Connect with us

TNI / Polri

Lanal Banjarmasin Gelar Seminar Motivasi Optimalisasi Komunikasi Dalam Bertugas

Published

on

TNI AL, Banjarmasin,- Bertempat di Gedung Mustafa Ideham Mako Lanal Banjarmasin, telah dilaksanakan kegiatan seminar motivasi dengan tema “Membangun Komunikasi Yang Baik Dalam Rangka Meningkatkan Kerjasama Guna Optimalisasi Tugas di Lanal Banjarmasin,” dengan narasumber Dr. Aqua Dwipayana, M.I.Kom., Rabu (22/05/2024).

 

Kegiatan ini dihadiri oleh Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setyawan, S.H., M.A.P., didampingi Ketua Cabang 4 Korcab XIII DJA II Ny. Desy Agus Setyawan, beserta Prajurit dan PNS Lanal Banjarmasin dan diikuti secara daring oleh Posal-posal di jajaran Lanal Banjarmasin.

 

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Banjarmasin menyampaikan bahwa pentingnya komunikasi dalam bertugas, baik di satuan terkecilpun. Karena komunikasi, koordinasi dan kolaborasi merupakan penting guna mengoptimalisasi tugas.

 

Sementara itu, Dr. Aqua Dwipayana, M.I.Kom., menyampaikan bahwa salut atas keteladanan Danlanal Banjarmasin dalam membina Prajurit serta Jalasenastri yang terlihat dari antusias prajurit dalam menyimak saat kegiatan berlangsung.

 

Dalam pemaparannya, menyampaikan tentang pentingnya komunikasi untuk para personel. Komunikasi efektif dan kemampuan komunikasi yang baik harus dimiliki Anggota Lanal dalam melaksanakan tugas memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

 

(Pen Lanal Banjarmasin)

Continue Reading

TNI / Polri

Asops Danlantamal I Antar Keberangkatan Danguskamla Koarmada I

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal) I Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP, diwakili oleh Asops Danlantamal I Kolonel Laut (P) Hendrik Kurniawan, M.Tr. Hanla., M.M., mengantar keberangkatan Danguskamla Koarmada I Laksma TNI Anung Sutanto, S.Sos., M.Si., M.Han., didampingi Ketua Jalasenastri Cabang 5 DJA I Ny. Arin Anung Sutanto, bertempat di Bandara Kuala Namoe Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (15/6/2024).

 

Danguskamla Koarmada I telah selesai melaksanakan kunjungan kerja di Lantamal I yakni menghadiri Pembukaan Satgas Patkor Malindo Ke-164 Tahun 2024, untuk selanjutnya kembali ke Mako Guskamla Koarmada I di Sabang Aceh.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asintel Danlantamal I, Dansatrol Lantamal I, serta Pengurus Jalasenastri Korcab I DJA I.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI / Polri

Saat Operasi Penindakan di Distrik Bibida, OPM Secara Keji Gunakan Masyarakat Sebagai Tameng Hidup

Published

on

By

Paniai Papua, PenKoopsHabema –Saat operasi perebutan wilayah Bibida dilakukan, OPM secara keji telah menggunakan para warga masyarakat di wilayah Distrik Bibida sebagai tameng hidup untuk melindungi para personel OPM.

 

Namun demikian, para Prajurit TNI yang bertugas di lapangan tidak terkecoh sedikitpun dengan taktik OPM. Para Prajurit TNI tetap bertindak profesional dan menjunjung tinggi kemanusiaan dengan selalu mengarahkan senjatanya ke arah OPM serta hanya menembak di ujung laras guna menghindari salah tembak ke arah warga.

Dengan tindakan profesional yang menjunjung tinggi kemanusiaan tersebut, para Prajurit TNI telah berhasil merebut wilayah Distrik Bibida tanpa satupun korban jiwa, baik dari pihak TNI maupun dari sisi masyarakat Distrik Bibida.

 

“Tindakan profesional para Prajurit TNI dalam merebut wilayah Distrik Bibida yang selama ini dikuasai oleh OPM, merupakan upaya TNI untuk mewujudkan situasi aman dan kondusif di wilayah Papua, serta menghindari jatuhnya korban tidak bersalah dari pihak masyarakat saat Operasi Penindakan dilakukan,” ucap (Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan) Pangkogabwilhan III, Letjen TNI Richard T.H. Tampubolon, pasca menerima laporan hasil perebutan wilayah Distrik Bibida.

 

Terpisah, Letkol Arh Yogi Nugroho selaku Perwira Penerangan Koops TNI Habema mengatakan dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (15/6/2024) bahwa keberhasilan TNI dalam merebut wilayah Distrik Bibida, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua Tengah, yang selama ini dikuasai Organisasi Papua Merdeka (OPM) telah dilakukan dengan tindakan profesional oleh para Prajurit TNI yang bertugas di lapangan. Perebutan Distrik Bibida dilakukan pasca Kelompok OPM pimpinan Undius Kogoya menembak warga sipil tidak bersenjata dan tidak berdosa asal Jeneponto, Sulawesi Selatan, bernama Rusli (40), pada hari Selasa, 11 Juni 2024, di Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua Tengah.

 

“Kelompok OPM pelaku pembunuhan dan pembakaran masyarakat telah melarikan diri dari Distrik Paniai Timur menuju Distrik Bibida, yang lokasinya bersebelahan dan masih dalam satu wilayah Kabupaten Paniai. Prajurit TNI terus mengejar OPM yang melarikan diri ke arah Distrik Bibida, dan akhirnya pada hari Jumat, 14 Juni 2024, para Prajurit TNI tersebut berhasil merebut wilayah Distrik Bibida yang selama ini dikuasai oleh OPM,” ucap Letkol Arh Yogi Nugroho.

Continue Reading

TNI / Polri

Asops Danlantamal I Lepas Keberangkatan Dua Kapal Perang Malaysia

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., diwakili Asops Danlantamal I Kolonel Laut (P) Hendrik Kurniawan, M.Tr. Hanla., M.M., melepas keberangkatan 2 Kapal Perang Malaysia yakni KD Handalan 3511 dan KD Jerai 12, bertempat di Dermaga Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah No.01 Belawan, Sumatera Utara, Jumat (14/6/2024).

 

Kapal Perang Malaysia tersebut telah sandar di Dermaga Lantamal I  sejak tanggal 11 Juni 2024 dalam rangka acara Pembukaan Patkor Malindo Ke–164 Tahun 2004 di Lantamal I, selanjutnya akan berlayar melaksanakan Satgas Operasi Patroli bersama dengan KRI Torani-860 dan KRI Krait-827 milik TNI AL.

 

Pelepasan dilakukan dengan suatu upacara yang diiringi dengan lantunan musik Satsik Lantamal I serta Merplugh dari Personel Lantamal I dan Yonmarhanlan I.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Aslog Danlantamal I, Aspotmar Danlantamal I, Asops Guskamla Koarmada I, ILO Malaysia, LO TLDM, Danyonmarhanlan I, Komandan KRI Siliman,  serta Prajurit Lantamal I dan Yonmarhanlan I.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

Trending