Connect with us

nasional

Tim Humas Rutan Cipinang Dapat Penghargaan Sebagai Humas Terbaik 1 Dari Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta

Published

on

Jakarta – Peran Kehumasan dalam sebuah Institusi menjadi Garda terdepan dalam upaya membangun Kepercayaan Publik terhadap Kinerja dari sebuah Institusi dan Humas sebagai Jembatan Informasi untuk mewujudkan keterbukaan informasi Publik sehingga masyarakat dapat mengakses informasi secara cepat dan tepat.

Kali ini, dengan adanya peran aktif serta kontribusi di bidang kehumasan maupun media yang sangat baik membuat Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM DKI Jakarta memberikan apresiasi berupa piagam penghargaan kepada Tim Humas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang dengan katagori sebagai Humas Terbaik 1 atas Publikasi dan Glorifikasi Pemberitaan Terbanyak di Media Sosial dan Media Eksternal, Selasa (20/12).

Penghargaan diberikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun diwakili oleh Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Sorta Delima kepada Plt. Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Iswandi yang di kemas dalam kegiatan Refleksi Akhir Tahun 2022 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Atas keberhasilan ini, Plt. Kepala Rutan Kelas I Cipinang menyampaikan apresiasinya kepada Tim Humas yang telah bekerja dengan maksimal dan prestasi ini tidak mungkin dicapai tanpa kerja sama yang luar biasa antara jajaran kehumasan Rutan Cipinang dengan rekan-rekan media online. “Terima kasih kepada Tim Humas Rutan Cipinang beserta semua rekan media online yang telah memberikan dukungan kepada Rutan Kelas I Cipinang khususnya dalam menyebarkan berita-berita positif ke tengah masyarakat luas,” ucap Iswandi

Dengan diberikannya penghargaan ini, Plt. Kepala Rutan Cipinang berharap kepada Tim Humas Rutan Cipinang agar terus meningkatkan kinerja dan berperan aktif serta berkontribusi dalam bidang kehumasan dan pemberitaan. “Semoga pencapaian ini dapat meningkatkan kinerja kehumasan di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta khusunya di Rutan Kelas I Cipinang menjadi lebih baik lagi.” harapnya

Continue Reading

nasional

Pasokan serta Distribusi BBM dan LPG di NTB Aman

Published

on

By

Pasokan dan distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) serta Liquefied Petroleum Gas (LPG) selama arus balik libur Hari Raya Idulfitri 1445H/2024 (RAFi) di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dipastikan berjalan lancar dan aman. Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Saleh Abdurrahman melakukan pemantauan langsung ke lapangan, yaitu Pelabuhan Penyeberangan Lembar, sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), serta Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) di NTB, Minggu dan Senin (14-15/4/2024).

 

“Berdasarkan pemantauan BPH Migas ke sejumlah lokasi, yaitu Pelabuhan Penyeberangan Lembar, beberapa SPBU dan SPBE, pasokan dan distribusi BBM, serta gas dipastikan terjaga. Stok BBM cukup, baik itu di SPBU wilayah timur maupun barat,” ungkap Saleh saat melakukan pemantauan SPBE di Kecamatan Lombok Barat, Senin (15/4/2024).

 

Saleh juga memaparkan, dalam kunjungan ke Pelabuhan Penyeberangan Lembar tanggal 14 April 2024, diketahui pasokan BBM untuk kapal-kapal penyeberangan tidak mengalami kendala. Meski jumlah penumpang selama libur RAFI 2024 meningkat 100% yaitu dari sekitar 2.000 orang per hari menjadi sekitar 4.000 orang per hari, namun jumlah tersebut masih di bawah kapasitas kapal yang tersedia sehingga tidak membutuhkan tambahan pasokan BBM. Puncak arus balik di Pelabuhan Lembar terjadi pada tanggal 13 hingga 14 April 2024.

 

“Dari aspek BBM, kita lihat kuota yang diberikan kepada PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan Indonesia  (ASDP) cukup untuk mengoperasikan sekitar 20 kapal yang melayani jalur  Pelabuhan Lembar ke Pelabuhan Padangbai di Bali. Pelaksanaan penyediaan penyeluruhan BBM di Pelabuhan Lembar berjalan baik aman dan lancar,” imbuhnya.

 

Kesiapan stok BBM selama RAFI juga terlihat dari monitoring yang dilakukan di sejumlah SPBU di  Provinsi NTB. “Stok BBM cukup. Pertamina sudah menyiapkan langkah-langkah untuk  memudahkan masyarakat memperoleh BBM, termasuk Pertamina Delivery Service (PDS), mobil tangki cadangan, serta SPBU yang siaga 24 jam,” kata Saleh.

 

BPH Migas mengapresiasi PT Pertamina Patra Niaga yang telah melakukan pelbagai upaya untuk mendukung ketersediaan dan distribusi BBM, dan aman terjaga.  “Secara umum,  kita lihat Pertamina sudah sangat siap mengamankan pasokan BBM dan LPG selama RAFI. Tidak ada masalah berarti yang kita temukan di lapangan,” katanya.

 

Meski demikian, BPH Migas meminta agar Pertamina tidak lekas berpuas diri dan terus meningkatkan kelancaran penyaluran BBM sesuai kebutuhan masyarakat.

 

Selain SPBU di Lombok Timur, Barat dan Utara, pada Senin (15/4/2024) Komite BPH Migas juga mengunjungi SPBE di Kecamatan Kahuripan, Kabupaten Lombok Barat. Pasokan LPG untuk wilayah ini juga tersedia.

 

“Stok LPG di wilayah Lombok cukup. Di lapangan, kami juga menyaksikan proses pengisian gas ke tabung LPG 3 kg dan semuanya berjalan lancar. Tidak ada kenaikan permintaan yang signifikan. Pada arus balik ini permintaan sudah berjalan normal kembali. Distribusi LPG dari SPBE ke agen dan pangkalan, hingga konsumen berjalan baik,” pungkas Saleh seraya menambahkan, jumlah SPBE di NTB berjumlah sekitar 13 unit.

 

Berdasarkan data PT Pertamina Patra Niaga, untuk Provinsi NTB, kenaikan permintaan gasoline (Pertalite) meningkat sekitar 10%, sementara gas oil  (Solar) turun 9%, sejalan dengan pelarangan beroperasinya truk-truk angkutan barang selama RAFI 2024. Untuk  LPG  Public Service Obligation/PSO ( LPG tabung 3 kg), kebutuhannya meningkat 6,1% dan LPG Non PSO turun 5,1%.

 

General Manager PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan Indonesia Ferry (ASDP) Lembar Agus Djoko Triyanto, mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemerintah, termasuk BPH Migas, terkait ketersediaan pasokan BBM sehingga kegiatan penyeberangan dapat berjalan lancar selama RAFI 2024.

 

“Sejauh ini kami tidak mengalami kendala terkait distribusi BBM untuk kapal-kapal penyeberangan. Jumlah kuotanya sesuai dengan yang telah ditetapkan BPH Migas,” ujar Agus.

 

Turut hadir dalam kegiatan pemantauan ini, Kepala Dinas ESDM Provinsi NTB Sahdan, serta Sales Area Manager (SAM) Retail PT Pertamina Patra Niaga NTB Agung Kaharesa Wijaya.

Continue Reading

nasional

Demi Pelayanan Prima, Rutan Cipinang Tetap Melayani Masyarakat Dan Warga Binaan di Hari Kedua Lebaran

Published

on

By

Jakarta – Hari Raya Idul Fitri selalu menjadi momen yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga, saling memafkan dan saling bersilahtuhrahmi dengan orang terkasih menjadi tradisi setiap tahunnya. Memasuki hari kedua, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta tetap membuka layanan kunjungan tatap muka di Hari Raya idul Fitri 1445 H, Kamis (11/4).

 

Momen perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun ini terasa begitu spesial bagi warga binaan. Terlihat dihari kedua ini pengunjung sangat antusias dan berbondong-bondong untuk bisa bertemu dengan keluarga warga binaan. Para Petugas Rutan Cipinang pun tak kenal kata lelah, mereka tetap melayani dengan prima walaupun tidak dapat berkumpul bersama keluarganya. Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan warga binaan untuk bisa melepas rindu dengan sanak saudaranya.

 

Demi memenuhi kebutuhan masyarakat, Rutan Cipinang memfasilitasi kunjungan dengan 2 sesi selama 2 hari berturut-turut mulai dari hari Rabu dan Kamis secara gratis. Sesi pertama pendaftaran dibuka mulai pukul 09.00 WIB — 12.30 WIB, sedangkan sesi 2 dibuka mulai pukul 13.30 WIB — 16.00 WIB.

 

Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali mengatakan bahwa Rutan Cipinang memfasilitasi layanan kunjungan lebaran sejak hari pertama sampai hari kedua, kita ingin warga binaan bisa menikmati momen hari kemenangan Idul Fitri bersama orang-orang terdekat. Hal tersebut penting agar mereka merasa dicintai oleh orang terdekat, sehingga muncul semangat untuk menjadi lebih baik.

 

“Keluarga itu menjadi sumber kekuatan utama bagi warga binaan dalam menjalani hari-hari dengan positif selama berada di Rutan Cipinang. Mendapatkan dukungan, motivasi dan rasa dimiliki tentu sangat baik untuk suksesnya reintegrasi sosial yang dijalani warga binaan agar siap kembali ke masyarakat setelah menjalani pembinaan di Rutan,” ucapnya.

 

Kepala Rutan Kelas I Cipinang yang turut mengawasi pelaksanaan kegiatan ini meminta kepada seluruh Petugas Rutan Cipinang agar menjalankan tugas sesuai dengan SOP dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat serta tetap waspada, laksanakan deteksi dini untuk mengantisipasi ganggunan kemanan dan ketertiban selama kunjungan lebaran ini.

 

“Saya harap Petugas Rutan Cipinang selalu bersikap waspada terhadap segala kemungkinan. Namun tetap menunjukkan sikap yang baik dan ramah dalam memberikan pelayanan serta informasi-informasi yang dibutuhkan oleh warga binaan dan keluarganya, Semoga ini dapat mengobati rasa rindu warga binaan kepada keluarga,” pungkasnya.

 

Hal positif juga diungkapkan salah seorang warga binaan yang menyampaikan rasa syukur atas layanan lebaran yang diselenggarakan Rutan Cipinang. “Saya terharu bisa bertemu dengan keluarga di hari yang fitri ini. Momen seperti ini sangat berarti bagi kami, bisa bertemu dengan orang-orang yang kami sayang dan bisa merasakan berlebaran berkumpul dengan keluarga, terimakasih Petugas Rutan Cipinang,” ungkapnya

Continue Reading

nasional

BPH Migas Cek DPPU Soekarno Hatta, Ketersediaan Avtur Jelang Arus Balik Aman

Published

on

By

Jelang arus balik masyarakat usai silaturahmi dan libur Lebaran Idul Fitri 1445H/2024, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) melakukan pemantauan ke PT Pertamina Patra Niaga Soekarno Hatta Aviation Fuel Terminal & Hydrant Installation (SHAFTHI) atau Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Tangerang,  Banten, Kamis (11/04/).

 

Pemantauan ini bertujuan untuk memastikan ketersediaan Jet-A1 (avtur) jelang periode arus balik yang diprediksi terjadi pada 14 – 16 April 2024 nanti.

 

“Ketersediaan avtur menjadi komponen yang penting untuk menjamin kelancaran arus balik masyarakat yang menggunakan pesawat. Hal ini (ketersediaan avtur) terkait dengan pelayanan kepada maskapai, BPH Migas memastikan distribusinya lancar dan tidak berkendala” ungkap Anggota Komite BPH Migas Yapit Sapta Putra di DPPU Soekarno Hatta.

 

Yapit menjelaskan, langkah-langkah antisipasi juga telah dilaksanakan oleh DPPU Soekarno Hatta, yaitu dengan melakukan monitoring dan maintainance pada sarana dan fasilitas, melakukan monitoring terhadap ketahanan stok yang dimiliki, baik realisasi maupun untuk perencanaan, serta melakukan pengawasan mutu produk avtur dengan melakukan quality control harian rutin.

 

“Kita berikan apresiasi yang setinggi-tingginya bagi rekan-rekan Pertamina, khususnya yang ada DPPU Soekarno Hatta, yang terus menjalankan tugasnya melayani masyarakat agar proses mudiknya berjalan lancar dengan mengorbankan waktu dengan keluarga” jelas Yapit

 

Sementara itu, Manager Soekarno Hatta Aviation Fuel Terminal & Hydrant Installation (SHAFTHI) Ridwan menjelaskan bahwa SHAFTHI juga menyuplai avtur ke Bandara lain seperti Bandara Halim Perdana Kusuma (Jakarta), Bandara Husein Sastranegara (Bandung), Bandara Pondok Cabe (Tangerang) serta Bandara Kertajati (Jawa Barat). Pertamina juga melakukan digitalisasi dalam melakukan refueling yang disebut dengan Digital Ground Operation (DGO), aplikasi berbasis digital yang digunakan operator dengan menggunakan gawai.

 

*Pemantauan SPBU di  Kabupaten Tangerang*

 

Selain mengunjungi SHAFTHI, Yapit juga melakukan pengecekan distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) di salah satu SPBU di daerah Dadap, Kabupaten Tangerang, Jumat (12/4).

 

Yapit melakukan pengecekan tangki timbun guna melihat ketersediaan dan kualitas BBM yang akan disalurkan ke masyarakat. Serta untuk melihat sejauh mana pembinaan yang dilakukan oleh Badan Usaha Penugasan dalam hal ini Pertamina Patra Niaga kepada Penyalur.

 

“Pembinaan berjalan baik, hanya saja masih ada temuan, yaitu tera (tanda uji) nozzle sudah habis berlakunya. Diharapkan sesegera mungkin diajukan kepada Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Metrologi setempat. Agar BBM yang disalurkan kepada masyarakat tepat jumlah,” Ujar Yapit.

 

Di samping itu, pasca banjir besar beberapa hari yang lalu, kondisi tangki pendam harus dilakukan pengecekan kembali agar kualitas BBM yang disalurkan sesuai dengan yang diharapkan.

 

Sales Area Manager Banten Pertamina Patra Niaga Joko Priyambodo mengungkapkan, pihaknya segera menindaklanjuti hasil temuan ini. Hal ini bertujuan agar pendistribusian BBM tepat sasaran dan tepat volume.

 

Sebagai informasi, berdasarkan laporan posko Ramadan Idul Fitri (RAFI) Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), hingga 12 April 2024, distribusi BBM Gasoline naik 13% dibanding penyaluran normal, sementara distribusi BBM Gasoil tercatat turun 68% dibanding penyaluran normal. Secara umum ketersediaan dan penyaluran BBM dalam kondisi Aman.

Continue Reading

Trending