Connect with us

Metro

Majelis Adat Bamus Betawi Gelar Rakor

Published

on

Jakarta, Kegiatan Silaturrahim Rapat Koordinasi Bamus Betawi, dengan tema” Bersatu Satu Visi dan Langkah Bersama Menuju Masyarakat Betawi yang Lebih Maju dan Sejahtera,” Sabtu 08/08/20 pukul 10.15 – 12.20 wib.

Rapat Koordinasi, dipimpin langsung oleh H. Nuri sebagai Ketua Adat Betawi dan Ketua Umum Badan Musyawarah Betawi, H. Abraham Lunggana atau yang biasa dipanggil Haji Lulung.

Pembawa acara, H. Bambang Syukur membacakan acara demi acara, membuka dengan Umbul Qur an Surat Alfatehah.

Hadir Tokoh – tokoh masyarakat Betawi dan komponen ormas – ormas Betawi yang tergabung didalamnya.

Selain itu, hadir pula,
Anggota Dewan Kehormatan majlis adat Betawi, Drs. H. Encang Hasannudin BA, Gerbang Betawi, H. Ashari, Bendahara Umum Bamus, H. Ramli, H. Muhtar, H. Amirudin, H. Daud Arsitek, H. Usman, H. Fahru Rozi, Ihsan Noerdin Nusi SH, dan H. Sugiri.

Dalam kesempatan itu, H. Nuri selaku Ketua Majlis Adat Betawi dalam pidatonya menyampaikan,”Walau Bamus Betawi dalam tahun 2020 ini tidak mendapat bantuan dari pemerintah, diharapkan Bamus Betawi harus tetap optimis maju untuk mensejahterakan masyarakat Betawi.

Untuk itulah, pada hari ini digelar Rapat Koordinasi sekaligus menjalin tali silaturrahim secara berkesinambungan. Perlu ditegaskan, untuk seluruh komponen ormas – ormas Betawi yang tergabung didalamnya, harus dapat menampung masukan dan mencari jalan keluar dari apa yang dikeluhkan oleh masyarakat Betawi.

Disinilah peran serta Badan Musyawarah Betawi sangat dibutuhkan. Mau turun tangan, turun langsung ke lapangan mendengar suara keluhan masyarakat Betawi.

Apalagi sekarang ini akibat, kebijakan PSBB Pandemi Covid-19 dilaksanakan oleh pemerintah, berdampak sangat tidak menguntungkan untuk tingkat masyarakat bawah. Terutama bagi masyarakat yang tidak memiliki penghasilan tetap, sangat terasa benturan ekonominya.

Memang Pandemi Covid-19 telah meluluh-lantakan sendi – sendi kehidupan ekonomi, baik ditingkat bawah dan tingkat atas.

Akibat kebijakan PSBB pertama yang telah dilaksanakan, masyarakat jadi resah dan bingung.

Karna akibat kebijakan PSBB itu, banyak perusahaan yang kolep alias bangkrut, sehingga banyak karyawan yang di PHK, otomatis mereka jadi pengguran.

Sebab bangkrut perusahaan, dikarenakan tidak bisa menjual hasil produksinya, sebagaimana biasanya.

Hampir di seluruh sektor apapun, seperti perbankan, otomotive, manufacturing, dan usaha kecil menengah (UKM) mengalami kelesuan pendapatan penghasilan ekonomi.

Masih dikatakan oleh Ketua Majlis Adat Betawi, Bamus Betawi agar dapat menjadi Garda terdepan dalam membantu memulihkan perekonomian masyarakat Betawi.

Yaitu dengan cara, mencarikan lapangan pekerjaan, dan membuka lapangan Usaha Kecil Menengah.

Tentunya Bamus Betawi dibawah kepemimpinan H. Lulung harus bekerja sama dengan pemerintah, dengan menyampaikan aspirasi masyarakat Jakarta.

Diharapkan Bamus Betawi harus bersinergi dengan Pemrov DKI Jakarta dan Pemerintah Pusat.

Perlu dicarikan solusi yang tepat dan cepat, agar roda ekonomi masyarakat Jakarta, agar segera bangkit seperti sediakala.

Memang pemerintah telah membantu masyarakat, dengan menyalurkan bantuan-bantuan berupa sembako. Namun itu semua tidaklah mencukupi kebutuhan hidup yang sangat komplek.

Diakhir pidatonya, H. Nuri menegaskan, Majlis adat Betawi bersama Bamus Betawi, tidak akan tinggal diam, dan tetap akan berjuang demi kesejahteraan hidup masyarakat Jakarta.

Dikesempatan itu pula Ketua Umum Bamus Betawi, H. Lulung menyampaikan pendapatnya, “Saat ini Bamus Betawi sedang banyak mengalami ujian dan cobaan, seperti pada kejadian pembakaran gambar KH. Habib Rizieq Shihab beberapa waktu yang lalu, ini jelas kejadian tersebut dapat memancing “Issu Sara” bilamana umat Islam mudah terpancing dan tidak dapat menahan perasaan.

Ditambah lagi adanya kejadian tabrak lari, yang dialami oleh, H. Komarudin Sarif (H. Komang) beberapa waktu yang lalu, dan dilarikan ke rumah sakit Islam Pondok Kopi dan dirawat disana.

Tentunya, bila dikaitkan dengan berita yang ramai saat ini, yakni adanya PKI akan bangkit lagi dan sedang sedang menyusun rencana jahatnya.

Sudah bukan jadi rahasia, PKI itu adalah tidak suka dengan keberadaan para Habib, Alim Ulama, dan Tokoh Masyarakat Islam.

Karna ideologi PKI itu, tidak suka dengan Pancasila dan UUD 45.
Bisa dikatakan PKI, tidak suka dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI).

Tujuan PKI ingin memecah belah Persatuan Indonesia, dan seperti ingin balas dendam kepada pemerintah yang syah.

Untuk itu, H. Lulung Lunggana menegaskan, agar Bamus Betawi dan Majlis Adat Betawi, Serta Ormas Betawi, harus bersatu padu, merapatkan barisan, bersiaga melawan kejahatan partai komunis tersebut”.

Masih dalam situasi Rapat Koordinasi, salah seorang tamu undangan yang namanya sudah cukup kondang, Ihsan Noerdin Nursi, SH. turut menyampaikan pendapatnya,” bahwa bangkitnya PKI sekarang ini, adalah semacam balas dendam kepada pemerintah, dan ingin menghantam Tap. MPR NO. 4 dan ingin mengubah sila ketuhanan Yang Maha Esa.

Jelas pernyataan sikap itu, dianggap telah merongrong kewibawaan pemerintah, dan melukai hati umat muslim di seluruh Indonesia.

Sayangnya, antek-antek PKI sekarang ini banyak bercokol, dan sembunyi di partai besar, yang sedang berkuasa di negeri ini”, tandasnya.

Intinya, harapan Ihsan, Bangsa Indonesia harus tetap respek, mawas diri dengan apa yang terjadi dengan situasi politik di negeri ini, imbuhnya.

Untuk Bamus Betawi yang menaungi Majlis Adat Betawi dan Ormas-ormas Betawi harus mensinambungkan tali silaturrahim, agar tercipta lapangan pekerjaan, untuk mengatasi masyarakat Jakarta yang menganggur.

Untuk itulah diperlukan guyub ekonomi, untuk dapat membantu ekonomi masyarakat Jakarta. Dengan cara, mengumpulkan anggaran/dana dan dikumpulkan kepada yang namanya Badan Usaha, seperti Koperasi.

Lalu Dana tersebut disalurkan kepada masyarakat yang perlu dibantu seperti untuk dagang.

Dan sifatnya, meminjamkan bukannya gratis dana-dana tersebut disalurkan.
Lalu dari pihak yang meminjamkan, lakukan kontrol kepada orang yang dibantu itu.

Dengan dagang/usaha apa, keluar masuk dana itu, dan dilakukan pembukuan yang teratur, Insya Alloh cara-cara tersebut akan dapat menggerakkan roda ekonomi masyarakat Jakarta, dan itu halal 100% tidak riba.

Pengalamannya pernah dipraktekkan untuk masyarakat di Lampung, itu mengalami kemajuan pesat, dana tersebut terkumpul hingga 12 milyar, tandasnya”.
Rapat Koordinasi berakhir pukul 12.20 dan ditutup dengan do a

Continue Reading

Metro

Rakerprov INKINDO DKI Jakarta Tahun 2022 “INKINDO DKI MAJU BERSAMA DAN BERKARYA UNTUK JAKARTA”

Published

on

By

Jakarta, 16 Agustus 2022 Sebagai tindak lanjut Musyawarah Provinsi INKINDO DKI Jakarta XI Tahun 2022, 19 April 2022, Dewan Pengurus Provinsi (DPP) INKINDO DKI Jakarta menyelenggarakan Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) pada16 Agustus 2022, di Auditorium Binakarna, Hotel Bidakara, Jakarta.

Tema Rakerprov adalah “INKINDO DKI MAJU BERSAMA DAN BERKARYA UNTUK JAKARTA”. Rakerprov DPP INKINDO DKI Jakarta akan dibuka secara resmi oleh Gubernur DKI Jakarta Bapak Dr. H. Anies Rasyid Baswedan.

Pemilihan tema Rakerprov tersebut merupakan bentuk tanggung jawab dan aspirasi INKINDO DKI Jakarta untuk menjadi mitra strategis Pemprov DKI Jakarta, dalam pembangunan Jakarta pasca ibu kota pindah.

Sesuai dengan AD/ART INKINDO, Rakerprov memiliki nilai strategis bagi organisasi karena merupakan forum konstitusional organisasi, antara lain memiliki kewenangan membahas dan menetapkan rencana pelaksanaan program kerja serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Organisasi (APBO) yang disusun oleh DPP INKINDO DKI Jakarta Masa Bakti 2022-2026.

Rakerprov dihadiri oleh Anggota INKINDO DKI Jakarta dan para pemangku kepentingan, meliputi DPP INKINDO seluruh Indonesia, Asosiasi Profesi dan Badan Usaha, KADIN Jakarta, serta instansi Pemprov DKI Jakarta.

Pada acara Rakerprov juga diselenggarakan beberapa kegiatan penting lain, yaitu:
Diskusi Panel ”Dinamika Pengadaan Jasa Konsultansi dalam Pembangunan IKN dan Jakarta”, dengan nara sumber dari Ditjen Bina Konstruksi, Kementerian PUPR, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP), dan Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa (BPPBJ) Provinsi DKI Jakarta.

Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan beberapa Asosiasi Profesi, Universitas Indonesia, Perbankan, dan Palang Merah Indonesia (PMI).
Coaching Clinic untuk SBU Jasa Konsultansi Konstruksi oleh Lembaga Sertifikasi INKINDO (LSINKINDO).

Layanan BSAP On the Spot terkait pengurusan SBU Jasa Konsultansi.
Pameran vendor mitra INKINDO DKI Jakarta.

Pengukuhan DPP INKINDO DKI Jakarta sebagai Duta PMI untuk Asosiasi.
Penyerahan perpanjangan Sertifikat ISO 9001:2015 kepada DPP INKINDO DKI Jakarta.

Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta, Imam Hartawan, S.T., M.T., mengemukakan bahwa dalam rangka pengembangan profesionalisme konsultan yang mengutamakan olah pikir (brainware), maka INKINDO DKI Jakarta melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak sebagai berikut: Kerjasama dengan Asosiasi Profesi dalam upaya mendorong percepatan Sertifikasi Kompetensi Kerja (SKK). Saat ini perusahaan konsultan mengalami kekurangan tenaga ahli bersertifikat.

Kerjasama dengan perguruan tinggi, yaitu Universitas Indonesia (UI) yang diharapkan dapat meningkatkan SDM konsultan melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan, serta pemanfaatan fasilitas laboratorium milik UI dalam kegiatan konsultan.

Melakukan kerjasama dengan Bank DKI dalam pemberian kredit modal kerja tanpa agunan untuk meningkatkan akses permodalan Anggota yang lebih ringan.
Kerjasama antara konsultan dengan para vendor dilakukan sebagai bentuk sinergi serta rantai pasok jasa konstruksi dalam pembangunan. Hal itu diatur dalam UU No. 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi dan aturan turunannya.

Kerjasama dengan PMI dilakukan untuk mendukung kegiatan sosial kemasyarakatan yang secara rutin dilakukan oleh INKINDO DKI Jakarta, antara lain dalam kegiatan donor darah.
Melalui pengukuhan DPP INKINDO DKI Jakarta sebagai Duta PMI, diharapkan dapat lebih mendukung kegiatan sosial kemasyarakatan INKINDO DKI Jakarta.

Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) merupakan Asosiasi Perusahaan Konsultan yang terbesar dan tertua di Indonesia, berdiri sejak 1979 dan saat ini beranggotakan sekitar 6000 perusahaan konsultan yang tersebar di 34 provinsi.

Adapun INKINDO DKI Jakarta beranggotakan 877 Badan Usaha konsultan yang bergerak di berbagai bidang, baik Jasa Konstruksi maupun Non-Jasa Konstruksi. Anggota INKINDO DKI Jakarta telah banyak berpengalaman dalam pembangunan proyek prestisius, baik di dalam maupun di luar negeri.

Dewan Pengurus Provinsi INKINDO DKI Jakarta

Imam Hartawan, S.T., M.T.
Ketua

Continue Reading

Metro

Kongres XX IPNU dan XIX IPPNU

Published

on

By

Jakarta – Gelaran Kongres XX IPNU dan XIX IPPNU tengah berlangsung sejak Jumat (12/8/2022) hingga Senin (15/8/2022) mendatang. Ratusan peserta dari berbagai wilayah pun mulai berdatangan ke lokasi hingga pagi tadi di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

PP IPNU memiliki pancakhidmat, yaitu (1) penguatan dan konsolidasi organisasi, (2) penguatan kaderisasi, (3) pengembangan inovasi, (4) pemantapan ideologi, dan (5) ketahanan informasi.

Kongres XX Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Kongres XIX Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) pada Jumat (12/8/2022).

Saya berharap Ketua Umum yang baru supaya lebih agresif dalam memperluas jangkauan aktivisme IPNU PBNU ke sekolah-sekolah,” ujar

IPNU memberikan ruang pada ormas pelajar untuk masuk ke sekolah-sekolah agar dapat membina secara langsung anak-anak sekolah, mulai dari tingkatan SMP -SMA sederajat. Sehingga kita bisa mengarahkan kepada konsep baik Islam yang Rahmat, Pancasila, moderasi beragama,” kata Aswandi, Sabtu (13/8) di Asrama Haji Pondok Gede

Forum tertinggi pelajar NU ini digelar di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, selama empat hari, Jumat-Senin, 12-15 Agustus 2022.

Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan bazar dari perwakilan IPNU seluruh Indonesia dan tetap melakukan protokol kesehatan yang ketat

Continue Reading

Metro

Olahraga Bela Diri Sambo Diperkenalkan ke Masyarakat

Published

on

By

Tangerang Selatan, – Satu lagi olahraga bela diri yang berasal dari Rusia di perkenalkan kepada masyrakat luas khususnya di wilayah Tangerang Selatan.

Heris Wijaya Kusuma selaku ketua Sambo Tangsel, mengatakan kejuaraan daerah Banten yang di ikuti atlet dari Tangerang Kota, Kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan.

“Jumlah atlet mencapai 50 orang putra dan putri, kelas yang di pertandingkan dari 53Kg sampai 98 Kg, ‘ ujarnya di sekolah Global Islamic Serpong.Sabtu (13/8/2022)

Kegiatan selama dua hari ini nantinya juga ada talk show dengan nara sumber antara lain Ibu Airin dan Wakil walikota Tangsel Pilar Saga Ichsan, dan lain lain serta hiburan musik.

” Olahraga ini sudah di akui oleh Koni, semoga dengan kegiatan Kejurda ini dapat lebih dikenal masyarakat luas, khususnya para remaja/ pemuda agar tidak tawuran atau narkoba, lebih baik ikut Sambo, “tambahnya.

Kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti menjaga jarak, cuci tangan, memakai masker, cek suhu tubuh dan selalu membawa handisanitizer

Continue Reading

Trending