Connect with us

TNI / Polri

Sepeda Motor Dilarang Melintasi Jalan Layang ini

Published

on

Jakarta – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya meminta pengendara motor tidak melintasi 3 Jalan Layang Non Tol (JLNT) di Jakarta untuk mencegah kecelakaan lalu lintas.

“Demi keselamatan bersama,” kata Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Sabtu, 14 Januari 2023.

Ada 3 ruas jalan layang non tol yang dilarang digunakan pengendara motor, yaitu JLNT Casablanca dan JLNT Antasari di Jakarta Selatan serta JLNT Pesing di Daan Mogot, Jakarta Barat.

Polda Metro Jaya mengingatkan lagi pengendara motor untuk tidak melintasi tiga JLNT. Alasannya agar tidak terjadi kecelakaan karena jalur jalan yang tidak lebar. Lalu lintas campuran berbagai jenis kendaraan dan arah angin menjadi pertimbangan sepeda motor dilarang melintasi 3 JLNT tersebut.

Petugas telah memasang rambu lalu lintas berupa larangan melintas di JLNT bagi sepeda motor. Meski sudah dipasangi rambu, sejumlah pengendara nekat melanggar sehingga terjadi kecelakaan, bahkan mengakibatkan kematian.

Polda Metro Jaya tidak mengungkapkan jumlah kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor di JLNT.

Pada 2021, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Sambodo Purnomo Yogo mengatakan hanya sepeda yang diizinkan melalui Jalan Layang Non Tol Kampung Melayu-Tanah Abang atau Casablanca. Pengendara motor tidak diizinkan lewat JLNT untuk menghindari mix traffic atau lalu lintas yang tercampur.

Polda juga mempertimbangkan faktor keselamatan yang berkaitan dengan kondisi angin kencang atau cross wind.

“Kalau angin, lalu di situ ada motor, mobil, jalannya jadi sempit,” kata Sambodo pada 4 Juni 2021.

Larangan sepeda motor juga juga diberlakukan di Jalan Layang Pesing karena jalannya kecil dan mix traffic. Sambodo menjelaskan mix traffic jauh lebih berbahaya dibandingkan dengan cross wind.

Di jalan layang non tol, pesepeda tidak akan dicampur dengan kendaraan lain, agar tidak terjadi mix traffic. “Kalau sepeda saja, tidak mix traffic, jalan itu hanya didedikasikan untuk sepeda.”

Jalanan akan rawan jika ada sepeda, motor, dan mobil sekaligus. “Cross wind iya, tapi mix traffic itu yang kita hindari.”

Jalan Layang Non Tol Kampung Melayu – Tanah Abang atau Jalan Casablanca sebagai jalur khusus bagi pesepeda road bike di setiap akhir pekan. Pelaksanaannya setiap akhir pekan yakni Sabtu dan Ahad, sejak pukul 05.00-08.00 WIB.

Continue Reading

TNI / Polri

JELANG SERTIJAB DANLANAL SIMEULUE LAKSANAKAN EXIT BRIEFING

Published

on

By

TNI AL, Komandan Pangkalan TNI AL Simeulue Lekol Laut (P) Dwi Herdian Saputra, M.Tr.Opsla., didampingi  Ibu Ketua Cabang 8 Korcab I DJA I Ny. Mirna Dwi Herdian Saputra melaksanakan Exit Briefing secara tatap muka dan Video Conference (Vicon) kepada seluruh personil Lanal Simeulue bertempat di Gedung Malahayati Mako Lanal Simeulue. Sabtu (13/04/2024).

 

Komandan Lanal Simeulue dalam sambutannya mengucapkan bahwa sangat bangga kepada seluruh prajurit Lanal Simeulue yang telah berdedikasi serta profesional dalam melaksanakan tugas dan dalam kesempatan itu, Komandan Lanal Simeulue mengucapkan terimakasih dan undur diri untuk melanjutkan tugas di penempatan yang baru.

 

Selama acara tersebut, Komandan Lanal Simeulue juga memberikan pesan dan arahan, diantaranya untuk para prajurit serta ASN di lingkungan TNI AL untuk selalu meningkatkan Iman dan Taqwa, memahami kembali makna prajurit yang selalu rendah hati serta tidak mudah terlena dan menekankan kepada seluruh prajurit untuk meningkatkan Profesionalisme dalam menjalankan tugas. Danlanal Simeulue juga menghimbau untuk selalu jalin Soliditas dan Sinergitas dengan Institusi lain.

 

Turut hadir dalam kegiatan, Ibu-ibu Jalasenastri Cabang 8 Korcab I DJA I, seluruh Perwira, Bintara, Tamtama serta ASN Lanal Simeulue.

Continue Reading

TNI / Polri

Danlanal Bintan Bersama Jajaran FKPD Bintan Turut Serta Hadiri Rangkaian Acara Halal Bihalal Dibeberapa Wilayah Bersama Masyarakat dan Gubernur Kepri

Published

on

By

TNI AL, Bintan,- Bertempat di Gedung Nasional Comunity Center Tanjung Uban, Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., menghadiri Undangan Bupati Bintan dalam rangka Safari rangkaian acara Halal Bihalal Bersama Masyarakat di wilayah Bintan dan di Kediaman Gubernur Kepri, Kamis (11/04/2024).

 

Acara Halal Bihalal tersebut, FKPD Bintan diawali di Gedung Nasional Comunity Center Tanjunguban, melaksanakan Halal Bihalal Bersama Masyarakat Bintan Utara, Sri Kuala Lobam dan Teluk Sebong. Kemudian acara halal bihalal dilanjutkan di Kediaman Gubernur Kepri. Selesai acara halal bihalal di Kediaman Gubernur Kepri, rombongan FKPD Bintan menghadiri acara halal bihalal dengan masyarakat di Kantor Kecamatan Toapaya. Untuk yang terakhir kalinya rombongan FKPD Bintan melaksanakan acara halal bihalal bersama masyarakat di Kecamatan Bintan Timur.

 

Turut Hadir Dalam Kegiatan, Bupati Bintan Roby Kurniawan, S.P.W.K., beserta istri, Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith, S.I.P., beserta istri, Sekda Bintan Ronny Kartika, M.M., beserta istri, Kafasharkan Mentigi Kolonel Laut (T) Basuki Tri Usudo beserta istri, Dandim 0315/Bintan Kolonel Inf Eka Ganta beserta istri, Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., beserta istri, Dansatrad 213 Tanjungpinang Mayor Lek Okie Hartanto, S.T., beserta istri, Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, S.I.K., M.M., beserta istri, Ketua GOW Bintan Sabine Rohden, Ketua DWP Kabupaten Bintan Ibu Elyza Riani, S.H.

 

(Pen Lanal Bintan)

Continue Reading

TNI / Polri

Panglima TNI Jenderal TNI Gelar Konferensi Pers Keberhasilan TNI Menerjunkan Bantuan Kemanusiaan Untuk Rakyat Palestina

Published

on

By

Jakarta – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menggelar Konferensi Pers terkait keberhasilan TNI menerjunkan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina, bertempat di Wisma A. Yani, Menteng Jakarta Pusat, Rabu,( 10/4/2024)

 

Konferensi pers digelar sehari setelah misi kemanusiaan dengan sandi “Solidarity Path Operation” yang dipimpin Mission Commander Kolonel Pnb Noto Casnoto berhasil menerjunkan bantuan sebanyak 20 paket dengan berat masing-masing 160 kg di langit Gaza Palestina.

 

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI mengapresiasi upaya kontingen misi kemanusiaan untuk Palestina yang sebelumnya mengalami kendala perizinan untuk melaksanakan Air Drop.

 

Panglima TNI menjelaskan bahwa memang benar terjadi beberapa kendala sebelum pelaksanaan Air Drop, namun berkat koordinasi yang ketat, akhirnya tim bisa melaksanakan prosesi Air Drop

 

Di hadapan awak media, Panglima TNI juga menyampaikan bahwa teknis menerjunkan bantuan dengan cara Air Drop untuk saat ini merupakan cara teraman untuk rakyat Palestina.

 

Saat ditanya awak media terkait apakah akan ada misi bantuan Air Drop lanjutan, Panglima TNI menyampaikan bahwa dirinya akan mencari informasi terkait kebutuhan rakyat Palestina.

 

“Nanti kita akan meminta informasi apa kebutuhan masyarakat pengungsi (Palestina) di sana, kita kumpulkan dan Insya Allah akan kita kirim lagi,” pungkas Panglima TNI.

 

Terkait rencana kedatangan pesawat Hercules TNI AU usai sukses menerjunkan bantuan di wilayah udara Gaza Palestina, Panglima TNI menyebut bahwa kontingen direncanakan akan tiba di Indonesia besok sore (11/4) pukul 17.00 WIB di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta.***

Continue Reading

Trending