Connect with us

TNI / Polri

Komandan Puskopaska TNI AL Buka Latihan Pembentukan Intai Tempur X Kostrad

Published

on

Komandan Puskopaska TNI AL Laksamana Pertama TNI Baroyo Eko Basuki, M.M., M.Tr.Opsla., CRMP. secara resmi membuka Lattuk Taipur X Kostrad melalui Upacara Pembukaan yang di gelar di Lapangan Mako Puskopaska TNI AL Surabaya, Selasa (24/7/24).

 

Latihan pembentukan prajurit Intai tempur (Taipur) ini bukan merupakan hal baru di lingkungan TNI Angkatan Laut khususnya di Kopaska, Latihan yang sebelumnya dilaksanakan di Satkopaska Koarmada I telah diikuti oleh Taipur I sampai dengan IX, saat ini dilaksanakan di Puskopaska  TNI AL untuk Taipur X. Latihan ini bertujuan untuk membekali prajurit Intai Tempur Kostrad dengan materi kemampuan aspek laut.

 

Lebih lanjut dalam amanat Danpuskopaska TNI AL menyampaikan bahwa Latihan ini akan dilaksanakan selama 42 hari, materi yang akan dilatihkan berupa renang selat, selam laut, renang malam, cast and recovery, heli water jump, terjun laut, navigasi laut, mengemudi perahu karet, renang rintis dan perimeter pantai. Materi-materi latihan ini di harapkan mampu mendukung operasi Kostrad kedepanya.

Continue Reading

TNI / Polri

POSBINPOTMAR SENGGARANG MENDAPAT KUNJUNGAN DARI DANLANAL BINTAN

Published

on

By

TNI AL, Bintan,- Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., melaksanakan kunjungan ke Posbinpotmar Senggarang Tanjung Pinang, Minggu (15/09/2024).

Dalam kunjungannya tersebut, Danlanal Bintan mengucapkan terima kasih kepada Pengawak Posbinpotmar Senggarang. Selanjutnya Danlanal Bintan melaksanakan pengecekan kondisi Pos TNI AL yang berada dibawah jajaran Lanal Bintan serta memberikan motivasi dan semangat kepada pengawak Posbinpotmar Senggarang.

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Bintan berpesan kepada Pengawak Posal agar melaksanakan kebijakan Pimpinan TNI Angkatan Laut yaitu menjalankan tugas, visi maritim sesuai arahan dari Pemimpin TNI Angkatan Laut dan memastikan secara langsung situasi dan kondisi di lapangan agar memahami setiap kegiatan dan kendala atau permasalahan yang dihadapi selaku pengawak Posbinpotmar Senggarang, sehingga dapat memberikan solusi atau jalan keluar yang lebih baik dalam pelaksanaan tugas.

(Pen Lanal Bintan)

Continue Reading

TNI / Polri

DANLANAL TAREMPA RESPON CEPAT ADANYA NELAYAN HILANG DI LAUT

Published

on

By

TNI AL, Kepulauan Anambas,- Setibanya di Tarempa hari Sabtu malam dengan menggunakan Kapal Fery Tanjung Pinang -Tarempa seusainya mengikuti serangkaian acara di IKN, Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Ari Sukmana, S.E., M.Tr.Opsla., melalui Pasops Lanal Tarempa menerima informasi adanya warga yang diduga jatuh di laut saat mencari ikan dengan menggunakan Kapal (pompong) nelayan di Perairan Pulau Palah, Kepulauan Anambas, Minggu (15/9/2024).

 

Berdasarkan Laporan Informasi yang diperoleh oleh Tim Intel Lanal Tarempa bahwa ada 1 (satu) orang warga Desa Payaklaman, Kecamatan Payaklaman, Kabupaten Kepulauan Anambas yang diduga jatuh di laut saat melaut. Laporan tersebut diperkuat dengan ditemukannya kapal (pompong) milik korban tanpa awak oleh nelayan setempat dalam kondisi mesin menyala terapung di laut.

 

Atas laporan tersebut, Letkol Laut (P) Ari Sukmana, S.E., M.Tr.Opsla., selaku Danlanal Tarempa perintahkan Tim Intel untuk terus monitor perkembangan situasi dan memerintakan Perwira Staf Operasi (Pasops) Lanal Tarempa untuk standby kan Tim SAR sehingga sewaktu-waktu dapat di gerakan.

 

Minggu dini hari pukul 06.00 WIB, Danlanal Tarempa perintahkan Pasops Lanal Tarempa beserta Tim terjun ke lapangan menuju Desa Payaklaman guna melakanakan perbantuan pencarian terhadap nelayan yang diduga jatuh ke laut dengan berkolaborasi bersama BASARNAS Kepulauan Anambas.

 

“Mengingat sudah satu malam upaya nelayan kita yang telah mencari korban belum juga membuahkan hasil, saya perintahkan Perwira Staf Operasi saya bersama Tim berkolaborasi bersama BASARNAS Kepulauan Anambas untuk langsung menuju Desa Payaklaman bergabung bersama nelayan untuk ikut mencari korban. Kita semua berharap dalam kondisi apapun, korban dapat diketemukan. Semoga Allah SWT, melindungi kita semua hingga ditemukannya korban, Aamiin”, ucap Danlanal Tarempa.

 

Satu Tim Gabungan Lanal Tarempa bersama BASARNAS Kepulauan Anambas pun bergerak dari Tarempa menuju Pelabuhan Payaklaman Kecamatan Payaklaman dan melakukan koordinasi dengan Kepala Desa serta keluarga korban terkait korban. Misi selanjutnya Tim SAR yang dilengkapi alat keselamatan bergerak menuju laut yang sekitar tempat ditemukannya Kapal (pompong) korban dengan menggunakan Alutsista RHIB BASARNAS.

 

(Pen Lanal Tarempa)

Continue Reading

TNI / Polri

CIPTAKAN LINGKUNGAN SEHAT, LANAL SIMUELUE GELAR BERSIH PANTAI DALAM RANGKA WORLD CLEANUP DAY INDONESIA 2024

Published

on

By

TNI AL, Simeulue,- Komandan Pangkalan TNI AL Simeulue Letkol Laut (P) Oyu Mulia Sukmana, S.T., M.T., M.Tr.Opsla., yang diwakili oleh Pjs. Paspotmar Lanal Simeulue Letda Laut (T) Iwan Setiawan melaksanakan Aksi Bersih Pantai dalam rangka World Cleanup Day Indonesia 2024, bertempat di Pesisir Laut Desa Suka Karya, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, Sabtu (14/09/2024).

 

Gotong royong bersih-bersih pantai dalam  rangka “World Cleanup Day Indonesia 2024” merupakan kegiatan bersih-bersih yang dilaksanakan secara sukarela bekerjasama untuk membersihkan sampah dan kotoran yang ada di pantai. World Cleanup Day adalah aksi sosial global tahunan untuk mengajak masyarakat diseluruh dunia untuk turut membersihkan dan menjaga kebersihan bumi.

 

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan laut dan pesisir, mengurangi pencemaran, serta menciptakan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan alam yang melibatkan masyarakat setempat, organisasi lingkungan, pelajar, atau relawan. Selain membersihkan pantai, acara ini juga untuk mengedukasi tentang dampak negatif sampah plastik dan limbah lainnya terhadap ekosistem laut dan kehidupan biota laut serta memperkuat rasa kebersamaan dan tanggung jawab terhadap lingkungan.

 

(Pen Lanal Simeulue)

Continue Reading

Trending