Connect with us

Metro

Poros Rawamangun Beberkan Detail Kisruh Bansos DKI

Published

on

Jakarta – Setelah beberapa pekan lalu memaparkan dugaan korupsi Bansos DKI, Poros Rawamangun akhirnya memaparkan detail dugaan kekisruhan yang terjadi selama penyelenggaran program tersebut. Dinas Sosial DKI Jakarta desebut sebagai pihak yang harus bertanggung jawab atas dugaan program ini menjadi ajang bancakan beberapa pihak.

Ketua Poros Rawamangun Rudy Darmawanto menyebut, berdasarkan ketentuan dan Keppres tentang pelaksanaan bantuan bencana yang berdampak Covid-19, pelaksana bansos adalah Dinas Sosial. Baik berkenaan dengan data penerima dan penanganan pengadaan serta pendistribusian bantuan bencananya. Ia juga menyebut, di Jakarta, jumlah penerima bansos kurang lebih sebanyak 1,2 juta.

“Pada pelaksanaanya Dinas Sosial berbagi pengadaan dan ditribusi kepada pihak lainnya. Dinas Sosial juga mengaku sudah melakukan seleksi terhadap siapa saja yang melaksanakan pengadaan bantuan itu. Namun bagaimanapun juga kewenangan dan tanggungjawab, tetap ada di pihak Dinas Sosial DKI Jakarta. Karena itu, Dinas Sosial hatus bertanggung jawab atas kisruhnya bansos DKI,” kata Rudi melalui sambungan selular, Minggu (3/1/2021).

Ia pun memaparkan sejumlah permasalahan yang diyakini menjadi penyebab kekisruhan progam pemberian bantuan sosial ini. Rudy mengaku, permasalahan ini ditemukan setelah Poros Rawamangun melakukan sejumlah verifikasi lapangan.

“Telah ditemukan dugaan mark up harga satuan Isi natura atau jenis barang sembako bansos Pemda DKI Jakarta. Penentuan harga satuan jenis bantuan sosial atau sembako yang nilainya di bawah harga ritel Jakarta. Selisi harga kurang lebih 44 ribu dan selisih tertinggi Rp.87.473,” ujar Rudy.

Ia menambahkan, nilai selisih tertinggi tersebut mencuat setelah pihaknya menyelenggarakan Sayembara The Power of Emak-emak Jakarta. Sayembara yang diadakan pada tanggal 26-31 Desember 2020 ini didapatkan bahwa pembelian termurah adalah Rp.187.527. Nilai tersebut, kata Rusy, sama persis dengan ketentuan isi barang bansos yang ditelah ditetapkan oleh Pemda DKI dari harga pagu 275 ribu.

“Sebagaimana keterangan di berbagai media, harga satuan per dus (kotak-red) Bansos Pemda DKI adalah sebesar 300 ribu. Adapun rinciannya, 275 ribu untuk harga isi dan jenis natura sembako. Sisanya, sebanyak 25 ribu untuk cetak kardus, packaging, ongkos dan distribusi,” tambahnya.

Dituturkan pula, Poros Rawamangun menduga, di sebagian besar wilayah, ada pengurangan timbangan dan berat kantong dari 5 Kg menjadi 4,2 kg. Selain itu, ditemukan jenis beras dan makanan lainnya yang dinilai tidak layak dikonsumsi oleh masyarakat Jakarta.

Penunjukan pengadaan bansos oleh Dinsos Pemda DKI juga diduga menyalahi aturan. Rudy menilai, Dinsos DKI secara gegabah bahkan diduga ada kesengajaan memutuskan dan menetapkan beberapa perusahaan yang tidak sesuai SIUP-NIB/KBLI-nya.

“Antara lain, ada PT TM. Sebuah perusahaan advertising yang mendapatkan penunjukan pengadaan Bansos diakhir Juli 2020 pada putaran ke 4. Dan terjadi kekisruan di tahap ke-4 Bansos tersebut. Masih banyak dugaan perusahaan yang tidak sesuai dengan bidang tugasnya menangani bantuan sosial,” tegas Ketua Rawamangun ini.

Rudy menyebut, Dinas Sosial Pemda DKI Jakarta tidak dapat melaksanakan bansos DKI ini dengan baik. Pasalnya, hingga putaran ke 11 (terakhir), masih menyisahkan masalah pendataan penerima bantuan. Ia mengaku, hingga saat ini, banyak warga Jakarta yang seharusnya patut mendapatkan bantuan, ternyata belum dan tidak mendapatkan bantuan.

Ia menilai, Dinas Sosial Pemda DKI Jakarta tidak profesional dalam menjalankan tugasnya dalam membawa amanat dan derita masyarakat yang terdampak covid-19. Malah, Rudy menilai, pihak Dinas soail DKI senderung tidak kooperatif dan arogan.

“Kami mengerti bahwa Pengadaan Bansos Pemda DKI ini telah menjadi ajang bancakan banyak pihak. Sehingga ada dugaan keterlibatan beberapa pejabat tertentu mencari keuntungan korporasi, kelompok dan pribadi. Sehingga masalah tersebut bisa menjadi politisasi Bansos dan atau Bansos dipolitisir,” tegas Rudy.

Ia berharap, semua pihak membantu menuntaskan masalah kisruh bansos DKI ini. Pihaknya menginginkan permasalahan ini bisa terungkap secara terang benderang.

“Agar jangan menari diatas penderitaan rakyat Jakarta yang sedang susah dan menderita ini. Kepada segenap insan pers, mari bersama membantu kami ikut menyebarkan seluas-luasnya dan melakukan investigasi terhadap masalah Bansos Pemda DKI. Sebagaimana petunjuk dan siaran Dewan Pers pada tanggal 2 januari 2021,” tutupnya.

Hingga berita ini diturunkan, Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah belum bersedia dikonfirmasi.

Continue Reading

Metro

Pelantikan BPC HIPMI Kabupaten Tangerang Priode 2020 – 2023

Published

on

By

TANGERANG – Lukman Nurhakim resmi pimpin badan pengurus cabang (BPC HIPMI) Kabupaten Tangerang priode 2020 – 2023, prosesi pelantikan digelar di hotel Lemo, Rabu (27/01/2021).

Dalam pelantikan tersebut hadir Soma Atmaja Kepala Bapenda Kabupaten Tangerang, mewakili Bupati Tangerang yang tidak bisa hadir secara langsung namun meski tidak bisa hadir, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar membacakan sambutan secara virtual.

“Semoga HIPMI Kabupaten Tangerang solid dan bisa berkontribusi untuk Kabupaten Tangerang,” terang Zaki.

Zaki mengatakan, dalam situasi pandemi ini, seluruh masyarakat Kabupaten Tangerang tentunya mengalami dampak secara langsung maupun tidak langsung, tentunya ini merupakan tantangan bagi pelaku usaha, tentunya sebagai organisasi pengusaha HIPMI diharapkan bisa bersinergi dengan Pemkab Tangerang, dalam hal pemulihan ekonomi ditengah pandemi Covid 19.

“Selamat atas dilantiknya pengurus HIPMI Kabupaten Tangerang, semoga tetap solid dan bersatu dan bisa bermanfaat bagi masyarakat,” terang Zaki.

Sementara ketua BPC HIPMI Kabupaten Tangerang Lukman Nurhakim mengucapkan terima kasih atas kehadiran serta dukungan dari Pemkab Tangerang, sehingga pelantikan pengurus HIPMI bisa berjalan lancar.

“Kami berkomitmen untuk meningkatkan sinergitas dengan Pemkab Tangerang,” terang Lukman.

Sementara ketua DPD HIPMI Provinsi Banten Dedi Muhdi mengapresiasi atas dilaksanakanya pelantikan pengurus BPD HIPMI Kabupaten Tangerang, saat ini ditengah pandemi Covid 19, seluruh pelaku usaha mengalami dampak yang sangat besar, pelaku usaha terutama pelaku UMKM baik Restro maupun cafe serta warung makan serta kuliner nyaris gulung tikar, apalagi ditengah pandemi.

“Situasi pandemi ini dimana pembatasan jam operasional warung makan, cafe dibatasi, ditambah pengunjung atau pembeli sangat berkurang jumlahnya, sementara beban operasional tinggi,” terang Dedi Muhdi.

Sementara Kepala Bapenda Kabupaten Tangerang Soma Atmaja mengucapkan selamat atas dilantiknya BPC HIPMI Kabupaten Tangerang, kader HIPMI diharapkan yang dilantik hari ini bisa lebih kreatif inovatif disaat pandemi Covid 19 ini.

“Semoga HIPMI Kabupaten Tangerang terus berpacu dan bersaing dalam mewujudkan ekonomi kreatif di kabupaten Tangerang,” tandasnya

Continue Reading

Metro

Dr.Priyo Jatmiko,SH.MH Terpilih Kembali Nahkodai Peradi Kota Bekasi

Published

on

By

Bekasi – Dr.Priyo Jatmiko.SH,MH akhirnya terpilih kembali sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Kota Bekasi periode 2020-2025 dalam musyawarah cabang (Muscab) III di Griya Wulan Sari, Marga Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, dengan menerapkan protokol kesehatan.Selasa.(26/1/2021)

Dr.Priyo Jatmiko SH,MH kembali terpilih secara aklamasi. Adapun jumlah anggota Peradi Kota Bekasi sebanyak 1000 orang, 275 orang yang telah mendaftarkan diri, sedangkan peserta yang hadir dalam Muscab berjumlah 163 peserta.

Ditemui awak media usai muscab, Dr.Priyo Jatmiko SH,MH mengatakan alhamdulilah acara berjalan dengan lancar. Ia akan melanjut program program yang belum terlaksanakan, dan meningkat kan kwalitas SDM anggota Advokat yang tergabung di Peradi Kota Bekasi serta menjalin kerjasama dengan seluruh Stakeholder yang ada di Kota Bekasi.

Priyo menjelaskan, dirinya akan menyusun kepengurusan DPC Peradi Kota bekasi secara terbuka.

“Saya tidak mengotak-kotakkan dalam penyusunan kepengurusan DPC Peradi kota bekasi. Saya sangat terbuka sekali. Nanti saya akan lakukan seleksi untuk mencari orang yang berpotensi dan pas menjadi pengurus DPC Peradi Kota Bekasi. Termasuk saya rangkul para advokat-advokat muda,” jelasnya.

Sementara itu di tempat yang sama, kepala Bidang Hukum dan Ham Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) kota Bekasi yang juga sebagai salah satu pimpinan sidang, RM.Purwadi A.Saputra, SH.MH kepada awak media berharap ketua terpilih dapat membawa DPC Peradi Kota Bekasi lebih baik lagi.

“Dengan terpilihnya Dr.Priyo Jatmiko untuk ke dua kali nya ini besar harapan tentunya dapat menjalankan program-program terdahulu, dan kemudian mampu berinovasi demi memajukan organisasi, serta dapat lebih mensejahterakan anggotanya,” ucapnya

Continue Reading

Metro

Perayaan Natal Nasional Gerindra Diadakan Live Streaming

Published

on

By

Jakarta – Perayaan Natal dan Tahun Baru ini dipanitiai oleh Gerakan Kristiani Indonesia Raya atau GEKIRA, organisasi sayap Partai Gerindra meliputi yang beragama Protestan dan Katolik.
Kelahiran Tuhan Yesus menjadi sukacita yang besar yang tidak berkesudahan bagi umat Tuhan karena dengan lahirnya Yesus Kristus ke dalam dunia telah memberi hidup kekal kepada seluruh umat manusia.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra yang juga Ketua Dewan Pembina PP Gerakan Kristiani Indonesia Raya (Gekira), Hashim Djojohadikusumo mengajak masyarakat untuk melupakan perselisihan dan merajut kembali persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

“Pada Pemilihan Presiden tahun kemarin itu sangat keras karena sungguh banyak menguras tenaga, pikiran dan perselisihan. Untuk itu, saya dan juga kakak saya Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan RI mengajak saudara-saudara sekalian untuk melupakan perselisihan dan mari kita bersatu membangun bangsa Indonesia ini kedepan menjadi lebih baik lagi,” kata Hashim Djojohadikusumo saat memberikan sambutan perayaan Natal Nasional Partai Gerindra di GBI Pray Pamulang .Senin.(25/01/2021)

Adapun tema Natal 2020 adalah ‘Mereka Akan Menamakannya Immanuel’ diambil dari Matius 1:23.

Turut hadir dalam perayaan natal kali ini yaitu Yan Mandenas selaku Ketua Gerakan Kristiani Indonesia Raya (Gekira), Hasyim Djojohadikusumo selaku Dewan Pembina Gekira, Nikson Silalahi selaku Sekjen Gekira. Tampak hadir Saraswati Djojohadikusumo dalam perayaan natal kali ini.

Peserta yang hadir dibatasi hanya yang diundang saja yang bisa masuk serta semua yang hadir mengikuti Protokol Kesehatan yang ketat.

Continue Reading

Trending