Connect with us

TNI / Polri

Tim Gabungan F1QR Lanal Dumai dan Satgas Catur BAIS TNI Amankan 9 PMI Non Prosedural Asal Malaysia

Published

on

TNI AL, Dumai,- F1QR Pangkalan TNI AL Dumai dan Satgas Catur BAIS TNI kembali mengamankan pemulangan sebanyak 9 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) Non Prosedural melalui jalur ilegal asal Malaysia menuju Indonesia pada hari Kamis, tanggal 23 Mei 2024 Pukul 05.20 WIB, di Pesisir Jalan Dumai Pakning, Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai.

 

Komandan Lanal Dumai Kolonel  Laut (P) Boy Yopi Hamel, saat pelaksanaan  penyerahan PMI kepada pihak Pos Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (P4MI) Dumai mengatakan bahwa 9 orang PMI Non Prosedural tersebut berasal dari Malaysia menuju wilayah Perairan Pelintung Dumai.

 

Setelah mendapatkan informasi, Tim Gabungan F1QR Lanal Dumai dan Satgas Catur BAIS TNI bergerak ke sasaran dan mendapati para PMI Non Prosedural telah mendarat di Pantai, namun ada 1 orang yang melarikan diri ke perkebunan sawit. Setelah dilaksanakan pengejaran dan penyisiran, Tim Satgas Gabungan F1QR Lanal Dumai dan Satgas Catur BAIS TNI berhasil mengamankan 9 orang (laki-laki) PMI Non Prosedural.

 

Tim Gabungan F1QR Pangkalan TNI AL Dumai dan Satgas Catur BAIS TNI berhasil mengamankan 9 orang PMI Non Prosesdural dan barang bukti 2 unit Sepeda motor roda dua Merk NMax dan Supra X 125 diduga milik Pengurus PMI Non Prosedural, 7 buah KTP, 10 unit HP, serta 3 buah Pasport. Selanjutnya dibawa ke Mako Lanal Dumai untuk dilaksanakan pendataan, pengecekan barang bawaan dan pengecekan kesehatan.

 

Berdasarkan pemeriksaan awal yang dilaksanakan, diketahui bahwa 9 orang PMI Non Prosedural yang berasal dari Lombok, Jawa Tengah, Aceh, Sulbar dan Jambi tersebut berangkat dari Pahang Malaysia menuju Indonesia melalui jalur ilegal menggunakan transportasi laut speed pancung mesin 200 PK (3 unit) dengan biaya sebesar RM. 1.000 s.d. RM. 3.000,- atau sebesar Rp. 4.500.000,- s.d. Rp. 10.000.000,- kepada agen di Malaysia. Kemudian setelah tiba di Pantai Pelintung Dumai Provinsi Riau, para PMI dijemput mobil, diantar terminal dan selanjutnya kembali ke daerah masing-masing.

 

Hasil pengecekan yang dilakukan terhadap barang bawaan tidak ditemukan benda-benda terlarang (Narkoba sejenisnya), seluruh PMI dalam kondisi sehat selanjutnya diserahkan kepada pihak Pos Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (P4MI) Dumai untuk proses lebih lanjut.

 

Sinergitas Tim Gabungan F1QR Pangkalan TNI AL Dumai, Satgas Catur BAIS TNI dan Pihak P4MI Dumai dalam mengamankan 9 orang PMI Non Prosedural ini merupakan salah satu bentuk upaya  kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai ancaman Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di wilayah kerja Lanal Dumai.

 

(Pen Lanal Dumai)

Continue Reading

TNI / Polri

Wadan Lantamal I Ikuti Lomba Menembak Kapolda Cup

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., diwakili Wadan Lantamal I Kolonel Laut (P) Siswo Wdodo. S.T., mengikuti Lomba Menembak Pistol Kapolda Cup dalam rangka menyambut HUT Ke-78 Bhayangkara Tahun 2024,  dibuka oleh Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, bertempat di Lapangan Tembak Perbakin Sumut, Jalan Beringin Raya, Medan, Sumatera Utara, Minggu (23/6/2024).

 

Dalam sambutannya, Kapolda Sumut menyampaikan bahwa lomba ini bertujuan untuk meningkatkan tali silaturahmi dan mengasah kemampuan dalam menembak. Semoga dengan adanya lomba menembak ini Polri semakin baik kedepanya dan dapat bekerjasama dengan seluruh stakeholder maupun masyarakat untuk bersama-sama membangun Sumut.

 

Lomba menembak diikuti sebanyak 88 peserta dari unsur TNI dan Polri, serta Forkopimda Sumatera Utara.

 

Hadir dalam kegiatan, Kasdam I/BB, Brigjen TNI Refrizal, Kabinda Sumut, Brigjen TNI Asep Jauhari, Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Teddy Marbun, beserta sejumlah pejabat di jajaran Polda Sumut.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI / Polri

Tim F1QR Pangkalan TNI AL Dumai Amankan 42 Orang PMI Non Prosedural Dari Malaysia

Published

on

By

TNI AL, Dumai,- Sebanyak 42 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) Non Prosedural yang kembali dari Malaysia melalui jalur ilegal kembali berhasil diamankan oleh Tim Fleet One Quick Response (F1QR) Lanal Dumai. PMI Non Prosedural yang terdiri dari 34 orang laki-laki dan 8 orang perempuan diamankan pada hari Minggu (23/6)

 

Pukul 07.25 WIB di Pesisir Pantai Pelinting, Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai.

 

Komandan Lanal Dumai  Kolonel Laut (P) Boy Yopi Hamel melalui Palaksa Lanal Dumai Letkol Laut (PM) Priatno, pada saat serah terima 42 orang PMI Non Prosedural kepada pihak Pos Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (P4MI) Kota Dumai mengatakan bahwa diamankannya PMI Non Prosedural tersebut berawal dari informasi yang diterima oleh F1QR Lanal Dumai, selanjut Tim F1QR bergerak menuju daerah Pelintung Kecamatan Medang Kampai Dumai untuk menindaklanjuti informasi tersebut dan melaksanakan pengendapan di tepi Pantai Pesisir pelintung.

 

Lebih lanjut dikatakan, sekitar pukul 07.25 WIB, Tim F1QR Lanal Dumai mendapati PMI Non Prosedural telah mendarat di Pantai dan satu orang tekong speedboat kabur ke arah Perairan Sepahat. Setelah dilaksanakan pengejaran dan penyisiran disekitar Pesisir Pantai Pelintung, Tim F1QR Lanal Dumai berhasil mengamankan 42 orang PMI Non Prosedural. Setelah dilaksanakan pendataan awal, dibawa menuju Lanal Dumai untuk dilaksanakan pendataan ulang, pemeriksaan barang bawaan secara intensif dan pengecekan kesehatan.

 

Berdasarkan pemeriksaan dan pengecekan yang dilaksanakan terhadap ke 42 orang PMI Non Prosedural tersebut, diketahui bahwa mereka berangkat dari Selangor Malaysia dengan tujuan Pantai Pelintung Kota Dumai Provinsi Riau, Indonesia menggunakan transportasi laut HSC (High Speed Craf) mesin 200 PK (3 unit), dengan biaya sebesar Rp. 5.000.000 s.d Rp. 6.000.000,- kepada agen masing-masing.

 

“Dari hasil pemeriksaan terhadap barang bawaan para PMI ditemukan Handphone 44 buah, 31 KTP dan 23 Pasport. Tidak ditemukan barang-barang yang berbahaya, Narkoba dan sejenis,” pungkas Palaksa.

 

Pekerja Migran Indonesia yang mayoritas merupakan warga yang berasal dari Aceh, Medan, dan Rohil Riau tersebut diserahkan kepihak P4MI Kota Dumai untuk pendataan dan proses lebih lanjut.

 

Keberhasilan TNI AL dalam hal ini Lanal Dumai mengamankan 42 orang PMI Non Prosedural merupakan salah satu bentuk  kesiapsiagaan TNI AL dalam menghadapi berbagai ancaman Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di wilayah kerjanya.

 

(Pen Lanal Dumai)

Continue Reading

TNI / Polri

Sambut Kedatangan KRI Dewa Ruci Beserta Laskar Rempah, Danlanal Sabang Sampaikan Kota Sabang Pernah Berjaya Akan Rempah

Published

on

By

TNI AL, Sabang,- Komandan Lanal (Danlanal) Sabang Kolonel Laut (P) Gita Muharram, M.Sc., dan  PJ. Walikota Sabang serta Unsur Forkopimda Sabang menyambut kedatangan KRI Dewa Ruci dalam rangka Muhibah Budaya Jalur Rempah (MBJR), bertempat di Pelabuhan BPKS CT I, Kuta Bawah, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Minggu (23/06/2024).

 

Kedatangan KRI Dewa Ruci yang membawa Rombongan Laskar Rempah dari Jakarta menuju Kota Sabang disamping melaksanakan Muhibah Budaya Jalur Rempah (MBJR) juga memiliki tujuan lain berupa refleksi sejarah tentang kejayaan Kota Sabang yang dulu pernah menjadi jalur rempah, dengan Kekayaaan utama Merica dan Cengkeh serta expose tempat- tempat  bersejarah yang ada di Kota Sabang.

 

Sementara Komandan Lanal  (Danlanal) Sabang dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Sejarah gemilang rempah-rempah di nusantara bukan hanya menyimpan kenangan global yang megah, tetapi juga menciptakan kekayaan budaya yang mendalam”.

 

“Kegiatan pelayaran Muhibah Budaya Tahun 2024 ini akan menjelajahi kearifan lokal di 7 (tujuh) Kota bersama-sama KRI Dewa Ruci dan 75 Laskar rempah terpilih”.

 

“Kegiatan ini akan mengingatkan kita pada kejayaan dan peristiwa masa lalu yang ada di Kota Sabang dalam perdagangan jalur rempah. Jalur rempah inilah yang menjadi perhatian dari negara-negara Barat untuk Indonesia”.

 

Tak lupa Komandan Lanal (Danlanal) Sabang memberikan ucapan selamat datang di Kota Sabang kepada Ketua Rombongan dan seluruh Tim yang mendukung kegiatan Muhibah Budaya Jalur Rempah (MBJR) Tahun 2024.

 

Rombongan Laskar Rempah disuguhi dengan penampilan tari tarian khas Aceh (Sedati) serta pertunjukan Drama Kolosal Zaman Penjajahan dan diakhiri dengan memperkenalkan makanan Khas Aceh (Kuah Belango).

 

Hadir dalam kegiatan, Komandan Lanal Sabang, PJ. Walikota Sabang, dan Unsur Forkopimda Sabang.

 

(Pen Lanal Sabang)

Continue Reading

Trending