Connect with us

nasional

Perkuat Sinergitas, Kepala Satuan Pengamanan Rutan Cipinang Menyambangi Satuan Narkoba Polres Jakarta Barat

Published

on

Jakarta – Mengawali Tahun 2024, Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Kelas I Cipinang (Ka.KPR), Febrian Sony didampingi Staf KPR melakukan kunjungan ke Satuan Narkoba Polres Jakarta Barat dalam rangka menjaga kestabilan terhadap kemungkinan gangguan keamanan dan ketertiban di Rutan Kelas I Cipinang, Selasa (16/1).

Kunjungan ini tentunya disambut baik oleh Kasat Narkoba Polres Jakarta Barat AKBP, Indrawienny Panjiyoga dengan didamping Wakasat Narkoba Polres Narkoba Jakarta Barat, Kompol R. Jordanus SIK MH, serta para Kanit Narkoba Polres Jakarta Barat.

Dalam kesempatan ini, Kepala Kesatuan Pengamanan, Febrian Sony menyampaikan bahwa kunjungan ini sebagai upaya untuk selalu melaksanakan 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju plus back to basics, sesuai dengan instruksi Direktur Jenderal Pemasyarakatan yang diantaranya deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, pemberantasan peredaran gelap narkoba, dan sinergi dengan aparat penegak hukum lainnya, ditambah dengan back to basics.

“Kami akan terus membangun sinergitas dengan aparat penegak hukum guna perkuat koordinasi serta berkolaborasi dalam hal upaya deteksi dini resiko gangguan keamanan dan ketertiban.

Komunikasi, Koordinasi dan Kolaborasi terus kita jalin serta mempererat hubungan silahtuhrahmi dengan Aparat Penegak Hukum seperti saat ini,” Ujarnya.

Perlu diketahui juga saat ini jumlah warga binaan di Rutan Kelas I Cipinang sudah melebihi standar kapasitas ideal yang mana seharusnya hanya berjumlah 1136 orang.

Tetapi pada fakta yang ada dilapangan jumlah warga binaan mencapai kurang lebih 3481 orang. Dengan jumlah yang ada pada saat ini, kami menyadari pentingnya keikutsertaan apparat penegak hukum dalam menciptakanan Rutan Cipinang aman dan kondusif.

“Semoga dengan kunjungan kami ke Satuan Narkoba Polres Jakarta Barat ini diharapkan dapat memperkuat koordinasi dan sinergitas dalam menjaga kestabilan terhadap kemungkinan gangguan keamanan dan ketertiban serta Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunanaan Peredaran Gelap Narkotika khususnya di lingkungan Rutan Kelas I Cipinang,” tutupnya

Continue Reading

nasional

Dalam Rangka Studi Tiru Pelayanan dan Peninjauan Dapur Sehati, Lapas Perempuan Bengkulu Lakukan Kunjungan ke Rutan Cipinang

Published

on

By

Lapas Perempuan Bengkulu melakukan kunjungan penting ke Rutan Kelas I Cipinang dalam upaya meningkatkan pelayanan serta fasilitas yang ada. Kunjungan ini dilakukan dengan tujuan untuk mempelajari sistem pelayanan yang telah terbukti efektif di Rutan Kelas I Cipinang, serta melakukan peninjauan terhadap fasilitas dapur bersih yang menjadi salah satu aspek vital dalam menjaga kesehatan dan nutrisi para warga binaan, Senin (13/5).

 

Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali, menyambut dengan hangat rombongan yang dipimpin oleh Kepala Lapas Perempuan Bengkulu, Gayatri Rachmi. Salah satu poin utama kunjungan ini adalah untuk mempelajari sistem pelayanan yang diterapkan di Rutan Kelas I Cipinang.

 

Dengan melihat langsung proses-proses yang telah terbukti efektif dalam memberikan pelayanan kepada warga binaan, Lapas Perempuan Bengkulu berharap dapat meniru atau bahkan meningkatkan aspek-aspek tertentu yang dapat diterapkan.

 

Selain itu, rombongan Lapas Perempuan Bengkulu juga melakukan peninjauan terhadap pelaksanaan bimbingan kegiatan, pelayanan kesehatan hingga proses pengolahan makanan Dapur Sehati di Rutan Kelas I Cipinang yang menjadi percontohan dapur bersih UPT Pemasyarakatan.

 

Dapur bersih merupakan salah satu fasilitas penting dalam sebuah UPT Pemasyarakatan, karena berkaitan langsung dengan kesehatan dan nutrisi para warga binaan. Dengan melihat langsung sistem dapur bersih yang telah terimplementasi dengan baik di Rutan Kelas I Cipinang, Lapas Perempuan Bengkulu berharap dapat memperbaiki atau meningkatkan sistem dapur bersih mereka sendiri.

 

Kepala Lapas Perempuan Bengkulu, Gayatri Rachmi, menyatakan pentingnya kunjungan ini dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan di Lapas Perempuan Bengkulu. “Kami sangat menghargai kesempatan untuk belajar dari pengalaman Rutan Kelas I Cipinang.

 

Dengan memahami sistem pelayanan yang efektif dan fasilitas yang baik, kami berharap dapat meningkatkan standar pelayanan dan menerapkannya di Lapas Perempuan Bengkulu,” ujarnya.

 

Kunjungan Lapas Perempuan Bengkulu ke Rutan Kelas I Cipinang diharapkan dapat menjadi langkah awal menuju perbaikan dan peningkatan kualitas layanan di Lapas Perempuan Bengkulu.

 

Dengan adanya kolaborasi dan pertukaran pengalaman ini diharapkan dapat tercipta sistem pemasyarakatan yang lebih baik dan lebih responsif terhadap kebutuhan warga binaan.

Continue Reading

nasional

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Gelar Praktikum Profesi Mikro di Rutan Kelas I Cipinang

Published

on

By

Mahasiswa dan mahasiswi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta dari Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi melaksanakan praktikum profesi mikro di Rutan Kelas I Cipinang. Praktikum ini bertujuan untuk mengembangkan spiritualitas dan meningkatkan kepercayaan diri warga binaan, dengan harapan menciptakan perubahan positif di lingkungan Rutan Cipinang, Senin (13/5).

 

Praktikum profesi mikro ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat yang diinisiasi oleh Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dengan tema “Mengembangkan Spiritualitas dan Meningkatkan Kepercayaan Diri untuk Mencapai Perubahan Positif”, praktikum ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dan pendampingan kepada warga binaan khususnya para santri pondok pesantren Darul At-Taubah yang berada di Rutan Kelas I Cipinang.

 

Kegiatan praktikum akan dilaksanakan selama empat hari, dimulai dari pelatihan dan pembekalan tentang konsep-konsep dasar spiritualitas dan kepercayaan diri, hingga penerapan praktis dalam kehidupan sehari-hari.

 

“Kami berharap melalui praktikum ini, para warga binaan khususnya santri pondok pesantren Darul At-Taubah dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang pentingnya spiritualitas dan kepercayaan diri dalam menghadapi berbagai tantangan di lingkungan rutan,” ungkap Abdul Aziz M.Psi, Dosen Pembimbing UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

 

Selain itu, praktikum ini juga memberikan kesempatan bagi para mahasiswa dan mahasiswi untuk turut serta dalam membangun hubungan yang lebih baik dengan para warga binaan, sehingga tercipta lingkungan yang lebih harmonis dan penuh dengan motivasi positif di dalam Rutan Kelas I Cipinang.

 

Praktikum profesi mikro ini juga diharapkan dapat menjadi salah satu upaya nyata dalam mendukung pembinaan dan rehabilitasi para narapidana, serta menciptakan lingkungan yang lebih kondusif bagi proses pembinaan dan perubahan positif di dalam Rutan Kelas I Cipinang.

Continue Reading

nasional

Peringatan Kenaikan Yesus Kristus di Rutan Kelas I Cipinang: Suatu Hak Bagi Warga Binaan

Published

on

By

Peringatan Kenaikan Yesus Kristus di Rutan Kelas I Cipinang bukan hanya sebuah acara keagamaan, tetapi juga merupakan pengingat bahwa kekuatan iman dan kasih Allah tidak mengenal batas. Acara tersebut juga menjadi bukti bahwa kebebasan beragama adalah hak asasi yang harus dihormati, bahkan bagi mereka yang sedang menjalani hukuman di dalam rutan.

 

Kepala Rutan Kelas I Cipinang Sukarno Ali menyatakan bahwa, pentingnya memberikan kesempatan kepada warga binaan untuk menjalankan ibadah sesuai keyakinan agama mereka masing-masing.

 

“Sebagai petugas pemasyarakatan, tugas kami bukan hanya menjaga keamanan dan ketertiban, tetapi juga memberikan pelayanan dan pembinaan yang menyeluruh kepada warga binaan. Kebutuhan spiritual juga merupakan bagian penting dalam pembinaan warga binaan,” ujar Sukarno Ali.

 

Acara dimulai dengan doa bersama, di mana semua yang hadir berdoa bersama-sama untuk memohon berkat dan perlindungan dari Tuhan. Kemudian, pemimpin agama Kristen di rutan memberikan renungan singkat tentang arti kenaikan Yesus Kristus. Mereka mengingatkan semua yang hadir tentang harapan, kekuatan, dan kasih yang diberikan Yesus kepada umat manusia.

 

Setelah renungan, acara dilanjutkan dengan pembacaan kitab suci, nyanyian pujian, dan beberapa kesaksian dari warga binaan yang merayakan kenaikan Yesus Kristus sebagai bagian dari iman mereka.

 

Osvaldo Sitinjak selaku Pembina Gereja Galilea Rutan Cipinang menyatakan rasa syukur atas kelancaran ibadah yang juga bekerjasama dengan tim pelayanan Paroki Kelapa Gading yang dipimpin oleh Romo Carolus Putranto untuk jemaat Katolik dan tim pelayanan Gereja International English Service yang dipimpin oleh Pendeta Micha Wattimena untuk jemaat Kristen Protestan

 

“Puji Tuhan pada hari ini kami telah melaksanakan ibadah Kenaikan Yesus Kristus ke surga dengan penuh rasa suka cita atas karunia Tuhan” ujar Osvaldo

 

Acara ditutup dengan doa bersama dan pengumuman tentang kegiatan rohani yang akan terus dilakukan di rutan, sekaligus mengajak para warga binaan nasrani untuk aktif bergabung dengan program pembinaan yang ada di Gereja Galilea

Continue Reading

Trending