Connect with us

Metro

BP Jamsostek Cabang Rawamangun Promosikan Pelatihan Vokasi Indonesia

Published

on

Jakarta – Setelah resmi memperkenalkan program Pelatihan Vokasi Indonesia Bekerja kepada publik di pertengahan Juli lalu, kini BPJS Ketenagakerjaan (TK) atau yang saat ini dikenal dengan BP Jamsostek rutin menggelar pelatihan yang diperuntukkan kepada peserta yang telah mendaftar.

Salah satunya adalah pelatihan yang diselenggarakan oleh BP Jamsostek Cabang Rawamangun. Pelatihan tersebut resmi dibuka Direktur Pelayanan BP Jamsostek Krishna Syarif, Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar, dan Kelapa Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Timur Galuh Prasiwi Widorukmi di Hotel Max One Rawamangun, Jakarta, Senin (25/11/2019).

Pada acara pembukaan program Pelatihan Vokasi Indonesia Bekerja tersebut turut hadir anggota Dewan Pengawas BP Jamsostek Rekson Silaban dan Deputi Direktur BP Jamsostek Kantor Wilayah DKI Jakarta Cotta Sembiring, dan Kepala Kantor Cabang BPJamsostek Jakarta Rawamangun, Deny Yusyuliwan.

“Saat ini kami sedang gencar mempromosikan pelatihan vokasi kepada seluruh pekerja di Indonesia, sebab pelatihan ini bisa membuka kesempatan bagi para pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) untuk kembali bekerja,” terang Krishna.

Selain Kantor Cabang Rawamangun, untuk wilayah DKI Jakarta terdapat tiga cabang lain yang juga dijadikan piloting yaitu Kantor Cabang Jakarta Kelapa Gading, Kantor Cabang Jakarta Pulo Gebang, dan Kantor Cabang Jakarta Cilandak.

Sejak mulai dijalankan September 2019, tercatat 600 pekerja yang alami PHK sudah mengikuti pelatihan vokasi, dan 200 di antaranya dinyatakan lulus tersertifikasi.

“Pada tahun 2020 pemerintah menargetkan BP Jamsostek mampu melatih 20 ribu pekerja, oleh karena itu saya mengajak suluruh pekerja yang mengalami PHK ataupun putus kerja untuk mendaftarkan diri dengan cara mengakses situs www.bpjsketenagakerjaan.go.id dan klik pada banner vokasi,” jelas Krishna.

Dalam kesempatan yang sama, Krishna juga berharap dengan program Return to Work akan ada perusahaan–perusahaan yang menjadi ‘bapak angkat’ bagi peserta BP Jamsostek yang telah mengikuti program vokasi.

Dalam sambutannya, Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar mengatakan program vokasi Indonesia Bekerja sangat membantu mengurangi jumlah pengangguran di wilayah Jakarta Timur. Terlebih lagi, saat ini tercatat empat perusahaan tutup.

“Program vokasi yang memberi pelatihan kepada para pekerja yang mengalami PHK turut mengurangi jumlah pengangguran dan juga angka kemiskinan,” tutur Anwar.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Direktur Wilayah DKI Jakarta , Cotta Sembiring mengatakan target nasional BP Jamsostek untuk pelatihan program Vokasi Indonesia Bekerja ini sebesar 20 ribu pekerja, dan untuk wilayah DKI Jakarta kami telah menargetkan sebanyak 2.000 pekerja.

“Alhamdulillah sampai dengan hari ini kami sudah melatih tenaga kerja sebanyak 241 pekerja dari 4 kantor cabang piloting, yakni Kacab Jakarta Kelapa Gading, Kacab Jakarta Pulo Gebang, Kacab Jakarta Cilandak dan Kacab Jakarta Rawamangun”, jelas Cotta.

Cotta berharap pelatihan vokasi ini mampu membuka ruang bagi para pekerja yang mengalami PHK untuk belajar kembali, melakukan up-skilling maupun reskilling, sehingga bisa kembali bekerja atau menjadi wirausahawan.
Sementara itu Kepala Kantor Cabang BPJamsostek Jakarta Rawamangun, Deny Yusyuliwan menjelaskan.”Jumlah peserta yang akan mengikuti pelatihan hari ini sebanyak 20 peserta untuk kelas Food and Beverage Service, sesuai jenis pelatihan yang diberikan oleh LPK Bina Mutu Bangsa yakni sektor perhotelan dan pariwisata”.

“Saya mengajak seluruh pekerja yang mengalami PHK ataupun putus kerja untuk mendaftarkan diri dengan cara mengunjungi langsung 4 Kantor Cabang Piloting dan dapat mengakses di website www.bpjsketenagakerjaan.go.id dan klik pada banner vokasi,”ujar Deny.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Metro

Kerja Bakti Lingkungan RT 06/06 Karet Tengsin Jakarta Pusat

Published

on

By

Jakarta – Kegiatan kerja bakti ini merupakan pengamalan dari nilai pancasila ke-3 yaitu

“persatuan Indonesia”. Gotong royong dalam masyarakat sudah melekat dan menjadi kebiasaan dalam berbagai kegiatan.

Ketua RT 06/06 Nuzul Fahmi pada Minggu, (04/12)

beserta jajarannya bersama warga secara gotong royong melaksanakan kerja bakti bersih-bersih lingkungan yang tergabung dalam program kegiatan rutin dari Kelurahan Karet Tengsin dalam rangka meningkatkan kebersihan dan keindahan lingkungan diwilayah Karet Tengsin dan khusus nya lingkungan RT 06/06.

Pada kesempatan tersebut RT Fahmi bersama warga membersihkan ranting pohon, selokan saluran air dikarenakan cuaca menjelang akhir tahun cuaca angin dan hujan lumayan ekstrim, sekaligus menjalin silaturahmi dengan warga satu sama lainnya.

“Kegiatan kerja bakti merupakan salah satu kegiatan yang dapat menjaga kerukunan antar sesama, baik itu warga baru maupun warga lama” imbuh RT Fahmi.

Ditempat yang sama Sayuti selaku penjaga lingkungan menambahkan agar warga turut menjaga kebersihan dan keindahan di lingkungan kita sendiri. *Ag

Continue Reading

Metro

Pelantikan Ketua Dan Pengurus IKTASS Jabodetabekban

Published

on

By

Continue Reading

Metro

Maesa Soccer School Gelar Turnamen Piala Wali Kota Jakarta Pusat

Published

on

By

Jakarta – Selama vakum 2 tahun lebih akibat pandemi Covid-19 melanda Indonesia, Sekolah Sepak Bola (SBB) Maesa Soccer School mengadakan turnamen dengan memperebutkan piala Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Budi susastro ketua Pelaksana Turnamen Sepak Bola mengatakan, pagelaran turnamen sepak bola anak dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Tahun 2022.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan olahraga melalui turnamen sepak bola yang pesertanya dari usia dini,” kata Budi Susastro

“Pelaksanaan turnamen digelar 30 Oktober 2022 di lapangan utama Bumi Perkemahan Cibubur.

Budi susastro menjelaskan, turnamen ini digelar guna mencari bibit-bibit unggul pesepakbola usia dini dalam rangka prestasi untuk sekolah di DKI Jakarta.

“Turnamen ini ada empat katagori, mulai usia 9 sampai dengan 12 tahun. Setiap kategori ada 16 tim, sehingga total peserta ada 64 tim,” ungkap Budi Susastro

Budi Susastro berharap, kegiatan turnamen ini bisa menjadi agenda tahunan dalam membangun anak-anak agar lebih berprestasi.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengapreasi dan merespon positif serta mendukung aktivitas kegiatan turnamen sepak bola yang bertujuan untuk melakukan pembinaan olahraga sepak bola. Serta memberikan ruang kepada para peserta untuk bisa masuk jalur prestasi.

“Kenapa mengajak wali kota untuk ikut mengambil bagian, tujuannya minimal memberikan lisensi bahwa ini layak untuk dijadikan sebagai jalur prestasi, meskipun ada jalur zonasi, ada jalur prestasi. Tapi ini menjadi daya dukung bagi siswa-siswi yang memang memiliki bakat olahraga sepak bola,” ungkapnya

Continue Reading

Trending