Connect with us

TNI / Polri

Komandan Lanal Bandung Hadiri Pembukaan Taklimat Awal Audit Kinerja Itkoarmada I di Mako Lanal Bandung

Published

on

TNI AL, Bandung,– Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T. M.Sc., M.Tr. Hanla., menghadiri Pembukaan Taklimat Awal Audit Kinerja Itkomarmada I secara Virtual yang dibuka oleh Ir Koramada I selaku Pengendali Teknis Audit Kinerja Itkomarmada I, bertempat di Ruang Rapat Mako Lanal Bandung, Jalan Aria Jipang No.8 Kota Bandung, Rabu (13/08/2024).

 

Dalam sambutan Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta yang di bacakan Wadan Lantamal III Jakarta menyampaikan bahwa pada kesempatan yang berbahagia ini perkenankan saya menyampaikan ucapan selamat datang di Lantamal III Jakarta kepada Tim Audit Kinerja IT Koarmada I dan juga mengucapkan terima kasih atas kunjungannya dalam rangka Audit Kinerja IT Koarmada I Tahun Anggaran 2024 di lingkungan TNI Angkatan Laut.

 

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kegiatan Audit Kinerja merupakan bagian yang tak terpisahkan dari fungsi pengendalian manajemen yang semakin baik fungsi ini menjadi program evaluasi guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas organisasi dalam mewujudkan sasaran yang telah ditetapkan. Sisi lain melalui kegiatan ini kita dapat mengetahui bahwa seluruh kegiatan yang dilaksanakan setelah sesuai dengan peraturan yang berlaku saya berharap bahwa hasil audit ini nantinya akan dapat meningkatkan kinerja di Lantamal III Jakarta dan jajaran dimasa mendatang,” ujarnya.

 

Guna lancarnya kegiatan ini saya perintahkan kepada seluruh pos kegiatan Lantamal III terutama yang terkait untuk menyiapkan dokumen yang dibutuhkan oleh Tim Audit Kinerja IT Koarmada I serta memberikan dukungan sepenuhnya selama tim melaksanakan tugasnya. Saya berharap dalam kegiatan ini dapat tercipta suasana keterbukaan serta komunikasi sehingga diperoleh informasi dan masukkan yang objektif yang akan memberikan manfaat bagi keberhasilan tugas Tim Audit Kinerja IT Koarmada I maupun bagi peningkatan keberhasilan tugas-tugas kita dimasa mendatang.

 

Pada kesempatan tersebut, Irkoarmada I selaku Pengendali Teknis mengatakan bahwa Audit Kinerja IT Koarmada I berdasarkan Perpres tentang sistem pengendalian intern pemerintah dan kemudian juga ada Kep Kasal tentang pedoman pelaksanaan program anggaran atau PPA Tingkat Mabes TNI kemudian program kerja pengawasan tahunan atau PKPT yang sudah diputuskan pada saat rakor akhir tahun 2023 yang dihadiri oleh Tim PTK kemudian TNI, Irjen pada Kotama masing-masing sehingga disepakati PKPT.

 

Berdasarkan surat perintah dari Panglima Armada I Nomor 10873/VIII Tahun 2024, kemudian kegiatan ini bertujuan memberikan keyakinan kepada komando atas baik Panglima dan jajarannya serta menjadi program evaluasi dan apresiasi pencapaian kinerja organisasi sesuai petunjuk kerja yang telah ditetapkan dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

 

Kita ketahui bahwa kegiatan audit merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari fungsi pengendalian dalam manajemen modern saat ini yang bertujuan untuk menyamakan persepsi menemukan permasalahan dan kendala serta mencarikan solusi pemecahan secara menyeluruh dari satuan kerja yang menjadi objek untuk perbaikan kinerja kedepannya.

 

Paradigmatik saat ini akan lebih mengedepankan konsulting yang merupakan upaya pendampingan terhadap kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan, sedang dilaksanakan dan yang telah dilaksanakan sehingga dapat meminimalisir adanya temuan dari audit internal baik dari Irjenal, TNI maupun audit yang bersifat eksternal seperti BPK RI. Oleh karena itu, untuk kelancaran dan kesuksesan kegiatan ini kami berharap adanya keterbukaan dari entitas dalam memberikan laporan secara objektif tentang situasi dan kinerja organisasi sehingga diperoleh hasil yang optimal.

 

Pelaksanaan Audit Kinerja di Lantamal III dan jajarannya akan kita mulai pada tanggal 13 Agustus sampai dengan 30 Agustus 2024 dengan berbagai sasaran.

 

(Pen Lanal Bandung)

Continue Reading

TNI / Polri

PERKUAT SEMANGAT NAVY BROTHERHOOD, TNI AL DAN TLDM GELAR OPERASI TERKOORDINASI MALINDO 165/24 DI SELAT MALAKA

Published

on

By

TNI AL, Dumai,- Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Boy Yopi Hamel selaku Dansatgas Operasi Patroli Terkoordinasi Malaysia Indonesia (OPS PATKOR MALINDO) 165/24, menghadiri Upacara Pembukaan Ops Patkor Malindo 165/24 di Pangkalan Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM) Langkawi, Rabu (18/09/2024).

 

Operasi Patroli Terkoordinasi (Patkor) merupakan bentuk kerjasama Indonesia dan Malaysia yang sangat penting untuk dilakukan. Ops Patkor Malindo juga penting dalam upaya meningkatkan profesionalisme dan memperkuat hubungan serta semangat Navy Brotherhood Angkatan Laut kedua negara.

 

Adapun masing-masing kedua Angkatan Laut mengerahkan dua kapal perangnya dalam Patroli Terkoordinasi Malindo 165/24, TNI AL menugaskan KRI Torani-860 dan KRI Lepu-862, sedangkan TLDM menurunkan KD Handalan dan KD Jerai.

 

Kita ketahui bersama Selat Malaka merupakan salah satu selat tersibuk di dunia sebagai Sea Line of Communication (SLOC), dan Sea Line of Trade (SLOT). Lebih dari lima ratus kapal dengan berbagai tipe melewati rute ini setiap harinya. Berbagai kepentingan baik Nasional maupun Internasional terjadi di Selat Malaka

 

Oleh karena itu, kehadiran Angkatan Laut Malaysia dan Indonesia sangat signifikan dalam memberantas kegiatan ilegal sebagai wujud Rasa aman di kawasan ini.

 

Operasi Patkor Malindo 165/24 merupakan bentuk kerja sama bilateral antara Malaysia dan Indonesia (Malindo) dalam rangka pengamanan wilayah Perairan Selat Malaka demi menjaga keamanan dan kepentingan Nasional kedua Negara.

 

(Pen Lanal Dumai)

Continue Reading

TNI / Polri

LANTAMAL I GELAR BAKTI SOSIAL DALAM RANGKA HUT KE-79 TNI AL TAHUN 2024

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Pangkalan utama TNI Angkatan Laut I (Lantamal I) menggelar Bakti Sosial dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-79 Tahun 2024, bertempat di Jalan Kolonel Yos Sudarso, Kelurahan Belawan Bahari Lingkungan XI, Kecamatan Belawan, Sumatera Utara, Rabu (18/9/2024).

 

Adapun Baksos yang dilaksanakan berupa penyerahan sembako oleh Aspotmar Danlantamal I Kolonel Mar Hendra Zarnadi dan Kadispotmar Lantamal I Letkol Laut (K) Kariadi mewakili Danlantamal I, dengan jumlah 237 paket Sembako kepada warga Lingkungan X dan XI Kelurahan Belawan Bahari, Sumatera Utara.

 

Pada tempat terpisah, Danlantamal I menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-79 TNI Angkatan Laut tahun 2024, semoga bermanfaat dan dapat membantu meringankan kebutuhan masyarakat.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI / Polri

DANLANAL BINTAN HADIRI PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1446 HIJRIYAH DI MASJID NURUL IMAN KIJANG

Published

on

By

TNI AL, Bintan,- Komandan Lanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H yang digelar di Masjid Nurul Iman Kijang, Bintan, Senin (16/09/2024).

 

Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1446 Hijriyah, masyarakat muslim diharapkan dapat mentauladani Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari, supaya dalam menjalin kehidupan senantiasa rukun dan damai. “Jadikan Nabi Muhammad sebagai panutan dalam kehidupan agar berkah dunia dan akhirat,”.

 

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bintan dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Ahdi Muqsith juga tidak lupa mengimbau masyarakat yang hadir untuk tidak momen ini dijadikan sebagai seremoniol saja. Kemudian, terus menjaga silaturahmi sesama umat muslim. Dimoment Maulid hari kelahiran Nabi Muhammad, mari kita buka lembaran baru menuju kehidupan yang lebih baik lagi dengan mempertebal keimanan dan ketaqwaan.

 

Tabligh Akbar di Masjid Besar Nurul Iman, Kijang tersebut mengundang ustaz Dedi Sanjaya. Disejalankan dengan penyerahan sembako untuk dhuafa dan anak yatim serta insentif bagi Guru Mengaji, Imam Masjid, Mubaligh dan Fardhu Kifayah.

 

(Pen Lanal Bintan)

Continue Reading

Trending