Connect with us

TNI / Polri

Waspada Penipuan! Surat Tilang E-TLE Tak Dikirim via WA Format APK

Published

on

Jakarta – Korlantas Polri kini tengah menguji coba pengiriman surat tilang melalui SMS dan WhastApp, tak lagi via pos. Masyarakat diwanti-wanti agar tidak terjebak penipuan dengan modus mengirimkan surat tilang dengan format APK.

 

 Polda Metro Jaya mencatat terdapat ribuan pemudik yang terekam kamera E-TLE melakukan pelanggaran lalu lintas selama periode mudik Lebaran tahun ini, Sabtu (20/4/24).

 

Polisi memastikan surat tilang E-TLE tidak pernah dikirim kepada pelanggar melalui pesan WhatsApp dengan format APK.

 

“Waspada modus penipuan. Ditlantas Polda Metro Jaya tidak mengirimkan surat tilang digital konfirmasi E-TLE melalui nomor WhatsApp dengan format APK,” dikutip dari akun TMC Polda Metro Jaya.

 

TMC Polda Metro Jaya mengatakan surat tilang dikirimkan melalui surat pos. Surat akan dikirimkan sesuai alamat yang tertera pada surat-surat kendaraan.

 

Polda Metro Jaya mengimbau masyarakat untuk tidak gegabah dalam menerima surat tilang yang dikirimkan melalui pesan WhatsApp dengan format APK. Masyarakat diminta melakukan pengecekan ulang ke situs resmi E-TLE jika menerima pesan modus penipuan tersebut.

 

Ka korlantas Polri Irjen Aan Suhanan mengatakan mekanisme surat tilang melalui aplikasi WhatsApp (WA) dihentikan. Alasannya, prosedur ini akan diasesmen lebih dulu.

 

” Saya sudah sampaikan juga kemarin bahwa untuk APK yang akan dilaksanakan di Polda Metro, sebenarnya APK ini baru, akan kita laksanakan asesmen. Setiap aplikasi apa pun di Polri ini kita akan melakukan asesmen,” kata Aan di gedung Korlantas Polri, Jakarta Selatan, Kamis (9/5/2024).

Continue Reading

TNI / Polri

Danlantamal I Hadiri Sertijab Danyonmarhanlan I

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., didampingi Ketua Korcab I DJA I Ny. Othy Jasiman Purba, menghadiri Upacara Pengambilan Sumpah dan Penandatanganan Pakta Integritas serta Serah Terima Jabatan (Sertijab) Danyonmarhanlan I dari  Letkol Mar Irwan Abidin, M.Tr.Opsla., CBEI., kepada Mayor Mar Remon Dabukke, M.Tr. Opsla., dipimpin oleh  Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P., CHRMP., M.Tr.Opsla., M.Han., bertempat di Lapangan Apel Mako Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah No. 01 Belawan, Selasa (23/7/2024).

 

Danpasmar I dalam sambutanya menyampaikan bahwa serah terima jabatan dalam organisasi militer adalah hal yang wajar, merupakan bagian dari pembinaan personel yang dilakukan secara berkesinambungan dan selalu berjalan secara dinamis, sebagai bagian dari Tour of Duty dan Tour of Area. Selain itu juga diharapkan dapat membawa semangat baru dalam lingkungan organisasi, dan output yang dihasilkan akan berpengaruh positif terhadap peningkatan kualitas kinerja organisasi secara menyeluruh.

 

Yonmarhanlan I sebagai salah satu unsur pelaksana Pasmar 1, bertugas membina dan menyiapkan kekuatan serta kemampuan unsur-unsur pertahanan Pangkalan dan menyelanggarakan tugas-tugas pengamanan Pangkalan, yang dalam operasionalnya dibawah tanggung jawab Danlantamal I.

 

Selesai Upacara dilanjutkan ramah tamah di Gedung OB Syaaf Mako Lantamal I.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Forkopimda Kota Medan, Pejabat Utama Pasmar I, Pejabat Utama Lantamal I, Kadis dan Kasatker Lantamal I, Pengurus Jalasenastri Korcab I DJA I, Ketua dan Pengurus Jalasenastri Korcab I Pasmar I, Instansi TNI-Polri dan Maritim Belawan, serta undangan lainnya.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI / Polri

Tournamen Futzal U-12 Piala Danposal Tanjung Uban Lanal Bintan

Published

on

By

TNI AL, Bintan,- Posal dan Posbinpotmar jajaran Lanal Bintan selenggarakan Tournamen Futzal U-12 Piala Danposal Tanjung Uban Lanal Bintan Tahun 2024 Tingkat Sekolah Dasar, bertempat di Lapangan Futsal Lanal Bintan Tanjung Uban, Selasa (23/07/2024).

 

Kegiatan Tournamen Futzal tersebut diselenggarakan baru pertama kalinya oleh Lanal Bintan, waktu pelaksanaannya tanggal 23 – 27 Juli 2024, turnamen ini sekaligus sebagai promosi kepada masyarakat Bintan bahwa lapangan tersebut selain untuk personel TNI AL yang ada di Tanjung Uban, juga terbuka untuk masyarakat Bintan.

 

Acara Pembukaan Tournamen Futsal yang ditandai dengan tendangan bola pertama kearah gawang tersebut juga dihadiri oleh seluruh peserta tournamen dengan didampingi guru pendamping. Peserta turnamen terdiri dari SDN 001 Bintan Utara, SDN 004 Bintan Utara, SDN 002 Teluk Sebong, SD Tunas Bangsa, SDN 009 Bintan Utara, SDN 10 Bintan Utara (Tim A), SD Bahtera Insani dan SDN 10 Bintan Utara (Tim B).

 

Pada kesempatan tersebut, saat menyaksikan acara Pembukaan Tournamen Futzal U-12, Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya tournamen futsal ini. Tournamen yang diselenggarakan oleh Lanal Bintan kali ini adalah sebagai salah satu ajang untuk mencari dan mengembangkan bakat anak-anak serta dapat mencari bibit-bibit pemain muda yang dapat diorbitkan ke tingkat yang lebih tinggi.

 

“Saya sangat mendukung kegiatan olahraga dilakukan secara terus menerus, karena banyak sekali manfaat olahraga. Olahraga  disamping untuk kesehatan, juga bisa membangun kebersamaan dan kekompakan. Junjung sportifitas dalam permainan, jadikan tournamen ini sebagai ajang pengembangan bakat dan memupuk kebersamaan,” ujar Danlanal Bintan.

 

(Pen Lanal Bintan)

Continue Reading

TNI / Polri

Aspers Danlantamal I Pimpin Upacara Bendera

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba S.E.,  CHRMP., yang diwakili Aspers Danlantamal I Letkol Laut (KH) A. Imam Pambudi, memimpin Upacara Bendera, bertempat di Lapangan Apel Mako Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah, No. 01  Belawan, Sumatera Utara, Senin (22/7/2024).

 

Selaku Inspektur Upacara, Aspers Danlantamal I meneruskan perintah pimpinan untuk  memberikan arahan dan informasi serta penekanan yang perlu diperhatikan oleh seluruh peserta upacara, yaitu, *Pertama*, mengajak untuk senantiasa meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan iman dalam melaksanakan tugas pengabdian di Mako Lantamal I.

 

*Kedua*, mengingatkan kembali untuk selalu menjaga kesehatan baik kesehatan diri sendiri maupun untuk keluarga, mengingat faktor kesehatan menjadi prioritas untuk dijaga karena sudah ada beberapa rekan kita yang secara tiba-tiba saat melaksanakan aktifitas harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan, sehingga ditekankan agar seluruhnya melaksanakan urikkes di Faskes yang sudah disiapkan oleh negara untuk mencegah dini dan mengetahui apabila ada penyakit dalam diri sendiri.

 

*Ketiga*, mengucapkan terima kasih kepada personel yang sudah melaksanakan Tes Samapta periode semester pertama TA. 2024.

 

*Keempat*, agar personel Mako Lantamal I yang terlibat Upacara Serah Terima Jabatan Danyonmarhanlan I di Lapangan Apel untuk melaksanakan dengan sebaik-baiknya.

 

*Kelima*, sebagai informasi bahwa pada hari Kamis tanggal 25 Juli 2024 sampai dengan selesai, Yonmarhanlan I akan dikunjungi oleh Tim Penilai Batalyon Teladan Tahun 2024 dari Mabesal, mengingat Yonmarhanlan I  sebagai Batayon Pertahanan Pangkalan di wilayah kerja Lantamal I, perlu turut mendukung dan mendoakan semoga Yonmarhanlan I terpilih sebagai Batayon Teladan Tahun 2024.

 

*Keenam*, menekankan kepada seluruh personel untuk lebih memahami ketentuan kehidupan prajurit TNI AL di Mako Lantamal I dengan  mempedomani  Trisila TNI AL, Sapta Marga dan Delapan Wajib TNI.

 

Turut hadir dalam upacara tersebut, para Kasatker Mako Lantamal I, para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Mako Lantamal I, serta prajurit Yonmarhanlan I.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

Trending