Connect with us

Metro

PLTU Tertua di Indonesia Dibangun Pada Jaman Presiden 1 RI, 31 Juli 2019 PLTU Priok memasuki usia ke 57

Published

on

Jakarta 2/8/19 Di tahun 2012 , GM UBP Priok Pak Ahsin Sidqi melontarkan ide perlunya ditentukan tanggal lahir Priok

sebagai bentuk penghargaan terhadap para senior pembangkitan Priok dan menumbuhkan kebanggan bagi insan Priok.

Sebelum ada penentuan tanggal tersebut, yang ada di benak setiap insan Priok bahwa di sini pernah didirikan PLTU tertua di Indonesia yang dibangun pada jaman Presiden 1 RI untuk menghadapi event besar saat Asian Games . (GANEFO) saat itu disebutnya .

Asian Games berlangsung tanggal 24 Agustus sampai dengan 4 September 1962, berarti PLTU beroperasi sebelum tanggal itu dan di tahun 2012 Priok mencapai usia 50 tahun (Emas).

Dilakukan pencarian dokumen dengan melakukan sayembara penentuan tanggal beroperasinya PLTU 50 MW tersebut. Faktanya memang data-data yang ada saat itu sudah sangat minim sehingga diperlukan effort untuk menentukan tanggal beroperasinya PLTU.

Mas Choi (Choirul Anam) saat itu sebagai salah satu SPS di procurement menemukan fakta di atas yang ditemukan dalam situs sebagai berikut :

Berita komisioning PLTU Priok masuk dalam harian Strait Times Singapore (kolom adv).

Sebagai hadiah atas dokumen tersebut, mas Choi mendapatkan penghargaan dengan dikirim ke Singapore untuk

melihat dan mencopy dokumen tersebut secara langsung di Singapore Press Holding

Dari dokumen tersebut didapatkan tanggal commissioning PLTU di 31 Juli 1962. Tanggal tersebut akhirnya disepakati sebagai HARLAH Priok.

Hari ini 31 Juli 2019 Priok memasuki usia ke 57, sehari sebelumnya pas di beban puncak sore di tgl 30 Juli 2019 pembangkit kita mencapai beban tertingginya sebesar 2092 MW.

Kapasitas pembangkit Tanjung Priok berkembang dari 50 MW di tahun 1962 menjadi 2800 MW di tahun 2019 (56 X lipat).

Menjadi kebanggan ketika sore kemarin dapat mencetak pembebanan tertinggi di 2092 MW, ketika diotak atik dari angka tersebut 20 + 9 + 2 = 31 (ternyata ketemu tgl hari lahir).

Puji syukur kepada Allah SWT atas nikmatnya yang telah diberikan kepada para senior kita, kepada kita dan generasi penerus setelah kita bahwa di tempat ini dilimpahi penuh kenikmatan dan

keberkahan yaitu sustainability sebuah pembangkit yang terus bertransformasi menyesuaikan jaman sehingga sampai saat ini masih berkontribusi di kelistrikan Indonesia.

Saatnya kita tunggu kemampuan memikul beban-beban yang lebih tinggi dengan keandalan tinggi dan tentunya semangat dan budaya khas Priok : kerja keras dan loyalitas tanpa batas.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Metro

Pelantikan Ketua Dan Pengurus IKTASS Jabodetabekban

Published

on

By

Continue Reading

Metro

Maesa Soccer School Gelar Turnamen Piala Wali Kota Jakarta Pusat

Published

on

By

Jakarta – Selama vakum 2 tahun lebih akibat pandemi Covid-19 melanda Indonesia, Sekolah Sepak Bola (SBB) Maesa Soccer School mengadakan turnamen dengan memperebutkan piala Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Budi susastro ketua Pelaksana Turnamen Sepak Bola mengatakan, pagelaran turnamen sepak bola anak dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Tahun 2022.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan olahraga melalui turnamen sepak bola yang pesertanya dari usia dini,” kata Budi Susastro

“Pelaksanaan turnamen digelar 30 Oktober 2022 di lapangan utama Bumi Perkemahan Cibubur.

Budi susastro menjelaskan, turnamen ini digelar guna mencari bibit-bibit unggul pesepakbola usia dini dalam rangka prestasi untuk sekolah di DKI Jakarta.

“Turnamen ini ada empat katagori, mulai usia 9 sampai dengan 12 tahun. Setiap kategori ada 16 tim, sehingga total peserta ada 64 tim,” ungkap Budi Susastro

Budi Susastro berharap, kegiatan turnamen ini bisa menjadi agenda tahunan dalam membangun anak-anak agar lebih berprestasi.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengapreasi dan merespon positif serta mendukung aktivitas kegiatan turnamen sepak bola yang bertujuan untuk melakukan pembinaan olahraga sepak bola. Serta memberikan ruang kepada para peserta untuk bisa masuk jalur prestasi.

“Kenapa mengajak wali kota untuk ikut mengambil bagian, tujuannya minimal memberikan lisensi bahwa ini layak untuk dijadikan sebagai jalur prestasi, meskipun ada jalur zonasi, ada jalur prestasi. Tapi ini menjadi daya dukung bagi siswa-siswi yang memang memiliki bakat olahraga sepak bola,” ungkapnya

Continue Reading

Metro

M.Mariadi Anwar Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta Dalam Rangka Menyerap Aspirasi Masyarakat Reses ke 3 Tahun 2022

Published

on

By

Continue Reading

Trending