Connect with us

nasional

Siap Dukung Menkumham yang Baru, Jajaran Rutan Cipinang Ikuti Apel Pagi Bersama

Published

on

Jakarta – Jajaran Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang mengikuti kegiatan Apel Pagi perdana bersama Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) yang baru, Supratman Andi Agtas. Apel ini dilaksanakan secara hybrid yang terpusat di Lapangan Merah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Senin (26/08).

 

Apel ini menjadi momen penting bagi seluruh pegawai Kemenkumham untuk mengenal lebih dekat dengan Menkumham yang baru. Dalam amanatnya, Supratma Andi Atgas menyampaikan bahwa dengan dukungan seluruh jajaran Pengayoman, Kemenkumham dapat menjalankan tugas dan fungsi dengan baik dan mencapai target yang telah ditetapkan. Menkumham juga mengingatkan kepada seluruh insan Pengayoman betapa pentingnya sinergi, kolaborasi dan integritas dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab.

 

Pada kesempatan ini, Menkumham juga memberikan sebuah gebrakan dimana setiap pegawai di Kemenkumham dapat langsung menyampaikan aspirasi kepadanya. “Saya akan memberikan kesempatan pada setiap pegawai untuk dapat berkomunikasi langsung dengan Menteri melalui nomor kontak khusus. Selain itu pegawai yang berprestasi juga akan mendapatkan apresiasi serta penghargaan yang sepantasnya.

 

“Terakhir, saya mengajak kita semua untuk terus menjaga semangat dan motivasi. Tantangan ke depan mungkin tidak mudah, tetapi saya yakin dengan kerja sama yang solid, dengan semangat kebersamaan, kita bisa menghadapi semua rintangan dan mencapai target yang telah kita tetapkan,” ucapnya.

 

Lebih lanjut, “Bekerjalah dengan tenang, berpikir jernih, dan terus berinovasi. Bersama, kita pasti bisa menciptakan perubahan yang positif dan berarti,” tutup Menkumham.

 

Sementera itu, Plh. Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Alif Akbar Yusuf mengingatkan kepada seluruh Jajaran Pegawai Rutan Cipinang untuk melaksanakan setiap amanat dan instruksi Menkumham serta mendukung penuh Menkumham dengan bekerja sebaik mungkin.

Continue Reading

nasional

Apresiasi kinerja Pegawai, Kepala Rutan Cipinang Berikan Penghargaan Kepada Pegawai Teladan Triwulan Ketiga

Published

on

By

Jakarta – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta memberikan penghargaan dan apresiasi kepada pegawai teladan yang telah memberikan kontribusi positif dalam menjalankan tugasnya. Penghargaan tersebut diberikan kepada 1 (satu) orang pegawai yang berprestasi pada Triwulan Ketiga Bulan September Tahun 2024 yang dirangkai dengan Apel Sore Bersama, Rabu (18/9).

 

Bertempat di Gazebo Rutan Cipinang, penyerahan penghargaan ini diberikan langsung oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Irwanto Dwi Yhana Putra kepada Linggo gagat Riyadi yang menerima penghargaan Pegawai Teladan tahun 2024. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas kinerja dan dedikasi yang telah Pak Linggo tunjukkan.

 

“Selamat kepada Pegawai yang terpilih, jadikan penghargaan ini sebagai motivasi untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan warga binaan serta dapat menjadi teladan bagi rekan-rekan yang lain,” Kata Irwanto pada sambutan Apel tersebut.

 

Penghargaan pegawai teladan ini diberikan kepada pegawai yang telah berhasil melalui berbagai macam penilaian yang dilakukan oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang dan Pejabat Struktural dengan mempertimbangkan beberapa aspek seperti disiplin, komitmen, loyalitas, kerjasama, integritas dan memiliki etika serta telah memberikan kontribusi luar biasa dalam pelaksanaan tugas.

 

Lebih lanjut, Kepala Rutan Cipinang, Irwanto menambahkan bahwa setiap pegawai mendapatkan kesempatan yang sama untuk mendapatkan penghargaan ini. “Semua pegawai mempunyai kesempatan yang sama untuk mendapatkan penghargaan Pegawai Teladan, oleh karena itu, mari kita berlomba-lomba untuk terus berkontribusi yang terbaik bagi organisasi,” pungkasnya.

 

Kemudian saya ingin menegaskan kembali komitmen Rutan Cipinang dalam mewujudkan reformasi birokrasi. Kita harus terus berupaya membangun birokrasi yang bersih, melayani, dan berintegritas. Salah satu langkah yang kita ambil adalah penerapan sistem reward and punishment. “Sistem ini diharapkan dapat mendorong pegawai untuk terus meningkatkan kinerja dan disiplin. Pegawai yang menunjukkan kinerja baik akan mendapatkan penghargaan, sementara pegawai yang tidak disiplin akan dikenakan sanksi,” tegasnya.

 

Pada kesempatan ini, saya juga ingin mengajak seluruh pegawai Rutan Kelas I Cipinang untuk terus meningkatkan kinerja dan dedikasi dalam menjalankan tugas. Mari kita bersama-sama membangun Rutan Kelas I Cipinang yang bersih, melayani, dan berintegritas. Dengan semangat berorientasi pada pelayanan, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif, saya yakin Rutan Kelas I Cipinang dapat meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) pada tahun 2024 ini.

 

Sementara itu ditempat yang berbeda, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, R. Andika Dwi Prasetya mengucapkan selamat kepada pegawai yang terpilih sebagai Pegawai Teladan dan berharap semoga penghargaan ini dapat memotivasi seluruh jajaran untuk terus berkinerja tinggi dan menjadi inspirasi bagi rekan-rekan lainnya. “Mari kita bersama-sama mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik dan berintegritas dilingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta,” tandansya

Continue Reading

nasional

Prosedur Kesehatan Diperketat, Apa yang Terjadi di Blok Mapenaling Rutan Cipinang?

Published

on

By

Jakarta – Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang, Irwanto, bersama jajaran Seksi Pelayanan Tahanan dan tim dokter Rutan Cipinang, menggelar kegiatan pemeriksaan kesehatan di Blok Mapenaling (Masa Pengenalan Lingkungan) hari ini. Blok Mapenaling ini dihuni oleh tahanan baru yang sedang menjalani masa orientasi, sehingga pemeriksaan kesehatan menjadi langkah awal penting untuk memastikan kondisi fisik mereka, (Selasa 17/09).

 

Dalam kegiatan ini, tim dokter melakukan pengecekan kesehatan secara komprehensif, mulai dari pemeriksaan tekanan darah, suhu tubuh, hingga keluhan kesehatan lain yang diutarakan para tahanan baru. Tahanan yang memerlukan perawatan lebih lanjut akan diberikan penanganan medis atau dirujuk ke fasilitas kesehatan yang memadai. Selain pemeriksaan medis, tim juga membagikan obat-obatan yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tahanan selama masa pengenalan lingkungan.

 

Tak hanya berhenti pada pemeriksaan kesehatan, penyuluhan mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan juga dilakukan. Irwanto menekankan kepada para tahanan baru di Blok Mapenaling agar selalu menjaga kebersihan, baik di dalam sel maupun di lingkungan sekitar blok.

 

“Lingkungan yang sehat dan bersih bukan hanya tanggung jawab petugas, tetapi juga setiap individu yang ada di dalamnya. Dengan menjaga kebersihan, kita bisa mencegah berbagai penyakit dan membuat suasana hunian lebih nyaman,” ujar Irwanto.

 

Di tempat lain, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, R. Andika Dwi Prasetya, memberikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut. Meski sedang dalam kesibukan lain, ia menyampaikan dukungannya melalui pesan tertulis.

 

“Pemeriksaan kesehatan rutin dan penyuluhan lingkungan sehat di Blok Mapenaling ini adalah salah satu wujud nyata penerapan pelayanan yang berbasis pada tata nilai PASTI. Tetap jaga komitmen untuk memastikan bahwa hak-hak dasar, termasuk kesehatan dan kebersihan, selalu terjaga,” pesan Andika.

 

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Rutan Cipinang untuk mewujudkan zona bahagia dengan terus menjaga kesehatan dan kenyamanan para tahanan, terutama bagi mereka yang baru pertama kali masuk ke lingkungan rutan.

Continue Reading

nasional

Meriahkan Hari Jadi ke-6, Teater Bimgiat Rutan Cipinang Tampilkan Drama Hiburan dan Pesan Mendalam

Published

on

By

Jakarta – Memperingati hari jadi HUT Teater yang ke 6, Teman-teman Teater Bimbingan Kegiatan (Bimgiat) Rutan Cipinang menggelar sebuah pertunjukan yang mementaskan sebuah drama komedi berjudul “Beres Beres Ora Beres” yang dilakoni oleh warga binaan dari Divisi Teater, Laundry, Barista dan Sablon, Selasa (17/9).

 

Dalam kesempatan itu, Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Irwanto Dwi Yhana Putra yang turut menyaksikan drama komedi tersebut merupakan sebuah cerminan yang luar biasa dari kreativitas dan kerjasama teman-teman di Teater Bimgiat Rutan Cipinang. Melalui pertunjukan ini, kita tidak hanya disuguhkan dengan hiburan yang segar, tetapi juga dihadapkan pada gambaran satir mengenai dinamika sosial dan politik yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

 

“Lebih dari sekadar hiburan, pertunjukan ini menggambarkan betapa pentingnya komunikasi, menjaga amanah, kejujuran dan kerjasama dalam mencapai tujuan bersama. Ini adalah refleksi yang baik bagi kita semua untuk lebih memahami dan menghargai proses yang ada di sekitar kita, serta bagaimana kita bisa berkontribusi secara positif dalam masyarakat,” ucapnya

 

Lebih lanjut, Saya sangat mengapresiasi upaya dan dedikasi teman-teman yang telah bekerja keras untuk mempersiapkan dan menyajikan pertunjukan ini. “Semoga semangat berkarya dan berinovasi ini terus berkembang dan kita semua dapat terus mendukung kegiatan yang membawa dampak positif bagi pembinaan dan pengembangan diri di Rutan Cipinang,” tandasnya

Continue Reading

Trending