Connect with us

TNI / Polri

TNI AD Merajai Lomba Kreativitas Prajurit/PNS Lingkungan TNI dI Dislitbang AU

Published

on

JAKARTA, – TNI Angkatan Darat merajai lomba kretivitas Prajurit/PNS TNI AD TA 2021 dalam wujud Karya Cipta Teknotogi (KCT) dan Karya Tu!is IImiah (KTI) dalam rangka memperingati HUT ke 76 TNI tahun 2021, pelaksanaan final di Dislitbang TNI AU tanggal 22 September 2021 di Madislitbang AU Bandung yang dirajai dan dikuasai oleh TNI AD. Pemenang finalis KCT dari Kopassus menjuarai juara I dan Poltekad Juara II dan harapan II serta Finalis KTI menjuarai juara II.

Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Kadislitbangad) Brigjen TNI Terry Tresna Purnama.,S.I.Kom.,M.M, selaku penanggung jawab pada lomba kreativitas Prajurit dan PNS dalam bentuk KCT dan KTI pada tingkad Angkatan Darat, merasa terharu dan bangga atas prestasi yang diraih oleh Finalis KCT maupun KTI duta Angkatan Darat yang diwakili finalis dari Kopasus dan Poltekad serta Kodam XVIII/Kasuari dengan Finalis Aster Kasdam XVIII/Kasuari, yang telah mendapatkan tempat yang terhormat dan merajai pada lomba kreativitas Prajurit/PNS dalam bentuk lomba Karya Cipta Tekonologi (KCT) dan Karya Tulis Ilmiah (KTI) dalam rangka memperingati HUT ke 76 TNI tahun 2021.

” Saya mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba yaitu Juara Lomba Karya Cipta Teknologi ( KCT ). Juara I (satu) Kapten Cpl Ade Kusnadi dari Kopassus : Pembuatan Prototipen Senjata DMR (Designated Marksman Refile) Commando Rifle 2, Juara II (dua) Kolonel Arh. Dr. Ir. Nur Rahman, SM.MT dan tim Poltekad pembuatan Prototype Robot Tempur dilengkapi senjata SS-2, peluncur Roket, deteksi Ranjau dan Kamera Termal untuk mendukung tugas OMP dan OMSP. Juara III (tiga) : Sathar 21 Depohar 20 Lanud Iswahyudi Rancang Bangun Performance Indikator tes set Pesawat F16 (TNI AU). Juara harapan I (satu) : Sathar 24 Depohar 20 Lanud Iswahyudi Rancang Bangun Multi Test Set UAV Aero Star BP. (TNI AU). Juara harapan II (dua) Letkol Arh Tuharno dan Tim dari Poltekad : Rancang Bangun Rompi anti Peluru level III A berbasis komposit serat Abaka, HGM, EPOXI, dan serat Karbon. Juara harapan III (tiga) Tim bengkel SBM/RL Sathar 42 Depohar 40 Lanud Sulaiman : RB Flight Track Monitoring System secara terintegrasi gunakan PPTP (TNI AU). Juara Karya Tulis Ilmiah (KTI), Juara I (satu)TNI AU a.n. Mayor Tek Y.H. Yogaswara., Ph.D Judul Konsepsi Reorganisasi Dislitbang Angkatan dalam rangka mendukung Perpres Nomor 33 Tahun 2021 tentang BRIN serta membangun sistem akuisisi pertahanan. Juara II (dua) TNI AD a.n. Kolonel Inf Hengki Yuda Setiawan (Aster Kasdam XVIII/Kasuari) Judul Strategi Penguatan Binter Sat BKO di wilayah Kodam XVIII/Kasuari dihadapkan pada situasi dan kondisi Provinsi Papua Barat, Juara III (tiga) TNI AU a.n. Letkol Tek Girjo Rahmanto Judul Permodelan Transfer Teknologi Pada Proses Pengadaan Alutsista Guna Tercapainya Kemandirian Inhan Nasional Dalam Rangka Terwujudnya Pertahanan Indonesia Yang Kuat, Juara harapan I (satu) TNI AL a.n. Kapten Laut (T) Nugroho Adi Putro judul Analisa Performa Pemasangan Propeller Boss Cap Fins (PBCF) pada propeller kapal selam klas Nagapasa dengan metode CFD, Juara harapan II (dua) TNI AU a.n. Kolonel Sus Drs. Ainur Rofiq, M.si. judul Konsepsi Penerapan Transformasi Air Power di Komando Operasi Udara Nasional guna menegakan kedaulatan wilayah udara yuridiksi nasional, Juara harapan III (tiga) TNI AU Letkol. Tek. Rahmat Hudaya, ST.,M.Han judul Kajian Aplikasi Total Productive Maintenance dalam manajemen pemeliharaan TNI AU untuk mengurangi terjadinya kegagalan pada pesawat terbang (study kasus pemeliharaan pesawat C-130 Hercules), ” ujarnya.

Selanjutnya Kadislitbangad menambahkan bahwa ke depan TNI AD akan menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan lomba kreativitas Prajurit/ PNS dalam bentuk lomba Karya Cipta Teknologi (KCT) dan Lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) dalam rangka memperingati HUT ke 76 TNI tahun 2021 lingkungan TNI.

” Para finalis yang telah menjuarai terutama dari TNI AD hendaknya komitmen untuk tetap kreatif dalam mengembangkan hasil-hasil kreativitasnya baik KCT maupun KTI yang telah didapatkan untuk lebih berinovasi untuk pengembangan dan kemajuan TNI AD, ” pungkasnya.

Pemenang lomba Lomba Karya Cipta Teknologi ( KCT ) dan Karya Tulis Ilmiah ( KTI ) mendapatkan piagam penghargaan dan piala serta hadiah uang tunai masing-masing Hadiah Uang Pembinaan Juara Lomba KCT juara I 25 jt, juara II 20 jt, juara III 17.5 jt, juara harapan I 15 jt, juara harapan II 12.5 jt, juara harapan III 10 jt, Hadiah Juara Lomba KTI, juara I 20 jt, juara II 15 jt, juara III 12.5 jt, juara harapan I 10 jt, juara harapan II 7.5 jt, juara harapan III 5 jt diserahkan usai acara penutupan lomba Lomba Karya Cipta Teknologi ( KCT ) dan Karya Tulis Ilmiah ( KTI ) kepada perwakilan di Dislitbang AU. (Dispenad)

Continue Reading

TNI / Polri

PMJ Lakukan Laga Persahabatan Sepak Bola

Published

on

By

Jakarta – Polda Metro Jaya (PMJ) melakukan kegiatan olahraga sepak bola di Stadion Presisi Mapolda Metro Jaya, Jumat, (12/08/2022).

Kegiatan tersebut diikuti Kapolda Metro Jaya, Irjen. Pol. Fadil Imran, dan sejumlah pejabat lainnya.

Pertandingan turut dihadiri oleh Wakapolda Metro Jaya, Brigjen. Pol .Hendro Pandowo, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes. Pol. Latif Usman, dan Dirnarkoba Polda Metro Jaya, Kombes. Pol. Mukti Juharsa.

Kemudian hadir juga Kabid TIK Polda Metro Jaya, Kombes. Pol. Yully Kurniawan, Wadirlantas Polda Metro Jaya, AKBP. Rusdy Pramana, dan Kabiddokes Polda Metro Jaya (Kombes. Pol. Hery Wijatmoko).

Pertandingan berakhir dengan skor 7-5. Olahraga ini rutin dilakukan setiap hari Jum’at guna meningkatkan kebugaran dalam beraktivitas harian serta silaturahmi.

Continue Reading

TNI / Polri

Pesan Kasad Kepada Peserta Jambore Nasional XI Tahun 2022

Published

on

By

JAKARTA, – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman berpesan kepada anggota pramuka sebagai tunas-tunas generasi bangsa, supaya menjadikan Pancasila sebagai landasan bangsa dengan berpondasi kebhinnekaan, tiangnya Persatuan dan Kesatuan, serta atapnya NKRI.

Demikian disampaikan Kasad selaku Ketua Majelis Pembimbing Saka Wira Kartika Nasional usai mengikuti upacara pembukaan Jambore Nasional (Jamnas) XI tahun 2022, bersamaan dengan peringatan Hari Pramuka ke-61 yang dipimpin oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol Purn Drs. Budi Waseso, bertempat di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (14/8/2022).

“Pondasinya Adalah Kebhinnekaan, Tiangnya Persatuan dan Kesatuan, atapnya NKRI, dan Pancasila sebagai landasan Bangsa, untuk menghadapi setiap bentuk ancaman,” ujar Jenderal Dudung.

Selanjutnya Kasad juga mengajak kepada para Pramuka menjadikan event lima tahunan ini sebagai sarana dalam meningkatkan semangat juang, kedisiplinan dan loyalitas.

Jambore Nasional XI yang digelar dari tanggal 14 s.d. 21 Agustus tersebut mengusung tema “Melalui Kegiatan Jamnas XI Tahun 2022 Kita Wujudkan Pramuka yang Ceria, Berdedikasi dan Berprestasi,” serta diikuti oleh 9.468 peserta dari masing-masing Kwarda dan Kwarcab seluruh Indonesia, termasuk utusan organisasi Pramuka di kawasan Asia Pasifik.

Dalam kesempatan itu Kasad juga berkesempatan memukul bedug bersama Ketua Kwarnas dan Sekjen Kwarnas sebagai tanda dibukanya Jambore Nasional ke-11 tahun 2022, yang langsung diikuti sejumlah pertunjukan di antaranya display Genderang Suling Canka Lokananta (GSCL) Akmil, pentas seni daerah, hingga ketangkasan dalam mendirikan tenda. (Dispenad).

Continue Reading

TNI / Polri

Kasad: Kinerja PNS TNI AD Mampu Mendukung Tugas Pokok TNI AD

Published

on

By

Jakarta, – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman akan mendukung seragam PDL untuk seluruh PNS TNI AD sebagai bentuk apresiasi atas kinerja, komitmen dan darma bhaktinya yang telah ditunjukkan dalam mendukung tugas pokok TNI AD.

Demikian disampaikan Kasad dalam pengarahannya kepada peserta Rapat Kerja (Raker) DPK Unit TNI AD TA. 2022 yang diikuti sekitar 300 anggota Korpri TNI AD perwakilan dari Kotama dan Balakpus se-Gartap 1 Jakarta, Mabesad, Kamis (11/8/2022).

“Nanti kita akan buatkan 2 stel PDL, kaos dalam, 1 stel sepatu dan baret, termasuk batik Korpri. Pokoknya lengkap. Semoga tahun ini bisa terealisasi,” ujar Jenderal Dudung.

Pada Raker DPK Unit TNI AD TA. 2022 yang bertemakan “Optimalisasi Pembinaan Korpri Guna Meningkatkan Disiplin, Kerja dan Kesejahteraan Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI AD,”, Kasad juga menyoroti tentang pentingnya peran Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI AD untuk mengakselerasi penerapan UU RI tentang ASN dan mendukung transformasi TNI AD ke depan. Adapun wujud Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diharapkan oleh Kasad adalah yang berkualitas serta dapat menjaga Kode Etik PNS TNI AD, mampu mendukung dan memasyarakatkan visi dan misi TNI AD, serta dapat menyelesaikan permasalahan dinas maupun di luar dinas dengan baik.

“Tugas pokok Korpri TNI AD salah satunya adalah mampu mendukung tugas pokok TNI AD secara tepat dan bertanggung jawab, serta membantu pimpinan dalam upaya meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan di lingkungan Keluarga Besar TNI AD,” ungkap Kasad.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakasad, Irjenad, Korsahli Kasad, Aspers Kasad, Asrena Kasad, Dirkuad, Ketua Dewan Pengurus Korpri Unit TNI AD Ny. drg. Nora Tristyana, M.A.R.S., serta Pejabat Utama di lingkungan Mabesad. (Dispenad).

Continue Reading

Trending