Connect with us

TNI / Polri

Bakamla RI Gelar Konferensi Pers Akhir Tahun 2020

Published

on

Jakarta, – Sebagai Badan Publik, sudah menjadi kewajiban bagi Bakamla RI untuk menyampaikan kepada masyarakat tentang capaian dan kinerja di sepanjang tahun 2020.

Hal ini yang mendasari dilaksanakannya kegiatan Konferensi Pers Akhir Tahun, yang dibawakan oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M. di Mabes Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Jakarta Pusat, Rabu (30/12/2020).

Di penghujung tahun ini, Laksdya TNI Aan Kurnia memaparkan tentang situasi umum keamanan laut, capaian dan kinerja Bakamla RI di tahun 2020, serta sasaran di tahun 2021.

Diawali dengan sejarah terbentuknya Bakamla RI yang dilanjutkan dengan penjabaran tugas, fungsi, dan kewenangan Bakamla RI sesuai dengan UU No. 32 Tahun 2014, Laksdya TNI Aan Kurnia masuk ke fokus laporan terkait situasi keamanan laut di sepanjang tahun 2020.

“Kondisi keamanan dan keselamatan maritim saat ini, bila dibandingkan dengan tahun 2019, ada yang mengalami penurunan dan kenaikan di sektor yang berbeda”, ucap Laksdya TNI Aan Kurnia.

“Di sepanjang tahun 2020, Bakamla RI telah melakukan pemeriksaan terhadap 1.018 kapal, dan 24 kapal diantaranya ditahan karena adanya pelanggaran”, lanjutnya.

Di sektor keselamatan laut, juga masih banyak ditemui adanya kecelakaan di laut. Dari pengamatan Bakamla RI atas beberapa kasus kecelakaan yang terjadi di laut, mayoritas disebabkan oleh faktor cuaca. Namun hal yang turut mendominasi adalah faktor manusia yang kurang cakap dalam membaca cuaca, dan kurang memahami kapal yang sedang dikemudikannya.

Mengantisipasi hal ini, Bakamla RI telah melaksanakan Sosialisasi Menghadapi Cuaca Buruk, yang merupakan bagian dari tugas rutin. Sasaran sosialisasi adalah nelayan, dan operator kapal.

Lebih lanjut, Kepala Bakamla RI juga menjabarkan beberapa capaian yang telah dilakukan di tahun 2020, antara lain: pengamanan eksodus pekerja migran Indonesia (PMI), menyusun Buku Panduan Menghadapi Covid-19 di Laut, menyusun Handbook on the Job Training, membentuk Indonesia Maritime Information Center (IMIC), dan meluncurkan Monthly Report di setiap bulannya, membentuk dan membina Relawan Penjaga Laut (Rapala), menangkap kapal ikan asing (KIA) ilegal yang masuk perairan Indonesia, menangkap kapal angkut bahan bakar minyak (BBM) ilegal, mengusir kapal China Coast Guard di Laut Natuna Utara, perlindungan ABK WNI di KIA, melaksanakan Operasi Cegah Tangkal dan Baksos dalam masa pandemi Covid-19, membina strategic partnership dengan negara tetangga, bersinergi dengan instansi terkait dan pelaku ekonomi di Indonesia, menyusun Rekomendasi Kebijakan Wilayah Perbatasan (Wiltas) di Laut, dan menyusun Konsep Strategi Maritim di Laut Natuna Utara.

Di akhir konferensi pers, Laksdya TNI Aan Kurnia turut menjabarkan target capaian Bakamla RI di tahun 2021 yang meliputi pengembangan dan penguatan unsur internal dan eksternal Bakamla RI.

Tidak hanya itu, dalam kesempatan ini turut ditayangkan pula video testimoni terkait kinerja Bakamla RI dari pejabat tinggi instansi terkait dari negara tetangga. Sebut saja Director General India Coast Guard (ICG) K. Natarajan, PTM, TM yang mengakui bahwa kerja sama dengan Bakamla RI telah terjalin dengan cukup baik. “Kerja sama bilateral antara ICG dan Bakamla RI telah terlaksana dalam berbagai betuk kegiatan selama satu dekade terakhir, terlebih lagi di tahun 2020”, ucapnya.

“Saya mewakili seluruh anggota Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bakamla RI atas kerja sama yang dilakukan selama tahun 2020”, ujar Ketua Pengarah APMM Laksamana Maritim Dato Mohd. Zubil bin Mat Som.

Lebih lanjut, salah satu negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia, Australia, juga turut memberikan testimoninya. “Tahun 2020 merupakan saat-saat yang cukup menantang bagi kita semua, namun hubungan kerja sama di kawasan antara Australian Maritime Border Command (MBC) dan Bakamla RI cukup membuahkan hasil”, pungkas Commander Australian MBC Rear Admiral Mark Hill. “Kami juga sepenuhnya mendukung Indonesia Maritime Information Centre (IMIC) yang baru saja diluncurkan”, lanjutnya.

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Y.M. Sung Y. Kim juga turut memberikan tanggapannya. “Amerika Serikat telah bekerja sama dengan Bakamla RI dalam berbagai bentuk kegiatan di 6 tahun terakhir, kami berharap dapat terus memperkuat kerja sama di masa mendatang”, ujarnya.

Autentikasi: Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M.Tr.Hanla.

Continue Reading

TNI / Polri

PMJ Lakukan Laga Persahabatan Sepak Bola

Published

on

By

Jakarta – Polda Metro Jaya (PMJ) melakukan kegiatan olahraga sepak bola di Stadion Presisi Mapolda Metro Jaya, Jumat, (12/08/2022).

Kegiatan tersebut diikuti Kapolda Metro Jaya, Irjen. Pol. Fadil Imran, dan sejumlah pejabat lainnya.

Pertandingan turut dihadiri oleh Wakapolda Metro Jaya, Brigjen. Pol .Hendro Pandowo, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes. Pol. Latif Usman, dan Dirnarkoba Polda Metro Jaya, Kombes. Pol. Mukti Juharsa.

Kemudian hadir juga Kabid TIK Polda Metro Jaya, Kombes. Pol. Yully Kurniawan, Wadirlantas Polda Metro Jaya, AKBP. Rusdy Pramana, dan Kabiddokes Polda Metro Jaya (Kombes. Pol. Hery Wijatmoko).

Pertandingan berakhir dengan skor 7-5. Olahraga ini rutin dilakukan setiap hari Jum’at guna meningkatkan kebugaran dalam beraktivitas harian serta silaturahmi.

Continue Reading

TNI / Polri

Pesan Kasad Kepada Peserta Jambore Nasional XI Tahun 2022

Published

on

By

JAKARTA, – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman berpesan kepada anggota pramuka sebagai tunas-tunas generasi bangsa, supaya menjadikan Pancasila sebagai landasan bangsa dengan berpondasi kebhinnekaan, tiangnya Persatuan dan Kesatuan, serta atapnya NKRI.

Demikian disampaikan Kasad selaku Ketua Majelis Pembimbing Saka Wira Kartika Nasional usai mengikuti upacara pembukaan Jambore Nasional (Jamnas) XI tahun 2022, bersamaan dengan peringatan Hari Pramuka ke-61 yang dipimpin oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol Purn Drs. Budi Waseso, bertempat di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (14/8/2022).

“Pondasinya Adalah Kebhinnekaan, Tiangnya Persatuan dan Kesatuan, atapnya NKRI, dan Pancasila sebagai landasan Bangsa, untuk menghadapi setiap bentuk ancaman,” ujar Jenderal Dudung.

Selanjutnya Kasad juga mengajak kepada para Pramuka menjadikan event lima tahunan ini sebagai sarana dalam meningkatkan semangat juang, kedisiplinan dan loyalitas.

Jambore Nasional XI yang digelar dari tanggal 14 s.d. 21 Agustus tersebut mengusung tema “Melalui Kegiatan Jamnas XI Tahun 2022 Kita Wujudkan Pramuka yang Ceria, Berdedikasi dan Berprestasi,” serta diikuti oleh 9.468 peserta dari masing-masing Kwarda dan Kwarcab seluruh Indonesia, termasuk utusan organisasi Pramuka di kawasan Asia Pasifik.

Dalam kesempatan itu Kasad juga berkesempatan memukul bedug bersama Ketua Kwarnas dan Sekjen Kwarnas sebagai tanda dibukanya Jambore Nasional ke-11 tahun 2022, yang langsung diikuti sejumlah pertunjukan di antaranya display Genderang Suling Canka Lokananta (GSCL) Akmil, pentas seni daerah, hingga ketangkasan dalam mendirikan tenda. (Dispenad).

Continue Reading

TNI / Polri

Kasad: Kinerja PNS TNI AD Mampu Mendukung Tugas Pokok TNI AD

Published

on

By

Jakarta, – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman akan mendukung seragam PDL untuk seluruh PNS TNI AD sebagai bentuk apresiasi atas kinerja, komitmen dan darma bhaktinya yang telah ditunjukkan dalam mendukung tugas pokok TNI AD.

Demikian disampaikan Kasad dalam pengarahannya kepada peserta Rapat Kerja (Raker) DPK Unit TNI AD TA. 2022 yang diikuti sekitar 300 anggota Korpri TNI AD perwakilan dari Kotama dan Balakpus se-Gartap 1 Jakarta, Mabesad, Kamis (11/8/2022).

“Nanti kita akan buatkan 2 stel PDL, kaos dalam, 1 stel sepatu dan baret, termasuk batik Korpri. Pokoknya lengkap. Semoga tahun ini bisa terealisasi,” ujar Jenderal Dudung.

Pada Raker DPK Unit TNI AD TA. 2022 yang bertemakan “Optimalisasi Pembinaan Korpri Guna Meningkatkan Disiplin, Kerja dan Kesejahteraan Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI AD,”, Kasad juga menyoroti tentang pentingnya peran Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI AD untuk mengakselerasi penerapan UU RI tentang ASN dan mendukung transformasi TNI AD ke depan. Adapun wujud Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diharapkan oleh Kasad adalah yang berkualitas serta dapat menjaga Kode Etik PNS TNI AD, mampu mendukung dan memasyarakatkan visi dan misi TNI AD, serta dapat menyelesaikan permasalahan dinas maupun di luar dinas dengan baik.

“Tugas pokok Korpri TNI AD salah satunya adalah mampu mendukung tugas pokok TNI AD secara tepat dan bertanggung jawab, serta membantu pimpinan dalam upaya meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan di lingkungan Keluarga Besar TNI AD,” ungkap Kasad.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakasad, Irjenad, Korsahli Kasad, Aspers Kasad, Asrena Kasad, Dirkuad, Ketua Dewan Pengurus Korpri Unit TNI AD Ny. drg. Nora Tristyana, M.A.R.S., serta Pejabat Utama di lingkungan Mabesad. (Dispenad).

Continue Reading

Trending