Connect with us

TNI / Polri

Kasad Pimpin Upacara Pemakaman Militer Alm. Brigjen TNI Stepanus Mahury

Published

on

BANDUNG, – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E, M.M bertindak selaku Inspektur Upacara pada Pemakaman Militer Almarhum Brigjen TNI Stepanus Mahury, Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVI/Pattimura, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, Bandung, Jawa Barat, Senin (16/5/2022).

Almarhum Brigjen TNI Stepanus Mahury meninggal dunia pada Sabtu Sore (14/5/2022) pukul 17.47 WIT, di Rumah Sakit Siloam, Ambon dikarenakan sakit. Almarhum meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak.

Pria kelahiran Ambon, Maluku 17 Mei 1965 ini merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1988 dan sebelum menjabat Kasdam XVI/Pattimura pernah menjabat sebagai Asisten Potensi Wilayah (Aspotwil) Kaskogabwilhan III.

Sebelum dimakamkan di TMP Cikutra, Bandung, Kasad juga bertindak sebagai Inspektur Upacara pada penyambutan jenazah almarhum di Bandara Soekarno – Hatta yang tiba dari Ambon, Maluku dan persemayaman almarhum di Aula Ahmad Yani Pusat Kesenjataan Infanteri (Pussenif), Bandung.

Dalam sambutannya Kasad menyampaikan bahwa TNI Angkatan Darat sangat berduka dan kehilangan salah satu Perwira terbaiknya.

“Dengan kepergian Almarhum berarti kita semua kehilangan salah seorang putra terbaik bangsa, yang selalu memegang teguh prinsip-prinsip perjuangan dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan negara.
Almarhum selama hidup telah bertugas dengan baik, sebagai seorang prajurit TNI Angkatan Darat, sehingga begitu besar pengabdiannya kepada negara dan bangsa,” imbuh Kasad.

Usai memimpin Upacara Pemakaman Militer, Kasad menyerahkan Bendera Merah Putih kepada Istri Almarhum.

Upacara Pemakaman Militer Almarhum Brigjen TNI Stepanus Mahury juga dihadiri oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arif Wibowo, S.I.P, para Pejabat Kodam XVI/Pattimura, pihak keluarga dan Pejabat Utama Markas Besar Angkatan Darat.(Dispenad).

Continue Reading

TNI / Polri

Pesan Kasad : Jangan Ragu-Ragu untuk Berbuat Bagi Anggota, Satuan, Masyarakat serta Bangsa dan Negara

Published

on

By

JAKARTA, – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., berpesan kepada para Komandan Satuan agar jangan ragu-ragu untuk berbuat bagi anggota, satuan, masyarakat serta bangsa dan negara. Hal tersebut dikatakan Kasad saat menutup secara resmi acara Apel Komandan Satuan (AKS) TNI AD di Ruang Lily Rochly Akademi Militer, Magelang. Jumat, (24/6/2022).

Mengawali pengarahannya pada acara penutupan tersebut, Kasad menceritakan pengalaman, kegiatan dan gaya kepemimpinan yang telah dilakukannya dalam memberikan dampak positif bagi satuan, anak buah dan masyarakat.

Kasad berharap pembekalan dan pengarahan yang telah didapat oleh peserta AKS selama dua hari (23-24 Juni 2022) pelaksanaannya dapat memberikan bekal kepada para Dansat dalam pelaksanaan tugas pokok.

“Ilmu pengetahuan, pengalaman dan informasi terkini yang diberikan oleh para narasumber termasuk pengarahan dari saya selaku Kasad, menjadi bekal bagi para Komandan Satuan dalam melaksanakan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara,” ucap Kasad.

Lebih lanjut Kasad menekankan kepada para Komandan Satuan untuk tidak takut dan ragu-ragu untuk meningkatkan kesejahteraan prajuritnya dan meningkatkan kualitas satuannya.

“Jadikan TNI AD ini sebagai ladang pengabdian terbaik kalian. Jangan ragu-ragu untuk berbuat bagi anggota, satuan, masyarakat serta bangsa dan negara,” ujar Kasad.

“Jangan banyak berpikir, lakukan karena mereka hanya berharap dari keputusan yang signifikan dari kita,” lanjutnya.

Lebih lanjut Kasad berkeinginan setelah mengikuti apel ini, para Komandan Satuan segera melakukan dan berlomba-lomba mengembangkan kegiatan serta inovasi yang istimewa seperti ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan-lahan tidur, memberdayakan Kampung Pancasila, dan lain-lain.

Di akhir pengarahannya, Kasad menyampaikan ucapan terima kasih Pusterad, Pussenif dan Akmil sehingga penyelenggara kegiatan AKS TNI AD tahun 2022 ini berjalan dengan lancar, tertib dan aman.

“Hati-hati dalam perjalanan kembali ke kesatuan masing-masing, utamakan keselamatan dan keamanan serta sampaikan salam saya kepada anggota dan keluarga kalian,” pungkas Kasad. (Dispenad)

Continue Reading

TNI / Polri

HUT ke-76 Bhayangkara, Polda Metro Jaya Gelar Lomba Polisi Cilik

Published

on

By

Jakarta – Dirlantas Polda Metro Jaya menggelar kegiatan lomba polisi cilik, dalam rangka memperingati HUT ke-76 Bhayangkara, di Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu (25/6/2022).

Jumlah peserta yang mengikuti perlombaan tersebut yaitu 13 orang.

Seluruh peserta tersebut berasal dari polres yang ada di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

“Pada hari ini, kami melaksanakan lomba dalam rangka memperingati Hari ke-76 Bhayangkara, menghidupkan kembali polisi cilik yg sempat vakum selama covid,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Brigjen Pol Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangannya, Mingggu (26/6/2022).

Menurut Sambodo, ada tujuan khusus dari penyelenggaraan kegiatan lomba polisi cilik tersebut.

“Ini juga upaya kami membina generasi muda untuk berbudaya berdisiplin lalu lintas,” ujarnya.

Selain itu, dengan adanya perlombaan tersebut, polisi berharap hubungan dengan masyarakat makin terjaga ke depannya.

“Tentu saja mempererat kepolisian Negara Republik Indonesia yang sebentar lagi akan berulang tahun dengan masyarakat,” jelas Sambodo.

Wakil Kepala Polisi Daerah Metro Jaya (Wakapolda) Brigjen Pol Hendro Pandowo menambahkan tujuan penyelenggaraan kegiatan tersebut ialah untuk membentuk karakter generasi muda.

“Acara ini sendiri bisa membentuk karakter generasi muda agar menaati peraturan lalu lintas dan bisa mewujudkan cita-citanya menjadi polisi,” imbuhnya.

Dengan adanya penyelenggaraan kegiatan tersebut, polisi cilik diharapkan dapat menghidupkan kembali acara yang sempat tertunda selama dua tahun ini lantaran adanya pandemi covid-19.

Sekaligus sebagai bekal pengetahuan tentang pentingnya disiplin berlalu lintas di jalan raya.

Continue Reading

TNI / Polri

Hymne TNI AD Pertama Kali Berkumandang di Puncak Tidar

Published

on

By

JAKARTA, – Hymne TNI Angkatan Darat berkumandang saat dinyanyikan oleh ratusan peserta Apel Komandan Satuan (AKS) TA. 2022 pada kegiatan Tradisi Puncak Tidar di Akademi Militer, Magelang. Jumat, (24/6/2022).

Kegiatan Tradisi Puncak Tidar ini menjadi momen kegiatan TNI AD pertama dinyanyikannya Hymne TNI Angkatan Darat yang merupakan ciptaan Lettu Caj Dicky tersebut.

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., dalam sambutannya mengatakan bahwa Tradisi Puncak Tidar mengandung muatan nilai sejarah Indonesia yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari Akademi Militer. Makna tersebut diwariskan dan bermula dari peristiwa heroik yang dilakukan secara spontan oleh masyarakat sekitar Gunung Tidar pada tanggal 25 September 1945 yang kemudian dikenal dengan sebutan Insiden Puncak Tidar.

“Selamat datang kepada seluruh Perwira peserta Apel Komandan Satuan di Puncak Tidar. Ditempat inilah kita dulu pernah ditempa, sehingga menjadi Perwira yang tanggap, tanggon dan trengginas dalam menyongsong tugas-tugas mulia bagi bangsa dan negara,” kata Kasad.

Kasad berharap dengan Tradisi Puncak Tidar ini, dapat menyegarkan kembali nilai-nilai tradisi, moral dan kepribadian sebagai prajurit Sapta Marga dalam sikap dan perbuatannya, serta sebagai momen yang berkesan kepada seluruh Perwira dan Komandan Satuan guna mengoptimalkan pembinaan satuan melalui peningkatan kepedulian, kepekaan, integritas dan profesionalisme serta kesejahteraan prajurit dalam rangka mendukung keberhasilan tugas pokok TNI AD.

“Saya berharap para Komandan Satuan untuk terus memperkuat komitmennya dalam menerapkan pembinaan satuan demi memantapkan dan meningkatkan kualitas satuan agar mampu menjawab tuntutan serta mewujudkan keberhasilan satuan dalam melaksanakan tugas pokok,” tutup Kasad.

Dalam kegiatan ini juga para peserta Apel Komandan Satuan mengucapkan Ikrar Tradisi Puncak Tidar yang dibacakan oleh Komandan Brigade Infanteri (Danbrigif) 22/Ota Manasa Kolonel Inf Made Sandy Agusto, dan yang menjadi Komandan Acara pada kegiatan ini adalah Komandan Korem (Danrem) 151/Binaiya Brigjen TNI Maulana Ridwan, S.H., M.H. (Dispenad).

Continue Reading

Trending