Connect with us

TNI / Polri

TNI AL Lanal Lhokseumawe Terima Tim Pengawas dan Pemerikasaan It Koarmada I

Published

on

TNI AL, Aceh Utara,- Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Andi Susanto menerima Tim Pengawasan dan Pemeriksaan Inspektorat Komando Armada I (Wasrik It Koarmada I) yang dipimpin oleh Kolonel Laut (S) Dr. Ceppi Hilmansyah, S.E., S.Aos., Mab., di Lobby Mako Lanal Lhokseumawe, Jalan KKA, Desa Paloh Igeuh, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Kamis (18/01/2024) .

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan Wasrik It Koarmada I, Komandan Lanal Lhokseumawe Andi mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Tim Wasrik It Koarmada I yang merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi Lanal Lhokseumawe yang selalu siap menerima kunjungan dalam rangka pengawasan dan pemerikasaan.

“Kunjungan Wasrik merupakan kebanggaan bagi Prajurit Lanal Lhokseumawe karena semakin tertantang untuk bekerja secara profesional, karena bila tidak merasa bangga maka prajurit tidak akan pernah profesional,” ujar Danlanal Lhokseumawe.

“Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa kegiatan pengawasan dan pemeriksaan di lingkungan TNI AL merupakan bagian dari fungsi pengendalian dan sebagai tahapan penting dalam upaya mendukung suksesnya program pembinaan TNI AL,” ungkapnya.

Sementara itu, sambutan dari Kolonel Laut (S) Dr. Ceppi Hilmansyah mengatakan bahwa kehadiran mereka ke Lanal Lhokseumaee selaku partner sharing problem dan juga sebagai fungsi konsultasi dan juga bertujuan untuk meninjau efektivitas program kerja yang berjalan dimasing-masing staf satker yang berada di Lanal Lhokseumawe dan juga program-program Pembinaan Operasi dan Latihan (Binopslat) yang dilaksanakan di Lanal Lhokseumawe.

Selaku Tim Audit Kinerja It Koarmada I di wilayah kerja Lantamal I, Kolonel Laut (S) Dr. Ceppi beserta rombongan juga menguncapkan terima kasih atas sambutannya yang sangat luar biasa ini bahwa Inspektorat Koarmada I merupakan kepanjangan tangan dalam rangka pengawasan kinerja satker di jajaran Koarmada I.

Kegiatan wasrik di Lanal Lhokseumawe merupakan tindakan preventif dalam rangka mengantisipasi kemungkinan terjadinya kinerja yang kurang efesien. Fungsi wasrik dalam suatu organisasi yang maju dan modern merupakan sebuah proses dan mekanisme yang harus dilaksanakan.

Karena fungsi Wasrik menjadi suatu bagian integral dari sebuah sistem manajemen, atau lebih tegas dapat dikatakan bahwa fungsi wasrik memiliki peran yang sangat penting dan menentukan bagi kelangsungan serta keberhasilan suatu organisasi.

Sehingga tanpa diterapkan mekanisme wasrik yang efektif, maka kecenderungan terjadinya penyimpangan yang akan sulit dihindari dan sulit dideteksi secara dini, terutama dalam upaya efesiensi waktu.

Bahwa selain audit exterent, sekarang ditambah lagi audit produktif untuk memastikan kegiatan sesuai dengan ketentuan kepatuhan, efektif, efisien, ekonomis, kemudian konsalting kita akan memberikan konsalting apa yang sekiranya perlu pembimbingan dan tidak harus diangkat menjadi temuan atau kesalahan, terutama kegiatan kegiatan yang berpotensi yang nantinya akan diperiksa oleh audit external.

Sesuai aturan bahwa hasil dari Tim Wasrik akan dilaporkan kepada Panglima Koarmada I, bahwa Lanal atau Lantamal yang sudah melakukan hal-hal yang sesuai aturan telah melakukan berbagai inovasi-inovasi yang mampu mengangkat nama baik TNI AL/Lanal di wilayah kerja, maka akan dibacakan didepan Panglima Koarmada I.

(Pen Lanal Lhokseumawe)

Continue Reading

TNI / Polri

Satlinlamil 3 Terus Tingkatkan Silaturahmi Melalui Jumat Berkah

Published

on

By

TNI AL, Makassar,- Personel Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil 3) terus menjalin silaturahmi melalui Program Jumat Berkah yang dilaksanakan di Mako Satlinlamil 3 usai olahraga bersama, Jumat (26/7/2024).

 

Program Jumat Berkah ini merupakan yang ketiga kalinya dilaksanakan di lingkungan Mako Satlinlamil 3 dengan tujuan agar mendapat berkah dan meningkatkan hubungan silaturahmi antara perwira dan anggota, serta antara sesama personel.

 

Makanan yang disajikan pun beraneka ragam seperti makanan khas daerah dan makanan khas nusantara,  yang berasal dari prajurit untuk prajurit.

 

Komandan Satlinlamil 3 Kolonel Laut (P) Nur Rochmad Ibrohim, S.T., M.Tr.Hanla., menyampaikan bahwa Program Jumat Berkah ini merupakan salah satu kegiatan positif yang akan terus dilaksanakan oleh Satlinlamil 3 dengan tujuan untuk lebih mempererat tali silaturahmi sekaligus ajang untuk menyampaikan permasalahan-permasalahan personel Satlinlamil 3 sehingga akan tercipta kekompakan dan keakraban dalam menjalankan tugas kedinasan.

 

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan acara perpisahan dan pelepasan Ka. Akun Satlinlamil 3 Mayor Laut (S) Jawawi yang akan mutasi ke Lantamal VI Makassar.

 

(Satlinlamil 3)

Continue Reading

TNI / Polri

Lanal Tarempa Laksanakan Evakuasi Korban Kapal Tenggelam di Perairan Tarempa

Published

on

By

TNI AL, Kepulauan Anambas,- Pada koordinat 3°16’33.7332 N – 106° 13’34.77 E, tepatnya didepan Pulau Tarempa Kepulauan Anambas telah terjadi kecelakaan laut sebuah kapal pompong yang digunakan sebagai alat transportasi antar pulau, Jumat (26/7/2024).

 

Menerima laporan perihal kecelakaan aut tersebut, Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Ari Sukmana, S.E., M.Tr.Opsla., langsung memerintahkan Pasintel dan Pasops untuk melaksanakan SAR dan Evakuasi korban dengan menerjunkan Unsur Patkamla Tarempa dan RHIB  agar proses SAR dapat berjalan cepat dan maksimal.

 

Pasintel bersama Pasops dan Dokter BP Lanal Tarempa terjun langsung kendalikan proses jalannya SAR dan mengevakuasi semua korban laka laut di Perairan Tarempa.

 

Danlanal Tarempa menekankan agar tetap utamakan keselamatan saat pelaksanaan SAR dan Evakuasi korban mengingat waktu menjelang malam, setiap personel yang melaksanakan SAR dan Evakuasi harus dilengkapi alat pelampung.

 

Proses SAR dan Evakuasi Lanal Tarempa yang dimulai dari pukul 17.20 hingga 20.15 WIB berhasil mengevakuasi semua korban sebanyak 40 orang penumpang dengan rincian korban jiwa meninggal dunia 3 orang, korban kritis 1 orang dan korban selamat sebanyak 36 orang.

 

Sementara itu, Kepala Balai Pengobatan Lanal Tarempa bersama Bakes berjibaku melaksanakan penanganan pertama dari proses evakuasi korban di laut hingga dievakuai ke RSUD Tarempa.

 

Pasintel Lanal Tarempa menyampaikan bahwa proses SAR dan Evakuasi korban laka laut oleh Tim Lanal Tarempa berjalan dengan maksimal, aman dan lancar. Saat ini proses selanjutnya semua korban baik yang telah dinyatakan meninggal, kritis maupun yang selamat ditangani oleh RSUD Tarempa.

 

(Pen Lanal Tarempa)

Continue Reading

TNI / Polri

Aksi Cepat Tanggap Lanal Tarempa Evakuasi Korban Kapal Tenggelam di Perairan Tarempa

Published

on

By

TNI AL, Kepulauan Anambas,- Komandan Lanal Tarempa menerjunkan segenap Unsur dan Prajuritnya guna mengevakuasi Kecelakaan Laut pada koordinat 3° 16’33.7332 N – 106° 13’34.77 E, tepatnya didepan Pulau Tarempa Kepulauan Anambas, Jumat (26/7/2024).

 

Patkamla Tarempa I.4-29 dengan cepat meluncur ke lokasi tenggelamnya sebuah Kapal Pompong yang biasa digunakan untuk transportasi Security dan warga antar pulau antara Pulau Tarempa – Pulau Matak tenggelam akibat cuaca buruk.

 

Komandan Lanal Tarempa menyampaikan kepada personel yang on board di Patkamla Tarempa diantaranya Pasintel, Pasops, Dokter, Tim Media BP Lanal Tarempa dan Prajurit Lanal Tarempa agar laksanakan SAR hingga selesai serta pastikan semua korban dapat dievakuasi dan tetap perhatikan faktor keamanan mengingat waktu menjelang malam.

 

Hingga saat ini, Tim SAR Lanal Tarempa menggunakan Patkamla Tarempa masih terus melaksanakan SAR Kapal Pompong Security di Perairan Tarempa. Jumlah korban masih dalam proses evakuasi di RSUD Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas.

 

(Pen Lanal Tarempa)

Continue Reading

Trending