Connect with us

TNI / Polri

Danlantamal I Hadiri Bazar TNI Secara Serentak Dalam Rangka Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M

Published

on

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E.,  CHRMP., menghadiri kegiatan Bazar TNI secara serentak, dibuka oleh  Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto diwakili Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Bambang Ismawan, dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M melalui Vicon, bertempat di Lapangan Sejati Pratama, Jalan Karya Jaya No.28, Medan, Sumatera Utara, Selasa (02/4/2024).

 

Dalam sambutannya, Kepala Staf Umum (Kasum) TNI menyampaikan bahwa kegiatan bazar ini dilaksanakan untuk  memberikan manfaat kepada masyarakat dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Harapannya bisa terbantu, dimana pada bazar tersebut tersedia berbagai macam kebutuhan pokok maupun harian yang dijual dengan harga yang lebih murah dari pada harga pasar.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pangdam I/BB, Ketua Korcab I DJA I beserta Pengurus, Danlanud Soewondo Medan, Dankosek I Medan, Prajurit dan PNS TNI AD, AL dan AU.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI / Polri

Aparat Gabungan Berhasil Amankan Homeyo, Masyarakat Kembali dari Pengungsian dan Pesawat Sipil Bisa Beroperasi Kembali di Bandara Pogapa

Published

on

By

Timika,  – Pasca beberapa kali aksi serangan yang dilancarkan oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) di wilayah Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya, Aparat Gabungan terus aktif mengamankan wilayah setempat. Aksi OPM mengganggu keamanan Homeyo tidak surut berhenti, dimulai sejak serangan terhadap Polsek Homeyo pada tanggal 30 April 2024 yang mengakibatkan seorang remaja bernama Alexsander Parapak meninggal dunia.

 

Serangan OPM berikutnya adalah aksi pembakaran bangunan SD Inpres Pogapa pada Rabu (1/5/2024), dilanjutkan upaya penyerangan terhadap Koramil 1705-05/Homeyo pada Kamis (2/5/2024). Aksi-aksi gangguan OPM tersebut akhirnya dibungkam dengan perebutan cepat 20 menit oleh Komando Operasi TNI (KOOPS TNI) HABEMA dan Satgas NANGGALA KOPASSUS, yang pada akhirnya bisa mengevakuasi jenasah Alexsander Parapak.

 

Pasca perebutan cepat tersebut, Aparat Gabungan aktif menggelar Operasi Pengamanan wilayah Distrik Homeyo, baik melalui patroli maupun pengejaran dan penindakan terhadap personel OPM yang berusaha mengganggu kembali Homeyo. Aparat Gabungan tersebut melibatkan satuan jajaran KOOPS TNI HABEMA, Satgas NANGGALA KOPASSUS serta Aparat Kewilayahan TNI AD yakni Kodim Persiapan Intan Jaya yang dipimpin oleh Letkol Inf Cecep Cahyadi.

 

Akhirnya, usaha dan kerja keras Aparat Gabungan membuahkan hasil maksimal pada hari Sabtu pagi tanggal 18 Mei 2024, tepatnya pukul 08.30 WIT. Pagi itu, seluruh warga Distrik Homeyo, baik kaum pria, wanita dan anak-anak, kembali ke wilayah Homeyo dari tempat pengungsian. Banyak warga yang telah mengungsi selama hampir 3 minggu dan kemudian mengambil keputusan kembali ke kampung halamannya di Homeyo. Keputusan tersebut diambil setelah mereka mengetahui keadaan yang kondusif di Homeyo pasca diamankan oleh Aparat Gabungan. Bahkan, untuk menunjukkan kegembiraannya, seluruh warga yang kembali tersebut menari-nari kegirangan dalam Tarian Adat “WAITA” di tengah-tengah landasan Bandara Perintis Pogapa.

 

Menindaklanjuti kegembiraan warga, Bapak Hengki Bagubau selaku Sekretaris Distrik Homeyo menyampaikan rasa terima kasih atas karya Aparat TNI HABEMA yang berhasil membuat warga Homeyo kembali dari pengungsian.

 

Pada kesempatan yang sama, turut pula perwakilan warga yang mengapresiasi kinerja Aparat Gabungan di Homeyo, meliputi Bapak Markus selaku Ketua Gereja GKI Klasis Homeyo, Bapak Yansen Bagubau sebagai Pewarta Gembala Katolik serta Mama Martina Bagubau yang mewakili kaum wanita Homeyo.

 

Keberhasilan Aparat Gabungan dalam mengamankan wilayah Homeyo juga disambut gembira oleh sejumlah Maskapai Penerbangan Sipil yang selama ini beroperasi menggunakan Bandara Perintis Pogapa. Sabtu pagi itu, setelah mengetahui Homeyo dalam keadaan aman, sebuah pesawat sipil jenis Caravan telah berhasil landing dan take-off dari landasan Bandara Perintis Pogapa dalam keadaan aman tanpa gangguan sama sekali.

 

“Keberhasilan Aparat Gabungan menjaga keamanan Distrik Homeyo, serta mengembalikan warga dari pengungsian dan mengoperasionalkan kembali Bandara Perintis Pogapa, merupakan tindakan nyata dalam mewujudkan situasi keamanan wilayah yang kondusif guna mendukung semua proses percepatan pembangunan Papua,” ucap Panglima KOGABWILHAN III, Letjen TNI Richard T.H. Tampubolon, pasca menerima laporan keberhasilan tugas di Homeyo.

Continue Reading

TNI / Polri

Kunjungan Kerja Danlanal Simeulue Ke Posal Labuhan Bajau

Published

on

By

TNI AL, Simeulue,- Komandan Pangkalan TNI AL Simeulue Letkol Laut (P) Oyu Mulia Sukmana, S.T., M.T., M.Tr. Opsla., melaksanakan Kunjungan Kerja ke Posal Labuhan Bajau, Jum’at (17/05/2024).

 

Kunjungan Kerja Danlanal Simeulue tersebut bertujuan untuk mengecek dan melihat situasi dan kondisi keberadaan Posal Labuhan Bajau.

 

Peninjauan Posal secara langsung oleh Danlanal Simeulue merupakan bentuk perhatian pimpinan terhadap personel Lanal Simeulue yang ada di lapangan.

 

Kunker Komandan Lanal tersebut sekaligus ajang silaturahmi terhadap bawahan yang berada digaris terdepan sebagai Pengawak Posal, dan membahas kendala maupun situasi terkini di Wilayah Kerja Posal tersebut.

 

Hadir dalam kegiatan, Pjs. Danposal Labuhan Bajau Letda Laut (P) Ardiansyah Koto beserta Personel Pengawak Posal Labuhan Bajau.

 

(Pen Lanal Simeulue)

Continue Reading

TNI / Polri

Lanal Simeulue Laksanakan Upacara Bendera 17 Mei 2024

Published

on

By

TNI AL, Simeulue,- Pangkalan TNI AL Simeulue melaksanakan Upacara Bendera 17-an Bulan Mei 2024, bertindak selaku Inspektur Upacara Komandan Pangkalan TNI AL Letkol Laut (P) Oyu Mulia Sukmana, S.T., M.T., M.Tr. Opsla., bertempat di Lapangan Apel Mako Lanal Simeulue, Jum’at (17/05/2024).

 

Komandan Pangkalan TNI AL Simeulue selaku Inspektur Upacara membacakan amanat Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., pada Upacara Bendera 17 Mei 2024.

 

Dalam amanatnya Kasal menyampaikan beberapa penekanan. Pertama, Tingkatkan Keimanan dan Ketakwaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan selalu beribadah dan berdoa, sebagai landasan utama dalam setiap pelaksanaan tugas.

 

Kedua, Tingkatkan disiplin, dedikasi, loyalitas dengan senantiasa berpedoman kepada Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan Trisila TNI Angkatan Laut, serta Panca Prasetya Korpri sebagai jati diri dalam melaksanakan tugas.

 

Ketiga, Cermati dinamika lingkungan strategis yang sulit diprediksi, guna mengantisipasi setiap perubahan situasi dan kondisi yang terjadi dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan tugas TNI Angkatan Laut.

 

Keempat, Hindari segala bentuk pelanggaran dan bijaklah dalam merespon berbagai informasi di media sosial yang dapat merugikan diri sendiri serta mencoreng nama baik institusi TNI Angkatan Laut, dilarang menyebarkan informasi maupun dokumen yang bukan menjadi tanggung jawab dan kewenangan kalian.

 

Kelima, Tetap Jaga Netralitas TNI Angkatan Laut pada Pilkada Serentak Tahun 2024.

 

(Pen Lanal Simeulue)

Continue Reading

Trending