Connect with us

TNI / Polri

Perkuat Kerjasama Bilateral Indonesia dan India, Lanal Sabang Terima Kedatangan Kapal Perang Angkatan Laut India di Pulau Weh Sabang

Published

on

TNI AL, Sabang,- Komandan Lanal Sabang, Kolonel Laut (P) Gita Muharam, M.Sc., bersama Pejabat Utama Guskamla Koarmada I dan Lanudal Sabang menyambut kedatangan 2 (dua) Kapal Perang India di Pulau Weh Sabang, Kamis (23/05/2024).

 

Kedatangan Kapal Perang Angkatan Laut India di Pulau Weh Sabang memiliki tujuan untuk mempererat hubungan bilateral antar kedua negara, sekaligus melaksanakan Penutupan Patkor Indindo 42/24 yang diselenggarakan di Lounge Room Mako Lanal Sabang.

 

Demi mencapai kedekatan antara Indonesia dan India, diadakanlah kegiatan Patroli dan Koordinasi Bersama  dengan nama (Indindo Corpat) yang dilaksanakan langsung dikedua Negara, sementara tahun ini penutupan diadakan di Indonesia.

 

Pejabat dan ABK Kapal Perang Angkatan Laut India yang datang disambut hangat oleh Komandan Lanal Sabang beserta Pejabat Utama Guskamla Koarmada I dan Lanudal Sabang, ditandai dengan pengalungan bunga, serta penyambutan dengan tarian Khas Aceh bertempat di Pelabuhan CT-3 Kota Sabang.

 

Esok harinya dilanjutkan acara Penutupan Patroli dan Koordinasi (Closing Ceremoney Indindo Corpat) yang diselenggarakan di Lounge Room Mako Lanal Sabang.

 

Pejabat Angkatan Laut India sangat berterima kasih kepada Komandan Lanal Sabang beserta Pejabat Utama Guskamla Koarmada I dan Lanudal Sabang atas sambutan yang baik dan ramah untuk dirinya, dan merasa senang bisa hadir secara langsung sekaligus melaksanakan kegiatan Penutupan Patkor Indindo 42/24.

 

Turut hadir dalam kegiatan, Pejabat TNI AL Sabang, Danguskamla Koarmada I Laksamana Pertama TNI Anung Sutanto S, Sos., M.Si., KS. Guskamla Koarmada I Kolonel Laut (P) Musleh Yadi, S.E., Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Gita Muharam, M.Sc., Komandan KRI STS-376 Letkol Laut (P) Thomosa Uskarlind Larosa, M.Tr.Opsla., Danlanudal Sabang Letkol Laut (P) Ahmad Ervan G.Ch., M.Tr.Sou, M.Han., Para Pejabat Utama Guskamla Koarmada I, Para Pejabat Utama Lanal Sabang. Kegiatan juga dihadiri

Pejabat Angkatan Laut India, yakni Naval Component Commander Commodore Prashant Handu, Athan India Captain (Navy) Shiv Kumar, Konjen India, Komandan Kapal Perang India INS Kulish-P63 Cdr Ashish Delsaria., Komandan Kapal Perang India INS Chetlat-T70 Lt Cdr Ankit Kumar Singh.

 

(Pen Lanal Sabang)

Continue Reading

TNI / Polri

Wadan Lantamal I Hadiri Doa Bersama Lintas Agama Dalam Rangka HUT Ke-78 Bhayangkara

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal) I Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., diwakili Wadan Lantamal I Kolonel Laut (P) Siswo Widodo, S.T., menghadiri acara Doa Bersama Lintas Agama dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-78 melalui Vicon, bertempat di Aula Tribrata, Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Sumatera Utara, Jumat (28/6/2024).

Dalam sambutannya, Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo mengucapkan terima kasih kepada seluruh Tokoh Lintas Agama, TNI/Polri dan Organisasi Masyarakat atas kehadirannya baik itu secara daring maupun luring.

Pertemuan kali ini untuk mempererat tali silaturahmi antar umat beragama dan tentunya ini adalah momentum untuk memperkuat kebersamaan segenap bangsa dan negara.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pangdam I/BB, Kabinda Sumut, Kadisops Lanud Soewondo, Tokoh Agama dari berbagai Lintas Agama di Sumut, dan Organisasi Masyarakat.

(Dispen Lantamal)

Continue Reading

TNI / Polri

Lagi, Tim Gabungan F1QR Lanal TBA Bersama Kanwil DJBC Sumut dan KPPBC TMP C Teluk Nibung serta Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Amankan Puluhan PMI Non Prosedural

Published

on

By

TNI AL, Dumai,- Tim Gabungan F1QR Lanal TBA bersama Kanwil DJBC Sumut dan KPPBC TMP C Teluk Nibung serta Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai saat mengamankan puluhan PMI Non Prosedural yang diduga hendak berangkat menuju Malaysia tanpa jalur resmi, Sabtu (29/06/2024).

 

Tim Gabungan F1QR Lanal TBA bersama Kanwil DJBC Sumut dan KPPBC TMP C Teluk Nibung serta Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai kembali menggagalkan pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI) Non Prosedural yang diduga akan menyeberang ke Malaysia melalui jalur ilegal, Sabtu (29/06). Dalam operasi laut kali ini, Tim Gabungan berhasil mengamankan 39 orang Calon PMI Non Prosedural dan 3 orang ABK.

 

Komandan Pangkalan TNI AL Tanjung Balai Asahan Letkol Laut (P) Wido Dwi Nugraha, S.E., M.Tr. Opsla., menyampaikan bahwa berdasarkan hasil Kordinasi  yang baik antara aparat pemerintahan ini didapati Kapal Pengangkut PMI Non Prosedural yang akan diberangkatkan menuju Malaysia. Kita menyadari bahwa setiap intansi memiliki keterbatasan-keterbatasan dalam melaksanakan penindakan, namun hal ini kita atasi dengan cara melaksanakan kegiatan yang terkoordinasi, sehingga menutup celah sekecil apapun bagi para pelanggar atau pelaku tindak kejahatan di laut. Seperti yang terjadi hari ini, dimana Kapal Kanwil BC yang memiliki ukuran lebih besar melaksanakan pengejaran ketengah laut dan menutup pegerakan mereka di perbatasan sedangkan _Sea Rider Lanal TBA dan Speed Boat_ BC Teluk Nibung bergerak dari darat ke laut untuk menyekat manuver kapal pembawa PMI Non Prosedural tersebut. Metode ini dinamakan ‘Kepung Laut’, tegas perwira lulusan AAL 49 ini.

 

Selanjutnya para PMI Non Prosedural akan mendapatkan pencerahan untuk membuka wawasan kepada para PMI Non Prosedural untuk melakukan kegiatan secara resmi dari petugas Kantor Imigrasi Tanjung Balai, mengingat biaya yang dikeluarkan lewat jalur resmi tidak lebih mahal daripada lewat jalur Non Prosedural.

 

(Pen Lanal Dumai)

Continue Reading

TNI / Polri

Satlinlamil 3 Gelar Doa Bersama Serentak Jelang Puncak Peringatan HUT Kolinlamil Ke-63 Tahun 2024

Published

on

By

TNI AL, Makassar,- Menjelang pelaksanaan puncak acara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-63 Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Prajurit dan PNS Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 3 melaksanakan doa bersama di Mako Satlinlamil 3, Jalan Teuku Umar, Makassar, Jumat (28/6/2024).

 

Kegiatan doa bersama dilaksanakan secara serentak seluruh jajaran Kolinlamil, termasuk Satlinlamil 1, Satlinlamil 2, Satlinlamil 3, dan Prajurit KRI yang sedang melaksanakan tugas operasi di luar pangkalan. Untuk Satlinlamil 3 pelaksanaan doa bersama dilaksanakan di Aula Satlinlamil 3, baik yang beragama Muslim, Nasrani, dan Hindu.

 

Komandan Satlinlamil 3 Kolonel Laut (P) Nur Rochmad Ibrohim, S.T., M.Si., M.Tr. Hanla., menyampaikan bahwa doa bersama oleh seluruh Prajurit dan PNS Kolinlamil beserta jajaran dimaksudkan untuk memohon keselamatan, kelancaran dan kesuksesan dalam penyelenggaraan rangkaian kegiatan upacara militer pada puncak peringatan hari ulang tahun ke-63 Kolinlamil yang akan dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2024.

 

“Pelaksanaan doa bersama sebelum melaksanakan kegiatan merupakan bentuk keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan dalam pengabdian sebagai Prajurit Jalasena, karena segala usaha tanpa diiringi doa hasilnya tidak akan maksimal,” ujar Dansatlinlamil 3.

 

(Satlinlamil 3)

Continue Reading

Trending