Connect with us

Metro

Unindra Gelar Diskusi Panel Kebangsaan Tema ‘Meningkatkan Semangat Juang Dengan Jalan Membumikan Nilai-Nilai Luhur Pancasila’

Published

on

Jakarta – Tumbuhkan kontribusi nyata dalam pembentukan karakter bangsa, Universitas Indraprasta (Unindra) PGRI menggelar Diskusi Panel Kebangsaan dengan tema ‘Meningkatkan semangat juang dengan jalan membumikan nilai-nilai luhur Pancasila’.Diskusi panel diselenggarakan di kampus Unindra, Condet Jakarta Timur Kamis (10/8/2019).

Diskusi Panel Kebangsaan ini bertujuan untuk menumbuhkan kontribusi nyata dalam pembentukan karakter bangsa. Serta mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara khususnya di bidang pendidikan dan dalam kehidupan sehari hari di masyarakat pada umumnya.

Diskusi dengan pembicara Prof. Dr. Sumaryoto, Rektor Universitas Indraprasta (Unindra) PGRI, selaku keynote speaker, Prof. Dr. FX. Adji Samekto, S.H., Deputi Bidang Pengkajian dan Materi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), selaku pembicara Octa Nugroho Shando, S.T., Kepala Sub Direktorat Minat, Bakat, dan Ormawa Kemenristek Dikti, selaku pembicara.

Sebagai  penanggap materi Sukmawati Soekarnoputeri,  Ananda Audifa Nuansa Naqiyyah, dan motivator muda selaku penanggap materi.

“Hal ini dilaksanakan dalam rangka mencapai cita cita nasional. Untuk itu. Panitia Pelaksana Diskusi Panel Kebangsaan mengusulkan pada pemerintah agar menghidupkan kembali Pendidikan Moral Pancasila (PMP) di sekolah-sekolah dan penanaman P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila) dari pendidikan dasar, menengah, sampai pendidikan tinggi,” kata Ketua Panitia Pelaksana Diskusi Panel Kebangasaan, Julia Bea Kurniawaty, S.H., M.H dalam sambutannya.

Julia mengatakan,  pemerintah harus  mengaktifkan kembali Organ Penelititan Khusus (Litsus) bagi jabatan jabatan publik sehingga dapat memastikan loyalitas pada ideology negara Pancasila.

“Nilai-nilai Pancasila demokrasi Pancasila di bidang ekonomi bisa diterapkan demokrasi Pancasila dalam demokrasi politik dan demokrasi ekonomi demokrasi politik itu. Kemudian melahirkan misalnya tentang Musyawarah atau mengkontekstualisasikan musyawarah di era sekarang ini bagaimana kemudian disisi lain di demokrasi Pancasila di bidang ekonomi itu,” katanya.

Adjie Samekto memaparkan bahwa nilai-nilai Pancasila dibidang ekonomi bisa ditetapakan ekonomi Pancasila.

“Jelas bahwa Pancasila bisa diterapakan dalam pembangunan ekonomi. Termasuk pembangunan infrastruktur secara nasional terangkum dalam Keadilan Sosial,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Sukmawati Sukarnoputri mengatakan, harus ada lembaga yang mengontrol sekolah-sekolah agar tetap menggelar upacara bendera setiap hari Senin.

“Tujuan dari upacara bendera yakni agar cinta tanah air dan menamkan rasa nasionalisme,” ungkapnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Metro

Front Betawi Bersatu (FBB) Gelar Maulid Nabi Muhammad S.A.W

Published

on

By

Continue Reading

Metro

Reuni Akbar 212 Gelar Konferensi Pers

Published

on

By

Continue Reading

Metro

Kepala Badan Pelayanan Transportasi Lanjutan Kemenhub Hadiri Hari Disabiltas Nasional

Published

on

By

Jakarta – Kepala Pusat Pengelolaan Transportasi Berkelanjutan (PPTB) Kementerian Perhubungan Marwanto Heru Santoso menghadiri peringatan hari disabilitas nasional yang diadakan Kementerian Sosial Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Rabu, 1/12/2021.

Marwanto Heru mengatakan kepada awak media sangat mengapresiasi kegiatan ini.
“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini karena sangat bagus dan sangat luar biasa. PPTB belum lama juga melakukan kegiatan di Puncak, Jawa Barat, yaitu pelatihan untuk disabilitas selama dua hari dengan pembawa materi/pengajar yang baik,” tuturnya dengan ramah.

Kemenhub adalah salah satu Kementrian yang sudah mempekerjakan disabilitas, sesuai dengan undang-undang yang diberlakukan oleh pemerintah.

Continue Reading

Trending