Connect with us

TNI / Polri

Dislitbangad Uji Fungsi Alsus Bore Sight MKK dan MKB

Published

on

JAKARTA, – Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD melaksanakan Uji Fungsi Bore Sight MKK dan MKB pengadaan TA.2021. yang merupakan alat uji untuk mengetahui keausan dan kerusakan barrel/laras senjata Munisi Kaliber Kecil (MKK) seperti Cal 5,56 mm, 7,62 mm, 9 mm, 12,7 mm maupun Munisi kaliber besar( MKB) seperti Cal 76 mm, 105 mm,120 mm.
pada hari Jumat ( 26/11/2021).

Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Kadislitbangad) Brigjen TNI Terry Tresna Purnama, S.I.Kom.,M.M., dihadiri Danpusdik Armed saat melaksanakan uji fungsi, mengatakan bahwa uji fungsi program pengadaan TA 2021 tersebut perlu dilakukan dikarenakan untuk mengetahui bagaimana tingkat keausan dan kerusakan barrel/laras senjata Munisi Kaliber Kecil (MKK) seperti Cal 5,56 mm, 7,62 mm, 9 mm, 12,7 mm maupun Munisi Kaliber Besar ( MKB) seperti Cal 76mm, 105 mm,120mm. Karena alat ini nantinya akan digunakan dalam uji cob senjata hasil litbanghan maupun hasil pengadaan sehingga standarisasi telah diukur dengan peralatan yang ada di Laboratorium Dislitbangad terutama Alsus uji di subsi Jatmu pada barrel/laras senjata untuk Munisi Kaliber Kecil (MKK) seperti Cal 5,56 mm, 7,62 mm, 9 mm, 12,7 mm maupun Munisi kaliber besar( MKB) seperti Cal 76 mm, 105 mm,120 mm.

Di mana dalam uji fungsi tersebut diuji beberapa aspek yaitu aspek kemampuan untuk ketelitian tembak dapat dilihat kondisi awal barrel/laras senjata tersebut. Dalam aspek kelancaran kerja yaitu uji endurance/ketahanan laras dapat dilihat ketahanan barrel/laras setelah ditembakan munisi 12.000 butir apakah laras mengalami keausan dan kerusakan, pengujian dilaksanakan selama tiga hari, hari pertama melaksanakan pengambilan data awal jatrat 76 mm dan 105 mm milik Pusdik Armed di Lapbak Pussenarmed Batujajar. Hari kedua melaksanakan uji jatri 5,56 mm, 7,62 mm di laksanakan di lorong tembak Lab Batujajar. Hari ketiga melaksanakan pemungutan data akhir hasil menembak jatri 5,56 mm dan 7,62 mm serta jatrat 76 mm dan 105 mm. Selama 3 (tiga ) hari pengujian hasilnya sangat bagus sesuai dengan apa yang diharapkan sehingga ke depan Alat ini nantinya menjadi Alsus uji di subsi Jatmu yang sangat diperlukan dalam pengujian senjata dan munisi di Laboratorium Dislitbang TNI AD, ” ujarnya

Selanjutnya Kadislitbangad mengucapkan terima kasih kepada mitra PT. Yaksa Ragam Dalpati yang komit dan konsisten dalam pengadaan Alsus uji di subsi Jatmu yang sangat diperlukan dalam pengujian senjata dan munisi di Laboratorium Dislitbang TNI AD sehingga sangat bermanfaat dengan mutu barang pengadaan sesuai dengan spek yang diharapkan.

” Saya yakin dan percaya dengan spirit nasionalis tinggi yang selalu berusaha untuk menjadi penyedia kebutuhan khususnya dalam bidang penelitian dan pengembangan pada Instansi/Lembaga di lingkungan TNI baik Laut, Darat dan Udara. Dengan mengkhususkan diri sebagai penyedia alat uji, yang terus berbenah dan memperbaiki diri dengan dukungan manajemen professional yang berpengalaman di bidangnya yang selalu optimis akan mampu bersaing di tengah persaingan antar usaha sejenis baik domestik maupun mancanegara, ” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Direktur utama PT. Yaksa Ragam Dalpati, Robi Lubis mengutarakan bahwa PT. Yaksa Ragam Dalpati akan tetap berkomitmen untuk selalu terbuka dalam bermitra dan bekerja sama dengan pelbagai stakeholder baik dalam maupun luar negeri, tentunya dengan mengedepankan azas manfaat keduabelah pihak khususnya dalam hal sharing technologi dan ilmu pengetahuan untuk pengembangan yang berkelanjutan. (Dispenad)
.

Continue Reading

TNI / Polri

Tingkatkan Iman dan Takwa, Lantamal I Laksanakan Kauseri Agama

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Dalam rangka meningkatkan iman dan takwa, Pangkalan Utama TNI AL I (Lantamal I) melaksanakan Kauseri agama, bertempat di Mako Lantamal l, Jalan Serma Hanafiah No. 01. Belawan, Sumatera Utara, Rabu (29/5/2024).

 

Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin di Lantamal I, bagi yang beragama Islam dilaksanakan di Masjid Al-Abrar Mako Lantamal l, dengan penceramah AL Ustadz Taufiq Walhidayah, S.Aq., sedangkan bagi yang beragama Kristen dilaksanakan di Gedung Kauseri Mako Lantamal l, yang disampaikan oleh Kapten (Mar) Lontung Rumapea.

 

Adapun maksud dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah sebagai pembinaan mental untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta  keselarasan dan keseimbangan antara kehidupan kedinasan sebagai prajurit maupun kehidupan beragama. Hal ini sangat penting agar dalam setiap pelaksanaan tugas prajurit maupun PNS Lantamal I selalu senantiasa dilandasi dengan kekuatan iman dan moril yang tinggi.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, prajurit dan PNS Lantamal I, serta prajurit Yonmarhanlan I.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI / Polri

Danlantamal I Hadiri Rakor Renaku- I UO TNI AL Tahun 2024

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., menghadiri Rapat Koordinasi Perencanaan dan Keuangan (Rakor Renaku)- I UO TNI AL Tahun 2024, yang dipimpin oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M. Tr.Opsla., bertempat di Balai Samudera, Jakarta Utara, Rabu (29/5/2024).

 

Dalam sambutannya, Kasal menyampaikan bahwa Forum Renaku-I ini harus benar-benar dimaksimalkan sebagai media sinkronisasi bagi seluruh jajaran TNI Angkatan Laut untuk merencanakan program kerja beserta dukungan anggaran yang akan dilaksanakan pada tahun 2025 secara sinergis dan tepat sasaran, merupakan tahun pertama dari renstra 2025-2029, dan renstra permulaan dari tahapan pembangunan jangka panjang nasional 2025-2045. Saat ini TNI AL juga dihadapkan pada tantangan lain yaitu penyusunan postur kekuatan TNI AL 2025-2044 yang sejalan dengan rencana pembangunan jangka panjang nasional 2025-2045.

 

Kegiatan tersebut diikuti juga oleh Asrena Danlantamal I Kolonel Laut (S) Nanda Cahyono Pribadi, Aslog Danlantamal I Kolonel Laut (T) Dicky Krisnanto, S.E., Kadisfaslan Lantamal I, Paban Renproga Srena, Pjs. Kadisharkan, serta Pjs. Kafasharkan, di Ruang Puskodal Mako Lantamal I melalui Vicon.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI / Polri

Danlanal Dumai Hadiri Rakorwil Finalisasi Persiapan Kunker Presiden RI di Provinsi Riau

Published

on

By

TNI AL, Dumai,- Dalam Rangka finalisasi persiapan kunjungan kerja Presiden RI di Provinsi Riau, Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Boy Yopi Hamel menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Wilayah Pengamanan yang dilaksanakan di Gedung Daerah, Balai Serindit, Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Sukamulya, Kecamatan Sail, Pekanbaru, Provinsi Riau, Rabu (29/05/2024).

 

Kegiatan Rakorwil tersebut diawali penyampaian oleh Pj. Gubernur Riau Ir.  S.F Hariyanto, M.T., dilanjutkan dengan penyampaian dari Protokol Istana Syaiful terkait 2 alternatif rencana kegiatan kunjungan kerja Presiden RI ke Provinsi Riau, kemudian diteruskan penyampaian kesiapan kunjungan dari semua tim baik dari Pemerintah, BPIP, PHR, TNI dan Polri.

 

Turut hadir pada kegiatan Rakorwil tersebut, Pangdam I/BB Mayjen TNI Mochammad Hasan Hasibuan, Kapolda Riau Irjen Pol H. Mohammad Iqbal, S.I.K., M.H., Kejati Riau Akmal Abbas, S.H., M.H.,  Danrem 031/WB Brigjen TNI Dany Rakca, S.A.P., M.Han., Danlanud RSN Pekanbaru Marsma TNI Feri Yunaldi, S.E., M.Han., Kabinda Provinsi Riau Brigjen TNI R.Wibisono Hendroyoso, Setmilpres Kolonel Abdul Wirawan, Paspampres Letkol Inf Paruhum, BPIP Dr. Mahnan Marbawi, M.A., Direktur Utama PT. Pertamina Hulu Rokan dan seluruh stakeholder yang berperan dalam persiapan Kunjungan Kerja Presiden RI ke Provinsi Riau.

 

(Pen Lanal Dumai)

Continue Reading

Trending