Connect with us

TNI / Polri

Kasad Bongkar Peran TNI AD Menuju Indonesia Emas

Published

on

CIMAHI, – Membawakan Orasi Ilmiah berjudul “Peran TNI AD Menuju Indonesia Emas”, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak M.Sc. membongkar berbagai upaya yang dilakukannya bersama prajurit TNI AD untuk membantu pemerintah menggapai Indonesia Emas di tahun 2045.

 

Hal tersebut disampaikan Kasad di hadapan Rektor Unjani, Ketua Pengurus Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP), dan segenap Civitas Akademika Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) pada acara Sidang Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-34 Unjani, yang digelar di Auditorium Unjani, Cimahi, Jawa Barat, Senin (15/7/2024).

 

“Jadi kelihatannya memang (apa yang dilakukan TNI AD) seolah-olah kegiatan sosial, kegiatan lingkungan hidup. Tapi dibalik semua ini, ada konsep-konsep pertahanan rakyat semesta yang kita (TNI AD) sedang bangun. Yaitu bagaimana masyarakat di pedesaan bisa hidup layak,” ungkap Kasad.

 

Kegiatan yang dimaksud Kasad tak lain merupakan program-program unggulan TNI AD yang belakangan gencar dilakukan oleh prajurit TNI AD untuk membantu masyarakat di daerah-daerah. Yaitu program Manunggal Air, Ketahanan Pangan dan Bersatu Dengan Alam, yang diproyeksikan bermuara pada terwujudnya Sistem Pertahanan Rakyat Semesta ebagai wujud bersinerginya seluruh komponen bangsa.

 

Dalam orasinya, Kasad juga menyebut apa saja yang menjadi kunci keberhasilan menuju Indonesia Emas. Untuk itu Kasad berpesan agar para mahasiswa berupaya untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pengembangan SDM, menjadi agen-agen perubahan, guna memuluskan transformasi teknologi dan digitalisasi di tanah air.

 

“Sebagai generasi penerus, anda harus memikirkan tentang keberlanjutan lingkungan hidup, berpikir kreatif dan inovatif, serta sanggup berbuat di luar rutinitas _(Out of The Box)_. Anda juga harus bisa menjadi motivator dan orator yang andal, serta senantiasa mengimplementasikan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia,” ujar Kasad memotivasi para mahasiswa.

 

Kehadiran Kasad dalam Sidang Senat Terbuka dan Dies Natalis Unjani ini juga sekaligus menunjukkan komitmen penuh TNI AD dalam mendukung pengembangan dan kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia.

 

Sebelum menyampaikan orasi ilmiahnya, Kasad terlebih dahulu meresmikan bangunan Gedung Fakultas Kedokteran (FK) Unjani, yang ditandai dengan penandatangan prasasti, pengguntingan pita, serta peninjauan gedung. *(Dispenad)*

Continue Reading

TNI / Polri

RIBUAN MASYARAKAT DAN PRAJURIT TNI AL TURUT SEMARAKKAN KEGIATAN NBOD YANG DILAKSANAKAN DI TANJUNG UBAN BINTAN

Published

on

By

TNI AL, Bintan,- Ribuan masyarakat Bintan bersama Prajurit TNI AL turut semarakkan kegiatan NBOD (Naval Base Open Day) yang diselenggarakan di Tanjung Uban dalam rangka rangkaian kegiatan menyambut HUT TNI AL Ke-79 tahun 2024, Sabtu (07/09/2024).

 

Kemeriahan kegiatan penyelenggaraan NBOD oleh Koarmada I yang dilaksanakan di wilayah kerja Lanal Bintan, merupakan hasil kerjasama seluruh panitia jajaran Koarmada I yang berada di Bintan dan Batam. Kegiatan tersebut dimulai dari Lapangan Hang Tuah Lanal Bintan dengan diawali pelaksanaan Senam SKJ 88 yang diikuti oleh seluruh peserta yang hadir, baik dari masyarakat Bintan dan sekitarnya maupun Prajurit TNI AL yang berada di bawah jajaran Koarmada I yang berada di Tanjung Pinang, Tanjung Uban dan Batam serta perwakilan dari instansi lainnya.

 

Setelah pelaksanaan Senam SKJ 88, seluruh peserta melakukan persiapan jalan sehat. Jalan sehat dimulai/start di depan halaman Mako Lanal Bintan dan finish di Fasharkan Mentigi Tanjung Uban. Dengan antusias, peserta jalan sehat, diikuti masyarakat dan prajurit TNI AL. Kebersamaan inilah yang merupakan salah satu bentuk kemanunggalan antara TNI dan masyarakat. Setelah finish di Lapangan Fasharkan Mentigi, para peserta jalan sehat sudah disambut dengan adanya panggung hiburan dan bermacam-macam bazar. Pada kegiatan NBOD tersebut juga ada Pameran Alutsista, Bakti Kesehatan, Bakti Sosial dan yang tidak kalah pentingnya adalah pengundian door prise bagi peserta jalan sehat dengan bermacam-macam hadiah door prise dan hadiah Utama 2 Unit sepeda motor.

 

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Staf Koarmada I Laksmana Pertama TNI Haris Bima Bayu Seto, S.E. M.Si., M.Tr.Opsla, Ir.  Kapoksahli Koarmada I Laksamana Pertama TNI Buddy Suseto, S.E., M.Si., (Han)., Ph.D., Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI Tjatur Soniarto, CHRMP., M.Tr.Opsla., Wadan Lantamal IV Kolonel Laut (P) Fajar Hernawan, PJU Koarmada I, PJU Danlantamal IV Batam, Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., Kafasharkan Mentigi Kolonel Laut (T) Agung Prabowo, serta Forkompinda Provinsi Kepri dan masyarakat.

 

(Pen Lanal Bintan)

Continue Reading

TNI / Polri

Danlanal Sabang Hadiri Rapat Koordinasi PB PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024

Published

on

By

TNI AL, Sabang,- Komandan Lanal Sabang (Danlanal Sabang) Kolonel Laut (P) Gita Muharam, M.Sc., beserta unsur Forkopimda Aceh menghadiri kegiatan Pelaksanaan Rapat Koordinasi PB PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024 Wilayah Aceh, bertempat di Gedung Serbaguna Sekda Aceh, Kota Banda Aceh, Sabtu (07/09/2024).

 

Pelaksanaan kegiatan Rapat Koordinasi PB PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024 kali ini membahas tentang perkembangan situasi dan kondisi menjelang akan dibukanya Pekan Olahraga Nasional (PON) yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 09 September 2024 yang akan dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo beserta beberapa Pejabat terkait.

 

Sementara Persiapan Geladi Pembukaan atau Opening Ceremony sebelumnya telah dipersiapkan dengan baik oleh Panitia Pelaksana dan disaksikan langsung Kordinator Menteri Pembangunan Manusia Muhadjir Efendi saat mengunjungi Stadion Harapan Bangsa, yang juga menjadi tempat Pembukaan PON XXI Tahun 2024 dengan kapasitas 14.000 penonton.

 

Kesiapan menjelang dibukanya Pekan Olahraga Nasional, merupakan faktor utama dan terus menjadi perhatian serta atensi, guna menunjang keberhasilan penyelenggaraan olahraga bergensi terutama cabang olahraga yang dipertandingkan di Provinsi Aceh.

 

Komandan Lanal Sabang selaku Dansub Satgas PAM Laut, senantiasa mensupport penyelenggaraan PON XXI dan berharap rangkaian kegiatan berjalan dengan baik, aman dan lancar serta memastikan keamanan di sektor-sektor dan area yang menjadi tempat event cabang olahraga terutama olahraga air.

 

Pelaksanaan kegiatan Rapat Koordinasi PB PON XXI berjalan dengan baik dan lancar serta hadir dalam kegiatan, Komandan Lanal Sabang beserta unsur Forkopimda Provinsi Aceh.

 

(Pen Lanal Sabang)

Continue Reading

TNI / Polri

SAMBUT HUT KE-79 TNI AL, LANTAMAL I LAKSANAKAN NBOD

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., didampingi Ketua Korcab I DJA I Ny. Othy Jasiman Purba, menghadiri acara Naval Base Open Day (NBOD) dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Ke-79 TNI Angkatan Laut Tahun 2024, bertempat di Mako Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah No.01 Belawan, Sumatera Utara, Sabtu (07/9/2024).

 

Acara tersebut disaksikan dan dihadiri oleh masyarakat dan pelajar yang datang dari Kota Medan, dan Belawan serta dari beberapa Kabupaten di Wilayah Provinsi Sumatera Utara. Begitu tingginya antusias masyarakat dan pelajar yang menyaksikan.

 

Adapun kegiatan yang dilaksankan yakni, Pameran Alutsista, Open Ship ke KRI dan KAL, Bazar, Makan Bergizi Bersama Pelajar, Pengobatan Gratis, Panggung Hiburan dan Persembahan Tarian, Koloni Senapan, serta Pembagian Sembako kepada Masyarakat Nelayan.

 

Acara terpusat di Koarmada RI yang dipimpin Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali beserta Ketua Umum Jalasenastri Ny. Fera Muhammad Ali dan dilaksanakan oleh seluruh Kotama TNI Angkatan Laut di Indonesia.

 

Pada kesempatan tersebut, Danlantamal I menyampaikan bahwa, kegiatan ini dilaksanakan untuk mempererat hubungan silaturahmi dengan masyarakat dan memperkenalkan lebih dalam tentang TNI Angkatan Laut, mengingat keberadaan laut bagi bangsa Indonesia merupakan hal vital, selain pemersatu pulau pulau Indonesia, serta urat nadi perekonomian antar pulau, karena di pulau tersimpan sumber kekayaan alam yang dapat memakmurkan rakyat Indonesia.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wadan Lantamal I, para Pejabat Utama, Kadis dan Kasatker Lantamal I, Pengurus Jalasenastri Korcab I DJA I, Personel Lantamal I, Prajurit Yonmarhanlan I dan Yonif 8 Marinir Pangkalan Berandan.

 

(Dispen Lantamal )

Continue Reading

Trending