Connect with us

nasional

Perkuat Sistem Pengamanan, Kepala Kesatuan Pengamanan Berikan Arahan Ke Petugas Regu Pengamanan

Published

on

Jakarta – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang terus melakukan implementasi Kunci Pemasyarakatan Maju 3+1, salah satunya yaitu pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban dengan cara menjalin sinergitas antar Regu Pengamanan, Kamis (4/7).

Pada kesempatan ini, Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (Ka. KPR) Kelas I Cipinang, Febrian Sony memberikan pengarahan kepada Komandan Regu Pengamanan untuk selalu menjaga kedisiplinan anggotanya dan memaksimalkan pengamanan pada saat Apel Serah Terima Regu Pengamanan.

 

“Apel serah terima regu pengamanan harus dimaksimalkan pada saat pergantian regu jaga, karena serah terima ini sendiri adalah pelimpahan tanggung jawab seluruh pengamanan antar regu jaga mulai dari pelimpahan seluruh warga binaan hingga sarana prasarana. Setiap regu pengamanan dituntut untuk senantiasa cermat, tanggap dan teliti pada saat menerima atau menyerahkan tanggung jawab pengamanan antar regu jaga,” tegasnya.

Febrian Sony menambahkan kepada seluruh anggota regu jaga agar senantiasa melaksanakan kontrol keliling serta penggeledahan, baik secara rutin maupun insidentil. “Jiwa intelijen harus benar-benar dimiliki semua petugas Pemasyarakatan sehingga tercipta situasi dan kondisi yang aman demi tercapainya pembinaan didalam Rutan,” tambahnya.

 

Mengakhiri arahannya, Ka.KPR juga mengajak seluruh petugas pengamanan untuk selalu menjaga profesionalisme dan integritas dalam menjalankan tugas. “Kita adalah garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Rutan Cipinang. Mari kita laksanakan tugas ini dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab,” tutupnya.

Continue Reading

nasional

Gerakan Jumat Bersih, Rutan Cipinang Ciptakan Lingkungan Sehat dan Produktif

Published

on

By

Jakarta – Cuaca cerah di pagi hari ini memberikan semangat penuh bagi para pegawai Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang yang melaksanakan kegiatan Gerakan Jumat Bersih dan Sehat. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan dan menciptakan suasana Rutan yang asri, nyaman, serta sehat, Jumat (4/10).

 

Dalam rangka mendukung gerakan ini, kegiatan bersih-bersih di sekitar Rutan Cipinang dikomandoi langsung oleh Kepala Rutan Cipinang, Irwanto Dwi Yhana Putra dan diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai Rutan Kelas I Cipinang.

 

Gerakan Jumat Bersih dan Sehat ini dimulai dengan apel bersama, dilanjutkan dengan semangat gotong-royong dari para pegawai untuk membersihkan lingkungan sekitar rutan seperti area parkir, halaman depan dan kantin Rutan Cipinang. Kegiatan yang berlangsung dengan penuh antusiasme ini bertujuan untuk mewujudkan pola hidup sehat dan bersih, guna mendukung produktivitas kerja yang lebih berkualitas.

 

Gerakan ini juga memiliki beberapa tujuan penting lainnya, yaitu mempererat tali silaturahmi dan semangat kekeluargaan di antara seluruh pegawai, meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan kerja, serta mendorong partisipasi aktif pegawai dalam menciptakan lingkungan kerja yang asri, nyaman, dan sehat. Selain itu, lingkungan yang bersih diharapkan dapat menjadi upaya pencegahan berbagai penyakit.

 

Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Irwanto Dwi Yhana Putra, mengatakan kegiatan ini tidak hanya untuk menjaga kebersihan, tetapi juga untuk memperkuat rasa kebersamaan dan kepedulian di antara pegawai. Dengan lingkungan yang sehat, kita berharap dapat menciptakan suasana kerja yang lebih produktif dan kondusif bagi semua.

 

Lanjutnya, “Saya berharap melalui berbagai kegiatan yang kita selenggarakan dan semangat Zona Integritas ini, kita dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan serta memperkuat komitmen bersama dalam menjaga lingkungan yang bersih dan sehat, sehingga produktivitas kerja semakin meningkat dan suasana kerja menjadi lebih nyaman serta kondusif, sekaligus menjadi inspirasi bagi seluruh pegawai untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan kerja demi menciptakan Rutan Kelas I Cipinang yang lebih asri, nyaman, sehat, serta produktif,” tandasnya.

 

Sementara itu ditempat berbeda, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, R. Andika Dwi Prasetya, juga menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan ini. “Gerakan Jumat Bersih adalah langkah nyata dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan produktif. Saya mengapresiasi semua pegawai Rutan Cipinang yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini.

 

Dengan bersama-sama menjaga kebersihan, kita tidak hanya menjaga kesehatan diri sendiri, tetapi juga menciptakan suasana kerja yang lebih baik,” ungkapnya

Continue Reading

nasional

Sukses Jalani Desk Evaluasi, Rutan Cipinang Optimis Raih Predikat WBK Tahun 2024

Published

on

By

Jakarta – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang sukses jalani Desk Evaluasi oleh Tim Penilai Mandiri (TPM) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) secara virtual, Kamis (3/10).

Kepada Tim Penilai, Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Irwanto Dwi Yhana Putra didamping oleh Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pembangunan Zona Integritas (ZI), Syaiful Akbar serta Tim Pokja Rutan Cipinang memaparkan perkembangan Pembangunan ZI Rutan Cipinang pada enam area perubahan.

 

Selain itu, Kepala Rutan juga menyebutkan sejumlah inovasi-inovasi unggulan yang telah diterapkan di Rutan Cipinang, diantaranya Dapur Sehati, Poliklinik, Pesantren dan Applikasi Senyaman.

 

“Inovasi-inovasi ini kami kembangkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan serta memperkuat transparansi dan akuntabilitas di Rutan Cipinang,” ujar irwanto

 

Usai pemaparan, Tim Penilai Mandiri silih berganti melontarkan pertanyaan-pertanyaan kepada Tim Pokja Rutan Cipinang. Namun dengan persiapan yang sangat matang, semua pertanyaan tersebut dijawab tuntas oleh Kepala Rutan, Ketua Tim ZI, Ketua Pokja, maupun anggota Tim Pokja lainnya.

 

Setelah sukses menjalani Desk Evaluasi, Rutan Cipinang semakin percaya diri dalam meraih predikat WBK pada tahun ini. Kepala Rutan Cipinang, Irwanto menegaskan bahwa seluruh jajaran akan terus berkomitmen dalam melanjutkan Pembangunan Zona Integritas.

 

Evaluasi ini menjadi langkah strategis dalam mewujudkan lingkungan yang bebas dari praktik korupsi, sekaligus mempertegas dedikasi Rutan Cipinang dalam reformasi birokrasi yang berkelanjutan.

 

“Kami akan terus berkomitmen dalam melanjutkan Pembangunan Zona Integritas dengan meningkatkan kualitas pelayanan publik, membangun budaya integritas dan memberantas korupsi. Kami sangat optimis bahwa Rutan Cipinang dapat meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada tahun 2024 ini,” ucap Irwanto dengan semangat.

 

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta R. Andika Dwi Prasetya menyampaikan, Kami sangat mengapresiasi pencapaian Rutan Kelas I Cipinang dalam menjalani Desk Evaluasi. Inovasi yang diterapkan, seperti Dapur Sehati dan Applikasi Senyaman, menunjukkan komitmen nyata dalam meningkatkan pelayanan dan integritas.

 

Dengan persiapan matang dan dedikasi seluruh tim, kami yakin Rutan Cipinang akan berhasil meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada tahun 2024.

Continue Reading

nasional

Rutan Cipinang Tingkatkan Layanan Kesehatan bagi Keluarga Warga Binaan

Published

on

By

Jakarta – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang senantiasa berkomitmen memberikan layanan kesehatan paripurna sebagai bagian dari pemenuhan hak-hak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Pelayanan kesehatan ini merupakan wujud nyata dalam mendukung pembangunan Zona Integritas di lingkungan Rutan Cipinang.

 

Seperti pada hari ini, Senin (1/10) Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Irwanto Dwi Yhana Putra didampingi Kepala Seksi pelayanan Tahanan, Alif Akbar Yusuf dan Kepala Subseksi Administrasi dan Perawatan, I Gusti Bagus Widya Putra bersama Tim Poliklinik Rutan Cipinang melaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi pengunjung atau keluarga warga binaan yang

 

Pada hari ini, Senin (1/10) Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Irwanto Dwi Yhana Putra yang didampingi oleh Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Alif Akbar Yusuf dan Kepala Subseksi Administrasi dan Perawatan, I Gusti Bagus Widya Putra serta Tim Poliklinik Rutan Cipinang melakukan pemeriksaan kesehatan bagi pengunjung atau keluarga warga binaan. Kegiatan ini berlangsung di ruang kunjungan dan merupakan bagian dari upaya Rutan Cipinang untuk memastikan bahwa selain warga binaan, keluarga mereka mendapatkan perhatian kesehatan yang layak.

 

“Pemeriksaan kesehatan ini bukan hanya untuk WBP, tetapi juga untuk keluarga mereka yang datang berkunjung. Kami ingin memastikan semua orang yang berada di lingkungan Rutan ini dalam keadaan sehat,” ujar Irwanto. Ia menambahkan bahwa layanan kesehatan yang baik adalah salah satu hak yang harus dipenuhi dan Rutan Cipinang bertekad untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan tersebut.

 

Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini meliputi pemeriksaan tekanan darah, kadar gula darah, dan konsultasi kesehatan umum. Tim Poliklinik Rutan Cipinang, yang terdiri dari tenaga medis profesional, berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik demi kesejahteraan warga binaan dan keluarganya.

 

Dengan langkah ini, Rutan Kelas I Cipinang tidak hanya berfungsi sebagai Rumah Tahanan, tetapi juga sebagai tempat yang peduli akan kesehatan dan kesejahteraan seluruh warganya. “Saya berharap dengan adanya pemeriksaan kesehatan bagi keluarga warga binaan, kita dapat memastikan kesehatan mereka terjaga dan menciptakan ikatan yang lebih baik antara warga binaan dan keluarganya,” ungkapnya

 

Di tempat lain, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, R. Andika Dwi Prasetya memberikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut. Meski sedang dalam kesibukan lain, ia menyampaikan dukungannya melalui pesan tertulis.

 

“Pemeriksaan kesehatan bagi keluarga adalah salah satu wujud nyata penerapan pelayanan yang berbasis pada tata nilai PASTI. Tetap jaga komitmen untuk memastikan bahwa hak-hak dasar, termasuk kesehatan dan kebersihan selalu terjaga,” pesan Andika.

Continue Reading

Trending