Connect with us

Metro

Simulasi Kesiap Siagaan PMI Dalam Menghadapi PEMILU 2019

Published

on

Jakarta – Konflik Sosial merupakan bagian dari bencana sosial, termasuk aksi teror/sabotase. Konflik sosial dimaknai sebagai suatu kondisi dimana terjadi huruhara/kerusuhan atau perang atau keadaan yang tidak aman di suatu daerah tertentu yang melibatkan lapisan masyarakat, golongan, suku, ataupun organisasi tertentu.

Indonesia pada tahun ini menyelenggarakan perhelatan besar PEMILU (Pemilihan Umum) Presiden/Wakil Presiden RI, DPD. Potensi konflik dapat muncul karena berbagai sebab antara lain; penyelesaian kasus hukum yang tidak transparan dan tidak adil, perebutan sumber daya alam, masalah sengketa lahan, masalah budaya, SARA, ketidakadilan, ketimpangan sosial atau pun kebijakan yang tidak mendukung politik. Selasa.(26/3/2019)

Palang Merah Indonesia sebagai perhimpunan/organisasi yang bertujuan meringankan beban penden’taan sesama manusia dengan tidak membedakan agama, suku, bangsa, golongan, wama kulit, dan jenis kelamin, sampai saat ini masih terus membantu pemerintah dalam meringankan penderitaan masyarakat yang terkena musibah maupun bencana.

PMI yang mempunyai tugas salah satunya pelayanan kesehatan adalah memberikan bantuan pelayanan ambulans dan pelayanan medis lainnya disaat damai maupun disaat bencana atau terjadinya kejadian luar biasa.

Dalam hat ini, PMI mengantisipasi gangguan kesehatan pada perhelatan pemilu yang akan berlangsung 17 April 2019. PMI juga melakukan pelayanan yaitu siaga ambulans di titik rawan pada saat kampanye, hari pemilihan dan perhitungan hasil pemilihan.

PMI selalu berkoordinasi dengan stakeholder terkait, seperti kepolisian, dinas kesehatan, badan penanggulangan bencana dalam menjalankan setiap tugas-tugasnya, termasuk siaga ambulans pemilu.

Untuk mendukung kesiapsiagaan pelayanan ambulans PMI, dalam menghadapi PEMILU 2019 PMI Provinsi DKI Jakarta melakukan simulasi pelayanan kesehatan dasar darurat untuk meningkatkan keterampilan para petugas ambulans PMI dan sukarelawan yang bertugas.

Simulasi tersebut dihadiri oleh unsur PMI, ICRC (International Committee of The Red Cross), IFRC (International Federation of Red Cross), KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah) Provinsi DKI Jakarta, BAWASLU (Badan Pengawas Pemilihan Umum), Kepolisian Republik Indonesia, Dinas Kesehatan, Dinas Pemadam Kebakaran, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Provinsi DKI Jakarta, Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Baden Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi DKI Jakarta di lapangan Monas.

Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Metro

Pelantikan Ketua Dan Pengurus IKTASS Jabodetabekban

Published

on

By

Continue Reading

Metro

Maesa Soccer School Gelar Turnamen Piala Wali Kota Jakarta Pusat

Published

on

By

Jakarta – Selama vakum 2 tahun lebih akibat pandemi Covid-19 melanda Indonesia, Sekolah Sepak Bola (SBB) Maesa Soccer School mengadakan turnamen dengan memperebutkan piala Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Budi susastro ketua Pelaksana Turnamen Sepak Bola mengatakan, pagelaran turnamen sepak bola anak dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Tahun 2022.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan olahraga melalui turnamen sepak bola yang pesertanya dari usia dini,” kata Budi Susastro

“Pelaksanaan turnamen digelar 30 Oktober 2022 di lapangan utama Bumi Perkemahan Cibubur.

Budi susastro menjelaskan, turnamen ini digelar guna mencari bibit-bibit unggul pesepakbola usia dini dalam rangka prestasi untuk sekolah di DKI Jakarta.

“Turnamen ini ada empat katagori, mulai usia 9 sampai dengan 12 tahun. Setiap kategori ada 16 tim, sehingga total peserta ada 64 tim,” ungkap Budi Susastro

Budi Susastro berharap, kegiatan turnamen ini bisa menjadi agenda tahunan dalam membangun anak-anak agar lebih berprestasi.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengapreasi dan merespon positif serta mendukung aktivitas kegiatan turnamen sepak bola yang bertujuan untuk melakukan pembinaan olahraga sepak bola. Serta memberikan ruang kepada para peserta untuk bisa masuk jalur prestasi.

“Kenapa mengajak wali kota untuk ikut mengambil bagian, tujuannya minimal memberikan lisensi bahwa ini layak untuk dijadikan sebagai jalur prestasi, meskipun ada jalur zonasi, ada jalur prestasi. Tapi ini menjadi daya dukung bagi siswa-siswi yang memang memiliki bakat olahraga sepak bola,” ungkapnya

Continue Reading

Metro

M.Mariadi Anwar Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta Dalam Rangka Menyerap Aspirasi Masyarakat Reses ke 3 Tahun 2022

Published

on

By

Continue Reading

Trending