Connect with us

TNI / Polri

Ditlantas Polda Metro Jaya Amankan 36 Bus Yang Langgar PPKM

Published

on

Jakarta – Di masa PPKM ini banyak pelanggaran yang dilakukan salah satunya adalah bis umum. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yugo mengatakan, sebanyak 36 bus angkutan umum yang diamankan karena tidak membawa surat vaksin atau PCR.

“Kami amankan sebanyak 36 bus angkutan umum karena tidak membawa surat vaksin atau PCR. Mereka juga mengangkut penumpang dari terminal bayangan,” kata Dirlntas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yugo. Sabtu, (17/7/2021).

Sambodo menambahkan, ada 3 terminal resmi angkutan umum yang menyediakan surat vaksin dan hasil Swab atau PCR, yaitu terminal Kalideres, Pulogebang dan Kampung Rambutan.

“Bagi para penumpang angkutan umum diwajibkan untuk membawa kartu vaksin minimal dosis pertama, dan surat keterangan hasil negatif tes PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam sebelum keberangkatan, atau rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan,”tutur Sambodo tegas.

Jumlah penumpang dari 36 bus angkutan umum lebih kurang 900 orang. Bagi supir dan kernet diberi sanksi administratif dan mereka juga melanggar pasal 308 UU Nomor 22 tahun 2009 dengan ancaman denda Rp 500 ribu atau kurungan dua bulan.

Selain sanksi administratif, ternyata Ditlantas Polda Metro Jaya juga menunjukkan rasa sosialnya dengan memberikan bantuan sembako kepada para supir dan kernet.

“Untuk menunggu masa sidang yang akan dilakukan 2 hari lagi, sebaiknya supir dan kernet menunggu di rumah,” kata Sambodo.

Inmendagri yang ditandatangani Tito pada tanggal 2 Juli 2021 ini dikeluarkan menindaklanjuti arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang menginstruksikan agar melaksanakan PPKM Darurat di wilayah Jawa dan Bali. Kebijakan diambil sebagai salah satu cara untuk memutus rantai penyebaran virus corona yang terus meningkat..

Razia angkutan umum di masa PPKM darurat, sesuai peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menerbitkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 15 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali atau PPKM Darurat Jawa-Bali, yang berlaku mulai tanggal 3 Juli 2021 sampai 20 Juli 2021.

Continue Reading

TNI / Polri

Lantamal I Ikuti Sarasehan Ideologi Pancasila

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Lantamal I) mengikuti Talk Show Sarasehan ldeologi Pancasila dengan Tema “Penguatan Ideologi Pancasila dan Karakter Kebangsaan di Era Globalisasi” bagi Prajurit, PNS dan Keluarga Besar TNI AL, dipimpin Wadan Puspenerbal Laksma TNI Bayu Ali Syahbana SM., CHRMP., dihadiri personel Lantamal I melalui Vicon, bertempat di Gedung Yos Soedarso Mako Lantamal, Jalan Serma Hanafiah, No.01, Belawan, Sumatera Utara, Rabu (28/2/2024).

 

Pada Kesempatan tersebut, Wadan Puspenerbal menyampaikan sambutan Danpuspenerbal bahwa pendidikan karakter perlu dimodernisasi dengan merumuskan terlebih dahulu budaya pendidikan terutama dalam menghadapi tantangan globalisasi dan hendaknya mampu menghasilkan pemikiran cerdas baik di bidang ekonomi, politik, sosial budaya, pertahanan dan keamanan dalam kehidupan bermasyarakat, mampu meningkatkan integritas, semangat nasionalisme serta kepedulian sosial dan semangat bela negara dalam menjaga kedaulatan NKRI.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kadisminpers Lantamal I, personel Militar dan PNS Lantamal I.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI / Polri

Aspotmar Danlantamal I Ikuti Apel Saka Bahari Nasional Melalui Vicon

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Aspotmar Danlantamal I Kolonel Marinir Hendra Zarnadi, mengikuti Apel Saka Bahari Nasional Tahun 2024 yang dipimpin Wakil Aspotmar Kasal Laksma TNI Deny Septiana, S.I.P., M.A.P., melalui Vicon bertempat, bertempat di Ruang Puskodal Mako Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah No.01 Belawan, Sumatera Utara, Rabu (28/2/2024).

 

Dalam sambutannya, Aspotmar Kasal yang dibacakan Waaspotmar Kasal menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting dalam pembinaan dan pengembangan Saka Bahari, khususnya untuk eksistensi generasi muda saat ini.

 

Menyikapi makin kompleksnya perkembangan lingkungan strategis, baik dari luar negeri maupun dalam negeri tentunya dapat menimbulkan ancaman gangguan dan hambatan. Oleh karena itu, generasi muda Saka Bahari diharapkan mampu menjawab tuntunan perubahan diera milenial dan teknologi.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kadispotmar Lantamal I, Kasubdis Progla Dayaguna Dispotmar Lantamal I, Kak Dany dari Kwarda Sumut, anggota Saka Bahari SMA Hangtuah Belawan dan Saka Bahari SMK Panca Budi Medan.

 

(Dispen Lantamal)

Continue Reading

TNI / Polri

Danlantamal I Hadiri Rapim TNI-POLRI Tahun 2024

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI AL I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., menghadiri Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri dipimpin Presiden RI Joko Widodo, dihadiri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Dr. Moeldoko, S.I.P., M.A., Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., dan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., C.S.F.A. dengan Tema “TNI-Polri Siap Wujudkan Pertahanan Keamanan Untuk Indonesia Maju”, bertempat di Gedung Olah Raga (GOR) Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (28/2/2024).

 

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih kepada TNI dan Polri yang telah berhasil menjamin keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pemilu, sehingga berjalan aman dan damai,.

 

Tahapan Pemilu masih berjalan hingga Oktober 2024. Jajaran TNI-Polri diminta perlu mengantisipasi dan menetralisir segala residu politik untuk menjaga persatuan bangsa dan negara.

 

Tantangan yang kita hadapi sekarang ini bukan tantangan-tantangan yang mudah, bukan hanya tantangan di dalam negeri, bukan hanya tantangan di domestik, tapi justru yang paling berat adalah tantangan global yang sangat rumit juga bisa berdampak signifikan pada situasi ekonomi dan sosial di dalam negeri.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

Trending