Connect with us

TNI / Polri

Akmil dan Kopassus Merajai Lomba Kreativitas Prajurit/ PNS TNI AD TA 2021

Published

on

JAKARTA, – Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Kadislitbangad) Brigjen TNI Terry Tresna Purnama.,S.I.Kom.,M.M., menutup lomba kretivitas Prajurit/PNS TNI AD TA 2021 dalam wujud Karya Cipta Teknologi (KCT) dan Karya Tulis IImiah (KTI) tanggal 23 Juli 2021 di Madislitbangad Jakarta.

Kadislitbangad Brigjen TNI Terry Tresna Purnama.,S.I.Kom.,M.M, mengucapkan selamat kepada Sermadatar Muhammad Irfan dari Akmil sebagai juara I lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) dengan Judul Analisis Kinerja Panser APC-3 6×6 dan Panser Tarantula Dalam Mendukung Tugas Pokok Kompi Kavaleri, juga kepada Kapten Cpl Ade Kusnadi dari Kopassus sebagai Juara I Karya Cipta Teknologi (KCT) dengan Judul Pembuatan Prototipe Senjata DMR Commando Rifle-2.

” Saya harapkan predikat juara ini dapat dipertanggungjawabkan baik secara moral maupun produk naskah dibuat yang terbaik, untuk mengikuti even selanjutnya pada lomba kretivitas Prajurit/PNS TNI AD TA 2021 dalam wujud Karya Cipta Teknotogi (KCT) dan Karya Tulis IImiah (KTI) di tingkat TNI antar Angkatan, nanti akan berkompetisi secara kompetitif dengan para peserta dari masing-masing angkatan, dengan para juri yang kredibel, begitu juga yang juara harapan hendaknya mempersiapkan diri untuk berkompetisi di tingkat TNI dan bersaing masing-masing angkatan, gengsi ini harus kita rebut utk menjadi juara yang terbaik secara sehat, dengan menampilkan Karya tulis Ilmiah (KTI) dan Karya Cipta Teknologi (KCT) yang terbaik, karena menyangkut harga diri Angkatan Darat, jangan merasa puas atas hasil yang dicapai pada hari ini, persiapkan semaksimal mungkin. Perhatikan penekanan dan masukkan yang konstruktif untuk perbaikan guna mempersiapkan pada even yang lebih tinggi di tingkat TNI, ” ujarnya.

Selanjutnya Kadislitbangad mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para juri yang telah bekerja keras dalam melaksanakan penilaian hasil karya cipta teknologi dan karya tulis ilmiah peserta lomba mulai dari tahap semi final sampai dengan final secara jujur, obyektif, adil dan independen. Semoga hasil akhir yang didapatkan merupakan produk yang berkualitas, sehingga bermanfaat bagi TNI pada umumnya TNI AD pada khususnya di masa mendatang.

” Saya menyadari bahwa untuk menilai suatu karya tidaklah mudah walaupun sudah ada aturan sebagai pegangan bagi para juri, tentunya dalam melaksanakan penilaian ditemui hal-hal yang berkembang di lapangan, hal ini hendaknya dapat diakomodasi dan dikonfirmasikan untuk dijadikan sebagai saran dan masukkan untuk perbaikan kegiatan penjurian di masa yang akan datang. Kepada para pemenang lomba saya ucapkan selamat atas keberhasilannya menjadi juara 1 s.d. 3 dan harapan 1 s.d. 3. Hal ini merupakan prestasi yang harus dipertahankan pada event-event berikutnya. Khususnya dalam waktu dekat ini yang akan mewakili TNI AD dalam lomba kreativitas Prajurit/PNS di tingkat TNI. Selamat berjuang dan tetap semangat. Kepada panitia saya ucapkan terima kasih atas kerja kerasnya sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sesuai rencana, ” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Kasubdisiptek Kolonel Inf Abdul Hamid., S.I.P. selaku Kalakgiat dalam laporannya menyampaikan ucapan selamat kepada para pemenang lomba Kreativitas Prajurit/PNS TNI AD TA 2021 dalam wujud Karya Cipta Teknotogi (KCT) dan Karya Tulis IImiah (KTI) yaitu sebagai juara I Karya Tulis IImiah (KTI) Sermadatar Muhammad Irfan dari Akmil dengan Judul Analisis Kinerja Panser APC-3 6×6 dan Panser Tarantula Dalam Mendukung Tugas Pokok Kompi Kavaleri. Juara 2 Kolonel Inf Hengki Yuda Setiawan Aster Kodam XVIII/Kasuari Judul : Strategi Penempatan Satuan BKO di Wilayah Kodam XVIII/Kasuari dihadapkan pada Situasi dan Kondisi Provinsi Papua Barat. Juara 3 Letda Caj Darmoko, S.Pd dari Akmil dengan Judul :Analisis Cara Kerja Sistem Hidrolik Pompa Boggie untuk Sikap Angkut dan Sikap Tempur guna Mobilisasi Meriam 57 MM-S60. Juara Harapan I Letkol Arh Kusnadi, S.T., M.T. dari Kodiklatad dengan Judul : Pemanfaatan Aplikasi I Target sebagai Substitusi Sistem dan Metode Latihan Bidik Kering pada Pistol 9 mm secara realtime. Juara Harapan 2 Letkol Cpn R. Nuswantoro dari Puspenerbad dengan Judul : Kajian Penembakan Menggunakan Laser dan Sasaran Tembak Bergerak Sebagai Sarana Latihan Dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Penerbang Helikopter Fennec AS 550 C3E TNI AD. Juara Harapan 3 Mayor Ckm Yogi Ertanto, S.Farm., Apt., M. Biotech dari Puskesad dengan Judul : Konsepsi Aplikasi Teknologi Genomik dalam rangka Peningkatan Kualitas Prajurit TNI demi Terwujudnya TNI yang Profesional dan Modern. Dan sebagai juara I Lomba lomba kretivitas Prajurit/PNS TNI AD TA 2021 dalam wujud Karya Cipta Teknotogi (KCT) Kapten Cpl Ade Kusnadi dari Kopassus Pembuatan Prototipe Senjata DMR Commando Rifle-2. Juara 2 Dr. Ir. Nur Rachman Supadmana Muda, S.T. , Dkk 2 org dari Poltekad Judul : Prototipe Robot Tempur Dilengkapi Senjata SS2, Peluncur Roket, Deteksi Ranjau dan Kamera Termal Untuk Mendukung Tugas OMP Dan OMSP. Juara 3 Mayor Inf Adi Novianto, S.T. , Dkk 4 org dari Poltekad dengan Judul : Rancang Bangun Alat Bantu Pelepas Dan Pemasang Roda Kendaraan Tempur Panser Anoa 6×6 Juara Harapan 1 Sertu Herlan Yaboisembut , Dkk 4 org dari Poltekad dengan Judul : RB Poltekad Elektronic Detector COVID-19 (Polector C-19) Berbasis Internet Of Things (IoT) Dengan Menggunakan Kecerdasan Buatan Untuk Mendukung Personel TNI Yang melaksanakan Tugas Operasi. Juara Harapan 2 Letkol Arh Dekki Widiatmoko, S.T., M.Tr.T. , Dkk 4 org dari Poltekad dengan Judul : Rancang Bangun Sistem Kendali Cerdas Pembidikan Sasaran Semi Otomatis Berbasis Optik. Juara Harapan 3 Letkol Arh Tuharno, S.Pd. , Dkk 3 org dari Poltekad dengan Judul : Rancang Bangun Rompi Anti Peluru Level IIIA Berbasis Komposit Serat Abaka, HGM, EPOXY dan Serat Karbon.

Hadir dalam acara penutupan kretivitas Prajurit/PNS TNI AD TA 2021 melalui lomba Karya Cipta Teknotogi (KCT) dan Karya Tulis IImiah (KTI), Prof. Dr. Alie Humaedi, M.A. tim juri Juri KTI Peneliti Ahli Utama-PMB LIPI. Jimmy Maulana, S.T., M.T. (BPPT), Kolonel Cpm Reza Muhammad (Seskoad), Kolonel Cpl Lilik Hendro (Puspalad), Paban III/Liitbangasro Srenaad, pejabat Distribusi A Dislitbangad, Ketua dewan juri lomba kreativitas prajurit dan PNS TNI AD TA 2021, dan Dewan juri baik KTI maupun KCT. (Dispenad)

Continue Reading

TNI / Polri

Satlinlamil 3 Gelar Jumat Berkah Dari Prajurit Untuk Prajurit

Published

on

By

TNI AL, Makassar,- Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 3 menggelar Program Jumat Berkah yang rencana kedepannya akan digelar secara rutin dengan tujuan untuk sedekah dan menyambung tali silaturahmi antar Personel Satlinlamil 3 yang dikemas dalam “Program Jumat Berkah Dari Prajurit Untuk Prajurit”, bertempat di Mako Satlinlamil 3, Jalan Teuku Umar, Makassar, Jumat (19/7/2024).

 

Komandan Satlinlamil 3 Kolonel Laut (P) Nur Rochmad Ibrohim, S.T., M.Tr. Hanla., menyampaikan bahwa Program Jumat Berkah adalah program sedekah berupa pembagian bingkisan baik bahan makanan atau makanan jadi yang diberikan kepada personel ataupun masyarakat sekitar dengan tujuan sedekah dan menyambung tali silaturahim.

 

“Ide ini sebenarnya justru muncul dari para prajurit yang merasa terpanggil untuk menyisihkan sedikit rizkinya untuk berbagi dan bersedekah. Satuan mencoba mewadahi keinginan mereka tersebut dan mewujudkannya. Semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin sebagai bentuk rasa peduli dan meningkatkan rasa berbagi kepada personel dan lingkungan sekitar,” ujar Dansatlinlamil 3.

 

Sebagai langkah awal, kegiatan Program Jumat Berkah dimulai dari lingkungan Satlinlamil 3 yang ditujukan untuk prajurit, dan kedepan kegiatan akan ditingkatkan dengan sasaran masyarakat sekitar yang melintas di depan Mako Satlinlamil 3.

 

(Satlinlamil 3)

Continue Reading

TNI / Polri

Danlantamal I Hadiri Rekonsiliasi Internal To Do List dan Tutup Periode Semester I TA. 2024

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal) I Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., menghadiri acara Rekonsiliasi Internal Penyelesaian To Do List dan Tutup Periode Semester I Tahun Anggaran 2024 antara Badan Perencanaan, Badan Logistik dan Badan Keuangan di lingkungan TNI Angkatan Laut, yang dipimpin oleh Kepala Dinas Keuangan TNI AL Laksamana Pertama TNI Imam Subarkah, S.E., M.M., CFrA., CRMP., bertempat di Gedung OB Sya’af Mako Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah No.01 Belawan, Sumatera Utara, Kamis (18/7/2024).

 

Rangkaian kegiatan diawali dengan menerima Courtesy Call Kadiskual beserta Tim di Ruang VIP Mako Lantamal I, dilanjutkan acara Rekonsiliasi. Pada acara tersebut, Danlantamal I dalam amanatnya menyampaikan bahwa Rekonsiliasi Internal Penyelesaian To Do List dan Tutup Periode Semester I TA. 2024 ini merupakan upaya untuk melaksanakan sistem keuangan yang sesuai dengan tuntutan Reformasi Birokrasi. Sinkronisasi terhadap data dan dokumen dalam pertanggungjawaban keuangan perlu untuk dilaksanakan secara berlanjut, guna menghindari kesalahan dalam administrasi keuangan yang akurat, handal dan akuntabel dapat kita wujudkan bersama.

 

Sementara itu, Kadiskual dalam sambutannya mengatakan bahwa Rekonsiliasi merupakan proses pencocokan data transaksi keuangan yang diproses dengan beberapa sistemsub sistem yang berbeda berdasarkan dokumen sumber yang sama, saya berharap momen Rekonsiliasi saat ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh seluruh entitas untuk meminimalisir permasalaha-permasalahan yang berpotensi mengganggu kualitas laporan keuangan semester I tahun 2024, khususnya untuk TNI Angkatan Laut.

 

Adapun penyampaian materi oleh Letkol Laut (S) Wulan Furwanto, S.E., M.M., dan Letkol Laut (S) Yan Edward Saragih, Staf Diskual. Selesai Rekonsiliasi acara ditutup oleh Kadiskual yang diwakili oleh Kasubdis APK Diskual Kolonel Laut (S) Rahmad Agung W., S.T., M.Tr.Hanla., dan dihadiri Danlantamal I yang diwakili Wadan Lantamal I.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, para Pejabat Utama Lantamal I, Tim Itjenal, Srenal, Slogal, Kakuwil dan Ka. Akun Lantamal I, II, dan IV, Ka. Akun Lanal jajajaran Lantamal I, II dan IV, serta Fasharkan Mentigi.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI / Polri

Komandan Lanal Bandung Hadiri Peringatan Hari Bakti Adhyaksa Ke-64 Tahun 2024

Published

on

By

TNI AL, Bandung,- Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T. M.Sc., M.Tr. Hanla., menghadiri Undangan Peringatan Hari Bakti Adhyaksa Ke-64, yang dipimpin langsung oleh Kajati Provinsi Jawab Barat Katarina Endang Sarwestri S.H., M.G., bertempat di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum No. 56 Kota Bandung, Kamis (18/7/2024).

Maksud dan tujuan kegiatan tersebut adalah Peringatan Hari Bakti Adhyaksa Ke-64, menyelenggarakan kegiatan Sidang Perwalian Anak Dibawah Umur oleh Kantor Pengacara Negara Kejaksaan Negeri Kota Bandung bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bandung dan Pengadilan Agama Kota Bandung.

 

Pj. Walikota Bandung Ir. Bambang Tirtoyuliono mengatakan bahwa Sidang Perwalian Anak Dibawah Umur ini adalah sebuah masalah yang tidak ringan dan menjadi persoalan. Hari ini adalah adanya sebuah kepastian hukum secara keberadaan bahwa sebagai orang tua tentunya memiliki tanggung jawab moral untuk memastikan setiap anak harus mendapatkan perlindungan secara maksimal dalam semua aspek kehidupan.

 

Sebentar lagi 2045 menuju Indonesia Emas, anak-anak bangsa tentunya harus kita persiapkan perlindungan perwalian menjadi hal yang penting bagi kita semua, selanjutnya menjelang Peringatan Hari Bakti Adhyaksa Ke-64 tanggal 22 Juli 2024, tentunya ini menjadi sebuah momentum implementasi untuk menguatkan rasa solidaritas dalam rangka mewujudkan penegakan hukum modern menuju Indonesia Emas Tahun 2045, mudah-mudahan upaya ini menjadi berkah menjadi,  bagian ladang ibadah buat kita semua untuk menghadirkan anak-anak kita menuju Indonesia Emas tahun 2045.

 

Pada kesempatan tersebut, Kajati Provinsi Jawab Barat menyampaikan bahwa Kejaksaan sebagai salah satu lembaga pemerintahan melalui Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara mempunyai tugas dan fungsi untuk memelihara ketertiban hukum, kepastian hukum, dan melindungi kepentingan negara atau pemerintah, serta hak-hak keperdataan masyarakat, khususnya pada hari ini dalam upayanya untuk memastikan hak keperdataan anak yang berada di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA)/Panti Asuhan untuk mendapatkan wali yang sah sebagaimana yang diatur pada Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2019 Tentang Syarat dan Tata Cara Penunjukan Wali.

 

Untuk itu, Kejaksaan Tinggi Jawa Barat bersama-sama Kejaksaan Negeri Kota Bandung, berkolaborasi sebagai bentuk kontribusi Kantor Pengacara Negara Kejari Kota Bandung dalam upaya mendukung pemenuhan dan perlindungan hak anak, serta memastikan kedudukan hukum yang kuat terhadap wali yang ditunjuk atas anak, maka Jaksa Pengacara Negara Kejari Kota Bandung bekerjasama dengan Pengadilan Agama Kota Bandung dan Pemerintah Kota Bandung menggelar Sidang Permohonan Perwalian Anak.

 

(Pen Lanal Bandung)

Continue Reading

Trending