Connect with us

Metro

Bangkitkan Ekonomi Digital Desa di Bali Lewat Siberkreasi Local Fest (SLF)

Published

on

Bali – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Siberkreasi, STMIK Primakara dan Relawan TIK Provinsi Bali menyelenggarakan Kegiatan Literasi Digital Nasional bertajuk “Indonesia Makin Cakap Digital” dengan berbagai 10 tema berbeda untuk masyarakat Bali, Minggu (13/6/2021) di 10 desa di Kawasan Bali.

“Kegiatan ini dilaksanakan secara offline di Desa Pasekbali, Sumerta Kaja, Sumerta Kelod, Sumerta Kauh, Saba, Pesinggahan, Keramas, Petang, Bhuana Giri dan Sukawana,” ujar Rizki Ameliah, Koordinator Program Literasi Digital, Kominfo.

Tema pelatihan yang diberikan, kata Rizki, disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat lokal seperti Desa Paksebali klungkung Go Digital; Peningkatan Penggunaan Media Komputer dalam Pengelolaan Website Desa; Pelatihan Penggunaan Microsoft Office dan Penggunaan Meeting Online di Lingkungan Kantor Desa Pesinggahan, Klungkung; Workshop Facebook Ads dan Instagram Ads bagi Kelompok Sadar Wisata Desa Kerta Gianyar; Pelatihan Penggunaan Teknologi di Bidang Pertanian dan Industri di Lingkungan Desa Bhuana Giri; Meningkatkan Kualitas Pertanian dengan Pengembangan Teknologi di Wilayah Desa Sukawana Kintamani.

“Kegiatan offlline yang dihadiri sekitar 25 hingga 50 orang per desa ini, ditujukan agar melalui para peserta pelatihan akan terwujud upaya meningkatkan digitalisasi desa di Bali. Para peserta diharapkan dapat menjadi teladan bagi para penduduk desa dalam pemanfaatan ekonomi digital,“ jelas Rizki Ameliah, yang juga menjadi Wakil Ketua Umum Siberkreasi.

Ia menambahkan, dalam upaya meningkatkan hilirisasi ekonomi digital, Kementerian Kominfo telah dan akan terus melakukan upaya pengembangan ekosistem ekonomi digital, yang dilakukan melalui berbagai upaya diantaranya: (1) pembangunan infrastruktur fisik; (2) pembangunan infrastruktur data; (3) program pendampingan pegiat ekonomi digital; (4) penyiapan talenta digital.

Kegiatan offline di desa ini, merupakan bagian dari pelaksanaan Siberkreasi Local Festival (SLF) yang berlangsung selama dua hari (11-12 Juni 2021). Hari kedua, berlangsung juga kegiatan secara online yang menghadirkan talkshow dengan tema Komunikasi Kesehatan dan Penanganan Hoaks COVID-19 di Era Digital yaitu:

“Membangun Literasi dan Wawasan Kebangsaan di Era Digital”; “Pentingnya Etika Bisnis dalam Usaha Online”; “Tren Buy Now, Pay Later“; “Content Creator and Social Media 101”. Para narasumber yang hadir selama dua hari pelaksanaan diantaranya Marcella Zalianty, Nadia Mulya, Yosi Mokalu, Sacha Stevenson, Gusti Ngurah Anom (Ajik Krisna Bali), Jessica Iskandar. (Red)

Continue Reading

Metro

Pelantikan Ketua Dan Pengurus IKTASS Jabodetabekban

Published

on

By

Continue Reading

Metro

Maesa Soccer School Gelar Turnamen Piala Wali Kota Jakarta Pusat

Published

on

By

Jakarta – Selama vakum 2 tahun lebih akibat pandemi Covid-19 melanda Indonesia, Sekolah Sepak Bola (SBB) Maesa Soccer School mengadakan turnamen dengan memperebutkan piala Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Budi susastro ketua Pelaksana Turnamen Sepak Bola mengatakan, pagelaran turnamen sepak bola anak dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Tahun 2022.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan olahraga melalui turnamen sepak bola yang pesertanya dari usia dini,” kata Budi Susastro

“Pelaksanaan turnamen digelar 30 Oktober 2022 di lapangan utama Bumi Perkemahan Cibubur.

Budi susastro menjelaskan, turnamen ini digelar guna mencari bibit-bibit unggul pesepakbola usia dini dalam rangka prestasi untuk sekolah di DKI Jakarta.

“Turnamen ini ada empat katagori, mulai usia 9 sampai dengan 12 tahun. Setiap kategori ada 16 tim, sehingga total peserta ada 64 tim,” ungkap Budi Susastro

Budi Susastro berharap, kegiatan turnamen ini bisa menjadi agenda tahunan dalam membangun anak-anak agar lebih berprestasi.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengapreasi dan merespon positif serta mendukung aktivitas kegiatan turnamen sepak bola yang bertujuan untuk melakukan pembinaan olahraga sepak bola. Serta memberikan ruang kepada para peserta untuk bisa masuk jalur prestasi.

“Kenapa mengajak wali kota untuk ikut mengambil bagian, tujuannya minimal memberikan lisensi bahwa ini layak untuk dijadikan sebagai jalur prestasi, meskipun ada jalur zonasi, ada jalur prestasi. Tapi ini menjadi daya dukung bagi siswa-siswi yang memang memiliki bakat olahraga sepak bola,” ungkapnya

Continue Reading

Metro

M.Mariadi Anwar Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta Dalam Rangka Menyerap Aspirasi Masyarakat Reses ke 3 Tahun 2022

Published

on

By

Continue Reading

Trending