Connect with us

nasional

Lauching dan Pemecahan Rekor Muri SKJ Pelajar Serentak di Provinsi dan Kabupaten kota Se indonesia

Published

on

Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali launching Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) untuk pelajar, di Plaza Utara GBK Senayan Jakarta Pusat, Sabtu (27/8/2022)

SKJ ini diharapkan bisa digunakan pelajar yang memiliki peran penting mengajak masyarakat Indonesia hidup bugar dan sehat.

Launching Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) Pelajar. Kenapa untuk pelajar, karena ia merupakan bagian penting masyarakat harus bisa ambil peran, karena kebugaran masyarakat secara keseluruhan ditentukan pula oleh kebugaran pelajar-nya,” kata Menpora Amali.

Selain itu pemasalan SKJ merupakan dukungan sekaligus implementasi Perpres No 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), dimana olahraga pendidikan (ordik) menjadi salah satu pilar untuk mencapai Indonesia bugar, berkarakter unggul, dan berprestasi dunia.

“Masyarakat yang bugar merupakan hulu dari apa yang di DBON, karena dengan masyarakat yang bugar akan lahir talenta-talenta yang berprestasi (hilirnya),” ucapnya.

Menpora Amali menyadari bahwa ruang gerak jangkauan Kemenpora sangatlah terbatas, oleh karenanya berkolaborasi dengan Kemendikbud Ristek menjadi sebuah hal utama yang diperlukan.

” Kemenpora kolaborasi dengan Kemendikbud Ristek yang punya tangan-tangan jangkauan hingga pelosok daerah perlu dilakukan. Saya beberapa kali bertemu dengan Mas Menteri Nadiem menyampaikan pemasalan SKJ ini dan beliau menyanggupi, dan semoga ini bisa kembali lagi seperti SKJ dulu dilaksanakan oleh para pelajar dari SD, SMP, dan SMA,” tambahnya.

Launching dengan penekanan tombol sirene dan dilanjutkan senam bersama guna pemecahan Rekor MURI SKJ Pelajar Peserta Terbanyak. Turut hadiri launching Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Chandra Bhakti, Stafsus Bidang Pengembangan dan Prestasi Olahraga Mahfudin Nigara, Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Kemendikbud Ristek Aswin Wihdiyanto, Ketum IGORNAS Dikdik Setia Munardi dan beberapa pejabat Kemenpora lainya.

“Terima kasih kepada IGORNAS. Belum lama saya kukuhkan dimana saya sebagai Pembina, dalam waktu singkat sudah bergerak memberikan pelatihan (ToT) dan sosialisasi hingga sebagian besar pelajar di Indonesia mengenal SKJ kembali, semoga target untuk seluruh pelajar Indonesia dapat segera tercapai,” pungkasnya.

Continue Reading

nasional

Sambut HBP Ke-60, Rutan Cipinang Gelar Penyuluhan Kesehatan Bagi Warga Binaan

Published

on

By

Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60 Tahun 2024, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang menggelar kegiatan penyuluhan kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan fokus pada pencegahan Demam berdarah dengue (DBD)  kepada warga binaan, Rabu (17/4).

 

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali yang di wakili oleh Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Alif Akbar Yusuf dan di hadiri oleh Tim dari Puskesmas Kelurahan Cipinang Besar Utara yaitu dr. florentina reddy dan lusi nurrokhmawati sekaligus sebagai narasumber.

 

Dalam sambutannya, Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Alif Akbar Yusuf mengatakan bahwa kegiatan penyuluhan ini dimaksudkan guna memelihara kesehatan warga binaan dan peningkatan kualitas kehidupan nya selama menjalanin masa pembinaan di Rutan Cipinang.

 

“Penyuluhan PHBS ini sangat penting untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan kebersihan. Saya berharap melalui kegiatan ini, para warga binaan dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan sehat di dalam maupun di luar lingkungan pemasyarakatan,” ucapnya.

Penyuluhan kesehatan ini diisi oleh Petugas Penyuluh Kesehatan Puskesmas Kelurahan Cipinang Besar Utara dr. florentina reddy dan lusi nurrokhmawati. Dalam materinya, Ia menjelaskan tentang pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan untuk mencegah DBD. Mereka juga menjelaskan tentang gejala DBD, cara penularannya dan bagaimana cara pencegahannya.

 

Kegiatan penyuluhan kesehatan ini disambut dengan antusias oleh 50 orang perwakilan warga binaan yang mengikuti kegiatan penyuluhan tersebut. Peserta di ambil dari berbagai blok seperti blok hunian rehabilitasi medis, blok lansia, blok santri, disabilitas, pramuka dan para tahanan pendamping dengan harapan mereka dapat berbagi ilmu kepada warga binaan yang lain.

 

Ditempat yang berbeda, Kepala Rutan Kelas I Cipinang menyampaikan bahwa kegiatan penyuluhan kesehatan ini merupakan salah satu upaya Rutan Cipinang untuk meningkatkan kesehatan para warga binaan. “Saya berharap dengan mengikuti kegiatan ini, para warga binaan dapat memahami pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta dapat terhindar dari penyakit DBD,” tandasnya.

Continue Reading

nasional

Setetes Darah Untuk Kemanusiaan, Rutan Cipinang Semarakkan HBP Ke-60 Dengan Donor Darah

Published

on

By

Jakarta – Dalam rangka memeriahkan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 tahun 2024 dengan tema “Pemasyarakatan Pasti Berdampak”, jajaran Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta turut berkontribusi dengan mengadakan aksi donor darah di Aula Rutan Cipinang, Rabu (17/4).

 

Kegiatan Donor Darah ini dilaksanakan berkat kerjasama Rutan Cipinang dengan Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kota Tanggrang dan dibuka langsung oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali.

 

Dalam kesempatan ini, Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali yang turut mendonorkan darahnya mengatakan bahwa kegiatan donor darah ini ada banyak manfaat yang kita dapat, selain mendonorkan darah untuk menolong sesama, juga membuat tubuh kita menjadi lebih sehat karena regenerasi sel darah dalam tubuh kita serta meningkatkan produksi sel darah merah yang sangat baik untuk kesehatan.

 

Lebih lanjut, Kepala Rutan Kelas I Cipinang Sukarno Ali menyampaikan apresiasi atas partisipasi semua jajaran dalam kegiatan donor darah ini. Ia menekankan pentingnya kolaborasi antara institusi pemerintah dan masyarakat dalam membangun kesadaran akan pentingnya donor darah untuk membantu sesama yang membutuhkan.

 

“Donor darah yang hari ini kita langsungkan merupakan wujud sikap peduli dan bentuk kontribusi dalam memberi manfaat kepada sesama, satu tetes darah kita sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan,” ucapnya

 

Untuk diketahui, kegiatan donor darah ini diikuti oleh 51 Orang yang mendonorkan darahnya, terdiri dari 42 Orang Pegawai Rutan Kelas I Cipinang dan 7 Petugas dari Rutan Salemba serta 2 orang Keluarga dari Petugas Lapas Cipinang.

Continue Reading

nasional

Pasca Cuti Lebaran, Rutan Cipinang Ikuti Zoom Apel Pagi Pegawai dan Halal Bihalal Idul Fitri 1445 H / 2024 M

Published

on

By

Jakarta – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang mengikuti Apel Pegawai dan Halal Bihalal Idul Fitri 1445 H di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM setelah pelaksanaan cuti lebaran 2024, Selasa (16/4).

 

Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual ini diikuti oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang beserta seluruh Jajaran Rutan Cipinang. Pelaksanaan apel dipimpin oleh Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly yang dalam kesempatan tersebut diwakili oleh Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Mien Ushien, dan turut dihadiri oleh Pimpinan Tinggi Pratama Kemenkumham RI.

 

Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual, Ibu Min Usihen membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI pasca libur Idul Fitri 1445 Hijriah dan Halal Bihalal pegawai dengan mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah Mohon Maaf Lahir dan Batin, semoga peringatan Idul Fitri ini menjadi awal perjalanan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi bagi seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM.

 

Lebih lanjut, dalam sambutan tersebut Menkumham menyampaikan bahwa melalui momentum Idul Fitri ini dapat kita maknai untuk evaluasi dan instrospeksi atas pencapaian dan mengambil langkah-langkah percepatan pelaksanaan program serta kegiatan pada triwulan kedua tahun 2024 ini.

 

Dikesempatan yang sama, Kepala Rutan Kelas I Cipinang Sukarno Ali mengucapkan Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir Dan Batin untuk seluruh jajaran Rutan Cipinang. “Mari kita saling maaf memaafkan dan momen Idul Fitri ini dapat memberikan semangat agar kita dapat kembali bekerja dan mencapai kinerja yang lebih baik lagi serta dapat bekerja semakin PASTI dan BerAKHLAK,” ucapnya

 

Kegiatan dilanjutkan dengan Halal Bihalal dengan saling bersalaman dan saling memaafkan antar pegawai. Hal ini diharapkan dapat memperkuat rasa persaudaraan dan kekeluargaan di lingkungan Rutan Kelas I Cipinang.

Continue Reading

Trending