Connect with us

TNI / Polri

Pencanangan Pin Vaksinasi, Pangdam XVIII/Kasuari : Kita Harus Merdeka Dari Wabah Pandemi Covid 19

Published

on

JAKARTA, – Kita harus merdeka dari wabah pandemi Covid-19 yang saat ini sudah menyebar ke seluruh dunia, kita harus bebas dan selamat. Yang harus kita lakukan adalah vaksin dan tidak ada lagi jalan yang lain selain didukung imun tubuh yang kuat

Hal tersebut diungkapkan Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han)., saat meninjau pelaksanaan Gebyar Vaksinasi Merah Putih hasil kerjasama antara Kodam XVIII/Kasuari dengan Pemerintah Provinsi Papua Barat di halaman gedung gereja GKI Petrus Amban, Manokwari, Papua Barat, Kamis (12/8/2021).

Dalam keterangan tertulis Penerangan Kodam XVIII/Kasuari, pogram vaksinsasi tersebut selain sebagai implementasi serbuan vaksinasi secara nasional juga dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia yang akan diperingati pekan depan.

Pangdam juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Bupati, Dandim dan seluruh pejabat Forkopimda serta masyarakat Manokwari yang saat ini berkenan meluangkan waktu, tenaga untuk hadir berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“WHO menyampaikan seluruh dunia harus melakukan akselerasi vaksinasi. Puji Tuhan karena partisipasi masyarakat dalam vaksinasi yang sebelumnya status PPKM Darurat atau PPKM level 4 yakni di Manokwari dan Sorong sekarang sudah turun menjadi level 3, ini luar biasa”, ungkap Pangdam.

“Ini semua karena partisipasi dari masyarakat. TNI, Polri, Pemda memiliki keterbatasan sehingga kita harus bersama-sama dan harus kompak satukan visi dan misi untuk selamat dari wabah pandemi Covid-19,” tambahnya.

Pada kegiatan vaksinasi tersebut dilaksanakan pencanangan kegiatan pemasangan Pin bagi masyarakat yang telah melakukakan vaksin.

“Pencanangan Pin ini sebagai simbol bahwa kita sudah divaksinasi. Apabila saling ketemu kita sama-sama tahu sudah divaksin dan kemungkinan penyebaran itu tidak akan terjadi. Memang jika kita sudah divaksin tidak 100 persen terbebas dan aman, harus tetap taat protokol kesehatan,” jelas Mayjen I Nyoman Cantiasa.

Berdasarkan survei pada sektor ekonomi, kepatuhan terhadap protokol kesehatan kurang, sehingga penyebaran virus sangat rentan terjadi, untuk itu vaksinasi pada sektor ini harus ditingkatkan.

“Kita harus terobos sektor-sektor ekonomi untuk dilaksanakan vaksinasi karena hasil survei kita di lapangan di beberapa sektor bahwa kepatuhan dan pelanggaran ini terjadi di masyarakat dan yang paling banyak adalah di sektor ekonomi,” ujarnya.

Di akhir sambutannya, Pangdam mengajak untuk terus waspada terhadap penyebaran Covid-19 dan menghindari berita hoax yang beredar terutama di media sosial terkait Covid-19.

“Ajak saudara-saudara untuk melaksanakan vaksin, jangan takut untuk divaksinasi. Di samping obat-obat medis juga gunakan obat-obatan tradisional seperti jahe, madu, jeruk nipis dan kumur dengan menggunakan air garam hangat sebelum istirahat malam, ”pungkas Pangdam.

Selain vaksinasi, juga dilaksanakan pembagian bantuan sembako dan kaos cinta Papua bagi masyarakat yang melaksanakan vaksin. Hadir dalam kegiatan ini, Kasdam XVIII/Kasuri Brigjen TNI Djoko Andoko, para pejabat Kodam XVIII/Kasuari, Dandim 1801/Manokwari, Kapolres, Bupati dan Wakil Bupati Manokwari. (Dispenad).

Continue Reading

TNI / Polri

Tingkatkan Iman dan Takwa, Lantamal I Laksanakan Kauseri Agama

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Dalam rangka meningkatkan iman dan takwa, Pangkalan Utama TNI AL I (Lantamal I) melaksanakan Kauseri agama, bertempat di Mako Lantamal l, Jalan Serma Hanafiah No. 01. Belawan, Sumatera Utara, Rabu (29/5/2024).

 

Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin di Lantamal I, bagi yang beragama Islam dilaksanakan di Masjid Al-Abrar Mako Lantamal l, dengan penceramah AL Ustadz Taufiq Walhidayah, S.Aq., sedangkan bagi yang beragama Kristen dilaksanakan di Gedung Kauseri Mako Lantamal l, yang disampaikan oleh Kapten (Mar) Lontung Rumapea.

 

Adapun maksud dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah sebagai pembinaan mental untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta  keselarasan dan keseimbangan antara kehidupan kedinasan sebagai prajurit maupun kehidupan beragama. Hal ini sangat penting agar dalam setiap pelaksanaan tugas prajurit maupun PNS Lantamal I selalu senantiasa dilandasi dengan kekuatan iman dan moril yang tinggi.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, prajurit dan PNS Lantamal I, serta prajurit Yonmarhanlan I.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI / Polri

Danlantamal I Hadiri Rakor Renaku- I UO TNI AL Tahun 2024

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., menghadiri Rapat Koordinasi Perencanaan dan Keuangan (Rakor Renaku)- I UO TNI AL Tahun 2024, yang dipimpin oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M. Tr.Opsla., bertempat di Balai Samudera, Jakarta Utara, Rabu (29/5/2024).

 

Dalam sambutannya, Kasal menyampaikan bahwa Forum Renaku-I ini harus benar-benar dimaksimalkan sebagai media sinkronisasi bagi seluruh jajaran TNI Angkatan Laut untuk merencanakan program kerja beserta dukungan anggaran yang akan dilaksanakan pada tahun 2025 secara sinergis dan tepat sasaran, merupakan tahun pertama dari renstra 2025-2029, dan renstra permulaan dari tahapan pembangunan jangka panjang nasional 2025-2045. Saat ini TNI AL juga dihadapkan pada tantangan lain yaitu penyusunan postur kekuatan TNI AL 2025-2044 yang sejalan dengan rencana pembangunan jangka panjang nasional 2025-2045.

 

Kegiatan tersebut diikuti juga oleh Asrena Danlantamal I Kolonel Laut (S) Nanda Cahyono Pribadi, Aslog Danlantamal I Kolonel Laut (T) Dicky Krisnanto, S.E., Kadisfaslan Lantamal I, Paban Renproga Srena, Pjs. Kadisharkan, serta Pjs. Kafasharkan, di Ruang Puskodal Mako Lantamal I melalui Vicon.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI / Polri

Danlanal Dumai Hadiri Rakorwil Finalisasi Persiapan Kunker Presiden RI di Provinsi Riau

Published

on

By

TNI AL, Dumai,- Dalam Rangka finalisasi persiapan kunjungan kerja Presiden RI di Provinsi Riau, Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Boy Yopi Hamel menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Wilayah Pengamanan yang dilaksanakan di Gedung Daerah, Balai Serindit, Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Sukamulya, Kecamatan Sail, Pekanbaru, Provinsi Riau, Rabu (29/05/2024).

 

Kegiatan Rakorwil tersebut diawali penyampaian oleh Pj. Gubernur Riau Ir.  S.F Hariyanto, M.T., dilanjutkan dengan penyampaian dari Protokol Istana Syaiful terkait 2 alternatif rencana kegiatan kunjungan kerja Presiden RI ke Provinsi Riau, kemudian diteruskan penyampaian kesiapan kunjungan dari semua tim baik dari Pemerintah, BPIP, PHR, TNI dan Polri.

 

Turut hadir pada kegiatan Rakorwil tersebut, Pangdam I/BB Mayjen TNI Mochammad Hasan Hasibuan, Kapolda Riau Irjen Pol H. Mohammad Iqbal, S.I.K., M.H., Kejati Riau Akmal Abbas, S.H., M.H.,  Danrem 031/WB Brigjen TNI Dany Rakca, S.A.P., M.Han., Danlanud RSN Pekanbaru Marsma TNI Feri Yunaldi, S.E., M.Han., Kabinda Provinsi Riau Brigjen TNI R.Wibisono Hendroyoso, Setmilpres Kolonel Abdul Wirawan, Paspampres Letkol Inf Paruhum, BPIP Dr. Mahnan Marbawi, M.A., Direktur Utama PT. Pertamina Hulu Rokan dan seluruh stakeholder yang berperan dalam persiapan Kunjungan Kerja Presiden RI ke Provinsi Riau.

 

(Pen Lanal Dumai)

Continue Reading

Trending