Connect with us

nasional

Dewi Aryani Suzana : Gelar JR Show Safety Riding, Untuk Cegah Kecelakaan Lalu Lintas

Published

on

JAKARTA – Salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia dan bahkan di dunia adalah kecelakaan lalu lintas. Bayangkan, dalam setiap jam lebih dari dua orang meninggal karena menjadi korban kecelakaan lalu lintas (sumber http://bin.go.id2013 ).

Lalu menurut data Jasa Raharja, di tahun 2021, ada 25.000 korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas di tanah air.

Dewi Aryani Suzana Direktur Operasional PT Jasa Raharja dalam keterangan persnya mengatakan, “Dari data Dasi Jasa Raharja berdasarkan jenis kejadian dan kendaraan terbanyak yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas nasional di tahun 2021, untuk kendaraan sepeda motor sebanyak 75,93%, truk 12,46 % , mobil pribadi 9,19% , bus 1,0 % , sisanya dibawah 1% adalah mobil umum, kapal , kereta api dan lain-lain.

Jasa Raharja, BUMN yang mendapat amanah dari Pemerintah untuk mengelola dan melaksanakan program perlindungan dasar terhadap masyarakat pengguna alat transportasi umum baik di darat, laut, dan udara serta lalu lintas jalan melakukan berbagai Kegiatan Kampanye Pencegahan Kecelakaan Lalu Lintas.

Kegiatan Kampanye Pencegahan Kecelakaan Lalu Lintas Nasional itu antara lain dengan mengadakan Edukasi, Sosialisasi dan Pelatihan Safety Riding bekerja sama dengan berbagai instansi pemerintah dan masyarakat, seperti Pelatihan Safety Riding Bersama Korlantas Polri dan Account Officer PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

Salah satu upaya untuk mengedukasi dan mensosialisasikan Program Safety Riding ini maka Jasa Raharja menggelar Program Talkshow JR Show Safety Riding di kanal YouTube yang akan ditayangkan pada hari Kamis, 30 Juni 2022, jam 19.00 s/d 20.00 WIB .

Program Talkshow Jr Show Safety Riding ini akan mengupas upaya PT Jasa Raharja dalam mengedukasi masyarakat tentang keselamatan dan keamanan berkendara di jalan raya.

Selain itu, Talkshow Jr Show Safety Riding ini membahas keberhasilan pelaksanaan Program Mudik Sehat Mudik Aman Bersama BUMN 2022 yang berlangsung dari tanggal 28 April sampai 9 Mei 2022 yang terbukti efektif di mana arus mudik dan balik tahun ini berjalan lancar dan aman.

Ada dua pejabat penting PT Jasa Raharja yang akan hadir sebagai narasumber di acara ini yaitu Dewi Aryani Suzana selaku Direktur Operasional PT Jasa Raharja dan Amos Sampetoding selaku Direktur Manajemen Risiko dan Teknologi Informasi PT Jasa Raharja.

Indra Jegel, juara Stand Up Comedy Indonesia Season 6 (SUCI 6) Kompas TV dan aktor yang sedang booming sejak membintangi Film Ngeri-ngeri Sedap, akan memandu acara JR Show Safety Riding kali ini dan ditemani Fany Gasani, bintang sinetron Cinta Fitri juga Host JR Show sebelumnya.

Sebagai bintang tamunya adalah hijabers cantik, Putri Tania, yang dikenal sebagai Lady Bikers, penggemar Riding Motor, E-Boarding, serta aktif sebagai influencer di platform YouTube.

Dalam JR Show Safety Riding ini, Jasa Raharja akan memberikan hadiah menarik untuk penonton yang memberikan komenar terbaik berupa smartphone dan top up e-wallet.

Continue Reading

nasional

Setetes Darah Untuk Kemanusiaan, Rutan Cipinang Semarakkan HBP Ke-60 Dengan Donor Darah

Published

on

By

Jakarta – Dalam rangka memeriahkan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 tahun 2024 dengan tema “Pemasyarakatan Pasti Berdampak”, jajaran Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta turut berkontribusi dengan mengadakan aksi donor darah di Aula Rutan Cipinang, Rabu (17/4).

 

Kegiatan Donor Darah ini dilaksanakan berkat kerjasama Rutan Cipinang dengan Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kota Tanggrang dan dibuka langsung oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali.

 

Dalam kesempatan ini, Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali yang turut mendonorkan darahnya mengatakan bahwa kegiatan donor darah ini ada banyak manfaat yang kita dapat, selain mendonorkan darah untuk menolong sesama, juga membuat tubuh kita menjadi lebih sehat karena regenerasi sel darah dalam tubuh kita serta meningkatkan produksi sel darah merah yang sangat baik untuk kesehatan.

 

Lebih lanjut, Kepala Rutan Kelas I Cipinang Sukarno Ali menyampaikan apresiasi atas partisipasi semua jajaran dalam kegiatan donor darah ini. Ia menekankan pentingnya kolaborasi antara institusi pemerintah dan masyarakat dalam membangun kesadaran akan pentingnya donor darah untuk membantu sesama yang membutuhkan.

 

“Donor darah yang hari ini kita langsungkan merupakan wujud sikap peduli dan bentuk kontribusi dalam memberi manfaat kepada sesama, satu tetes darah kita sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan,” ucapnya

 

Untuk diketahui, kegiatan donor darah ini diikuti oleh 51 Orang yang mendonorkan darahnya, terdiri dari 42 Orang Pegawai Rutan Kelas I Cipinang dan 7 Petugas dari Rutan Salemba serta 2 orang Keluarga dari Petugas Lapas Cipinang.

Continue Reading

nasional

Pasca Cuti Lebaran, Rutan Cipinang Ikuti Zoom Apel Pagi Pegawai dan Halal Bihalal Idul Fitri 1445 H / 2024 M

Published

on

By

Jakarta – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang mengikuti Apel Pegawai dan Halal Bihalal Idul Fitri 1445 H di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM setelah pelaksanaan cuti lebaran 2024, Selasa (16/4).

 

Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual ini diikuti oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang beserta seluruh Jajaran Rutan Cipinang. Pelaksanaan apel dipimpin oleh Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly yang dalam kesempatan tersebut diwakili oleh Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Mien Ushien, dan turut dihadiri oleh Pimpinan Tinggi Pratama Kemenkumham RI.

 

Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual, Ibu Min Usihen membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI pasca libur Idul Fitri 1445 Hijriah dan Halal Bihalal pegawai dengan mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah Mohon Maaf Lahir dan Batin, semoga peringatan Idul Fitri ini menjadi awal perjalanan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi bagi seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM.

 

Lebih lanjut, dalam sambutan tersebut Menkumham menyampaikan bahwa melalui momentum Idul Fitri ini dapat kita maknai untuk evaluasi dan instrospeksi atas pencapaian dan mengambil langkah-langkah percepatan pelaksanaan program serta kegiatan pada triwulan kedua tahun 2024 ini.

 

Dikesempatan yang sama, Kepala Rutan Kelas I Cipinang Sukarno Ali mengucapkan Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir Dan Batin untuk seluruh jajaran Rutan Cipinang. “Mari kita saling maaf memaafkan dan momen Idul Fitri ini dapat memberikan semangat agar kita dapat kembali bekerja dan mencapai kinerja yang lebih baik lagi serta dapat bekerja semakin PASTI dan BerAKHLAK,” ucapnya

 

Kegiatan dilanjutkan dengan Halal Bihalal dengan saling bersalaman dan saling memaafkan antar pegawai. Hal ini diharapkan dapat memperkuat rasa persaudaraan dan kekeluargaan di lingkungan Rutan Kelas I Cipinang.

Continue Reading

nasional

Pasokan serta Distribusi BBM dan LPG di NTB Aman

Published

on

By

Pasokan dan distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) serta Liquefied Petroleum Gas (LPG) selama arus balik libur Hari Raya Idulfitri 1445H/2024 (RAFi) di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dipastikan berjalan lancar dan aman. Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Saleh Abdurrahman melakukan pemantauan langsung ke lapangan, yaitu Pelabuhan Penyeberangan Lembar, sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), serta Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) di NTB, Minggu dan Senin (14-15/4/2024).

 

“Berdasarkan pemantauan BPH Migas ke sejumlah lokasi, yaitu Pelabuhan Penyeberangan Lembar, beberapa SPBU dan SPBE, pasokan dan distribusi BBM, serta gas dipastikan terjaga. Stok BBM cukup, baik itu di SPBU wilayah timur maupun barat,” ungkap Saleh saat melakukan pemantauan SPBE di Kecamatan Lombok Barat, Senin (15/4/2024).

 

Saleh juga memaparkan, dalam kunjungan ke Pelabuhan Penyeberangan Lembar tanggal 14 April 2024, diketahui pasokan BBM untuk kapal-kapal penyeberangan tidak mengalami kendala. Meski jumlah penumpang selama libur RAFI 2024 meningkat 100% yaitu dari sekitar 2.000 orang per hari menjadi sekitar 4.000 orang per hari, namun jumlah tersebut masih di bawah kapasitas kapal yang tersedia sehingga tidak membutuhkan tambahan pasokan BBM. Puncak arus balik di Pelabuhan Lembar terjadi pada tanggal 13 hingga 14 April 2024.

 

“Dari aspek BBM, kita lihat kuota yang diberikan kepada PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan Indonesia  (ASDP) cukup untuk mengoperasikan sekitar 20 kapal yang melayani jalur  Pelabuhan Lembar ke Pelabuhan Padangbai di Bali. Pelaksanaan penyediaan penyeluruhan BBM di Pelabuhan Lembar berjalan baik aman dan lancar,” imbuhnya.

 

Kesiapan stok BBM selama RAFI juga terlihat dari monitoring yang dilakukan di sejumlah SPBU di  Provinsi NTB. “Stok BBM cukup. Pertamina sudah menyiapkan langkah-langkah untuk  memudahkan masyarakat memperoleh BBM, termasuk Pertamina Delivery Service (PDS), mobil tangki cadangan, serta SPBU yang siaga 24 jam,” kata Saleh.

 

BPH Migas mengapresiasi PT Pertamina Patra Niaga yang telah melakukan pelbagai upaya untuk mendukung ketersediaan dan distribusi BBM, dan aman terjaga.  “Secara umum,  kita lihat Pertamina sudah sangat siap mengamankan pasokan BBM dan LPG selama RAFI. Tidak ada masalah berarti yang kita temukan di lapangan,” katanya.

 

Meski demikian, BPH Migas meminta agar Pertamina tidak lekas berpuas diri dan terus meningkatkan kelancaran penyaluran BBM sesuai kebutuhan masyarakat.

 

Selain SPBU di Lombok Timur, Barat dan Utara, pada Senin (15/4/2024) Komite BPH Migas juga mengunjungi SPBE di Kecamatan Kahuripan, Kabupaten Lombok Barat. Pasokan LPG untuk wilayah ini juga tersedia.

 

“Stok LPG di wilayah Lombok cukup. Di lapangan, kami juga menyaksikan proses pengisian gas ke tabung LPG 3 kg dan semuanya berjalan lancar. Tidak ada kenaikan permintaan yang signifikan. Pada arus balik ini permintaan sudah berjalan normal kembali. Distribusi LPG dari SPBE ke agen dan pangkalan, hingga konsumen berjalan baik,” pungkas Saleh seraya menambahkan, jumlah SPBE di NTB berjumlah sekitar 13 unit.

 

Berdasarkan data PT Pertamina Patra Niaga, untuk Provinsi NTB, kenaikan permintaan gasoline (Pertalite) meningkat sekitar 10%, sementara gas oil  (Solar) turun 9%, sejalan dengan pelarangan beroperasinya truk-truk angkutan barang selama RAFI 2024. Untuk  LPG  Public Service Obligation/PSO ( LPG tabung 3 kg), kebutuhannya meningkat 6,1% dan LPG Non PSO turun 5,1%.

 

General Manager PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan Indonesia Ferry (ASDP) Lembar Agus Djoko Triyanto, mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemerintah, termasuk BPH Migas, terkait ketersediaan pasokan BBM sehingga kegiatan penyeberangan dapat berjalan lancar selama RAFI 2024.

 

“Sejauh ini kami tidak mengalami kendala terkait distribusi BBM untuk kapal-kapal penyeberangan. Jumlah kuotanya sesuai dengan yang telah ditetapkan BPH Migas,” ujar Agus.

 

Turut hadir dalam kegiatan pemantauan ini, Kepala Dinas ESDM Provinsi NTB Sahdan, serta Sales Area Manager (SAM) Retail PT Pertamina Patra Niaga NTB Agung Kaharesa Wijaya.

Continue Reading

Trending