Connect with us

nasional

Rutan Cipinang Serah Terima Barang Milik Negara (BMN) Mobil Ambulance Kepada Pemenang Lelang

Published

on

Jakarta – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang melaksanakan serah terima Barang Milik Negara (BMN) berupa satu unit mobil Ambulance yang sudah tidak terpakai kepada pemenang lelang, Kamis (13/6).

 

Serah terima dan penandatangan berita acara ini dilaksanakan oleh Kepala Sub Seksi Keuangan dan Perlengkapan, Muhammad Kahfi sebagai pihak pertama dan pemenang lelang sebagai pihak kedua. Selanjutnya pihak Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) akan membuatkan risalah lelang yang akan dipakai sebagai dasar untuk mengajukan penghapusan BMN.

 

Ditempat yang berbeda, Kepala Rutan Kelas I Cipinang Sukarno Ali menyatakan bahwa proses lelang dilakukan secara online melalui KPKNL untuk memastikan transparansi dan keadilan. Dengan serah terima ini, Rutan Cipinang menunjukkan komitmennya dalam pengelolaan aset negara yang baik dan akuntabel.

 

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pemenang lelang yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan lelang, kegiatan ini dalam rangka penghapusan Barang Milik Negara berupa Invetaris kantor berupa satu unit mobil ambulance dan saya berharap barang ini dapat bermanfaat bagi para pemenang lelang,” ujarnya

Continue Reading

nasional

BPH Migas Pantau Penyaluran BBM Subsidi di Manggarai Barat, Pastikan Pengguna BBM Subsidi Terlayani Baik

Published

on

By

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) melakukan pengawasan pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pengawasan dilakukan untuk memastikan penyaluran BBM subsidi kepada masyarakat terlayani dengan baik.

 

“Pelayanan untuk masyarakat yang menggunakan minyak tanah agar terus dapat dilakukan dengan baik. Meskipun di pangkalan minyak tanah juga menyediakan LPG (Liquified Petroleum Gas) yang non PSO (Public Service Obligation/non subsidi),” ujar Anggota Komite BPH Migas Harya Adityawarman saat ditemui di salah satu Pangkalan Minyak Tanah di Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, NTT, Minggu (23/06/2024).

 

Saat kunjungan, juga didapati bahwa pada periode Ramadan dan Idulfitri (RAFI), serta Natal dan tahun baru (Nataru) kemarin, pendistribusian minyak tanah di Manggarai Barat terjaga dengan baik.

 

“Baik akhir tahun, maupun saat RAFI itu masyarakat terlayani dengan baik. Tidak ada kendala terkait permintaan minyak tanah,” ujar pria yang kerap disapa Didit ini.

 

Lebih lanjut, Didit mengungkapkan adanya permintaan untuk penambahan kuota BBM subsidi untuk nelayan saat dirinya melakukan kunjungan ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Nelayan di Manggarai Barat.

 

“Tadi kita sepakat, Ketua koperasi nelayan akan melaporkan hal ini (penambahan kuota) kepada Bupati. Selanjutnya Bupati menyampaikan usulan kepada Kepala BPH Migas mengenai penambahan solar untuk nelayan, sepanjang benar untuk kepentingan melaut bagi para Nelayan,” tambahnya.

 

Didit berharap, nelayan dapat memanfaatkan BBM subsidi dengan baik, sehingga dapat mendorong produktivitas dalam bekerja. “Harapannya agar (BBM Subsidi) dapat digunakan dengan baik sesuai peruntukannya dan memberikan dampak positif bagi para nelayan,” pungkasnya.

 

Sementara itu, Sales Area Manager Pertamina Patra Niaga NTT Zico Wahyudi menjelaskan, saat mendampingi pemantauan BBM di Manggarai Barat untuk memastikan penyaluran BBM subsidi sesuai dengan ketentuan dan pengawasan berjalan dengan baik.

 

“Yang kita upayakan, bagaimana menjaga kuota tetap bisa sesuai dengan volume yang ditetapkan oleh Pemerintah, melalui BPH Migas,” harapnya.

 

Hadir dalam kunjungan ini, Kepala BPH Migas Erika Retnowati, Anggota Komite BPH Migas Saleh Abdurrahman, Wahyudi Anas, dan Yapit Sapta Putra. Hadir juga mendampingi, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Sape Reno Yulianto dan Ketua Badan Pengurus Koperasi Nelayan Yasa Mina Labuan Bajo Yohanes Pasir.

 

Dalam rangkaian kunjungan di Manggarai Barat ini, BPH Migas juga meninjau Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Komodo di Manggarai Barat, Kamis (20/06/2024). BPH Migas melihat sarana dan fasilitas yang ada di DPPU berjalan dengan baik, serta memastikan pasokan avtur untuk pesawat terjaga.

 

Di samping itu, BPH Migas juga mendatangi Kantor ASDP Indonesia Ferry di Pelabuhan Labuan Bajo, Manggarai Barat, Jumat (21/06/2024). BPH Migas mengecek dokumen penyaluran BBM dan fasilitas kapal motor penyeberangan yang sedang bersandar di pelabuhan.

Continue Reading

nasional

Polri Gelar Fun Walk 2024 HUT Bhayangkara ke-78

Published

on

By

Jakarta – Polri menggelar Bhayangkara Fun Walk 2024 guna menyambut HUT Bhayangkara ke-78 pada Juli mendatang. Acara ini dibuka langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan pada Sabtu (22/6/2024).

 

Selain Kapolri, tampak hadir Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Jaksa Agung ST Burhanudin dan KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak yang ikut membuka acara dengan mengibarkan bendera.

 

Kapolri menuturkan, Bhayangkara Fun Walk 2024 adalah salah satu kegiatan dalam melaksanakan rangkaian kegiatan Hari Bhayangkara ke-78. Adapun tema fun walk ini adalah ‘Berjalan dalam Kesatuan’.

 

“Hari ini kita melaksanakan gerak jalan bersama antara TNI Polri, Kejaksaan dan kemudian teman-teman dari OKP OKP kemahasiswaan. Tentunya sesuai dengan temanya bahwa kita bersama-sama bergerak untuk persatuan dan tentunya kita harapkan bahwa dengan bersama-sama dan bersatu kita bisa membangun dan menjaga Indonesia untuk bisa lebih baik,” kata Kapolri.

 

Mantan Kabareskrim Polri ini menuturkan, ada berbagai macam kegiatan selain fun walk yang menjadi rangkaian HUT Bhayangkara ke-78, mulai dari bakti sosial, bakti kesehatan, dan upacara pada 1 Juli mendatang.

 

“Rencana akan kita laksanakan di Monas, dengan melibatkan masyarakat juga dan kita harapkan kegiatan ini juga menjadi simbol bahwa Polri bersama-sama dengan TNI dan seluruh stakeholder terkait yang lain selalu bersama-sama untuk rakyat Indonesia,” ucapnya.

 

Dalam Bhayangkara Fun Walk ini ada dua klaster kegiatan. Pertama parade budaya dan seni dengan jarak tempuh 3,1 km dan untuk fun walk umum sekitar 4,2 km. Adapun pesertanya untuk parade seni dan budaya sebanyak 400 orang. Sementara untuk fun walk umum diikuti kurang lebih 4.000 orang baik anggota TNI-Polri dan masyarakat umum.

 

Fun walk pun diisi dengan games dan doorprize untuk anggota TNI-Polri serta masyarakat yang menjadi peserta. Diharapkan acara ini bisa melestarikan budaya Indonesia, memberikan hiburan, pola hidup sehat dan mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.

Continue Reading

nasional

Rutan Cipinang Tingkatkan Kualitas Hidup Warga Binaan Lewat Pengecatan Blok Hunian

Published

on

By

Jakarta – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan pelayanan prima bagi para warga binaan. Salah satunya dengan melakukan perawatan dan pemeliharaan blok hunian, Sabtu (22/6).

 

Perawatan dan pemeliharaan blok hunian yang di inisiasi oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali ini memerintahkan jajarannya untuk melakukan pembersihan dan pengecatan ulang setiap blok hunian dengan tujuan untuk menciptakan lingkungan yang lebih nyaman dan layak bagi para penghuni rutan.

 

“Iya kami memerintahkan jajaran untuk melakukan pengecetan setiap blok hunian dengan tujuan memberikan lingkungan yang lebih bersih dan nyaman bagi parawarga binaan dan membuat tempat ini lebih baik untuk mereka. Dengan blok hunian yang bersih dan cat baru, suasana akan lebih menyenangkan dan kondusif,” Kata Sukarno Ali

 

Kegiatan ini melibatkan Staf Pengelolaan Rutan serta para warga binaan. Mereka bekerja sama untuk membersihkan area blok hunian, mengecat dinding yang sudah kusam, dan memperbaiki kerusakan kecil. Hal ini tidak hanya mempercepat proses pengecatan, tetapi juga memperkuat rasa tanggung jawab dan kebersamaan di antara mereka.

 

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas hidup para penghuni rutan. Pengecatan ini bukan hanya tentang estetika, tetapi juga tentang menciptakan lingkungan yang mendukung proses pembinaan dan rehabilitasi,” tambahnya

 

Dengan blok hunian yang baru dicat, suasana di dalam rutan menjadi lebih segar dan menyenangkan. Para narapidana menyambut baik perubahan ini dan merasa lebih dihargai serta diperhatikan. Ini adalah salah satu bentuk nyata dari pelayanan prima yang diberikan oleh Rutan Kelas I Cipinang.

 

Seorang warga binaan yang ikut serta dalam kegiatan ini, Ridwan merasa senang bisa berpartisipasi. “Saya merasa lebih nyaman dengan kondisi blok yang baru dicat. Ini menunjukkan bahwa kami diperhatikan dan diberi kesempatan untuk hidup dalam lingkungan yang lebih baik,” ungkap salah satu warga binaan.

 

Dengan adanya kegiatan ini, Rutan Kelas I Cipinang berharap dapat terus meningkatkan kualitas hidup dan memberikan pelayanan bukan hanya kepada masyarakat tetapi juga kepada warga binaan, sehingga mereka dapat menjalani masa hukuman dengan lebih baik dan siap kembali ke masyarakat setelah selesai menjalani masa hukuman.

Continue Reading

Trending