Connect with us

Metro

Agus Sukma Jaya Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kota Cirebon Hadiri Acara Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif RI Gelar Diskusi Soft Launching Edu Heritage Jakarta-Cirebon

Published

on

Jakarta, 25 Maret 2024 – Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif RI Mengadakan Acara Diskusi Soft Launching Edu Heritage Jakarta-Cirebon oleh Yayasan Badan Wakaf Kesepuhan Cirebon, Yayasan Badan Wakaf kesepuhan Cirebon mengegas program Edu Hertage “ Sunda Kelapa- Keraton Kesepuhan Cirebon, Jejak 500 tahun Jayakarta.

 

Acara tersebut diadakan di Gedung Sapta Pesona Jakarta pada hari Senin, 25 Maret 2024 dengan menghadirkan narasumber:

1. Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Insfraktutur, Bapak Hariyanto

2. Ketua Yayasan Badan Wakaf Kesepuhan Cirebon,   Bapak Ahmad  Jazuli

3. Ketua Umum Forum Silahturahmi Keraton Nusantara (FSKN), Yang Mulia Karaeng Turikale   VII      Maros, Sulsel, Brigjen Pol (P) Dr. A.A Mapparessa

4. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon, Bapak Agus Sukmanjaya

 

Agus Sukma Jaya selaku Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kota Cirebon, saat ditemui awak Media Online menjelaskan bahwa “Ini momentum bagus untuk memberikan literasi budaya untuk anak-anak kita karena  saya pikir kemasan yang menarik akan juga membuat mereka bisa menikmati sejarah itu tidak membosankan. Jadi Edu Heritage nanti di tanggal 21 April akan menjadi momentum untuk kita bagaimana tadi kerjasama antara Cirebon dengan Jakarta bisa lebih erat yang artinya bukan cuma Pasar Cirebon yang dijual ke Jakarta, tapi sebaliknya kita juga bisa support Jakarta dengan program-program yang kurang lebih sama.

 

Kalau rencana konsep awal dari Yang Mulia Ketua MSK ini akan mengundang Sultan-Sultan Se-Nusantara untuk hadir. Nanti kita coba lihat di minggu depan kita akan coba meetingkan seperti apa persiapannya karena waktunya juga cukup mepet, cuma karena ada momentum di tanggal 21 April 2024 itu bertepatan dengan 10 Hijriyah yaitu tradisi Grebek Syawal Ningratan Kasepuhan. Bagaimana strategi kita untuk bisa mendorong pariwisata berbasis budaya Cirebon ini bisa lebih masif. Semua daerah sudah punya kaitan strategi promosi berbasis online. Kalau di Cirebon ada aplikasi “Wisakon”.

 

Agus pun meminta agar wisata ini dirancang dengan sebaik mungkin. “Program wisata eduheritage semoga bisa menjadi kerja sama yang baik dan penguatan aglomerasi Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan (ciayumajakuning).

 

Mudah-mudahan ini mengangkat semangat teman-teman yang ada di daerah karena begitu antusias Mas Menteri Parekraf, Sandiaga Uno mendengarkan dan mengakomodasi konsep-konsep yang datang dari daerah bahwa beliau sangat support. Tinggal nantinya tidak berhenti disini aja dan bentuk dukungan mungkin nanti kita lihat dalam perjalanan, mudah-mudahan semua berjalan sesuai dengan yang kita rencanakan. Dan tadi juga sebuah role model bagaimana kerjasama antar beberapa daerah dalam satu event termasuk dukungan juga dari Kementerian,” tutupnya.

 

Wisata eduheiritage diusulkan oleh Yayasan Badan Wakaf Kasepuhan Cirebon yang bergerak di bidang wakaf produktif dan sosiopreneur. Salah satu yang diusulkan yaitu wisata eduheritage Jakarta-Cirebon.

 

Seperti diketahui, sejarah lahirnya Jakarta tidak terlepas dari peran Kesultanan Cirebon di era Sunan Gunung Jati. Sunan Gunung Jati memerintahkan menantunya sekaligus panglima perangnya, Fatahillah ataua Falatehan untutk mengusir portugis dari Sunda Kelapa.

 

Portugis akhirnya berhasil diusir pada 22 Juni 1527 yang akhirnya momentum terbebasnya Sunda Kelapa menjadi Jayakarta diperingati sebagai hari ulang tahun Jakarta.

 

Melalui program wisata eduheritage ini, Agus berharap generasi muda yang di Jakarta selain mengenal sejarah Jakarta juga mengenal sejarah

Cirebon. Begitu pula generasi muda di Cirebon selain mengenal sejarah kota kelahirannya juga mengenal sejarah lahirnya kota Jakarta.

 

Adapun rancangan destinasi wisata eduheritage yang disiapkan meliputi destinasi di Jakarta seperti Museum Fatahillah, Kota Tua Jakarta dan lainnya.

 

Sementara destinasi di Cirebon dan sekitarnya seperti Keraton Kasepuhan Cirebon, Museum Pusaka Keraton Kasepuhan Cirebon, Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Goa Sunyaragi, Makam Sunan Gunung Jati, sentra

kerajinan dan kuliner Cirebon.

Continue Reading

Metro

Taman Mini Indonesia Indah Berhasil Meraih Penghargaan di Nusantara Awards 2024

Published

on

By

Jakarta,  – Media Nawacita Indonesia (MNI) sukses menggelar acara penghargaan bergengsi, Nusantara Awards 2024,

Taman Mini Indonesia Indah Berhasil Meraih Penghargaan yang di terima langsung oleh Arie Prasetyo Direktur Operasi TMII di ajang Nusantara Awards 2024 pada Kategori “Pelestari Warisan Budaya Nusantara” yang di selenggarakan oleh Media Nawacita Indonesia (MNI) di Hotel Raffles, Jakarta Selatan, Kamis (9/5/2024).

 

Direktur Operasi Arie Prasetyo menyampaikan mulai tahun 2021 TMII sudah membuat master plane kriteria filosofi – filosofi keberagaman Indonesia dan juga pertunjukan di tmii yang di kemas secara visual teknologi dengan cerita – ceria rakyat jaman dulu

 

“Mulai tahun 2021 TMII sudah membuat master plane keterta filosofi – filosofi keberagaman Indonesia, hari ini mendapat penghargaan dengan kategori “Pelestari Warisan Budaya Nusantara” dan ini saya pikir sangat tepat karena memang TMII dari dulu kita selalu menjaga budaya Nusantara.” Kata Arie Prasetyo

 

“Bahkan setelah kami mengelola taman mini dari tahun 2021 semua produk yang kami berikan atau tunjukkan di taman mini juga selalu kembali kepada ragam budaya Nusantara.” Bebernya

 

Yang terakhir yang kami create juga adalah cerita – cerita pada tahun 2023 kita baru launching dengan pertunjukan teknologi dengan cerita – cerita rakyat jaman dulu.

 

Kita ingin jadi anak – anak jika ke taman mini tahu lagi cerita si kancil dan cerita buto ijo seperti apa yang di kemas secara visual teknologi, yang tahun kemarin sempat mendapatkan penghargaan di nominasi sebagai salah satu dari lima pertunjukan air mancur terbaik di dunia.” Jelas Arie

 

Di kesempatan yang sama Direktur Utama Media Nawacita Indonesia (MNI) Otoli Zebua sangat apresiasi dengan sukses nya acara Nusantara Award dan juga memberikan apresiasi kepada lembaga dan individu yang konsen telah berperan aktif dalam melestarikan budaya Nusantara.

Otoli berharap para penerima anugerah Nusantara Awards 2024 dapat terus berperan aktif menginspirasi dalam memperkuat dan melestarikan budaya Nusantara. Dengan adanya Event ini masyarakat di harapkan dapat termotivasi untuk peduli dengan budaya.

Continue Reading

Metro

Majelis Nasional KAHMI Gelar silaturahmi dan halal bihalal 1445H

Published

on

By

JAKARTA – Majelis Nasional KAHMI mengadakan silaturahmi dan halal bihalal 1445H bersama keluarga besar Korps Alumni KAHMI dengan Koordinator Presidiumnya Ahmad Doli Kurnia Tandjung di Hotel Kartika Chandra Jakarta pada hari Rabu, 8 Mei 2024.

 

Silaturahmi antar Alumni KAHMI itu berjalan dengan suasana hari ini sangat berbeda dari sebelumnya karena kita semua baru selesai Pemilu 2024 dan kita berharap kedepan KAHMI lebih bisa berkontribusi terutama kepada pemerintahan baru yaitu Prabowo-Gibran yaitu kita mencoba membangun memberikan kontribusi terhadap pemikiran-pemikiran perubahan penyempurnaan sistem baik itu sistem pemerintahan itu sendiri, politik, ekonomi, hukum dan lain-lain.

 

Ini nanti akan kita lakukan dengan diadakan simposium bersama guru-guru besar KAHMI.

Untuk adanya pengontrolan dan pengawasan program pemerintah Prabowo-Gibran kita hanya berharap kepada Anggota-Anggota DPR yang aktif di Korps Alumni KAHMI ini.

Continue Reading

Metro

Gianto Direktur Bumdes Jogjakarta Dapet Penghargaan CSR dan Pengembangan Desa Berkelanjutan Award 2024

Published

on

By

Jakarta – Badan usaha milik desa atau BUMDes dinilai bisa mempercepat pertumbuhan desa. Masyarakat desa pun dapat semakin berdaya dengan adanya BUMDes. Selasa.(7/5/2024)

 

Namun, hal yang mesti dilakukan adalah terus mendorong pengembangan kapabilitas sumber daya manusia BUMDes tersebut.

 

Badan usaha milik negara (BUMN) dan perusahaan swasta pun diminta terus berkomitmen dalam program tanggung jawab sosialnya serta mendukung desa berkelanjutan. Tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) juga perlu betul-betul tepat sasaranan bermanfaat bagi masyarakat perdesaan.

 

Harapannya, pembangunan ekonomi yang inklusif dan ramah lingkungan di desa terwujud.

 

Gianto Direktur Bumdes Sambi Mulyo, Prambanan Jogjakarta dalam wawancaranya kepada para media mengatakan terima kasih atas penghargaan yang diberikan ini, katagori Bumdes Maju, menjadi pemicu semangat kami, mendapat penghargaan ini tidak mudah, berkat kolaborasi dengan pemerintah desa, dengan lembaga desa yang lain, desa wisata dsb, sehingga kita bisa menjalankan Bumdes ini dengan baik, ini akan menjadi pemicu semangat kami untuk lebih giat lagi untuk maju,”ujarnya

 

Lebih lagi memperhatikan Aset desa dan mensejahterakan masyarakat desa,

 

Harapan kami akan menjadi pemantik lagi supaya Bumdes ini lebih berbicara banyak, ada beberapa perusahaan yang kita bisa kerjasamakan, termasuk pengadaan barang dan jasa menjadi peluang baru bagi untuk mengelola Bumdes,”tutup Giatno

Continue Reading

Trending