Connect with us

nasional

Rutan Cipinang Tingkatkan Kualitas Hidup Warga Binaan Lewat Pengecatan Blok Hunian

Published

on

Jakarta – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan pelayanan prima bagi para warga binaan. Salah satunya dengan melakukan perawatan dan pemeliharaan blok hunian, Sabtu (22/6).

 

Perawatan dan pemeliharaan blok hunian yang di inisiasi oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali ini memerintahkan jajarannya untuk melakukan pembersihan dan pengecatan ulang setiap blok hunian dengan tujuan untuk menciptakan lingkungan yang lebih nyaman dan layak bagi para penghuni rutan.

 

“Iya kami memerintahkan jajaran untuk melakukan pengecetan setiap blok hunian dengan tujuan memberikan lingkungan yang lebih bersih dan nyaman bagi parawarga binaan dan membuat tempat ini lebih baik untuk mereka. Dengan blok hunian yang bersih dan cat baru, suasana akan lebih menyenangkan dan kondusif,” Kata Sukarno Ali

 

Kegiatan ini melibatkan Staf Pengelolaan Rutan serta para warga binaan. Mereka bekerja sama untuk membersihkan area blok hunian, mengecat dinding yang sudah kusam, dan memperbaiki kerusakan kecil. Hal ini tidak hanya mempercepat proses pengecatan, tetapi juga memperkuat rasa tanggung jawab dan kebersamaan di antara mereka.

 

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas hidup para penghuni rutan. Pengecatan ini bukan hanya tentang estetika, tetapi juga tentang menciptakan lingkungan yang mendukung proses pembinaan dan rehabilitasi,” tambahnya

 

Dengan blok hunian yang baru dicat, suasana di dalam rutan menjadi lebih segar dan menyenangkan. Para narapidana menyambut baik perubahan ini dan merasa lebih dihargai serta diperhatikan. Ini adalah salah satu bentuk nyata dari pelayanan prima yang diberikan oleh Rutan Kelas I Cipinang.

 

Seorang warga binaan yang ikut serta dalam kegiatan ini, Ridwan merasa senang bisa berpartisipasi. “Saya merasa lebih nyaman dengan kondisi blok yang baru dicat. Ini menunjukkan bahwa kami diperhatikan dan diberi kesempatan untuk hidup dalam lingkungan yang lebih baik,” ungkap salah satu warga binaan.

 

Dengan adanya kegiatan ini, Rutan Kelas I Cipinang berharap dapat terus meningkatkan kualitas hidup dan memberikan pelayanan bukan hanya kepada masyarakat tetapi juga kepada warga binaan, sehingga mereka dapat menjalani masa hukuman dengan lebih baik dan siap kembali ke masyarakat setelah selesai menjalani masa hukuman.

Continue Reading

nasional

Jelang Desk Evaluasi WBK, Inspektur Wilayah III Dorong Rutan Cipinang Menuju WBK

Published

on

By

Jakarta – Dalam rangka mewujudkan satuan kerja berpredikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang terus berupaya mempersiapkan diri menuju tahap selanjutnya yaitu tahap wawancara oleh Tim Penilai Mandiri (TPM) dari Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

 

Sebagai bagian dari proses ini, pada Jumat (27/9), Rutan Kelas I Cipinang menerima Penguatan Pembangunan Zona Integritas di Lingkungan Kantor Wilayah DKI Jakarta. Penguatan ini diberikan oleh Inspektur Wilayah III Inspektorat Jenderal Kemenkumham, Iwan Santoso didampingi oleh Kepala Bagian Program dan Humas Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Sukino serta Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Irwanto Dwi Yhana Putra.

 

Dalam sambutannya, Iwan Santoso menjelaskan mekanisme penetapan satuan kerja WBK berdasarkan PermenPANRB No. 90 Tahun 2021 serta proses desk evaluasi yang dilakukan. Sebanyak tujuh satuan kerja dari Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, yang terdiri dari lima satuan kerja Pemasyarakatan dan dua Imigrasi, telah memasuki tahapan penilaian oleh TPM. “Desk evaluasi ini merupakan bagian penting dari penilaian satuan kerja yang dinominasikan untuk Pembangunan Zona Integritas menuju WBK,” jelas Iwan.

 

Iwan Santoso juga memaparkan strategi penting dalam pembangunan Zona Integritas, seperti menciptakan komitmen nyata, semangat perubahan, serta kemudahan dan transparansi layanan. Selain itu, ia menekankan pentingnya monitoring dan evaluasi yang konsisten serta komunikasi publik yang efektif untuk memperlihatkan hasil perubahan kepada masyarakat. “Harapannya, seluruh satuan kerja yang mengikuti desk evaluasi ini dapat meraih predikat WBK,” tambahnya.

 

Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Irwanto Dwi Yhana Putra turut menyampaikan apresiasinya atas dukungan dan penguatan yang diberikan. “Kunjungan ini memberikan kami motivasi yang besar untuk terus melangkah maju. Kami berkomitmen kuat untuk meraih predikat WBK dan membuktikan bahwa Rutan Cipinang dapat menjadi satuan kerja yang bersih, transparan, dan akuntabel,” ujar Irwanto.

 

“Semoga dengan adanya penguatan dari Inspektur Wilayah III Inspektorat Jenderal Kemenkumham, Iwan Santoso ini, Rutan Cipinang semakin bersemangat dan tetap menjaga kekompakan dan kerja keras untuk menghadapi tahapan penilaian serta dapat mewujudkan Rutan Cipinang meraih predikat WBK di Tahun 2024,” tegas Karutan bersemangat.

Continue Reading

nasional

Humas Bergerak Bersama: Rutan Cipinang Berpatisipasi Bangun Citra Pemasyarakatan

Published

on

By

Jakarta – Perkuat sinergi dalam membangun citra Pemasyarakatan di mata publik, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) telah melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pembentukan Agen Informasi dan Publikasi Pemasyarakatan Tahun 2024. Kegiatan yang bertajuk “Sinergi Merajut Citra Pemasyarakatan yang Berdampak” #HumasBergerakBersama ini berlangsung selama 3 hari dari tanggal 24 s/d 26 September 2024.

 

Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas), Reynhard Silitonga yang membuka secara langsung pada hari pertama menyampaikan bahwa citra positif bukan hanya soal bagaimana masyatakat melihat institusi pemasyarakatan, tetapi juga tentang bagaimana pemasyarakatan dapat membangun kepercayaan dan dukungan dari masyarakat untuk setiap program pembinaan dan kebijakan yang dijalankan. Untuk itu, dibutuhkan senergi demi publikasi yang lebih luas dan optimal.

 

Pada hari Ketiga, acara ditutup oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Supriyanto yang juga memberikan sambutan dan apresiasi kepada para peserta yang telah berperan aktif dalam kegiatan selama beberapa hari. Supriyanto menekankan pentingnya peran humas dalam menyebarluaskan informasi positif terkait Pemasyarakatan kepada publik. “Humas merupakan ujung tombak penyebaran informasi. Dengan adanya agen-agen informasi yang terlatih, kita dapat membangun citra positif serta meningkatkan transparansi layanan di lingkungan Pemasyarakatan,” ungkapnya

 

Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Irwanto Dwi Yhana Putra bersama Tim Humas Rutan Cipinang yang ikut andil langsung sebagai salah satu dari 150 peserta di 54 UPT Pemasyarakatan seluruh Indonesia yang berkontribusi dalam pembentukan agen informasi dan publikasi pemasyarakatan tahun 2024 mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kesempatan yang berharga untuk berbagi ilmu tentang kehumasan dan menyamakan persepsi di antara Tim Humas UPT Pemasyarakatan se-Indonesia.

 

“Hari ini kami banyak mempelajari hal baru, terutama mengenai peran strategis kehumasan dalam membangun citra positif, baik di dalam lingkungan kerja kita sendiri maupun di pemasyarakatan secara keseluruhan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap pemasyarakatan, yang merupakan langkah penting dalam membangun hubungan yang lebih baik dengan masyarakat, sekaligus memperkuat komitmen kami dalam menjalankan tugas,” ujar Irwanto

 

Lebih lanjut, Irwanto mengucapkan Terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Panitia Rakor Humas DitjenPAS 2024.

 

“Penyelenggaraan kegiatan ini berlangsung sukses dan lancar, Semoga hasil dari kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar serta keberkahan bagi kita semua, baik dalam menjalankan tugas maupun dalam menjalin hubungan yang lebih baik ke depannya. Salam hormat, Rutan Cipinang,” Tutupnya

Continue Reading

nasional

Hadirkan Ustad Akri (Patrio), Momen Keceriaan dan Khidmat Rutan Cipinang Muncul Dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H

Published

on

By

Jakarta – Rutan Kelas I Cipinang menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H / 2024 M dengan penuh makna. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari pegawai, warga binaan, Aparat Penegak Hukum (APH) hingga stakeholder terkait, dan berlangsung meriah, (Rabu 25/09).

 

Acara dimulai dengan Dzikir, Tahlil, dan Manaqib yang diikuti oleh seluruh santri warga binaan. Suasana khusyuk menyelimuti Rutan Cipinang saat semua hadirin mengangkat tangan, memanjatkan doa dan harapan agar setiap langkah kita senantiasa dalam ridho Allah SWT.

 

Selanjutnya, pembacaan Maulid Simtud Dhuror oleh Abuya KH. Amir Hamzah menjadi momen yang sangat dinantikan. Dengan suara merdu dan penuh penghayatan, beliau membawakan syair-syair indah tentang kehidupan Nabi Muhammad SAW, mengingatkan semua yang hadir tentang akhlak dan sifat mulia sang Nabi.

 

Dalam laporannya, Irwanto, selaku Ketua Panitia dan Kepala Rutan Kelas I Cipinang, menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mensukseskan acara ini.

 

“Kegiatan ini bukan hanya sekedar peringatan, tetapi juga menjadi wahana untuk mempererat silaturahmi dan menumbuhkan rasa cinta kepada Nabi,” ungkapnya. Irwanto juga berharap agar momentum ini dapat memperkuat komitmen semua untuk meneladani sikap dan perilaku Nabi Muhammad.

 

Sambutan yang disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, R. Andika Dwi Prasetya, juga memberikan warna tersendiri pada acara ini. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya meneladani nilai-nilai luhur Nabi Muhammad dalam menjalani kehidupan sehari-hari khususnya untuk warga binaan yang sekarang masih tinggal dari balik jeruji. “Maulid Nabi harus menjadi pendorong bagi kita untuk berbuat kebaikan dan menjauhi keburukan,” ujarnya, disambut dengan aplaus hangat dari warga binaan.

 

Acara puncak adalah tausiah agama oleh Ustad Akri (Patrio). Mantan pelawak ini mampu membuat suasana menjadi lebih ceria meskipun tema yang diangkat serius. Dengan gaya humoris yang khas, Ustad Akri mengawali tausiah dengan sebuah guyonan untuk menyemangati warga binaan, “Hari ini kamu, bisa jadi besok aku, bisa jadi besok bapak-bapak di depan yang berseragam ini diuji seperti kalian!”.

 

Tausiah yang disampaikan mengajak semua hadirin untuk lebih memahami ajaran Nabi, terutama dalam konteks toleransi dan saling menghormati. Ustad Akri menambahkan, “Kita semua harus ingat, Nabi tidak pernah membedakan orang berdasarkan status. Jadi, jangan mau dibedakan hanya karena kita di dalam Rutan. Yang penting, kita sama-sama berusaha jadi lebih baik!” tegasnya saat memberi tausiah.

 

Acara ditutup dengan do’a penutup yang dipimpin oleh Kyiai Mashuri. Dalam doanya, beliau memohon agar umat Islam selalu diberi petunjuk dan dilindungi dari segala bentuk keburukan. Doa ini mengharapkan agar semua yang hadir dapat mengambil hikmah dari peringatan Maulid Nabi ini untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.

 

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Rutan Kelas I Cipinang tidak hanya menjadi ajang seremonial, tetapi juga sebagai pengingat akan pentingnya nilai-nilai moral dan spiritual dalam menjalani hidup. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan semangat baru bagi semua untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih mencintai ajaran Nabi Muhammad SAW.

Continue Reading

Trending