Connect with us

TNI / Polri

Jelang Seleksi Penerimaan Prajurit TNI AL TA. 2024, Panitia Daerah Lanal Sabang Laksanakan Penandantanganan Pakta Integritas

Published

on

TNI AL, Sabang,- Menjelang dimulainya pelaksanaan seleksi penerimaan Prajurit TNI Angkatan Laut, Panitia Daerah (Panda) Lanal Sabang menggelar Penandatanganan Pakta Integritas di depan para Calon Siswa Bintara dan Tamtama Prajurit Karier Gelombang I Tahun Anggaran 2024. Kegiatan dipimpin oleh Danlanal Sabang Kolonel Laut (P) Son Haji Hariyoko, M.Tr. Hanla., M.M., bertempat di Lapangan Apel Mako Lanal Sabang, Jalan Yos Sudarso, Gampong Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Jumat (5/1/2024).

Dalam amanatnya, Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Son Haji Hariyoko, M.Tr. Hanla., M.M., menyampaikan bahwa penerimaan Calon Prajurit TNI AL adalah bagian dari pembinaan personel yang pada hakekatnya merupakan suatu Upaya untuk mendapatkan Prajurit TNI dengan kualitas dan kuantitas yang dibutuhkan organisasi dalam rangka pelaksanaan tugas pokok TNI AL.

“Dengan semakin berat dan kompleksnya tuntunan tugas TNI, maka diperlukan sumber daya Calon Prajurit yang berkualitas. Hal ini dapat diwujudkan mulai dari proses werving secara baik dan benar, sehingga diharapkan dapat terpilih prajurit TNI yang memenuhi syarat baik dari aspek administrasi, fisik, psikologi, mental ideologi, Kesehatan maupun di bidang akademik,” ujar Danlanal Sabang.

Diakhir amanatnya, Danlanal Sabang menyampaikan beberapa penekanan kepada seluruh Casis bahwa dalam proses penerimaan Prajurit TNI Angkatan Laut tidak dipungut biaya sepersenpun, apabila ada oknum militer atau sipil yang menjanjikan kelulusan segera laporkan kepada pihak panitia dan didasari dengan bukti yang otentik karena kelulusan ditentukan dari kemampuan Casis masing-masing bukan orang lain.

Lebih lanjut disampaikan bahwa selama mengikuti Tes di Panda Lanal Sabang agar para Casis mengikuti aturan dari panitia, tampilkan dan tunjukkan kemampuan terbaik yang dimiliki dalam pelaksanaan tes serta bersaing secara sehat. “Selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan minta doa restu dari kedua orang tua agar senantiasa diberikan kemudahan dan kelancaran dalam mengikuti tes Calon Bintara dan Tamtama TNI Angkatan Laut,” ujar Danlanal Sabang.

Danlanal Sabang juga memberikan penekanan kepada panitia seleksi agar menjaga amanah dengan melaksanakan seleksi secara baik dan benar, agar menghasilkan Personel TNI AL yang unggul, berkualitas, dan profesional.

Tercatat Casis Bintara dan Tamtama TNI AL Gelombang I TA. 2024 yang telah melaksanakan validasi di Panda Lanal Sabang sebanyak 197 orang terdiri dari Caba PK Pria 117 orang, Caba PK Wanita 37 orang, dan Cata PK 43 orang.

Turut hadir dalam kegiatan, Pasops Lanal Sabang Mayor Laut (P) Syafaruddin, Pasminlog selaku Sekretaris Panda Sabang Mayor Laut (T) M. Sumihar Sirait, S.T., Pasintel selaku Katim Mental Ideologi Panda Sabang Mayor Laut (E) Punto Pandowo, Danunit Intel Kapten Laut (P) Daulat Mangasi T, S.H., Para Perwira Staf Lanal Sabang, serta Para Casis Bintara dan Tamtama.
(Pen Lanal Sabang)

Continue Reading

TNI / Polri

Danlantamal I Beri Pembekalan Kepada Calon Tamtama PK TNI AL Gelombang Ke-I Tahun 2024

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI AL I ( Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., selaku Ketua Panda Lantamal I Belawan diwakili Wadan Lantamal I Kolonel Laut (P) Siswo Widodo., S.T., memberikan pembekalan kepada 59 orang Casis Calon Tamtama PK TNI AL Gelombang Ke- I TA. 2024, bertempat di Gedung Yos Sudarso Mako Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah No. 01 Belawan, Sumatera Utara, Selasa (07/5/2024).

 

Adapun Calon Tamtama PK tersebut adalah yang telah lulus mengikuti seleksi pantukhir tingkat daerah, dan akan mengikuti seleksi tingkat pusat di Lapetal Malang.

 

Dalam sambutannya, Danlantamal I melalui Wadan Lantamal I menyampaikan bahwa perjalanan peserta test masih panjang, harus mengikuti seleksi lanjutan tingkat pusat. Maka dari itu, untuk lebih mempersiapkan fisik dan mental masing-masing, karena kemungkinan tidak lulus masih bisa terjadi.

 

Keberhasilan kalian ditentukan oleh diri sendiri bukan orang lain, laksanakan seleksi dengan sungguh-sungguh, patuhi dan ikuti arahan serta aturan yang disampaikan panitia pusat.

 

Hindari aksi penipuan yang menjanjikan kelulusan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Aspers Danlantamal I, Paban Sintel Lantamal I, serta para Katim Seleksi.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI / Polri

Tim F1QR Pangkalan TNI AL Tanjung Balai Asahan Gagalkan Pengiriman PMI Non Prosedural

Published

on

By

TNI AL, Tanjung Balai, 7 Mei 2024,- Pangkalan TNI AL TBA menggagalkan upaya pengiriman 4 (empat) calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) Non Prosedural ke Malaysia.

 

Dari kegiatan ini, Tim F1QR Lanal TBA pun berhasil meringkus 2 ABK berinisial ES dan DS berikut 1 (satu) unit kapal KM Nadin GT 10.

 

Saat ini, tersangka ES dan DS tengah menjalani pemeriksaan di Mako Lanal TBA untuk dimintai keterangan dan pemeriksaan.

 

Komandan Lanal TBA Letkol Laut (P) Wido Dwi Nugraha, S.E., M.Tr. Opsla., menegaskan bahwa kegiatan penangkapan ini adalah upaya Lanal TBA dalam menegakkan hukum di laut sekaligus sebagai upaya untuk mereduksi kegiatan pengiriman PMI secara non prosedural dan juga sebagai upaya untuk memberikan edukasi kepada saudara-saudara yang akan melaksanakan kegiatan usaha di negara tetangga untuk melaksanakan kegiatan tersebut melalui jalur resmi atau sesuai prosedur, mengingat biaya yang dikeluarkan pun tidak jauh berbeda dengan biaya melalui jalur non prosedural, bahkan bisa jadi lebih murah dan tentunya lebih aman.

 

(Pen Lanal TBA)

Continue Reading

TNI / Polri

KOMANDAN LANAL BINTAN LAKSANAKAN COURTESY CALL (CC) KE KEJARI BINTAN

Published

on

By

TNI AL, Bintan,- Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., yang didampingi Pasops Lanal Bintan Mayor Laut (P) Eko Adi Susanto, Pasintel Lanal Bintan Mayor Laut (P) Mugiyono, dan Paspotmar Lanal Bintan Mayor Mar Yuda Bakti melaksanakan kunjungan kehormatan/Courtesy Call (CC) ke Kejaksaan Negeri Kabupaten Bintan, Senin (06/05/2024).

 

Kedatangan Danlanal Bintan beserta Perwira Staf Lanal Bintan disambut langsung oleh Kajari Kabupaten Bintan I Wayan Eka Widdyara, S.H., didampingi Kasi Tindak Pidana Umum Kejari Bintan Andi Akbar, S.H., Kasi Intel Kejari Bintan Samsul Apri, S.H., dan Kasi PB3R Rambo Loly Sinurat, S.H., M.H. Kunjungan Danlanal Bintan di Kejaksaan Negeri Bintan merupakan bagian dari silaturahmi ke salah satu Pimpinan Forkopimda Kota Bintan sekaligus memperkenalkan diri sebagai Komandan Lanal Bintan yang baru.

 

Dalam silahturahmi tersebut, Danlanal Bintan mengucapkan terima kasih atas sambutan yang telah diberikan oleh Pimpinan Kejari Bintan dengan harapan dengan adanya kunjungan tersebut dapat terjalin hubungan kerjasama dengan baik, intensif dalam mewujudkan Integrated Criminal Justice System (Sistem Peradilan Pidana Terpadu) di Wilayah Bintan, sehingga dapat bersinergi dengan jajaran Forkopimda Bintan lainnya.

 

Sementara itu, Kajari Bintan juga ucapkan terima kasih atas kunjungannya di Kejari Bintan dan selamat datang di Kabupaten Bintan. Kajari berharap agar hubungan serta komunikasi yang selama ini sudah terbina dapat terus terjalin dengan baik, serta ke depannya dapat tercipta kerjasama yang baik, sehingga dapat terciptanya dalam mewujudkan dan menegakkan hukum di Wilayah Kerja Bintan, “Sekali lagi saya ucapkan selamat bertugas,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri Kota Bintan.

 

(Pen Lanal Bintan)

Continue Reading

Trending