Connect with us

nasional

Bertukar Ilmu dan Inovasi, Rutan Cipinang Terima Kunjungan Studi Tiru Rutan Bengkulu

Published

on

Jakarta – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta kembali menerima kunjungan dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Bengkulu untuk melakukan studi tiru dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik bagi Masyarakat dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Senin (22/1).

Studi tiru yang dipimpin oleh Kepala Rutan Kelas IIB Bengkulu, Farizal Antony bersama rombongan disambut baik oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Kelas I Cipinang, Febrian Sony yang mewakili Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali. Mengawali kegiatan studi tiru, Rutan Kelas I Cipinang dan Rutan Kelas IIB Bengkulu melaksanakan diskusi dan sharing untuk berbagi pengetahuan dalam pelayanan publik.

Kemudian rombongan di ajak untuk melihat langsung ke area pelayanan kunjungan, mulai dari applikasi senyaman, pendaftaran, ruang pemeriksaan, ruang kunjungan. Lalu rombongan juga melihat pelayanan kesehatan dan Bimbingan Kegiatan yang ada di Rutan Cipinang.

Selain itu, Rutan Kelas IIB Bengkulu juga meninjau inovasi unggulan yang ada di Rutan Kelas I Cipinang, yaitu Dapur Ruci Sehati (Dapur Rutan Cipinang Sehat, Enak, Higienis, Amanah, Terampil dan Indah) yang merupakan hasil transformasi dan inovasi yang telah dibuat oleh Rutan Kelas I Cipinang atas capaiannya dalam perubahan serta perbaikan dapur sehingga dapat meningkatkan layanan pemenuhan makanan sehat bagi warga binaan.

Setibanya di area Dapur, Rombongan Rutan Kelas IIB Bengkulu melakukan komunikasi tanya jawab dengan petugas yang bekerja dibagian dapur mengenai penyediaan makanan dari mulai pemilihan bahan makanan, cara membersihkan baik bahan makanan atau kebersihan lingkungan, memasak, menyajikan sampai pendistribusian makanan kepada warga binaan.

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Kelas I Cipinang, Febrian Sony mengucapkan terimakasih atas kedatangannya dan jadikan moment kunjungan ini sebagai motivasi dan ajang belajar bersama untuk memberikan pelayanan terbaik baik bagi masyarakat dan warga binaan.

“Kunjungan ini diharapkan dapat sebagai motivasi dan ajang belajar bersama dalam upaya memberikan pelayanan terbaik ke warga binaan,” pungkasnya.

Continue Reading

nasional

Ciptakan Insan Berakhklak Dan Berbudi Pekerti, Rutan Cipinang Bersama YPMBPBI Laksanakan Pelatihan “Who Am I”

Published

on

By

Jakarta – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang bersama Yayasan Pelatihan Moralitas Budi Pekerti Bangsa Indonesia (YPMBPBI) melaksanakan kegiatan Pendidikan Moralitas tentang “Who Am I” untuk menciptakan insan-insan yang berakhklak dan berbudi pekerti bagi Petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan, Sabtu (18/5).

 

Kepala Sub Seksi Bantuan Hukum dan Penyuluhan Tahanan, Dani Diyaulhaq yang mewakili Kepala Rutan Kelas I Cipinang menyampaikan apresiasi kepada YPMBPBI atas terselenggaranya kegiatan ini. “Saya berharap ini dapat memberikan manfaat bagi warga binaan Rutan Cipinang dalam meningkatkan moralitas dan budi pekerti mereka, sehingga dapat menjadi pribadi yang lebih baik serta bermanfaat bagi masyarakat nantinya,” ujarnya.

 

Pelatihan ini menghadirkan narasumber Ibu Erina Wongso selaku Pembina dan Pendiri YPMBPBI sekaligus menyampaikan materi tentang “Who Am I”. Dalam materinya, Ibu Erina Wongso mengajak para peserta untuk merenungkan jati diri mereka dan bagaimana mereka dapat menjadi pribadi yang berakhlak dan berbudi pekerti.

 

“Kami percaya bahwa setiap individu memiliki potensi untuk berubah dan berkembang. Kami mempunyai harapan dan visi bahwa penjara kosong bisa terwujud dengan melatih moralitas para warga binaan,” ungkap Erina Wongso

 

Dalam kesempatan itu, Kepala Sub Seksi Bimbingan Kegiatan Rutan Cipinang, Irvan Fahrudin mengatakan kegiatan ini diikuti oleh 80 orang warga binaan yang merupakan perwakilan dari setiap kamar hunian. Para peserta mengikuti pelatihan dengan antusias dan aktif dalam sesi tanya jawab.

 

“Meski tidak semuanya bisa ikut dengan perwakilan ini diharapkan peserta dapat menularkan atau membagikan ilmu yang didapat kepada rekan-rekan sekamarnya yang tidak mengikutinya dan saya juga mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Pelatihan Moralitas Budi Pekerti Bangsa Indonesia yang telah berkontribusi positif dalam memberikan wawasan dan motivasi kepada kami Rutan Cipinang,” tutupnya.

Continue Reading

nasional

Melodi Tanpa Batas, Band Bimgiat Rutan Cipinang Tampil Di Jakarta Marketing Week 2024

Published

on

By

Jakarta – Musik merupakan bahasa yang global, dimana musik sebagai wujud menyampaikan perasaan, situasi dan keadaan yang digambarkan secara imajinatif dan dengan satu keselarasan serta perekat satu kesatuan dalam kebersamaan, kreasi musik tidak memandang perbedaan baik masyarakat dan warga binaan.

 

Group Band Musik besutan Bimgiat Rutan Cipinang yang terdiri dari warga binaan kembali mendapatkan kesempatan untuk hadir dalam kegiatan Jakarta Marketing Week 2024 di Grand Atrium Kota Kasablanka. Jakarta Marketing Week 2024 (JMW) adalah platform yang menjadi ajang implementasi brand activation dari kalangan brand manager, marketing communication dan product manager.

 

Kegiatan yang diinisiasikan oleh MCorp (MarkPlus) ini memiliki Tema “Human + Tech = Impact”yang diselenggarakan selama lima hari berturut-turut mulai tanggal 15 sampai 19 Mei 2024, acara ini menghadirkan ragam diskusi mengenai pemanfaatan teknologi dalam pemasaran, bersama para brand manager, marketing communication, hingga product manager.

 

Dalam acara JMW yang ke 12 ini Grup band Bimgiat Rutan Cipinang ini berhasil mengundang decak kagum para tamu undangan dan juga pengunjung dengan membawakan beberapa lagu. Terlebih, musik dan lagu yang dibawakan adalah ciptaan sendiri dengan pengalaman pribadinya didalam jeruji besi semakin mencuri perhatian pengunjung.

 

Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali yang diwakili oleh Kepala Sub Seksi Bimbingan Kegiatan Rutan Cipinang, Irvan Fahrudin ikut hadir dalam acara tersebut memberikan semangat dan dukungan kepada warga binaan yang tampil.

 

Hal ini lah yang menjadi momen sangat baik bagi warga binaan untuk menunjukan kepada masyarakat bahwa di dalam Rutan ada kegiatan yang mewadahi warga binaan dalam beraktivitas dan melakukan kegiatan yang positif.

 

“Semoga dengan adanya kegiatan ini tidak semata-mata hiburan saja, namun lebih dari itu ada pembinaan kreativitas pada warga binaan. Hal ini bertujuan agar kelak ketika warga binaan keluar mereka tetap percaya diri karena sudah mempunyai bekal keterampilan bermain musik dan Rutan Kelas I Cipinang bisa terus bersinergi dengan pihak eksternal atau stakeholder lainnya,” harapannya.

Continue Reading

nasional

Khofifah-Emil Dardak Resmi Mendapat Dukungan Golkar di Pilkada Jatim 2024

Published

on

By

Jakarta – Partai Golkar malam ini telah resmi memberikan dukungan kepada Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak untuk maju sebagai gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Jawa Timur (Jatim) 2024.

 

Dukungan itu diberikan Airlangga Hartarto Ketua Umum DPP Partai Golkar, di Rumah Dinasnya, Kompleks Menteri Widya Chandra, Jakarta Selatan.Jumat.(17/5/2024)

 

Pada kesempatan itu, Khofifah dan Emil yang hadir di Rumah Dinas Menko Perekonomian menerima map warna kuning berisi rekomendasi dari Partai Golkar.

 

Kepada media, Airlangga mengatakan, alasannya mendukung Khofifah dan Emil untuk melanjutkan keberhasilan pembangunan di Jatim.

 

Apalagi, pada Pilkada Jatim 2018, Golkar juga memberi dukungan kepada Khofifah-Emil Dardak. “jadi Golkar konsisten,” Ujar Airlangga.

 

Menanggapi rekomendasi tersebut, Khofifah dan Emil mengungkapkan terimakasi kepada Partai Golkar.

Khofifah menilai dukungan dari Golkar merupakan mandat yang sangat berharga.

 

“Sehingga kami akan jalankan tugas dalam proses kemenangan. Doakan kami bisa menangkan proses pilgub bulan November akan datang,” pungkas Khofifah.

Continue Reading

Trending