Connect with us

Metro

PT Pertamina (Persero) Bersama Bappenas Penandatangan Kerja Sama (MoU) Untuk Pengembangan Kebijakan Energi Berkelanjutan

Published

on

Jakarta – Dunia saat ini sedang bergulat dengan triple planetary crisis yang mengacu pada perubahan iklim, keanekaragaman hayati, serta polusi dan limbah. World Economic Forum dalam Global Risks Report (2023) menyatakan krisis tersebut menjadi momentum mempercepat transisi energi dan menuju ekonomi hijau.

 

Transisi energi disinyalir dapat mengurangi emisi CO2 hingga 70 persen pada 2050. Namun, Indonesia menghadapi tantangan trilema energi untuk mencapai kemandirian energi nasional.

Menyikapi hal ini, PT Pertamina (Persero) bersama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) melakukan penandatangan kerja sama (MoU) untuk pengembangan kebijakan energi berkelanjutan. Mou dilakukan di Gedung Bappenas, Jakarta pada Senin (10/6/2024).

 

“Kebutuhan energi tidak bisa hanya dengan cara yang sudah-sudah, tetapi dengan cara-cara yang bersamaan dengan concern terhadap triple planetary crisis.

 

Hari ini peran minyak dan gas bumi sebagai energi primer kita masih besar, masih 30 persen untuk minyak, dan 16 persen untuk gas bumi namun kita seakan-akan hanya mengandalkan ini saja,” ujar Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa

“Untuk itu, pengembangan minyak dan gas bumi ke depannya perlu inovasi bagaimana kita bisa menghasilkan energi yang rendah emisi,” imbuhnya.

 

Trilema energi mengacu pada ketahanan energi, affordability, dan sustainability. Laporan World Energy Council (2024) menunjukkan negara yang berhasil mengelola ketahanan energi adalah yang mampu menyeimbangkan ketiga aspek trilema energi.

 

Artinya, strategi ketahanan energi tidak hanya fokus pada aspek ekonomi dan teknis, tetapi juga harus mempertimbangkan dampak lingkungan jangka panjang.

 

“Saya juga ingin apresiasi Pertamina untuk membentuk Pertamina Sustainibility Expert sebagai hub education and training center, dan hari ini kita akan tanda tangani kerja sama itu, utamanya untuk memperkuat ketahanan energi dan mempercepat hilirisasi migas yang environment-friendly dan juga menjanjikan kesejahteraan,” jelas Suharso.

 

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, juga menekankan pentingnya aspek keberlanjutan dalam kolaborasi.

“Saya mengucapkan terima kasih karena nanti kami bukan hanya bisa align dengan RPJPN dan RPJMN, namun ada juga PKS yang dari sisi implementasi.

 

Bukan hanya penyusunan kebijakan yang kami align-kan, tapi kami juga ikut aktif dalam implementasi perencanaan kebijakan tersebut,” ungkap Nicke.

 

PKS ini menegaskan pentingnya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainability Development Goals (TPB/SDGs) dalam proses bisnis Pertamina, yang diwujudkan melalui pelaksanaan Environmental, Social, and Governance (ESG) dan TPB/SDGs yang terintegrasi dalam Pertamina Sustainability Expert.

 

Untuk meningkatkan efisiensi dan inovasi berkelanjutan, kerja sama ini juga melingkupi pemanfaatan teknologi dan peningkatan kualitas SDM.

 

“Ini adalah awal perjalanan kita bersama yang akan kita detailkan menjadi langkah konkret yang bisa mewujudkan dan mempercepat penyerapan tenaga kerja yang semakin banyak untuk meningkatkan PDB Indonesia, sekaligus membawa kita menuju Indonesia Emas 2045,” tutup Nicke.

Continue Reading

Metro

Anak Abah Gelar konsolidasi Relawan Anies Tema “Menuju Pilkada DKJ dan Pendirian Ormas/Partai

Published

on

By

Jakarta – Konsolidasi Anak Abah mengadakan agenda konsolidasi Relawan Anies (Anak Abah) dengan tema “Menuju Pilkada DKJ dan Pendirian Ormas/Partai.Sabtu (28/9/2024)

 

Adapun statement Eka Jaya selaku Ketua Umum Pejabat menyatakan,”Kami mengadakan agenda ini sebagai bentuk kekhawatiran kami akan apa yang sudah kami rasakan, dimana relawan Anies harus berdiri tegak dengan keputusan awal, yakni harus tetap menjadi pejuang dan mengawal Anies, dalam bentuk kotak kosong apalagi kita tahu bahwasanya kamu paham di rezim ini banyak kezaliman yang terjadi, dengan salah satu faktanya adalah Pilkada di DKJ,”.

 

“Saya selaku Ketua Umum Jaga Anies adalah kita harus tahu, keputusan apapun harus kita jaga dan kawal, terutama kepemimpinan Anies ini adalah hal yang bermanfaat dan bermaslahat, dengan kotak kosong adalah aspirasi terbaik bagi kami, mari Relawan Anies harus berdiri tegak dan mengawal Anies Baswedan,” jelas Bastoni pada awak media.

Continue Reading

Metro

Relawan Jaya Center Gelar Deklarasikan dan Mendukung Pramono Anung & Rano Karno Sebagai Calon Gubernur-Wakil Gubernur 2024-2029

Published

on

By

Jakarta, 28 September 2024 – Relawan Jaya Center Mendeklarasikan dan Mendukung Pramono Anung & Rano Karno Sebagai Calon Gubernur-Wakil Gubernur 2024-2029 Di GOR Rawamangun pada hari Sabtu, 28 September 2024.

 

akan mengajak warga Jakarta untuk mendukung janji Mas Pram-Bang Doel mengembalikan PBB gratis seperti era Anies yang mengalami perubahan di era pasca Anies,” kata Chepy.

 

PBB digratiskan Era Anies, yakni yang nilai NJOP Rp2 miliar ke bawah. Ini meningkat dari era Ahok untuk NJOP bernilai Rp1 miliar. Kebijakan Pj Gubernur era pasca Anies, PBB gratis diubah hanya berlaku untuk satu lahan/rumah yang dimiliki warga. Bagi yang memiliki lebih dari satu, untuk selebihnya itu tetap diwajibkan bayar pajak.

 

“Warga asli Jakarta itukebanyakan keluarga besar dan rumahnya dipecah dalam petak-petak. Dengan dikembalikan bebas PBB untuk NJOP di bawah Rp2 miliar jelas sangat membantu. Apalagi, masyarakat menengah bawah saat ini menghadapi ekonomi dalam situasi tidak baik-baik,” tegas Chepy.

 

Selain itu, relawan juga akan mengajak warga mendukung janji Pramono Anung akan memberlakukan sekolah swasta gratis, yang bukan untuk sekolah elit seperti BINUS, CIS, Al Azhar atau Lab School.

 

“Sebelumnya, Dinas Pendidikan Provinsi Jakarta pernah menyatakan di media massa akan mengandeng 2.900 sekolah swasta dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK se-Jakarta untuk program sekolah gratis, tapi belum terealisasi,” ungkap Jeremia, dewan pengarah Jaya Center, menambahkan.

 

“Kalau Mas Pram jadi gubernur nanti janji akan benar-benar mengratiskan, jelas sangat membantu gen Z dari keluarga kurang mampu di Jakarta. Relawan akan all out mengajak warga supaya Gen Z Jakarta tidak ada lagi yang pendidikannya hanya sampai di bawah SMA dan SMK. Akan berdampak besar meningkatkan kualitas SDM Jakarta berpotensi memperbanyak lulusan sarjana,” pungkas Jeremia.

Continue Reading

Metro

Relawan Abah Gelar Bimtek For Si Doel 2024

Published

on

By

Jakarta – Relawan Abah for Si Doel gelar bimtek dan deklarasikan dukungan untuk bakal calon wakil gubernur Jakarta, Rano Karno, di Hotel Samala, Jakarta Barat, pada Jumat, 27 September 2024.

Calon Wakil Gubernur Jakarta Rano Karno menghadiri kegiatan bimbingan teknik Relawan Abah for Si Doel

Continue Reading

Trending