.45 miliar. Pihaknya pun masih melakukan pendalaman lebih lanjut terkait jaringan barang haram tersebut.

 

“Ini informasinya masih didalami, setelah tadi ditangkap tersangka dan sita barang bukti. Ini diduga barangnya berasal dari salah satu TKP yang ada di seputaran sini (Tangsel),” Jelasnya

 

Saat ini pihaknya terus melakukan pengembangan terkait kasus tersebut.

Continue Reading

TNI / Polri

PLTA Inovasi TNI Buat Papua Terang, Disambut Gembira Warga Mapenduma

Published

on

By

Mapenduma, – Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) Para Raider 432/Waspada Setia Jaya Kostrad, salah satu Satuan Jajaran Komando Operasi TNI (KOOPS TNI) di Papua,  berhasil menyelesaikan karya inovatifnya berupa pembuatan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Kampung Mapenduma, Distrik Mapenduma. Rabu (3/7/2024).

 

Setelah hampir 2 minggu lamanya proses pembuatan PLTA ini, akhirnya karya inovatif tersebut berhasil diselesaikan dan menghasilkan sumber tenaga listrik baru bagi penerangan rumah-rumah warga Mapenduma.

 

Komandan Satgas Yonif 432 Kostrad, Letkol Inf Zulfikar Akbar Helmi, menekankan kepada para prajurit untuk berusaha berpikir dan berbuat positif guna mendukung upaya mewujudkan situasi Papua yang aman dan damai. Oleh karenanya, sejak tanggal 14 Juni 2024 yang lalu, Perwira Komunikasi dan Elektronika (Perwira Komlek) Satgas Yonif 432 Kostrad, Letda Cke Dimas Aji Satria, merencanakan project inovasi di daerah Mapenduma yang disinyalir mengalami kendala penerangan rumah-rumah warga. Ia bersama dengan Praka Etla Bancin yang memiliki kemampuan di bidang Pertukangan, berusaha mengatasi kendala yang dihadapi oleh para warga dalam masalah penerangan tersebut.

 

Selama ini, para warga hanya mengandalkan Solar Cell sebagai sumber tenaga listrik di rumahnya masing-masing. Namun demikian, kontur geografis Mapenduma yang berada di daerah pegunungan dengan kondisi cuaca yang hampir selalu berkabut, telah mengakibatkan keberadaan Solar Cell tidak maksimal untuk mendukung penerangan rumah warga.

 

Merespons kondisi tersebut, maka Letda Dimas bersama Praka Etla berusaha membuat sumber tenaga listrik baru di daerah Mapenduma dengan memanfaatkan eksistensi sumber air yang posisinya masih di wilayah Kampung Mapenduma.

 

Sejak proses perencanaan dan persiapan dilakukan, kedua Prajurit TNI ini sepakat untuk membuat sebuah kincir air dengan menggunakan bahan material dan alat kelistrikan yang mudah didapatkan di wilayah setempat. Selanjutnya, didapatkan beberapa material sederhana seperti kayu, paku dan pipa paralon, serta beberapa alat kelistrikan berupa Generator BLDC (Brushless DC motor), Accu, Inverter, Kabel dan pengontrol daya MPTT (Maximum Power Point Tracking). Pasca project inovatif kincir air sebagai PLTA selesai, maka para warga Kampung Mapenduma sangat gembira menyambutnya. Bahkan seorang Tokoh Masyarakat atas nama Bapak Markus Gwijangge mengucapkan terima kasih kepada prajurit TNI yang memberikan solusi terhadap masalah rakyat.

 

“Kami senang TNI hadir berikan solusi terhadap masalah rakyat. Tuhan memberkati TNI,” ucapnya.

 

Terpisah, Panglima KOOPS TNI, Brigjen TNI Lucky Avianto, pasca menerima laporan pelaksanaan kegiatan,  mengapresiasi inovasi Satgas Yonif 432 Kostrad membuat PLTA di Kampung Mapenduma,  telah memberikan solusi kreatif yang diharapkan dapat mendukung upaya percepatan pembangunan di wilayah Papua. ( PenKoopsTNI)

Continue Reading

Trending