Connect with us

Bisnis

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Kembali Melepas Ekspor komoditas Pertanian Menggenjot Volume Ekspor Demi Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Makro

Published

on

Jakarta – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo kembali melepas ekspor komoditas pertanian dalam rangka menggenjot volume ekspor demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi makro. Kali ini, Rabu (27/11), pria yang akrab disapa SYL ini melepas ekspor pakan ternak (pellet) yang merupakan produk olahan gandum ke Filipina sebanyak 7.700 ton, nilainya mencapai Rp 132 miliar di Dermaga 1, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Divisi Bogasari, Jakarta Utara.

“Hari ini kita buktikan Indonesia sebagai negara besar memiliki potensi pangan yang menjanjikan sehingga besok kehidupan kita harus lebih baik dari apa yang dicapai sampai hari ini. Oleh karena itu, Kementan dengan pihak Bogasari memiliki tekad yang sama bisa melakukan sesuatu yang langsung berkontribusi terhadap kesejahteraan rakyat dan kejayaan bangsa ke depan,”  kata SYL dalam acara pelepasan ekspor tersebut.

Acara pelepasan ekspor tersebut dihadiri Kepala Badan Karantina Pertanian Ali Jamil, Dirjen Tanaman Pangan, Suwandi, Kepala Badan Litbang Pertanian, Fadjry Djufry, Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriadi, Direktur Indofood, Fransiscus Welirang dan Walikota Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko.

Mantan Gubenur Sulawesi Selatan itu menegaskan ekspor yang dilakukan ini merupakan salah satu bukti bahwa tidak semua gandum itu menjadi sesuatu yang kebutuhannya hanya untuk impor. Faktanya, hari ini melakukan reekspor dan ini sudah dibuktikan dengan 50 kapal nilainya Rp 1 triliun lebih dan yang diekspor hari ini merupakan kapal yang ke 50 sebanyak 7.700 ton, nilainya Rp 132 miliar yang diberangkatkan ke Filipina.

“Oleh karena itu, kegiatan ekspor seperti ini harus dienginering terus sehingga lonjakan ekspor harus tiga kali lipat dari kondisi ekspor saat ini. Tentu saja Kementan bersama pelaku usaha terus melakukan upaya-upaya baik diplomasi bisnis dengan pihak luar negeri maupun kesiapan-kesiapan internal,” tegasnya.

Lebih lanjut SYL mengatakan Kementan bersama seluruh jajaran termasuk pemerintah daerah siap mendukung untuk mengambil bagian. Sebab, ada hal lain bahwa gandum itu tidak hanya dari impor saja dan ternyata dipakai menjadi terigu tapi terigu itu diolah menjadi biskuit dan olahan pangan lainya yang diekspor.

“Seperti itulah cara berpikir kita, kita boleh impor dan impor tidak haram apabila dengan segala daya dan upaya kalau memang tidak ada lagi kemampuan kita dalam negeri. Tetapi impor tidak hanya impor, tapi harus bisa menganginering kehidupan agar lebih baik,” terangnya.

Namun demikian, SYL menekankan ke depan pihaknya harus menyiapkan kemampuan untuk memproduksi pangan sendiri atau mandiri secara bertahap. Dengan demikian, Indonesia semakin memperkuat ekspor sehingga tidak banyak membicarakan impor saja, tetapi justru ekspor.

“Hari ini kita buktikan ekspor. Bulan Maret nanti akan ada lagi ekspor secara besar-besaran untuk kepentingan lonjakan ekspor yang mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional. Semakin kita gencar ekspor, semakin banyak yang bisa dilakukan,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur Indofood, Fransiscus Welirang, selaku eksportir mengatakan ekspor Wheat Bran Pellet oleh Bogasari ke Filipina sampai November 2019 sudah mencapai 58 ribu ton atau senilai hamper Rp 158 miliar. Belum lagi ekspor ke negara lain seperti Jepang, Vietnam, Korea, Thailand, Cina, Timur Tengah.

“Jadi sampai bulan November 2019, diperkirakan total ekspor produk pakan ternak oleh Bogasari akan mencapai 273 ribu ton atau senilai hamper Rp 726 miliar,” sebutnya.

“Sampai dengan September 2019, nilai ekspor industri terigu nasional dari aneka produk turunan sudah mencapai Rp 9 triliun. Produk yang diekspor antara lain berupa tepung terigu, by product atau dedak gandum, dan aneka produk turunan seperti pasta, mie instan, biscuit, cake, pastry dan masih banyak lagi,” sambungnya.

Lebih jauh, Franciscus Welirang yang akrab disapa Franky Welirang memaparkan berdasarkan data APTINDO, nilai ekspor yang paling besar berasal dari aneka produk turunan berbahan dasar tepung terigu seperti pasta, biscuit, mie instan, coke, wafer, pastry dan lain-lain. Adapun Negara tujuan ekspor tersebut antara lain Singapura, Myanmar, Filipina, Jepang, Arab Saudi, Thailand, Cina dan lain-lain. Tergantung jenis produk yang diekspor.

“Berdasarkan data APTINDO (Asosiasi Produsen Tepung Terigu Indonesia, red), sampai September 2019, nilai ekspor seluruh produk pangan turunan berbasis tepung terigu secara nasional senilai Rp 7,8 triliun. Produk turunan yang diekspor tersebut dihasilkan oleh berbagai perusahaan industri berbasis tepung terigu,” sebut Franky.

Franky menegqskan, meski industri terigu nasional menggunakan bahan baku impor berupa gandum tapi tetap berkomitmen untuk melakukan ekspor dalam berbagai produk. Bahkan untuk tahun 2019 ini, walaupun situasi ekonomi global kurang baik tapi volume ekspor cukup terjaga dan tidakmenurun drastis.

“Keberadaan sektor industri terigu nasional juga ikut mendorong penciptaan lapangan pekerjaan, karena terigu adalah produk antara sehingga harus diolah agar menjadi makanan. Di sektor usaha pengolahan makanan berbasis terigu ini muncul pelaku usaha mulai dari level industri hingga UKM,” pungkasnya

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Bisnis

Krista Exhibitions l Gelar Indo Leather & Footwear Expo 2022 Dibuka Direktur Jenderal Kementerian Perindustrian

Published

on

By

JAKARTA, – Penyelenggara pameran Krista Exhibitions kembali akan menggelar pameran terbesar dan bertaraf internasional yang kali ini di bidang sepatu, kulit dan fashion yakni Indo Leather & Footwear Expo 2022.

Pameran ini digelar tanggal 25 – 27.Agustus 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Daud D. Salim, chief Executive Officer Kristamedia Pratama, mengatakan Indo Leather & Footwear Expo 2022 merupakan pameran internasional ke-15 mengenai produk kulit dan alas kaki, mesin, teknologi manufaktur, bahan dan layanan.

“Pameran ini akan diikuti lebih dari 110 peserta dengan target pengunjung sebanyak 5.000. pengunjung dari berbagai negara seperti China, Hongkong, India, Indonesia dan lain-lain,” ujar.Daud D. Salim dalam press conference melalui zoom, Kamis (25/8/2022).

Ia menjelaskan pameran akan menampil.an produk fashion alas kaki pria & wanita, sandal, semi-finished leather, finished leather, exotic leather, perabotan berbahan kulit, fashion berbahan kulit, jaket kulit, tas kulit, barang & bahan kulit, komponen & aksesoris sepatu, mesin dan teknologi pembuatan sepatu, penyamakan kulit, dan industri terkait lainnya.

Selain itu, pameran diselenggarakan bersamaan dengan National Sneakers Week dan juga Indo Garment & Textile Expo 2022 yang merupakan pameran internasional ke – 9 tentang mesin garmen dan tekstil, teknologi manufaktur, bahan dan layanan.

“Pameran ini akan menjadi booster bangkitnya industri persepatuan, penyamakan kulit dan barang jadi kulit. Semoga Indo Leather & Footwear Expo 2022 sebagai merupakan wadah bertemunya pengusaha B2B dan pengusaha yang menggeluti sektor industri kulit baik produsen, eksportir dan importir dari lokal maupun International serta turut mendorong Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat,” ungkap Daud.

Untuk menarik animo pengunjung, Indo Leather & Footwear Expo 2022 akan menampilkan berbagai kegiatan menarik antara lain seminar, workshop, fashion shoe dengan tema : Young and Active, demo pembuatan sepatu, tas & barang jadi kulit, vest & aksesoris, demo tas & rok akan diperagakan oleh ATK Politeknik Jogyakarta.

Ada juga Seminar dr Tirta, seminar dari CSI dengan tema “Chance for Indonesia Footwear Producers in a Fast Changing Market” serta presentasi dengan tema dan acara menarik lainnya seperti menampilkan excotic skin Indonesia antara lain kulit phyton, biawak and buaya dari AIRAI, Melalui Indo Garment & Textile Expo 2022.

Krista Exhibitions juga turut mendukung program pemerintah “Kebaya Goes To UNESCO” untuk itu Fashion Sow kebaya akan ditampilkan bersama pengenalan nilai budaya Batik Indonesia.

Kesuksesan Indo Leather & Footwear Expo 2022 tidak terlepas dari dukungan:
Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, KADIN Indonesia, KADIN Jakarta, Asosiasi Persepatuan Indonesia (APRISINDO), Asosiasi Penyamakan Kulit (APKI), Asosiasi Industri Reptil dan Amfibi Indonesia (AIRAI), Asosiasi Indonesia Association of Exhibition and Convention Organizers (ASPERAPI), Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), serta asosiasi terkait lainnya.

Continue Reading

Bisnis

Grand Opening Coffee Abdinagri Sajikan Hasil Petani Kopi Millenial Indonesia

Published

on

By

JAKARTA, – Indonesia memiliki potensi kopi yang berlimpah, karenanya dengan penelitian industri global mencoba untuk mendeveloper mengenai rasa kopi dan Indonesia yang memang dari hulu sampai hilir ada, apakah berpengaruh dengan kopi yang ada sampai kehidupan kopi rumah tangga dan petani kopi di Indonesia.

“Kita punya potensi kopi di Indonesia, apakah kita hanya menikmati trennya saja. Tapi kita tidak pernah tahu potensi kopi kita di hilir itu ada, padahal kita tahu potensi kopi kita itu ada di hilir sampai ke hulu dan semuanya ada belum lagi SDM kita di bidang kopi,” ungkap Coffee Director Abdinagri, Radiv Annaba kepada media usai Grand Opening Coffee Abdinagri, di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.Senin (20/07/2020)

Radiv menambahkan, kopi-kopi yang diramu di Coffee Abdinagri ini diambil dari petani-petani kopi millenial di Indonesia.

“Mereka akhirnya mulai mengerti potensi itu dan saya coba untuk menarasikan. Dan melalui Brand Abdinagri ini, kami coba menjadi corong bahwa potensi kopi Indonesia sangat besar,” ujarnya.

Masih katanya, penamaan Abdinagri ini sendiri adalah sebuah bentuk pengabdian dan kontribusi serta dedikasi untuk bangsa dan negara melalui industri kopi yang tidak sebagai produk saja, namun tentang SDM Indonesia untuk maju bersama-sama lewat kopi.

“Banyak kaitan yang ada didalamnya termasuk tenaga kerja dan juga bawa nama Indonesia, karena Indonesia ini sangat terkenal dengan kopinya dan kedepannya Indonesia bisa membawa kopi sebagai nasional branding untuk kita angkat di dunia Internasional,” ucapnya.

Continue Reading

Bisnis

Baratan DKI Jakarta Optimis ekspor Meningkatkan Meski Darurat Corona

Published

on

By

Jakarta – Ditengah situasi dunia, yang tidak menentu, tentunya berdampak sangat besar untuk indonesia. dengan adanya wabah virus corona berepek multi demensi seperti politik pasar kus rupiah budaya sosial tentunya ekonomi.

Dalam hal ini Kepala badan karantina kementerian pertanian (baratan) DKI jakarta cq Tanjung Priuk Purwo Widiarto mengatakan saat ini ekspor melalui tanjung priok masih setabil adapun kenaikan sedikit 2% sd 2,5% terutama buah manggis ke cina, memang ekspor manggis pada priode ini selama sebulan sampai dua bulan.

Kedepan dipacu sebab tidak lama lagi negara thailand akan panen raya manggis, keunggulan thailand jarak nya sangat dekat dan harganya sama.

Sedangkan impor menurun fluktuasi ekspor impor melalui pelabuhan tanjung priuk sesuai persedian dan permintaan pasar di dalam negeri.

Menyambut bulan suci ramadan dan Idul Fitri antara lain infor sapi hidup dan daging sapi yang berasal dari india dan juga daging kerbau yang berasal dari india, sedangkan komonitas bawang putih yang di infor dari cina persedur peperiksaan terhadap barang tersebut sesuai persedur (sop), saat jumpa dengan media dikantornya. Selasa.(24/3/2020)

Sementara tanaman hias tetap di ekspor ke korea selatan sebulan sekali demikian pula dengan teh.

1. TABEL SUBSEKTOR NO GOLONGAN VOLUME NILAI BARANG FREK KILOGRAM BATANG METER KUBIK KEMASAN EKOR 1 HORTIKULTURA 409,309 11,141,835,460 24 2 TANAMAN PANGAN 8,399,910 23,725,545,200 2 3 PERKEBUNAN 1,316,142 43,274,526,400 17 4 PETERNAKAN SUB TOTAL 10,125,361 – 0 – – 78,141,907,060 43 5 KEHUTANAN 16,000 690.776 4,347,643,580 7 6 PERIKANAN 7 LAIN-LAIN SUBTOTAL 16,000 – 690.78 – – 4,347,643,580 7 GRAND TOTAL 10,141,361 – 690.776 – – 82,489,550,640 50 2. TABEL DETIL KOMODITAS NO KOMODITAS EKSPORTIR TUJUAN VOLUME NILAI BARANG KILOGRAM BATANG METER KUBIK KEMASAN EKOR SEKTOR PERTANIAN HORTIKULTURA 1 DAUN PAKIS PT. FLOREX FARMINDO JEPANG 1820 179,940,600 2 BUAH MANGGIS PT. BUAH ANGKASA CINA 18720 602,784,000 3 BUAH MANGGIS PT. BINTANG KIAT KEMULIAAN CINA 19890 668,304,000 4 BUAH MANGGIS PT. ALAMANDA SEJATI UTAMA CINA 17360 379,750,000 5 BUAH MANGGIS PT. BINTANG KIAT KEMULIAAN CINA 19890 668,304,000 6 BUAH MANGGIS PT. ALAMANDA SEJATI UTAMA CINA 17360 379,750,000 7 BUAH MANGGIS PT. ALAMANDA SEJATI UTAMA CINA 17500 376,712,000 8 BUAH MANGGIS PT. MAHKOTA MANGGIS SEHATI CINA 17917.5 548,514,400 9 BUAH MANGGIS PT. MAHKOTA MANGGIS SEHATI CINA 17917.5 548,514,400 10 BUAH MANGGIS PT. MAHKOTA MANGGIS SEHATI CINA 17917.5 548,514,400 11 BUAH MANGGIS PT. MAHKOTA MANGGIS SEHATI CINA 17917.5 548,514,400 12 BUAH MANGGIS PT. MAHKOTA MANGGIS SEHATI CINA 17917.5 548,514,400 13 KUMIS KUCING PT. DWI SEJAHTERA NUSANTARA CINA 4000 212,800,000 14 BUAH MANGGIS PT. BUMI ALAM SUMATERA CINA 20325 369,915,000 15 BUAH MANGGIS PT. BUMI ALAM SUMATERA CINA 20325 483,735,000 16 BUAH MANGGIS PT. BUMI ALAM SUMATERA CINA 20325 369,915,000 17 BUAH MANGGIS PT. MAHKOTA MANGGIS SEHATI CINA 19112 421,419,600 18 BUAH MANGGIS PT. BUMI ALAM SUMATERA CINA 20325 483,735,000 19 BUAH MANGGIS PT. BUMI ALAM SUMATERA CINA 20325 369,915,000 20 BUAH MANGGIS PT. MAHKOTA MANGGIS SEHATI CINA 17917.5 421,419,600 21 BUMBU PT. ESSENCE INDONESIA MALAYSIA 9000 558,132,820 22 BUAH MANGGIS PT. MAHKOTA MANGGIS SEHATI CINA 19112 484,130,920 23 BUAH MANGGIS PT. MAHKOTA MANGGIS SEHATI CINA 19112 484,130,920 24 BUAH MANGGIS PT. GRENCOFE PREMIUM INDONESIA CINA 17302.5 484,470,000 JUMLAH 409,309 0 0 11,141,835,460 TANAMAN PANGAN 1 DEDAK GANDUM PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK. KOREA SELATAN 1050000 2,940,000,000 2 DEDAK GANDUM PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK. KOREA SELATAN 7349910 20,785,545,200 JUMLAH 8,399,910 23,725,545,200 PERKEBUNAN 1 KAKAO CAKE PT. BUMITANGERANG MESINDOTAMA SPAIN 115200 1,989,120,000 2 KELAPA PARUT PT. PUTRA KARANGETANG RUSSIA 26000 718,200,000 3 KAKAO PASTA PT. BUMITANGERANG MESINDOTAMA AMERIKA SERIKAT 100000 8,592,962,000 4 KAKAO PASTA PT. BUMITANGERANG MESINDOTAMA AMERIKA SERIKAT 100000 6,596,170,000 5 KAKAO PASTA PT. BUMITANGERANG MESINDOTAMA AMERIKA SERIKAT 100000 8,475,012,000 6 TEH PT. TRIJASA PRIMA INTERNATIONAL RUSSIA 107870 2,247,316,400 7 TEH PT. TRIJASA PRIMA INTERNATIONAL SINGAPURA 10000 308,000,000 8 TEH PT. TRIJASA PRIMA INTERNATIONAL RUSSIA 107910 2,242,119,600 9 TEH PT. TRIJASA PRIMA INTERNATIONAL RUSSIA 151094 3,350,034,800 10 KAKAO CAKE PT. GANDUM MAS KENCANA PHILIPINA 10368 345,945,600 11 KOPI INSTAN PT. TRI CIPTA CHANDRA CINA 7200 289,296,000 12 KAPULAGA PT. PERMATA ABADI BERSAMA VIETNAM 26000 693,000,000 13 PINANG BIJI PT. PLANTEX SEMBADA INTERNATIONAL THAILAND 135000 3,496,500,000 14 KELAPA BULAT PT. PASIM SENTRA UTAMA THAILAND 55000 246,400,000 15 TEH CV. PRIMA RUSSIA 20000 422,800,000 16 KAKAO BUBUK PT. MANDALA PRIMA MAKMUR TURKI 16500 417,648,000 17 MINYAK SAWIT PT. ASIANAGRO AGUNGJAYA CINA 228000 2,844,002,000 JUMLAH 1,316,142 43,274,526,400 PETERNAKAN JUMLAH SEKTOR NON PERTANIAN KEHUTANAN 1 KAYU OLAHAN PT JARING JANGKAR JAYA CINA 294.11 1,647,004,800 2 KAYU OLAHAN PT. SUMBER GRAHA SEJAHTERA AMERIKA SERIKAT 53.05 285,750,360 3 KAYU OLAHAN PT. SUMBER GRAHA SEJAHTERA AMERIKA SERIKAT 96.45 500,984,960 4 KAYU OLAHAN PT. SUMBER GRAHA SEJAHTERA AMERIKA SERIKAT 97.68 502,284,720 5 KAYU OLAHAN PT. SUMBER GRAHA SEJAHTERA AMERIKA SERIKAT 53.05 248,330,740 6 KAYU OLAHAN PT. SUMBER GRAHA SEJAHTERA AMERIKA SERIKAT 96.45 601,182,960 7 GETAH DAMAR PT. ISG INTERNATIONAL THAILAND 16,000.00 562,105,040 JUMLAH 16,000 690.776 4,347,643,580 PERIKANAN JUMLAH – – LAIN-LAIN JUMLAH – 0 – – –

Continue Reading

Trending