Connect with us

Metro

Penuhi Persyaratan Ekspor, 10 Ton Jahe Jabar Pasok Penuhi Pasar Pakistan

Published

on

Jakarta – Pejabat Karantina Pertanian Tanjung Priok telah memastikan komoditas yang bernama ilmiah Zingiber officinale ini dalam keadaan sehat sebelum diberangkatkan.

Kami telah melakukan pemeriksaan fisik dan kesehatan sehingga dapat dipastikan jahe tersebut bebas infestasi dan kontaminasi organisme pengganggu tumbuhan (OPT) serta telah memenuhi persyaratan fitosanitari otoritas karantina pertanian Pakistan,” ujar Hasrul, Kepala Karantina Pertanian Tanjung Priok melalui keterangan tertulisnya, Rabu (9/6/2021).

Menurut Hasrul, dari data pada sistem perkarantinaan, Indonesian Quarantine Full Automation System (IQFAST) Karantina Tanjung Priok menunjukkan di tahun 2020 pihak telah memfasilitasi ekspor sebanyak 21 kali ke berbagai negara seperti Asia, Amerika dan Eropa dengan total volume sebanyak 42,5 ton dan nilai ekonomi mencapai 2,3 miliar rupiah.

Sementara hingga pertengahan tahun 2021, Karantina Pertanian Tanjung Priok telah memastikan kesehatan 10,2 ton produk jahe yang diekspor dalam tujuh kali pengiriman ekspor dengan capaian nilai ekonomi sebesar 323 juta rupiah.
Masih menurut Hasrul, komoditas rempah ini berasal dari sepuluh daerah di tanah air selain dari Jabar, daerah sentra komoditas ini berada di pulau Sumatera dan Sulawesi.

Komitmen Mendorong Ekspor Pertanian
Secara terpisah, Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Bambang menyebutkan pihaknya terus mendorong upaya peningkatan ekspor pertanian yang menjadi tugas strategisnya.
“Selain mengakselerasi fasilitasi ekspor, kami pun melakukan sinergistas dengan entitas terkait.

Untuk ekspor tidak boleh lambat, dan tentunya harus memenuhi persyaratan negara tujuan agar tinggi keberterimaannya,” kata Bambang.
Dengan program gerakan tiga kali lipat ekspor pertanian atau Gratieks yang digagas oleh Menteri Pertanian (Syahrul Yasin Limpo, red), Barantan selaku koordinator tim gugus tugas fokus pada pencapaian target yang telah ditetapkan.

Sebagai catatan, dari rilis data BPS untuk kinerja ekspor sektor pertanian kumulatif selama Januari – April tahun 2021 menunjukan angka peningkatan sebesar 15,75 persen dibandingkan periode sama di tahun 2020 atau (YoY).

“Komitmen seluruh pemangku kepentingan menjadi modal dalam pencapaian positif ini. Bersama kita kawal agar sektor pertanian mampu menjadi bagian dari pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung,” pungkas Bambang. (RED)

Continue Reading

Metro

Titik Wijayanti SE Anggota DPRD Kabupaten Kulonprogo Hadiri Semarak Harlah Ke 26 dan Mukernas PKB

Published

on

By

Jakarta – Titik Wijayanti SE anggota dari DPRD Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menghadiri Hari Lahir (Harlah) ke 26 dan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas ) PKB bertempat di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta Pusat, Selasa, 23 Juli 2024.

 

Titik Wijayanti, SE, kepada awak media mengatakan harapannya di Harlah PKB ke 26 ini.

“PKB pada perhelatan pilkada serentak tetap solid, PKB makin eksis serta menambah Parliamentary Threshold (syarat perolehan suara partai politik untuk diikutkan dalam penentuan kursi di DPR) di kancah perpolitikan, serta Insya Allah menang Pilkada 2024 nanti,” katanya dengan ramah.

 

Titik Wijayanti, SE, merupakan anggota DPRD Kabupaten Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta dan tahun ini masuk ke 3 periode. Sosoknya yang ramah dan rendah hati yang membuat orang lain menyukainya.

 

Harlah PKB Ke-26 ini turut dimeriahkan oleh artis Happy Asmara dan Maliq & D’Essentials serta DPD dan DPC PKB seluruh Indonesia dan tamu undangan juga turut hadir.

Continue Reading

Metro

Iqrar Risyad Nasution SE Anggota DPRD Terpilih dari PKB Hadiri Harlah Ke 26 dan Mukernas PKB

Published

on

By

Jakarta – Iqrar Risyad Nasution, SE, sebagai anggota DPRD terpilih Kabupaten Tangerang dari PKB menghadiri Hari Lahir (Harlah) Ke 26 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) bertempat di Jakarta Convention Center, Selasa, 23 Juli 2024.

 

Kepada awak media Iqrar Risyad Nasution mengucapkan selamat kepada PKB.

“Saya ucapkan selamat pada harlah PKB ke 26 tahun, semakin merakyat serta bermanfaat pada masyarakat agar kesejahteraan masyarakat terus meningkat dengan mengakomodir kepentingan masyarakat,” katanya dengan semangat.

 

Harlah PKB ke 26 dimeriahkan hiburan dari artis Happy Asmara serta Maliq D’ Essentials, tamu undangan, DPC dan DPD PKB seluruh Indonesia.

Continue Reading

Metro

Tubagus Lukman Amin Hadiri Harlah Ke 26 dan Mukernas PKB di JCC Senayan Jakarta

Published

on

By

Jakarta – Ketua Fraksi PKB DPRD Kota Surabaya periode 2024-2029 juga anggota DPRD Kota Surabaya, Tubagus Lukman Amin, menghadiri Hari Lahir (Harlah) PKB Ke 26 dan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) bertempat di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Selasa, 23 Juli 2024.

 

Awak media berkesempatan mewawancarai Tubagus Lukman Amin dan mengatakan bahwa PKB luar biasa.

“PKB sangat luar biasa, semoga lebih besar lagi, juga Ketua Umum sosok yang luar biasa, harapannya kedepan saat ini PKB sebagai partai papan tengah semoga menjadi partai papan atas,” katanya dengan semangat.

 

Semua kader baik yang DPR, DPRD, sambungnya, baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

“Semoga Ketua Umum Cak Imin kedepan menjadi Presiden Indonesia. Berharap pula agar seluruh pilkada di daerah PKB menang,” ujarnya.

 

Kemeriahan dan kegembiraan menjadi satu pada Harlah PKB kali ini juga turut dimeriahkan oleh artis Happy Asmara dan Maliq D’ Essentials juga tamu undangan serta DPC dan DPD PKB seluruh Indonesia.

Continue Reading

Trending