Connect with us

nasional

Jasa Marga Kebut Pembangunan Jalan Tol BORR Seksi 3A Sepanjang 2,85 km Dapat Beroperasi Fungsional Pada Saat Lebaran 2020

Published

on

Bogor – PT Marga Sarana Jabar (MSJ), anak usaha PT Jasa Marga mempercepat pembangunan Jalan Tol Bogor Ring Road (BORR) Seksi 3A Yasmin-Semplak. Targetnya, Jalan Tol BORR sepanjang 2,85 km tersebut dapat beroperasi fungsional pada libur Lebaran 2020.

Sampai 31 Januari 2020, pembangunan konstruksi Jalan Tol BORR Seksi 3A Yasmin-Semplak mencapai 78,68%, sedangkan pembebasan lahannya 88,25%.

Menurut Direktur Utama PT MSJ Hendro Atmodjo, pengerjaan kontruksi jalan tol ini yang paling berat adalah pemasangan total 2.166 _box girder_ yang telah dimulai sejak September 2019.

“Hingga saat ini telah terpasang 1.349 _box girder_ atau sebanyak 62% dari jumlah total 2.166 _box girder_ tersebut,” jelas Hendro di Bogor, Rabu (5/2/2020).

Hendro optimis, pembangunan Jalan Tol BORR Seksi 3A dapat rampung pada Maret 2020 karena saat ini pengerjaannya dikebut selama hampir 24 jam setiap harinya. Selain itu, PT MSJ juga menambah jumlah pekerja.

Secara keseluruhan, Jalan Tol BORR dibagi menjadi sejumlah seksi dengan panjang total sekitar 12 km dengan rincian sebagai berikut:

Seksi 1 Sentul-Kd. Halang (3,85 km): Dioperasikan sejak 23 November 2009

Seksi 2A Kd. Halang-Kd. Badak (1,95 km): Dioperasikan sejak 28 Mei 2014

Seksi 2B Kd. Badak-Sp. Yasmin (2,65 km): Dioperasikan sejak 7 Juni 2018

Seksi 3A Sp. Yasmin-Sp. Semplak (2,85 km): Direncanakan beroperasi TW II Tahun 2020

Seksi 3B Semplak-Junction Salabenda (1,01 km): Direncanakan beroperasi Tahun 2024

Ditambahkan Hindro, bila sudah beroperasi penuh, Jalan Tol BORR mengurai kepadatan lalu lintas di Kota Bogor, terutama di Jalan Sholeh Iskandar. Jalan Tol BORR atau Lingkar Bogor ini juga diharapkan dapat memperlancar mobilisasi masyarakat dan ekonomi Bogor sebagai kota penyangga Jakarta.

Continue Reading

nasional

Jalin Silaturahmi, Kepala Rutan Cipinang Sambangi Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta

Published

on

By

Jakarta – Guna memperkuat sinergitas dan mempererat tali silaturahmi, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang melakukan kunjungan kerja ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta, Jumat (19/4).

 

Dalam kunjungan ini, Kepala Rutan Kelas I Cipinang Sukarno Ali yang didampingi oleh Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Alif Akbar Yusuf dan Kepala Sub Seksi BHPT, Dani Diyaulhaq disambut baik oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta, DR. H. Cecep Khairul Anwar beserta jajarannya.

 

Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan ini selain memperkuat koordinasi dan saling bersinergi yang selama ini sudah terjalin dengan baik.

 

Pertemuan ini juga untuk melaporkan kegiatan Pesantren Darul At-Taubah yang dimiliki oleh Rutan Cipinang serta menjadi momen dalam melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan yang sudah berjalan di Pesantren Darul At-Taubah Rutan Cipinang.

 

Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali menjelaskan bahwa Pondok Pesantren Darul At-Taubah yang didirikan di Rutan Cipinang ini dimaksudkan untuk membentuk warga binaan agar menjadi manusia seutuhnya, menyadari kesalahan, memperbaiki diri, dan tidak mengulangi tindak pidana sehingga dapat diterima kembali oleh lingkungan masyarakat.

 

Tujuan dari Pondok Pesantren di Rutan Kelas I Cipinang yaitu “Memanusiakan Warga Binaan Rutan Kelas I Cipinang menuju Keimanan dan ketakwaaan yang berlandaskan Al-quran dan Hadist”. Pada kesempatan ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terbentuknya Pondok Pesantren Darul At-Taubah ini.

 

“Diharapkan kegiatan silahturahmi ini dapat meningkatkan kerja sama dan koordinasi antara Rutan Kelas I Cipinang dengan Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta,” ujarnya.

Continue Reading

nasional

Forkabi Gelar Tasyakuran Milad Ke-23 Tahun 2024 Halal Bihalal Idul Fitri 1445 H II

Published

on

By

Jakarta – Forum Komunikasi Anak Betawi (FORKABI) menggelar tasyakuran milad ke 23 dan halal bihalal di Rumah Drs H.M Iwan Sa’alim MM, Cipayung, Jakarta Timur. Kamis, (18/4/2024)

Acara dihadiri ratusan anggota dan pengurus FORKABI.

Ketua Umum FORKABI, Drs H. Abdul Ghoni mengatakan, kegiatan milad kali ini pihaknya mengusung tema ‘Konsilidasi Organisasi dalam Idul Fitri’, untuk meningkatkan keorganisasian kembali.

 

“FORKABI ke depan harus lebih baik. Karena itu kita harus tingkatkan profesionalisme dalam berorganisasi, dan saya tidak mau FORKABI ini jadi penonton di kampungnya sendiri,” tegasnya.

Dengan semangat tersebut, Abdul Ghoni berharap FORKABI bisa tampil sebagai organisasi yang intelek, bermartabat dan disegani masyarakat.

Sehingga sebagai organisasi etnis kedaerahan, FORKABI bisa mengangkat harkat dan martabat masyarakat Betawi.

Harapannya Dalam silahturahmi ini kita harus menguatkan suatu organisasi ditingkat paling bawah dari tingkat walikota sampai tingkat RW dan menjalankan roda organisasi dengan baik, jangan ada priksi priksi didalam organisasi, (contoh cabang dengan ranting nya tidak solid), kita harus membangun organisasi ini bersama sama, dapat Hasil juga harus sama sama,”tutup Abdul Ghoni.

Continue Reading

nasional

Sambut HBP Ke-60, Rutan Cipinang Gelar Penyuluhan Kesehatan Bagi Warga Binaan

Published

on

By

Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60 Tahun 2024, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang menggelar kegiatan penyuluhan kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan fokus pada pencegahan Demam berdarah dengue (DBD)  kepada warga binaan, Rabu (17/4).

 

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali yang di wakili oleh Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Alif Akbar Yusuf dan di hadiri oleh Tim dari Puskesmas Kelurahan Cipinang Besar Utara yaitu dr. florentina reddy dan lusi nurrokhmawati sekaligus sebagai narasumber.

 

Dalam sambutannya, Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Alif Akbar Yusuf mengatakan bahwa kegiatan penyuluhan ini dimaksudkan guna memelihara kesehatan warga binaan dan peningkatan kualitas kehidupan nya selama menjalanin masa pembinaan di Rutan Cipinang.

 

“Penyuluhan PHBS ini sangat penting untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan kebersihan. Saya berharap melalui kegiatan ini, para warga binaan dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan sehat di dalam maupun di luar lingkungan pemasyarakatan,” ucapnya.

Penyuluhan kesehatan ini diisi oleh Petugas Penyuluh Kesehatan Puskesmas Kelurahan Cipinang Besar Utara dr. florentina reddy dan lusi nurrokhmawati. Dalam materinya, Ia menjelaskan tentang pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan untuk mencegah DBD. Mereka juga menjelaskan tentang gejala DBD, cara penularannya dan bagaimana cara pencegahannya.

 

Kegiatan penyuluhan kesehatan ini disambut dengan antusias oleh 50 orang perwakilan warga binaan yang mengikuti kegiatan penyuluhan tersebut. Peserta di ambil dari berbagai blok seperti blok hunian rehabilitasi medis, blok lansia, blok santri, disabilitas, pramuka dan para tahanan pendamping dengan harapan mereka dapat berbagi ilmu kepada warga binaan yang lain.

 

Ditempat yang berbeda, Kepala Rutan Kelas I Cipinang menyampaikan bahwa kegiatan penyuluhan kesehatan ini merupakan salah satu upaya Rutan Cipinang untuk meningkatkan kesehatan para warga binaan. “Saya berharap dengan mengikuti kegiatan ini, para warga binaan dapat memahami pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta dapat terhindar dari penyakit DBD,” tandasnya.

Continue Reading

Trending