Connect with us

TNI / Polri

Komandan Lanal Bandung Hadiri Rapim Saka Bahari Nasional TA. 2024Komandan Lanal Bandung Hadiri Rapim Saka Bahari Nasional TA. 2024

Published

on

TNI AL, Bandung,- Komandan Pangkalan TNI Agkatan Laut (Danlanal) Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., selaku Mabisaka Bahari Kwarda Jawa Barat menghadiri Rapat Pimpinan (Rapim) Saka Bahari Nasional Tahun 2024 melalui Video Converence (Vicon) yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., selaku Ketua Majelis Pembimbing Saka Bahari Nasional, bertempat di Ruang Rapat Mako Lanal Bandung, Jalan Aria Jipang No. 8 Kota Bandung, Selasa (27/02/2024).

 

Kegiatan Rapim Saka Bahari Nasional TA. 2024 yang diselenggarakan serentak ini diikuti oleh peserta dari seluruh wilayah Indonesia dengan mengusung tema “TNI Angkatan Laut Menyelenggarakan Pembinaan Saka Bahari Tingkat Nasional TA. 2024 Untuk Mewujudkan Sumber Daya Manusia Yang Profesional dan Proporsional Untuk Meningkatkan Cinta Tanah Air, Bela Negara dan Persatuan Bangsa“.

 

Dalam sambutan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., menyampaikan rapat pimpinan ini merupakan bagian dari penyelenggaraan pembinaan Saka Bahari Nasional yang bertujuan menyamakan persepsi pembinaan Saka Bahari dalam meningkatkan semangat Bela Negara dan cinta tanah air yang berwawasan kebangsaan.

 

Oleh karena itu, sangat tepat jika Rapim kali ini mengambil tema, “TNI Angkatan Laut Menyelenggarakan Pembinaan Saka Bahari Tingkat Nasional TA. 2024 Untuk Mewujudkan Sumber Daya Manusia Yang Profesional Dan Proporsional Untuk Meningkatkan Cinta Tanah Air, Bela Negara dan Persatuan Bangsa”.

 

Tema ini mengandung makna yang sangat dalam, sebagaimana diharapkan dapat terwujud generasi muda yang memiliki wawasan kebangsaan, peduli lingkungan dan cinta bahari sebagai alat juang dalam upaya menyiapkan komponen cadangan dan pendukung bagi kepentingan pertahanan negara.

 

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki laut sebagai potensi sumber daya alam, jalur perdagangan maupun wahana pemersatu bangsa yang harus dilindungi. Oleh karena itu, menjadi tugas kita bersama untuk melindungi dan menjaga nusantara dengan segala potensinya, agar tetap terjaga kepentingan nasional kita.

 

Pramuka Saka Bahari merupakan elemen penting dalam mengelola laut di wilayah nusantara. Dalam hal ini, TNI Angkatan Laut selaku Pembina Masyarakat Maritim mengajak kepada seluruh elemen maritim terutama Saka Bahari untuk bersama-sama merawat ekosistem laut, serta menjaga keamanan dan kedaulatan laut Indonesia.

 

Selain itu, TNI Angkatan Laut juga berupaya membangun dan mempersiapkan komponen cadangan yang tangguh menghadapi ancaman, diantaranya melalui pembentukan wadah kegiatan kelautan dalam bingkai Saka Bahari. Melalui kegiatan Saka Bahari pula  diharapkan dapat terbentuk pribadi generasi muda yang berwawasan kebangsaan dan berorientasi kebaharian, serta memiliki kepedulian, kecintaan terhadap laut dan pesisir.

 

Oleh sebab itu, dalam upaya melaksanakan pembinaan Saka Bahari, diperlukan suatu keterpaduan dan sinergisitas arah dan kebijakan baik pada tingkat pusat maupun daerah. Melalui rapat pimpinan inilah diharapkan evaluasi serta rencana kegiatan Pramuka Saka Bahari dapat dirumuskan bersama.

 

Diakhir amanatnya, Kasal menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang telah memberikan perhatian dan dukungan penuh, dalam penyelenggaraan kegiatan pembinaan Saka Bahari Nasional TA 2024, uga mengucapkan terima kasih atas penyematan tanda penghargaan lencana melati, hal ini menjadi bukti bahwa TNI Angkatan Laut telah berhasil dalam upaya memberikan jasa dan pengabdian yang luar biasa bagi negara dan masyarakat.

 

Turut hadir mendampingi Danlanal Bandung, Paspotmar Lanal Bandung selaku Kapinsaka Bahari Kwarda Jawa Barat dan Pengurus Saka Bahari Binaan Lanal Bandung.

 

(Pen Lanal Bandung)

Continue Reading

TNI / Polri

Danlanal Simeulue Ikuti Fokus Group Discussion (FGD) Koarmada RI Tahun 2024 Melalui Vicon

Published

on

By

TNI AL, Simeulue,- Komandan Pangkalan TNI AL Simeulue Letkol Laut (P) Oyu Mulia Sukmana S.T., M.T., M.Tr. Opsla., mengikuti Focus Group Discussion (FGD) Koarmada RI dipimpin oleh Pangkoarmada RI Laksamana Madya TNI Dr. Denih Hendrata, S.E., M.M., CHRMP., melalui Vicon dengan tema “Konsep Bertempur Matra Laut” yang dilaksanakan selama 2 hari tanggal 14-15 Mei 2024, bertempat di Gedung Satkom Mako Lanal Simeulue, Rabu (15/05/2024).

 

Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut agar dapat fokus terhadap persoalan yang dibahas dan dapat menjadi langkah awal peningkatan potensi  Pertahanan Laut Nusantara yang handal dengan SDM Nasional guna Operasi Militer Perang (OMP) serta dapat mewujudkannya dalam Program Kerja Pembangunan Kekuatan Armada RI demi menjaga Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Turut mendampingi pada kegiatan tersebut, Pasintel Lanal Simeulue Kapten Laut (P) Amir Husin Lubis.

 

(Pen Lanal Simeulue)

Continue Reading

TNI / Polri

Kunjungan Danlanal Bintan Ke Satrad 213

Published

on

By

TNI AL, Bintan,- Komandan Lanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M.,  didampingi Pasops Lanal Bintan Mayor Laut (P) Eko Adi Susanto dan Pasintel Lanal Bintan Mayor Laut (P) Mugiyono melakukan kunjungan ke Satuan Radar (Satrad) 213 Tanjung Pinang, Rabu (15/05/2024).

 

Kedatangan Danlanal Bintan beserta rombongan disambut langsung oleh Dansatrad 213 TPI Letkol Lek Oki Hartanto, S.T., dan Ps. Kadisops Satrad 213 Tanjung Pinang Kapten Lek Andi Masserianto.

 

Pada kesempatan tersebut, Dansatrad 213 Tanjung Pinang menyampaikan ucapan selamat datang serta berterima kasih kepada Danlanal Bintan yang telah menyempatkan diri berkunjung di kesatuannya dan mengucapkan selamat bergabung di jajaran FKPD Bintan, sehingga kerjasama serta sinergitas yang selama ini sudah terbina bisa tetap dipertahankan dan terus terjaga dengan baik.

 

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Bintan juga mengucapkan terima kasih atas sambutan yang telah diberikan oleh Komandan Satrad 213. Kunjungan tersebut merupakan bagian dari kunjungan kesalah satu jajaran FKPD Bintan yang sudah terjadwal sebelumnya oleh Komandan Lanal Bintan sebagai pejabat baru di jajaran FKPD Bintan. Dengan harapan kunjungan tersebut bisa menjalin silahturahmi antar personel TNI sebagai aparat negara dalam bidang pertahanan yang bertugas dalam satu wilayah, sehingga dapat terjalin kebersamaan dalam menjalankan tugas-tugas pertahanan negara.

 

(Pen Lanal Bintan)

Continue Reading

TNI / Polri

Kenang Jasa Pahlawan, Danlanal Banjarmasin Beserta Forkopimda Kalsel Ziarah di TMP Hassan Basry

Published

on

By

TNI AL, Banjarmasin,- Dalam rangka rangkaian kegiatan memperingati HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Ke-75 Tahun 2024, Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setyawan, S.H., M.A.P., beserta Forkopimda Kalimantan Selatan turut hadir dalam Upacara Ziarah Makam Pahlawan Nasional Brigjen TNI (Purn) Hassan Basry, bertempat di Monumen Divisi IV ALRI, Jalan Ahmad Yani KM 20, Kecamatan Lianganggang, Kota Banjabaru, Provinsi Kalimantan. Kegiatan Upacara dipimpin langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan Dr. HC. H. Sahbirin Noor, S.Sos., M.H., Rabu (15/05/2024).

 

Sebelum pelaksanaan Upacara Ziarah Makam Pahlawan Nasional, kegiatan diawali dengan pelepasan kirap sepeda yang diikuti 50 orang dengan menggunakan sepeda onthel dan dilepas oleh Gubernur Kalsel beserta Forkopimda dengan rute dari depan Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin tujuan Monumen Divisi IV ALRI Liang Anggang.

 

Adapun tema peringatan HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Ke-75 Tahun 2024 “Bergerak Beimbain Gasan Banua Kita”.

 

Selesai kegiatan upacara, dilanjutkan dengan penyerahan tali asih oleh Forkopimda Kalsel kepada Tokoh Veteran sebagai wujud perhatian kepada pejuang kemerdekaan.

 

Turut hadir dalam kegiatan antara lain, Dr. HC. H. Sahbirin Noor, S.Sos., M.H., Ketua DPRD Kalsel DR. HC. H. Supian HK, S.H., M.H., Danrem 101/Ant Brigjen TNI Ari Aryanto, S.E., M.M., Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto, S.H., M.H., Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setyawan, S.H., M.A.P., Danlanud Syamsudin Noor diwakili Kadispotdirga Letkol Adm Kukuh Susilo, S.E., Kabinda Kalsel Brigjen Pol Nurullah, S.H., M.H., Kajati Kalsel M. Irwan, S.H., M.H., Kadispora Provinsi Kaslel Hermansyah, Kakanwil Kemenag Provinsi Kalsel Dr. Drs. H. Muhamad Tambirin, serta para Unsur Pejabat TNI/Polri dan instansi sipil terkait lainnya.

 

(Pen Lanal Banjarmasin)

Continue Reading

Trending