Connect with us

nasional

Kuliner Asal Solo, MakanKu Mulai Merambah Pasar Timur Tengah Dengan Menyasar Jamaah Haji dan Umroh

Published

on

Jakarta – Kuliner siap asal Solo, MakanKu mulai merambah pasar Timur Tengah dengan menyasar jamaah haji dan umroh. Ide ini dilatarbelakangi banyaknya jamaah asal Indonesia yang kesulitan beradaptasi dengan makanan selama menjalankan ibadah haji. Selain itu, peluang bagi produk makanan halal masih terbuka dan sangat besar. Hal itulah yang ditangkap oleh pemilik MakanKu sekaligus pemilik Wong Solo Group, Puspo Wardoyo.

Berangkat dari masalah makanan untuk jamaah haji, mereka bisa makan tapi tidak bisa menikmati. Makanannya khas Indonesia tapi yang masak bukan orang Indonesia. Belum lagi kalau makanannya tidak segar, karena tidak langsung dimakan,” papar Puspo, di Aula Gedung Serba Guna II Asrama Haji Pondok Gede Jakarta. Rabu (26/10/2022).

Selain Wong Solo Group ada 3 perusahaan lain yang memenangkan tender menggarap pasar Timur Tengah ini. “Ada 4 perusahaan pemenang tender, satu diantaranya saya. Tapi mereka produksinya harus manut dengan saya,” jelasnya.

Pihaknya menjadi operator karena sudah memiliki pabrik di Jeddah. Pengusaha yang memiliki slogan Sukses Haji Sukses Cita Rasa ini sangat mengedepankan kualitas. Ini terlihat dari penggunaan teknologi canggih tanpa pengawet yang dimilikinya.

“Hanya satu-satunya di Indonesia. Meskipun juga ada di Thailand tapi produksinya berbeda. Kami berkembang dengan 271 rumah makan di Indonesia, 12 di Malaysia, dan 4 di Arab Saudi,” terangnya.

LoSelain Arab Saudi, MakanKu juga melebarkan sayap hingga ke Mesir dengan nilai investasi mencapai Rp 200 miliar. “Market besar lainnya yakni tentara seperti yang datang ke sini dari Mesir, mereka perwakilan dari army,” kata Puspo.

“Kami juga membidik market charity atau sosial. Karena produk MakanKu ini sangat praktis bisa digunakan di mana-mana. Bisa untuk market retail atau market tourism,” sambungnya.

Continue Reading

nasional

Forkabi Gelar Tasyakuran Milad Ke-23 Tahun 2024 Halal Bihalal Idul Fitri 1445 H II

Published

on

By

Continue Reading

nasional

Sambut HBP Ke-60, Rutan Cipinang Gelar Penyuluhan Kesehatan Bagi Warga Binaan

Published

on

By

Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60 Tahun 2024, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang menggelar kegiatan penyuluhan kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan fokus pada pencegahan Demam berdarah dengue (DBD)  kepada warga binaan, Rabu (17/4).

 

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali yang di wakili oleh Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Alif Akbar Yusuf dan di hadiri oleh Tim dari Puskesmas Kelurahan Cipinang Besar Utara yaitu dr. florentina reddy dan lusi nurrokhmawati sekaligus sebagai narasumber.

 

Dalam sambutannya, Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Alif Akbar Yusuf mengatakan bahwa kegiatan penyuluhan ini dimaksudkan guna memelihara kesehatan warga binaan dan peningkatan kualitas kehidupan nya selama menjalanin masa pembinaan di Rutan Cipinang.

 

“Penyuluhan PHBS ini sangat penting untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan kebersihan. Saya berharap melalui kegiatan ini, para warga binaan dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan sehat di dalam maupun di luar lingkungan pemasyarakatan,” ucapnya.

Penyuluhan kesehatan ini diisi oleh Petugas Penyuluh Kesehatan Puskesmas Kelurahan Cipinang Besar Utara dr. florentina reddy dan lusi nurrokhmawati. Dalam materinya, Ia menjelaskan tentang pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan untuk mencegah DBD. Mereka juga menjelaskan tentang gejala DBD, cara penularannya dan bagaimana cara pencegahannya.

 

Kegiatan penyuluhan kesehatan ini disambut dengan antusias oleh 50 orang perwakilan warga binaan yang mengikuti kegiatan penyuluhan tersebut. Peserta di ambil dari berbagai blok seperti blok hunian rehabilitasi medis, blok lansia, blok santri, disabilitas, pramuka dan para tahanan pendamping dengan harapan mereka dapat berbagi ilmu kepada warga binaan yang lain.

 

Ditempat yang berbeda, Kepala Rutan Kelas I Cipinang menyampaikan bahwa kegiatan penyuluhan kesehatan ini merupakan salah satu upaya Rutan Cipinang untuk meningkatkan kesehatan para warga binaan. “Saya berharap dengan mengikuti kegiatan ini, para warga binaan dapat memahami pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta dapat terhindar dari penyakit DBD,” tandasnya.

Continue Reading

nasional

Setetes Darah Untuk Kemanusiaan, Rutan Cipinang Semarakkan HBP Ke-60 Dengan Donor Darah

Published

on

By

Jakarta – Dalam rangka memeriahkan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 tahun 2024 dengan tema “Pemasyarakatan Pasti Berdampak”, jajaran Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta turut berkontribusi dengan mengadakan aksi donor darah di Aula Rutan Cipinang, Rabu (17/4).

 

Kegiatan Donor Darah ini dilaksanakan berkat kerjasama Rutan Cipinang dengan Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kota Tanggrang dan dibuka langsung oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali.

 

Dalam kesempatan ini, Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali yang turut mendonorkan darahnya mengatakan bahwa kegiatan donor darah ini ada banyak manfaat yang kita dapat, selain mendonorkan darah untuk menolong sesama, juga membuat tubuh kita menjadi lebih sehat karena regenerasi sel darah dalam tubuh kita serta meningkatkan produksi sel darah merah yang sangat baik untuk kesehatan.

 

Lebih lanjut, Kepala Rutan Kelas I Cipinang Sukarno Ali menyampaikan apresiasi atas partisipasi semua jajaran dalam kegiatan donor darah ini. Ia menekankan pentingnya kolaborasi antara institusi pemerintah dan masyarakat dalam membangun kesadaran akan pentingnya donor darah untuk membantu sesama yang membutuhkan.

 

“Donor darah yang hari ini kita langsungkan merupakan wujud sikap peduli dan bentuk kontribusi dalam memberi manfaat kepada sesama, satu tetes darah kita sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan,” ucapnya

 

Untuk diketahui, kegiatan donor darah ini diikuti oleh 51 Orang yang mendonorkan darahnya, terdiri dari 42 Orang Pegawai Rutan Kelas I Cipinang dan 7 Petugas dari Rutan Salemba serta 2 orang Keluarga dari Petugas Lapas Cipinang.

Continue Reading

Trending