Connect with us

TNI / Polri

Komandan Lanal Bandung Hadiri Rapim Saka Bahari Nasional TA. 2024Komandan Lanal Bandung Hadiri Rapim Saka Bahari Nasional TA. 2024

Published

on

TNI AL, Bandung,- Komandan Pangkalan TNI Agkatan Laut (Danlanal) Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., selaku Mabisaka Bahari Kwarda Jawa Barat menghadiri Rapat Pimpinan (Rapim) Saka Bahari Nasional Tahun 2024 melalui Video Converence (Vicon) yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., selaku Ketua Majelis Pembimbing Saka Bahari Nasional, bertempat di Ruang Rapat Mako Lanal Bandung, Jalan Aria Jipang No. 8 Kota Bandung, Selasa (27/02/2024).

 

Kegiatan Rapim Saka Bahari Nasional TA. 2024 yang diselenggarakan serentak ini diikuti oleh peserta dari seluruh wilayah Indonesia dengan mengusung tema “TNI Angkatan Laut Menyelenggarakan Pembinaan Saka Bahari Tingkat Nasional TA. 2024 Untuk Mewujudkan Sumber Daya Manusia Yang Profesional dan Proporsional Untuk Meningkatkan Cinta Tanah Air, Bela Negara dan Persatuan Bangsa“.

 

Dalam sambutan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., menyampaikan rapat pimpinan ini merupakan bagian dari penyelenggaraan pembinaan Saka Bahari Nasional yang bertujuan menyamakan persepsi pembinaan Saka Bahari dalam meningkatkan semangat Bela Negara dan cinta tanah air yang berwawasan kebangsaan.

 

Oleh karena itu, sangat tepat jika Rapim kali ini mengambil tema, “TNI Angkatan Laut Menyelenggarakan Pembinaan Saka Bahari Tingkat Nasional TA. 2024 Untuk Mewujudkan Sumber Daya Manusia Yang Profesional Dan Proporsional Untuk Meningkatkan Cinta Tanah Air, Bela Negara dan Persatuan Bangsa”.

 

Tema ini mengandung makna yang sangat dalam, sebagaimana diharapkan dapat terwujud generasi muda yang memiliki wawasan kebangsaan, peduli lingkungan dan cinta bahari sebagai alat juang dalam upaya menyiapkan komponen cadangan dan pendukung bagi kepentingan pertahanan negara.

 

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki laut sebagai potensi sumber daya alam, jalur perdagangan maupun wahana pemersatu bangsa yang harus dilindungi. Oleh karena itu, menjadi tugas kita bersama untuk melindungi dan menjaga nusantara dengan segala potensinya, agar tetap terjaga kepentingan nasional kita.

 

Pramuka Saka Bahari merupakan elemen penting dalam mengelola laut di wilayah nusantara. Dalam hal ini, TNI Angkatan Laut selaku Pembina Masyarakat Maritim mengajak kepada seluruh elemen maritim terutama Saka Bahari untuk bersama-sama merawat ekosistem laut, serta menjaga keamanan dan kedaulatan laut Indonesia.

 

Selain itu, TNI Angkatan Laut juga berupaya membangun dan mempersiapkan komponen cadangan yang tangguh menghadapi ancaman, diantaranya melalui pembentukan wadah kegiatan kelautan dalam bingkai Saka Bahari. Melalui kegiatan Saka Bahari pula  diharapkan dapat terbentuk pribadi generasi muda yang berwawasan kebangsaan dan berorientasi kebaharian, serta memiliki kepedulian, kecintaan terhadap laut dan pesisir.

 

Oleh sebab itu, dalam upaya melaksanakan pembinaan Saka Bahari, diperlukan suatu keterpaduan dan sinergisitas arah dan kebijakan baik pada tingkat pusat maupun daerah. Melalui rapat pimpinan inilah diharapkan evaluasi serta rencana kegiatan Pramuka Saka Bahari dapat dirumuskan bersama.

 

Diakhir amanatnya, Kasal menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang telah memberikan perhatian dan dukungan penuh, dalam penyelenggaraan kegiatan pembinaan Saka Bahari Nasional TA 2024, uga mengucapkan terima kasih atas penyematan tanda penghargaan lencana melati, hal ini menjadi bukti bahwa TNI Angkatan Laut telah berhasil dalam upaya memberikan jasa dan pengabdian yang luar biasa bagi negara dan masyarakat.

 

Turut hadir mendampingi Danlanal Bandung, Paspotmar Lanal Bandung selaku Kapinsaka Bahari Kwarda Jawa Barat dan Pengurus Saka Bahari Binaan Lanal Bandung.

 

(Pen Lanal Bandung)

Continue Reading

TNI / Polri

Danlantamal I Lepas Keberangkatan Kapal Perang India INS Saryu P54

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., diwakili Wadan Lantamal I Kolonel Laut (P) Siswo Widodo, S.T., melepas keberangkatan Kapal Perang Angkatan Laut India INS Saryu P54, bertempat di Dermaga Pelindo 104 Belawan, Sumatera Utara, Sabtu (22/6/2024).

 

Pada kesempatan tersebut, CO INS Saryu CDR Rahul Kumar Jain mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada Komandan Lantamal I, melalui Wadan Lantamal I yang telah menyambut baik kunjungannya.

 

Kapal Perang India INS Saryu P54 sandar di Dermaga Pelindo 104 Belawan selama 3 hari dari tanggal 19 sampai dengan 22 Juni 2024, dan telah melaksanakan beberapa kegiatan untuk memperkuat kerjasama antara Angkatan Laut kedua negara, khususnya untuk meningkatkan persahabatan dan hubungan bilateral antara Pemerintah Indonesia dan India, selanjutnya  berlayar untuk kembali menuju ke negaranya India.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Aspotmar Danlantamal I, Kadis dan Kasatker Lantamal I, beserta para Komandan KRI, Prajurit Lantamal I dan Yonmarhanlan I.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI / Polri

Personel Lantamal I Beserta ABK KRI Laksanakan Olahraga Bersama Dengan ABK Kapal Perang India INS Saryu P54

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Personel Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) I beserta ABK KRI, melaksanakan Olahraga Bersama dan Senam Yoga dengan ABK Kapal Perang India INS Saryu P54, bertempat di Deck Kapal dan Dermaga Pelindo 104 Belawan, Sumatera Utara, Jumat (21/6/2024).

 

Kegiatan olahraga bersama telah dilaksanakan dengan permainan Badminton dan Bola Volly pada sehari sebelumnya di lapangan olahraga Mako Lantamal I. Kemudian pada hari ini dilanjutkan dengan Senam Yoga.

 

Adapun maksud  dilaksanakannya kegiatan tersebut untuk menjaga kebugaran jasmani, serta menjalin keakraban dan kebersamaan, serta memperkuat hubungan bilateral kedua negara, khususnya TNI AL, Lantamal I dengan Angkatan Laut India.

 

(Dispen Lantamal I )

Continue Reading

TNI / Polri

Dalam Rangka Hari Jadi Ke-16 Tahun Kabupaten Kepulauan Anambas, Danlanal Tarempa Ikuti Senam Bersama dan Jalan Santai

Published

on

By

TNI AL, Kepulauan Anambas,- Bertempat di Lapangan Sulaiman Abdullah, Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Ari Sukmana, S.E., M.Tr. Opsla Menghadiri Undangan Acara Senam Bersama dan Jalan Santai dalam rangka Memperingati Hari Jadi Ke-16 Tahun Kabupaten Kepulauan Anambas, Jumat (21/6/2024).

 

Usai melaksanakan Senam bersama dengan Bupati Kepulauan Anambas dan didampingi jajaran FKPD Kepulauan Anambas dan Jajaran Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, Komandan Lanal Tarempa mengibarkan Bendera Start sebagai tanda dimulainya pelaksanaan Jalan Santai.

 

Dalam kesempatan tersebut, Danlanal Tarempa mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas dengan menghadirkan seluruh Jajaran FKPD, OPD dan segenap lapisan masyarakat Tarempa dan sekitarnya. Sehingga Komandan Lanal Tarempa langsung hadir dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Senam bersama dan Jalan Santai.

 

Sementara itu, Bupati Kepulauan Anambas dalam sambutannya menyampaikan bahwa Senam Bersama dan Jalan Sehat Santai ini dalam rangka kita memeriahkan dan menyambut Hari Jadi 16 Tahun Kepulauan Anambas yang Insya Allah akan diperingati pada tanggal 24 Juni mendatang.

 

Selain itu, akan ada kegiatan lainnya seperti berobat gratis dan pembagian bantuan sosial yang akan dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial juga akan melengkapi rangkaian memeriahkan Peringatan Hari Jadi Ke-16 Kabupaten Kepulauan Anambas yang kita cintai bersama.

 

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Danlanal Tarempa, Danlanudal  Kapolsek Siantan, Danramil 02 Tarempa, Kepala Pos Basarnas Kabupaten Kepulauan Anambas, para Asisten dan Staf Ahli Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepala OPD Kabupaten Kepulauan Anambas, Perwakilan Pimpinan Bank di Wilayah Tarempa, serta Masyarakat Tarempa dan sekitarnya.

 

(Pen Lanal Tarempa)

Continue Reading

Trending