Connect with us

nasional

Kunjungan Kerja Menkumham Supratman, Dukung Pembinaan Berkualitas dan Pengembangan Pasar Bagi Warga Binaan

Published

on

Jakarta – Menteri Hukum dan HAM RI, Supratman Andi Agtas kunjungan kerja ke Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Rabu (28/8).

 

Kunjungan tersebut juga dihadiri oleh Irjen Kemenkumham sekaligus Plt. Dirjen Pemasyarakatan, Reynhard Silitonga; Dirjen Imigrasi, Silmy Karim; Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta, R. Andika Dwi Prasetya; serta jajaran Pimti Pratama dari Sekretariat Jenderal, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, dan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.

 

Kunjungan kerja ini dalam rangka untuk melakukan pengecekan sarana dan prasarana serta menyaksikan hasil karya para warga binaan. Kedatangan Menkumham Supratman Andi Agtas dan rombongan disambut langsung oleh Kalapas Narkotika Cipinang Fonika Affandi dan sejumlah kepala unit pelaksana teknis (UPT) di jajaran Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.

 

Menteri Hukum dan HAM yang baru dilantik beberapa hari ini juga melakukan pengecekan terhadap sarana dan prasarana serta makanan yang diberikan bagi para warga binaan secara langsung. Beliau juga berkesempatan untuk melihat-lihat sejumlah hasil karya kerajinan tangan yang dibuat oleh warga binaan seperti String Art, Handy Craft, lukisan, roti, dan konveksi. Menkumham mengungkapkan rasa terkejutnya atas kualitas dan kreativitas yang ditunjukkan oleh para warga binaan.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi area dapur, gazebo, dan blok hunian. Di gazebo, Menkumham menyaksikan langsung berbagai program pembinaan yang sedang berlangsung, termasuk kegiatan pramuka, olahraga, dan musik. Selain itu, Menkumham juga diperkenalkan pada inovasi unggulan Lapas Narkotika, yaitu SAPA WBP.

 

“Saya sangat surprise dengan program pembinaan yang ada di sini. Program-program ini bukan hanya memberikan keterampilan, tetapi juga mempersiapkan warga binaan untuk kembali ke masyarakat dengan lebih baik,” ujarnya.

 

Dengan kunjungan ini, Menkumham Supratman Andi Agtas berharap agar program pembinaan di Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta dapat terus ditingkatkan, baik dalam hal kualitas maupun cakupannya. Beliau juga menyatakan komitmen untuk membantu mencarikan pasar bagi produk-produk karya warga binaan, sehingga hasil kreativitas dan keterampilan mereka tidak hanya dikenal, tetapi juga dihargai oleh masyarakat luas.

 

“Upaya ini diharapkan dapat memberikan dampak positif, tidak hanya bagi para warga binaan dalam memperoleh keterampilan dan kepercayaan diri, tetapi juga bagi masyarakat yang dapat menikmati hasil karya berkualitas tinggi. Dengan demikian, produk-produk warga binaan dapat menjadi simbol keberhasilan program pembinaan dalam membantu mereka mempersiapkan diri untuk kembali ke masyarakat dengan bekal yang lebih baik,” tandasnya.

Continue Reading

nasional

Prosedur Kesehatan Diperketat, Apa yang Terjadi di Blok Mapenaling Rutan Cipinang?

Published

on

By

Jakarta – Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang, Irwanto, bersama jajaran Seksi Pelayanan Tahanan dan tim dokter Rutan Cipinang, menggelar kegiatan pemeriksaan kesehatan di Blok Mapenaling (Masa Pengenalan Lingkungan) hari ini. Blok Mapenaling ini dihuni oleh tahanan baru yang sedang menjalani masa orientasi, sehingga pemeriksaan kesehatan menjadi langkah awal penting untuk memastikan kondisi fisik mereka, (Selasa 17/09).

 

Dalam kegiatan ini, tim dokter melakukan pengecekan kesehatan secara komprehensif, mulai dari pemeriksaan tekanan darah, suhu tubuh, hingga keluhan kesehatan lain yang diutarakan para tahanan baru. Tahanan yang memerlukan perawatan lebih lanjut akan diberikan penanganan medis atau dirujuk ke fasilitas kesehatan yang memadai. Selain pemeriksaan medis, tim juga membagikan obat-obatan yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tahanan selama masa pengenalan lingkungan.

 

Tak hanya berhenti pada pemeriksaan kesehatan, penyuluhan mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan juga dilakukan. Irwanto menekankan kepada para tahanan baru di Blok Mapenaling agar selalu menjaga kebersihan, baik di dalam sel maupun di lingkungan sekitar blok.

 

“Lingkungan yang sehat dan bersih bukan hanya tanggung jawab petugas, tetapi juga setiap individu yang ada di dalamnya. Dengan menjaga kebersihan, kita bisa mencegah berbagai penyakit dan membuat suasana hunian lebih nyaman,” ujar Irwanto.

 

Di tempat lain, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, R. Andika Dwi Prasetya, memberikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut. Meski sedang dalam kesibukan lain, ia menyampaikan dukungannya melalui pesan tertulis.

 

“Pemeriksaan kesehatan rutin dan penyuluhan lingkungan sehat di Blok Mapenaling ini adalah salah satu wujud nyata penerapan pelayanan yang berbasis pada tata nilai PASTI. Tetap jaga komitmen untuk memastikan bahwa hak-hak dasar, termasuk kesehatan dan kebersihan, selalu terjaga,” pesan Andika.

 

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Rutan Cipinang untuk mewujudkan zona bahagia dengan terus menjaga kesehatan dan kenyamanan para tahanan, terutama bagi mereka yang baru pertama kali masuk ke lingkungan rutan.

Continue Reading

nasional

Meriahkan Hari Jadi ke-6, Teater Bimgiat Rutan Cipinang Tampilkan Drama Hiburan dan Pesan Mendalam

Published

on

By

Jakarta – Memperingati hari jadi HUT Teater yang ke 6, Teman-teman Teater Bimbingan Kegiatan (Bimgiat) Rutan Cipinang menggelar sebuah pertunjukan yang mementaskan sebuah drama komedi berjudul “Beres Beres Ora Beres” yang dilakoni oleh warga binaan dari Divisi Teater, Laundry, Barista dan Sablon, Selasa (17/9).

 

Dalam kesempatan itu, Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Irwanto Dwi Yhana Putra yang turut menyaksikan drama komedi tersebut merupakan sebuah cerminan yang luar biasa dari kreativitas dan kerjasama teman-teman di Teater Bimgiat Rutan Cipinang. Melalui pertunjukan ini, kita tidak hanya disuguhkan dengan hiburan yang segar, tetapi juga dihadapkan pada gambaran satir mengenai dinamika sosial dan politik yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

 

“Lebih dari sekadar hiburan, pertunjukan ini menggambarkan betapa pentingnya komunikasi, menjaga amanah, kejujuran dan kerjasama dalam mencapai tujuan bersama. Ini adalah refleksi yang baik bagi kita semua untuk lebih memahami dan menghargai proses yang ada di sekitar kita, serta bagaimana kita bisa berkontribusi secara positif dalam masyarakat,” ucapnya

 

Lebih lanjut, Saya sangat mengapresiasi upaya dan dedikasi teman-teman yang telah bekerja keras untuk mempersiapkan dan menyajikan pertunjukan ini. “Semoga semangat berkarya dan berinovasi ini terus berkembang dan kita semua dapat terus mendukung kegiatan yang membawa dampak positif bagi pembinaan dan pengembangan diri di Rutan Cipinang,” tandasnya

Continue Reading

nasional

Tingkatkan Pelayanan Makanan Berkualitas, Dapur Sehati Rutan Cipinang Jadi Pusat Studi Tiru Bagi Lapas dan Rutan Medan

Published

on

By

Jakarta – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta kembali menerima kunjungan dari Lapas Kelas I Medan dan Rutan Kelas I Medan. Kunjungan ini merupakan kegiatan studi tiru dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan di bidang penyediaan makanan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan untuk di wilayah Sumatera Utara, Senin (16/9).

 

Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Irwanto Dwi Yhana Putra Bersama jajarannya menyambut dengan hangat rombongan dari Lapas dan Rutan Medan. Salah satu poin utama kunjungan ini adalah untuk mempelajari sistem pelayanan yang diterapkan di Rutan Kelas I Cipinang.

 

Dalam kunjungan tersebut, penjelasan mendetail tentang sistem kerja Dapur Sehati disampaikan oleh Heriyadi selaku Koordinator Dapur. Ia menjelaskan berbagai aspek penting, mulai dari proses memasak yang efisien hingga pengelolaan alat dapur yang canggih dan terstruktur. Selain itu, variasi menu makanan yang ditawarkan juga menjadi salah satu fokus utama dalam studi tiru ini.

 

“Dengan melihat langsung proses-proses yang telah terbukti efektif dalam memberikan pelayanan kepada warga binaan, Saya berharap Lapas dan Rutan Medan dapat meniru atau bahkan meningkatkan aspek-aspek tertentu yang dapat diterapkan,” ujarnya

 

Dapur bersih merupakan salah satu fasilitas penting dalam sebuah UPT Pemasyarakatan, karena berkaitan langsung dengan kesehatan dan nutrisi para warga binaan. Dengan melihat langsung sistem dapur bersih yang telah terimplementasi dengan baik di Rutan Kelas I Cipinang, Lapas dan Rutan Medan berharap dapat memperbaiki atau meningkatkan sistem dapur bersih mereka sendiri.

 

Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Irwanto Dwi Yhana Putra yang hadir langsung pada kegiatan ini sangat mengapresiasi kunjungan studi tiru yang dilakukan oleh tim dari Lapas I Medan dan Rutan Kelas I Medan ke Dapur Sehati Rutan Kelas I Cipinang serta berharap informasi yang dibagikan dapat bermanfaat sebagai bahan perbaikan dan peningkatan di Lapas/Rutan.

 

Dalam kesempatan itu, perwakilan dari Lapas dan Rutan Medan mengucapkan terima kasih atas penerimaan dari Rutan Cipinang dan kami memberikan apresiasi yang luar biasa terkait pelayanan yang ada Rutan Cipinang termasuk Dapur Ruci Sehati. “Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini, Lapas dan Rutan Medan dapat mendapatkan ilmu yang berharga dari Rutan Cipinang yang nantinya dapat dicontoh untuk perbaikan dan meningkatkan pelayanan makanan bagi warga binaan,” ucapnya.

Continue Reading

Trending