Connect with us

TNI / Polri

Pratu Bernat Murnan Tenaga Medis TNI AD Putra Asli Merauke

Published

on

JAKARTA, – Pratu Bernat Murnan terlahir di Erambu, Merauke 26 tahun silam, seorang prajurit Infanteri lulusan Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) sederajat SMK di Kesdam IV/Diponegoro tahun 2020.

Putra kelima dari pasangan Herman Murnan (62 tahun) seorang Petani dan Paula Wanjai (61 tahun) seorang Ibu rumah tangga yang hidup sederhana di Kampung Erambu Kecamatan Sota Kabupaten Merauke Provinsi Papua. Memiliki tekad yang kuat sebagai prajurit untuk menggeluti bidang kesehatan.

Hal itu diawali dari ketika pada saat tiga tahun pertamanya bertugas, ia juga mengikuti Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Negara RI (Republik Indonesia) dengan Negara PNG (Papua New Guinea) di Merauke Sektor Selatan Papua pada tahun 2016 sampai dengan tahun 2017. Dari sana Prajurit Dua (Prada) Bernat mengetahui betul tentang kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat di kampungnya terutama masalah kesehatan.

Pada kesempatan kedua, Bernat Murnan mengikuti kembali Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) di tahun 2021, kali ini di Kabupaten Keerom dan Kabupaten Pegunungan Bintang Sektor Utara Papua Perbatasan antara Negara RI (Republik Indonesia) dengan PNG (Papua New Guinea) sebagai tenaga kesehatan (Nakes).

Sebagai pionir kesehatan, tugasnya tidaklah mudah, selain harus menjaga dirinya agar tetap sehat ia juga membantu menjaga kesehatan rekan-rekan sesama Satgasnya agar tidak terkena penyakit malaria yang sangat terkenal di Sektor Utara Papua, berbekal ilmu yang dipelajari sejak Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) ia berusaha semaksimal mungkin dan berharap dapat mengaplikasikan ilmu kesehatannya guna membantu masyarakat di tanah Papua serta memotivasi pemuda pemudi agar dapat berbuat lebih baik untuk menunjang kesehatan di wilayah perbatasan Papua sebagai wujud pengabdiannya dan rasa cinta tanah airnya kepada Negara Republik Indonesia.

Dalam perjalanan kehidupannya, Bernat kecil banyak mengalami perihnya kehidupan seperti saat mengenyam pendidikan di Sekolah Dasar YPPK Santo Agustinus Erambu Merauke ia harus rela menahan rasa keinginannya membelanjakan uang jajannya karena harus terpaksa menabung dan menyisihkan uang jajan yang ia peroleh dari orang tuanya ataupun dari kakak laki-lakinya, karena sulitnya perekonomian di kala itu

Beranjak remaja, Bernat juga tidak ingin menggantungkan biaya hidup dan biaya sekolahnya kepada orang tua dan kakak laki-lakinya, ia pun bekerja sebagai kuli pasir dengan upah Rp. 100.000 (Seratus Ribu Rupiah) per 1 (satu) rit atau 1 (satu) dump truck pasir.

Keadaan yang serba kekurangan biasa ia jalani seperti halnya pernah tidak makan seharian karena orang tua kehabisan makanan dan tidak ada uang untuk belanja makanan.

Tidak hanya merasakan pahitnya dalam kehidupan namun juga ketika mendaftar TNI melalui jalur Putra Daerah (Papua). Berkas administrasinya ditolak karena alokasi sudah penuh, tetapi berkat kegigihan dan kemauannya untuk menggali lebih banyak informasi hingga ia memiliki peluang mengikuti seleksi pendaftaran Secata jalur non Putra Daerah walaupun kecil kemungkinan diterima karena banyaknya pesaing yang melamar, namun hal itu tidak menyurutkan semangatnya untuk mengabdi menjadi anggota TNI AD, dan pada hasil Panitia Penentuan Akhir (Pantukhir), Bernat Murnan berhasil dan dinyatakan Lulus serta diterima menjadi anggota TNI AD dari Panda Kodam XVII/Cenderawasih. (Dispenad)

Continue Reading

TNI / Polri

Kasad : Tingkatkan Kemampuan Prajurit TNI AD Untuk Menjaga Kepercayaan Negara

Published

on

By

Jakarta, – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E, M.M. menekankan kepada seluruh prajurit TNI AD untuk menjaga kepercayaan negara dengan senantiasa meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit melalui latihan secara terprogram.

Hal tersebut disampaikan Kasad usai mencoba menembakkan Multiple Launcher Rocket System (MLRS) Astros II MK 6 dalam latihan penembakan secara terpadu satuan Artileri Medan (Armed) di daerah latihan TNI AD Cibenda, Sukabumi Jawa Barat, Jumat (13/5/2022).

Lebih lanjut di hadapan awak media Kasad menyampaikan keyakinannya atas profesionalisme prajurit TNI AD saat ini.
“Kesiapsiagaan TNI AD akan memberikan keyakinan kepada bangsa dan negara bahwa TNI AD siap menghadapi segala ancaman dan TNI AD siap menjaga kedaulatan Negara Indonesia,” tegasnya.

Usai meninjau latihan, Kasad memberikan bantuan sembako sebanyak 750 paket yang diserahkan kepada 56 orang perwakilan masyarakat Warga Desa Ujung Genteng, Cibenda dan Mareleng.

Kasad berharap dengan kepedulian kepada masyarakat sekitar daerah latihan akan dapat meringankan beban masyarakat pasca pandemi Covid-19, “Semoga bantuan ini dapat membantu kebutuhan masyarakat dan TNI AD sebagai bagian dari masyarakat garus hadir di tengah kesulitan masyarakat,” ungkapnya.

Pada peninjauan Latbakjatrat ini Kasad didampingi oleh Irjenad, Danpussenif, Dankodiklatad, Asops Kasad, Asrena Kasad, Pangdam III/Slw, Danjen Kopassus serta serta pejabat dilingkungan Pussenarmed, (Dispenad).

Continue Reading

TNI / Polri

Danrem 052 / Wijayakrama Berharap Sinergitas Berlanjut

Published

on

By

Jakarta – Sesuai dengan rentang waktu masa jabatannya maka Gubenur Banten Wahidin Halim pada bulan ini telah mengakhiri jabatannya sebagai Kepala Daerah.

Sehingga pada hari Kamis kemarin, tanggal 12 Mei 2022 dilantik Pejabat (Pj) Gubernur Banten, yaitu Ali Muktabar .

Komandan Korem 052/ Wijayakrama Brigadir Jendral TNI Rano Tilaar, mengatakan bahwa pengangkatan Pj Gubernur oleh Pemerintah Pusat adalah untuk memperlancar jalannya roda pemerintahan, sehingga pelayanan terhadap masyarakat bisa tetap berkesinambungan.

“Langkah Pemerintah Pusat mengangkat Pj Gubernur Banten ini selain untuk memperlancar pemerintahan, maka tugas beliau nantinya untuk mensukseskan proses jalannya Pilkada yang walaupun masih 2 tahun lagi baru akan dimulai pentahapannya”, katanya di Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis, (12/05/2022)

Selain itu, tugas Pj Gubernur adalah menjaga ketentraman & ketertiban masyarakat dengan menjamin tetap terjalinnya sinergitas Tiga Pilar (TNI, POLRI dan Pemerintah Daerah), sambungnya.

“Menurut saya semasa kepemimpinan Gubernur Wahidin Halim faktor keamanan dan ketertiban masyarakat yang didukung oleh Sinergitas TNI, Polri dan Pemerintah Provinsi telah berjalan baik sebagaimana mestinya”, ujarnya dengan ramah.

Ketika ditanya apa tugas berat yg siap menanti sentuhan tangan dari Pj Gubernur Banten yang baru dilantik, maka Komandan Korem 052/Wijayakrama ini menanggapinya dengan mengatakan “Bahwa akibat dari dampak merebaknya virus Covid-19 ini
maka lahirlah krisis sosial (berupa pandemic), krisis ekonomi (berhubung Tangerang Raya ini adalah merupakan kawasan industri yang terdampak maka banyak PHK karena industri pada tutup) dimana inilah konsentrasi terberat yang harus diatasi oleh beliau.

Tetapi sambungnya, semua itu bisa diatasi dengan bersinergi sehingga bisa dilakukan recovery, revitalisasi dan rekontruksi.

Continue Reading

TNI / Polri

Sespimen Angkatan ke 62 Tebar Kebaikan Dengan Berbagi Terhadap Sesama

Published

on

By

Lembang, – Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat di bulan puasa Ramadhan ini, siswa Serdik Sespimen angkatan ke 62 kembali melakukan kegiatan pembagian sembako kepada masyarakat di sekitar kawasan bandung

Kali ini Serdik Rendy Setia Permana, S.I.K.,SH., M.M. Sespimen angkatan ke 62 pokjar XI berbagi kasih dengan memberikan bantuan sembako, Kamis, 28/4/2022.

Serdik Rendy Setia Permana, S.I.K.,SH., M.M Mengatakan kegiatan ini sebagai bentu kepedulian kami di bulan suci ramadhan 1443 H / 2022 M dari para Serdik Sespimen angkatan ke 62

“Kami mendatangi untuk memberikan bantuan kemanusiaan untuk masyarakat,” ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat,(29/4/2022)

Menurut Rendy Setia Permana, kegiatan yang dilakukannya itu akan dilaksanakan hingga beberapa pekan ke depan dan menyasar masyarakat sekitar dan warga panti asuhan

“Kami bagikan makanan ini di sejumlah tempat baik di jalan maupun di pemukiman warga dan warga panti asuhan. Untuk target setiap harinya, ada sekitar 100 bungkus makanan siap saji, takjil maupun paket sembako untuk warga panti,” ucapnya.

Untuk diketahui dalam kegiatan bakti sosial ini dilakukan diantaranya di yayasan himatun cileunyi bandung, panti asuhan anak al rasyid cijambe subang, panti asuhan al barokah banjaran bandung, yayasan mutiara illahi, yayasan panti asuhan nurul fallah soreang bandung, pondok quran ba’tul mu’min, yayasan raudhatul hasanah, dan di panti jompo burangrang lengkong bandung

Continue Reading

Trending