Connect with us

TNI / Polri

14 Pelanggaran Lalu-Lintas yang Ditindak dalam Operasi Zebra 2022

Published

on

JAKARTA, – Polda Metro Jaya mulai melakukan Operasi Zebra Jaya 2022, untuk menertibkan pelanggar lalu lintas, Senin (3/10/2022).

Operasi Zebra akan dilakukan selama dua pekan hingga 16 Oktober 2022 itu akan menyasar 14 pelanggaran lalu lintas.

“Iya, itu akan dimulai dari tanggal 3 Oktober 2022. Selama 14 hari,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman saat dikonfirmasi, Sabtu (1/10/2022).

Berikut pelanggaran yang menjadi sasaran utama petugas selama Operasi Zebra Jaya 2022:

Melawan arus lalu lintas. Para pelanggar dapat dikenakan sanksi denda maksimal Rp 500.000. Penindakan itu diatur dalam Pasal 287 Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Berkendara di bawah pengaruh alkohol. Pelanggar dapat dikenakan sanksi denda maksimal Rp 750.000 sesuai dengan Pasal 293 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ.

Menggunakan ponsel saat mengemudi. Tindakan tersebut termasuk pelanggaran Pasal 283 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ. Pelanggar dapat dikenakan sanksi denda maksimal Rp 750.000.

Tidak menggunakan helm SNI. Pelanggar dapat dikenakan sanksi denda maksimal Rp 250.000 sesuai ketentuan dalam Pasal 291 UU Nomor 22 Tahun 2008 tentang LLAJ.

Tidak menggunakan sabuk pengaman saat berkendara. Pengendara dapat ditindak dengan sanksi denda maksimal Rp 250.000 sebagaimana diatur dalam Pasal 289 UU Nomor 22 Tahun 2009.

Berkendara melebihi batas kecepatan. Aturan mengenai batas kecepatan diatur dalam Pasal 287 Ayat 5 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ. Pelanggar dapat dikenakan sanksi denda maksimal Rp 500.000.

Pengendara di bawah umur atau tidak memiliki SIM. Pelanggar dapat dikenakan sanksi denda dengan besaran maksimal Rp 1 Juta, seperti diatur dalam Pasal 281 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ.

Berboncengan motor lebih dari satu orang. Dalam pasal 292 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, pengendara sepeda motor yang membonceng lebih dari satu orang dapat dikenakan sanksi denda maksimal Rp 250.000.

Kendaraan roda empat atau lebih yang tidak layak jalan. Dalam Pasal 286 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, pengendara yang mengendarai kendaraan tidak memenuhi persyaratan layak jalan dapat dikenakan sanksi denda maksimal Rp 500.000.

Sepeda motor dengan pelengkap dengan perlengkapan tidak standar. Pelanggar dapat dikenakan sanksi denda maksimal Rp 250.000 sesuai Pasal 285 ayat 1 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ.

Kendaraan yang tidak dilengkapi dengan STNK. Pelanggar dapat dikenakan sanksi denda maksimal Rp 500.000 sesuai Pasal 288 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ.

Pengendara yang melanggar marka atau bahu jalan. Dalam Pasal 287 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, pelanggar dapat dikenakan sanksi denda maksimal Rp 1 juta.
Kendaraan yang memasang sirine dan rotator tidak sesuai peruntukannya.

Pelanggar dapat dikenakan sanksi denda maksimal kurungan maksimal satu bulan dan atau denda Rp 250.000. Seperti diatur dalam Pasal 287 ayat 4 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ.

Penertiban kendaraan yang memakai pelat dinas atau rahasia.

Kedepankan tilang elektronik
Dalam pelaksanaannya, kata Latif, petugas tidak menindak para pelanggar dengan membangun posko razia untuk menghentikan dan memeriksa setiap kendaraan.

Polisi akan menindak pengendara yang melanggar saat mengatur arus lalu lintas kendaraan di jalan raya.

Di samping itu, kepolisian bakal mengedepankan tilang elektronik dengan kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) untuk menindak setiap pelanggar.

Menurut Latif, tilang manual hanya dilakukan di sejumlah ruas jalan yang belum terpasang kamera ETLE.

“Jadi tilang manual mungkin pada tempat-tempat tertentu itu harus tetap dilaksanakan. Tapi pelaksanaan penindakan itu khususnya, kami mengedepankan tilang elektronik,” ungkap Latif.

Continue Reading

TNI / Polri

JELANG SERTIJAB DANLANAL SIMEULUE LAKSANAKAN EXIT BRIEFING

Published

on

By

TNI AL, Komandan Pangkalan TNI AL Simeulue Lekol Laut (P) Dwi Herdian Saputra, M.Tr.Opsla., didampingi  Ibu Ketua Cabang 8 Korcab I DJA I Ny. Mirna Dwi Herdian Saputra melaksanakan Exit Briefing secara tatap muka dan Video Conference (Vicon) kepada seluruh personil Lanal Simeulue bertempat di Gedung Malahayati Mako Lanal Simeulue. Sabtu (13/04/2024).

 

Komandan Lanal Simeulue dalam sambutannya mengucapkan bahwa sangat bangga kepada seluruh prajurit Lanal Simeulue yang telah berdedikasi serta profesional dalam melaksanakan tugas dan dalam kesempatan itu, Komandan Lanal Simeulue mengucapkan terimakasih dan undur diri untuk melanjutkan tugas di penempatan yang baru.

 

Selama acara tersebut, Komandan Lanal Simeulue juga memberikan pesan dan arahan, diantaranya untuk para prajurit serta ASN di lingkungan TNI AL untuk selalu meningkatkan Iman dan Taqwa, memahami kembali makna prajurit yang selalu rendah hati serta tidak mudah terlena dan menekankan kepada seluruh prajurit untuk meningkatkan Profesionalisme dalam menjalankan tugas. Danlanal Simeulue juga menghimbau untuk selalu jalin Soliditas dan Sinergitas dengan Institusi lain.

 

Turut hadir dalam kegiatan, Ibu-ibu Jalasenastri Cabang 8 Korcab I DJA I, seluruh Perwira, Bintara, Tamtama serta ASN Lanal Simeulue.

Continue Reading

TNI / Polri

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman Siapkan Beberapa Strategi Hadapi Arus Balik Lebaran 2024

Published

on

By

Jakarta – Upaya mencegah terjadinya penumpukan dan kemacetan kendaraan yang akan menuju Jakarta dan sekitarnya saat arus balik lebaran, Ditlantas Polda Metro Jaya telah mempersiapkan beberapa langkah dan stratrgi.

 

“Kita sudah mempersiapkan juga untuk arus balik, karena kita telah meminta data saudara kita keluar dari Jabodetabek itu ada 1,035.000 juta sekian kendaraan yang keluar,” ucap Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman. Kamis (11/4/2024).

 

Kombes Pol Latif mengatakan persiapan pertama diharapkan pemudik yang akan menuju Jakarta dan sekitarnya bisa mengatur kepulangan dengan memanfaatkan empat hari masa arus balik yang telah disiapkan.

 

“Saya mengharapkan masyarakat yang kembali ke Jakarta mempersiapkan. Betul siap kondisi badannya dan siap betul-betul operasional di jalan. Jangan sampai kehabisan bensin, dan kendaraannya tidak siap. Ini kita betul-betul menghimbau dari sekarang,” Tuturnya.

 

Selanjutnya untuk menghindari terjadinya penumpukan di simpang susun Cikunir, yang akan menuju ke Jorr Selatan menuju Pondok Indah, lalu Jorr Utara ke Tanjung Priok, dan akses Halim Utama Tol Dalam Kota.

 

Pemudik bisa memanfaatkan tol fungsional, Tol Cimanggis -Cibitung yang telah bisa digunakan masyarakat dengan waktu operasional 06.00 WIB sampai 16 April 2024 jam 17.00 WIB.

 

“Maka dari itu masyarakat yang akan pulang ke Bogor, Depok, Cibubur, bisa melewati itu (Tol Cimanggis -Cibitung).

 

Tidak melewati ke Cikunir, karena ada waktu tempuh jarak tempuh yang signifikan,” Ujarnya.Begitu juga yang akan mengarah ke utara, Jakarta Barat, Tangerang silahkan untuk tidak memaksakan harus masuk Tol Dalam Kota tapi lewat Cibitung langsung dengan Semper yaitu Tanjung Priok akan lebih mudah,” Tambahnya.

 

Apabila kondisi Tol Dalam Kota pun masih terjadi penumpukan, petugas telah menyiapkan Contra Flow. Dengan begitu kendaraan yang akan menuju daerah Jakarta Barat bisa tetap jalan.

 

“Kita akan melakukan Contraflow yaitu dari pintu Tol Halim yang sudah seperti pagi biasa kita laksanakan. Mungkin nanti bisa sampai Slipi ataupun sampai depan Polda Metro Jaya ataupun nanti sampai depan DPR,” Terangnya.

 

“Ini kesiapan kita dan perlu diketahui masyarakat saya berterima kasih kepada media untuk mensosialisasikan ini karena masyarakat akan tahu jalan mana yang bisa nyaman untuk mereka akan kembali ke Jakarta,” Pungkasnya.

 

Continue Reading

TNI / Polri

Danlanal Bintan Bersama Jajaran FKPD Bintan Turut Serta Hadiri Rangkaian Acara Halal Bihalal Dibeberapa Wilayah Bersama Masyarakat dan Gubernur Kepri

Published

on

By

TNI AL, Bintan,- Bertempat di Gedung Nasional Comunity Center Tanjung Uban, Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., menghadiri Undangan Bupati Bintan dalam rangka Safari rangkaian acara Halal Bihalal Bersama Masyarakat di wilayah Bintan dan di Kediaman Gubernur Kepri, Kamis (11/04/2024).

 

Acara Halal Bihalal tersebut, FKPD Bintan diawali di Gedung Nasional Comunity Center Tanjunguban, melaksanakan Halal Bihalal Bersama Masyarakat Bintan Utara, Sri Kuala Lobam dan Teluk Sebong. Kemudian acara halal bihalal dilanjutkan di Kediaman Gubernur Kepri. Selesai acara halal bihalal di Kediaman Gubernur Kepri, rombongan FKPD Bintan menghadiri acara halal bihalal dengan masyarakat di Kantor Kecamatan Toapaya. Untuk yang terakhir kalinya rombongan FKPD Bintan melaksanakan acara halal bihalal bersama masyarakat di Kecamatan Bintan Timur.

 

Turut Hadir Dalam Kegiatan, Bupati Bintan Roby Kurniawan, S.P.W.K., beserta istri, Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith, S.I.P., beserta istri, Sekda Bintan Ronny Kartika, M.M., beserta istri, Kafasharkan Mentigi Kolonel Laut (T) Basuki Tri Usudo beserta istri, Dandim 0315/Bintan Kolonel Inf Eka Ganta beserta istri, Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., beserta istri, Dansatrad 213 Tanjungpinang Mayor Lek Okie Hartanto, S.T., beserta istri, Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, S.I.K., M.M., beserta istri, Ketua GOW Bintan Sabine Rohden, Ketua DWP Kabupaten Bintan Ibu Elyza Riani, S.H.

 

(Pen Lanal Bintan)

Continue Reading

Trending